cover
Contact Name
Ahmad Kholiqul Amin
Contact Email
choliqamin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@ikippgribojonegoro.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Edutama
  • Jurnal Pendidikan Edutama
  • Website
Published by IKIP PGRI BOJONEGORO
ISSN : 23392258     EISSN : 2548821X     DOI : -
Core Subject : Education,
Edutama Journal of Education (Jurnal Pendidikan Edutama) is double -blind peer reviewed open access journal that provides publication of articles in all education field. it aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research finding in provide a platform scientists and academicians all over the world to promote, share and discuss various and issues developments in different areas of educational research.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2015): July" : 6 Documents clear
Peningkatan Prestasi Belajar Koperasi Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Metode Belajar Resi¬tasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kalirejo 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Sulistiyono Sulistiyono
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 2, No 2 (2015): July
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v2i2.25

Abstract

Peningkatan Prestasi Belajar Koperasi pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Belajar Resitasi pada Siswa Kelas IV SDN Kalirejo 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok materi “Koperasi”. Subyek penelitian tindaqkan kelas ini adalah siswa Kelas IV SDN Kalirejo 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro semester genap tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan yakni mulai bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2013. Alat pengumpulan data berupa lembar obsevasi untuk mengetahui aktifitas siswa dalam proses pembelajaran dan lembar tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan meningkatnya prosentase ketuntasan yakni pada refleksi awal angka ketuntasan sebesar 50% meningkat menjadi 66% pada siklus I dan meningkat menjadi 97% pada siklus II; rata-rata kelas pada refleksi awal 60,3 meningkat menjadi 69,8 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84,1 pada siklus II.Key words: prestasi belajar, metode resitasi.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Bojonegoro Pada Pokok Bahasan Matrik Tahun Pelajaran 2012/2013 Hengki Danang Isnaeni
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 2, No 2 (2015): July
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v2i2.19

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Bojonegoro pada Pokok Bahasan Matrik Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Bojonegoro pada pokok bahasan Matrik Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPA 2 semester I SMA Negeri 3 Bojonegoro tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas XII IPA 2 semester I SMA Negeri 3 Bojonegoro tahun pelajaran 2012/2013..Key words: Pembelajaran, Model Team Accelerated Instruction, Minat, Prestasi Belajar.
Kajian Stilistika Dalam Cerpen Berjudul "Penembak Misterius" Karya Seno Gumira Ajidama. Heny Kusuma Widyaningrum
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 2, No 2 (2015): July
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v2i2.20

Abstract

Kajian Stilistika Dalam Cerpen Berjudul "Penembak Misterius" Karya Seno Gumira Ajidama.AbstractMakna sebuah karya sastra bergantung pada penggunaan gaya bahasa. Penggunaan gaya bahasa dimaksudkan oleh penulis untuk menimbulkan efek tertentu bagi pembaca, terutama dalam cerita pendek. Penelitian subjek stilistika yang reseached adalah cerita pendek berjudul ‘Keroncong Pembunuhan’. Tujuan dari reasearch stilistika adalah untuk menguraikan dan untuk mengungkapkan gaya bahasa yang digunakan oleh penulis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sastra dengan tujuan untuk menemukan makna dan fungsi stilistika dalam karya sastra. Dalam aspek gramatical, kompleksitas muncul adalah kata-kata: sederhana, formal, verbal. Dalam aspek leksikal, kalimat sederhana dan kalimat deklaratif yang sering muncul. Dalam aspek retoris, perbandingan kiasan yang sering muncul, struktur bijaksana, dan citra visi juga memberikan stres di makna dalam hubungan kalimat.Key words: stilistika, cerita pendek.
The Effect Of Implementing Content-Based Instruction For Young Learners. Ima Isnaini Taufiqur Rohmah
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 2, No 2 (2015): July
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v2i2.21

