cover
Contact Name
Rita Mutiarni
Contact Email
rita.dewantara@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp2ki.dewantara@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Comvice : Journal of community service
ISSN : 26158507     EISSN : 26221713     DOI : -
Core Subject : Economy,
COMVICE: Journal community of cervices diterbitkan oleh Lembaga Publikasi dan Penerbitan Karya Ilmiah STIE PGRI Dewantara Jombang mulai tahun april 2017 dan konsisten sampai saat ini terbit dua kali setiap tahun yaitu pada bulan April dan Oktober, jurnal ini diterbitkan untuk mempublikasikan karya ilmiah di bidang pengabdian pada masyarakat khusus yang berkaitan dengan rekayasa sosial dalam pemberdayaan masyarakat, ekonomi, usaha kecil mikro dan menengah, upaya pemberantasan kemiskinan dan masalah-masalah sosial ekonomi di masyarakat.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2018): April (2018)" : 5 Documents clear
Pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Konveksi Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung - Jombang Deni Widyo Prasetyo
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 2 No. 1 (2018): April (2018)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.776 KB) | DOI: 10.26533/comvice.v2i1.122

Abstract

Perguruan tinggi sebagai bagian dari masyarakat, diharapkan kontribusinya secara nyata di masyarakat. Hal ini tertuang dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan/Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Maka, sesuai dengan tugas yang harus dilakukan dosen, penulis melakukan bentuk pengabdian kepada masyarakat berupa pembinaan kepada kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak di desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang yang bergerak di bidang konveksi busana wanita, muslim dan anak-anak. Bentuk pembinaan yang dilakukan adalah dengan membantu pengurusan perijinan kepada instansi pemerintah (Dinas Perijinan), pembuatan logo perusahaan serta pemasaran secara online.Dari hasil kegiatan yang telah dilakukan oleh penulis, beberapa kelompok usaha konveksi telah mengursu ijin usaha resmi dan telah dibantu dan dikenalkan dengan sistim pemasaran secara online
Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Lestari Desa Bandung Kecamatan Diwek Jombang Agus Taufik Hidayah; Lilik Pujiati; Nurul Hidyati; Suluh Agus Hendrawan; Sugeng Suprapto; Nur Ali
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 2 No. 1 (2018): April (2018)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.745 KB) | DOI: 10.26533/comvice.v2i1.123

Abstract

Salah satu kewajiban dosen sebagaimana yang diamanatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu, tim penulis melakukan bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan penyusunan laporan keuangan pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lestari sebagai mitra binaan yang bergerak di bidang usaha jasa berupa pengelolaan pasar desa Bandung. Kesulitan yang dialami mitra adalah penyusunan laporan keuangan serta pencatatan transaksinya belum rapi. Melalui serangkaian kegiatan pendampingan yang dilakukan bersama mitra, diperoleh kemajuan sehingga mitra binaan bisa melakukan pencatatan transaksi secara rapi dan penyusunan laporan keuangan sesuai standar akuntansi.
Pendampingan Pencatatan Transaksi Dan Penyusunan Laporan KeuanganBadan Usaha Milik Desa (Bumdes) Putra Subagyo Desa Miagan - Jombang Rita Mutiarni; Siti Zuhroh; Langgeng Prayitno Utomo
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 2 No. 1 (2018): April (2018)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.06 KB) | DOI: 10.26533/comvice.v2i1.124

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Putra Subagyo yang terletak di desa Miagan, kecamatan Mojoagung, Jombang, termasuk dalam kategori jenis usaha jasa karena kegiatan yang dilakukan adalah persewaan terop dan sound system untuk keperluan pesta. Dalam perkembangannya, pengelolaan keuangan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Putra Subagyo sudah cukup baik. Namun, para pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masih kesulitan untuk mencatat transaksi hingga menyusun laporan keuangan dengan benar yang sesuai dengan standar akuntansi untuk perusahaan jasa untuk jenis usaha jasa. Karena itu, tim pendamping memberikan pelatihan dan pendampingan pencatatan transaksi hingga penyusunan laporan keuangan hingga akhir tahun 2017. Dari hasil kegiatan tersebut, mitra (pengurus Badan Usaha Milik Desa) telah memahami dan mampu melanjutkan untuk tahun buku 2018.
Kegiatan Survey Kepuasan Pelanggan Jalan Tol Ruas ABC yang dikelola oleh PT. XYZ Wenda Wahyu Christiyanto; Benih Hartanti
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 2 No. 1 (2018): April (2018)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.357 KB) | DOI: 10.26533/comvice.v2i1.125

Abstract

PT. XYZ dituntut menjadi perusahaan profesional dan modern dalam pengelolaan Jalan Tol, serta memiliki kompetensi yang baik di tingkat nasional dan regional. Oleh karenanya, PT. XYZ melakukan evaluasi layanan dengan mengadakan survey kepada para pelanggan ruas tol ABC, untuk mengetahui tingkat kepuasan serta mengetahui masukan dari para pelanggan. Sumber data dari kegiatan survey ini adalah data primer, di mana diperoleh dengan teknik pengambilan sampel non probabilitas, dengan hasil response rate sebesar 82,25%. Teknik Analisa dalam survey ini menggunakan analisis angka indeks dan analisis deskriptif. Hasil survey dari responden menyatakan bahwa perlu dilakukan peningkatan sosialisasi penggunaan E-Payment, isi ulang E-Toll Card, pemanfaatan GTO, layanan jasa derek gratis, dan layanan Senkom. Selain itu, juga perlu dilakukan pelatihan petugas gardu tol agar lebih ramah, penambahan PJU, penambahan frekuensi patroli petugas PJR, peningkatan respon petugas terhadap kejadian di sepanjang Tol ABC, perbaikan jalan yang bergelombang, pengecekan infrastruktur secara berkala, serta inovasi produk layanan juga hendaknya terus dilakukan, mengingat penilaian pelanggan Tol ABC terhadap layanan Jalan Tol Pembanding semakin baik, meskipun masih tergolong dalam kategori tidak puas.
Pendampingan Laporan Kinerja Dan Penyusunan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Tani Makmur Desa Tejo Kecamatan Mojoagung Omi Pramiana
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 2 No. 1 (2018): April (2018)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.378 KB) | DOI: 10.26533/comvice.v2i1.121

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Koperasi Tani Desa Tejo adalah pendampingan laporan kinerja serta manajemen operasional penyaluran kredit. Permasalahan yang terjadi adalah laporan keuangan Koperasi Tani desa Tejo masih dirasa kurang khususnya operasionalnya dimana banyak terjadi kredit macet. Anggota yang meminjam modal pada Koperasi Tani Makmur desa Tejo tidak memiliki kesadaran untuk mengembalikan modal yang dipinjam dikarenaka tidak adanya penahanan barang atau harta sebagai jaminan. Laporan tahunan Koperasi Tani Makmur desa Tejo masih banyak yang belum diperbaiki seperti daftar inventaris yang belum di up date. Rasio keuangan menunjukkan kinerja Koperasi Tani Makmur desa Tejo sangat baik namun pada kenyataan banyak terjadi kredit macet hal ini disebabkan banyak modal yang masih mengendap pada kas sehingga kegiatan koperasi dirasa kurang produktif. Permasalahan diselesaikan dengan memberikan arahan dan materi akan pembuatan laporan keuangan serta manajemen operasional penyaluran kredit pada kepala desa, ketua, sekretaris dan bendahara.

Page 1 of 1 | Total Record : 5