Abstract

The integration of language and content instruction has become a new phenomenon in language education field. The aim of this research is to explore the implementation of Content-Based Instruction and the effect of implementing Content-Based Instruction for young learners. This research used a qualitative research method, in order to be able to observe and get detail information on how the students react and interact in any situation. This research was conducted on the fifth grade students. The data were taken through interview, observation, and analyze the documents. The Result of this study indicated that (1) the implementation of Content-Based Instruction in the fifth grade was well implemented, they used English language as instructional language but it does not supported by appropriate teaching documents. (2) Content Based Instruction automatically give a significance effect to the students’ speaking ability: students could answer the teacher’s questions; the use of mother tongue was reduced. It also improving class situation: the atmosphere in the whole class became alive, there were many chances for students to practice their speaking skill; students had great motivation, learning process became easy and fun for the students.Key words: Content-Based Instruction, Young Learners.
Peningkatan Hasil Belajar Seni Rupa Pada Materi Gambar Pespektif Dengan Memanfaatkan Media Pem¬belajaran Fotografi Di Kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Murhono Murhono
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 2, No 2 (2015): July
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v2i2.23

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Seni Rupa pada Materi Gambar Pespektif dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Fotografi di Kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni rupa pada materi gambar pespektif di kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan subyek penelitian sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi kepada guru dan kepada siswa, kuesioner tanggapan siswa, dan hasil uji produk (unjuk kerja). Uji validitas data atau uji keabsahan data dilakukan dengan cara tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran gambar perspektif dengan memanfaatkan media pembelajaran fotografi sebesar 52,57% (dari ketuntasan awal 47,7% menjadi 97,27%) dan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 14,68 (dari 70,16 menjadi 84,84), 2) Tingkat aktifitas siswa dalam pembelajaran gambar perspektif dengan memanfaatkan media pembelajaran fotografi pada kategori sangat aktif 52,42%, aktif 40 %, dan cukup aktif 6,58 %, 3) Tingkat persepsi siswa dalam pembelajaran gambar perspektif dengan memanfaatkan media pembelajaran fotografi pada kategori sangat setuju/sangat senang 76,32 %, setuju/senang 21,05 %, dan cukup setuju/cukup senang 2,63 %, dan 3) Tingkat kinerja guru dalam pembelajaran gambar perspektif dengan memanfaatkan media pembelajaran fotografi pada kegiatan awal, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan kegiatan akhir pembelajaran mencapai keoptimalan sebesar 94,11 %. Key words: Hasil Belajar Seni Rupa, Gambar Pespektif, Media Pembelajaran Fotografi..
Peran Ganda Wanita Karier(Konflik Peran Ganda Wanita Karier ditinjau dalam Prespektif Islam) Siti Ermawati
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 2, No 2 (2015): July
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v2i2.24

Abstract

Peran Ganda Wanita Karier (Konflik Peran Ganda Wanita Karier ditinjau dalam Prespektif Islam). Pro dan kontra terjadi di masyarakat tentang hukum wanita karier, urgensi wanita karier hingga dampak yang ditimbulkan dari adanya wanita karier. Masyarakat mulai membuka diri untuk wanita karier dengan mengatakan bahwa perempuan karier diperbolehkan oleh agama selama tidak melanggar fitrah sebagai wanita. Namun sebagian orang merasa khawatir terhadap wanita karier, karena dalam banyak kasus wanita karier seringkali tidak dapat menyeimbangkan antara perannya di dalam rumah dan di dalam pekerjaan yang pada akhirnya berdampak pada kegagalan di dalam salah satu peran tersebut, atau bahkan kedua-duanya. Agama Islam sebenanya tidak melarang wanita untuk berkarier, namun Islam menghendaki agar wanita melakukan pekerjaan (karier) yang tidak bertentangan dengan kodrat kewanitaannya dan tidak mengungkung haknya di dalam pekerjaan. Pekerjaan yang dilakukan harus dapat menjaga kehormatan dirinya, kemuliaannya, ketenangannya, dan menghirdarkan dirinya dari pelecehan, serta perilaku yang bertentangan dengan syariat islam. Seorang wanita karier harus dapat mengatasi persoalan konflik keluarga dan pekerjaan yang seringkali bertentangan satu sama lain.Key words: Wanita Karier, Konflik Peran Ganda, Prespektif Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 6