cover
Contact Name
Asep Rokhyadi Permana
Contact Email
jpsb@mercubuana-yogya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpsb@mercubuana-yogya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
ISSN : 23375817     EISSN : 26147289     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2: Agustus 2017" : 8 Documents clear
Analisis Portofolio Optimal Saham Indeks Lq-45 Dengan Model Indeks Tunggal Di Bursa Efek Indonesia ALMUNFARIJAH ALMUNFARIJAH
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 5, No 2: Agustus 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.845 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v5i2.356

Abstract

Rational investors  invest in efficient stocks, the stocks that have  high return with minimum risk. The sample in this study using the stocks in the group LQ-45 index during the period February 2013-July 2013. The purpose of the study was to establish the optimal portfolio and to know the difference between stock returns and the risk of candidate and non-candidate portfolirn On Equity (ROE).The results showed there were 15 stocks that become candidate in a portfolio out of 45 stocks studied with the cut of point value -2.7-7. Optimal portfolio is formed by 15 stocks that have excess returns to beta (ERB) which is greater than the risk-free return (Rf).The largest proportion of funds owned by PT Kalbe FarmaTbk i.e 16,2 %, and the smallest proportion of the funds owned by PT Bank Central Asia Tbk i.e 0,1101288%. Rational investor would prioritize to invest in securities that have a the largest proportion of the funds, because of that large proportion of funds so we will be getting higher profit with the certain risks as well.Investors that will invest theirs funds into these 15 companies that have formes this optimal portfolio would get portfolio profit 2,1-7 and portfolio risk -2.7-7. That portfolio profit is not far different with the expected return of each individual stock. So despite using LQ-45 stocks that have the biggest marketing capitalization and the most liquid infact it has not guarante that investors would gain their expectation of getting portfolio return as what they expected.Risk portfolio of 2,1-7 is smaller than the risk level of each individual stock . Although the establishment of the optimal portfolio yield expected return of portfolio which is not much different with thereturn of individual stock,but still provide the benefit of diversification that is beneficial for reducing the risk of each individual stock
Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Tingkat Komplain Pengguna Kartu Kredit Di Daerah Istimewa Yogyakarta Awan Santosa; Rahmaharati Esa Putri
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 5, No 2: Agustus 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.68 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v5i2.358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap tingkat komplain pengguna kartu kredit dengan indikator informasi, sarana, SOP, ketidaktahuan, kecerobohan dan fraud di Daerah Istimewa Yogyakarta.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dari para pengguna kartu kredit Daerah Istimewa Yogyakarta dengan pendekatan Tabachinik dan Fidel. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode kuesioner tertutup dengan menggunakan skala Likert.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap tingkat komplain pengguna kartu kredit dengan persamaan regresise bagai berikut: Y = 4,828  - 0,118.X1 + 0,267.X2 + 0,038.X3+ 0,470.X4 + 0,208.X5+ 0,259.X6. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal.Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel ketidaktahuan dengan koefisien regresi sebesar 0,470; sarana dengan koefisien regresi sebesar 0,267; fraud dengan koefisien regresi sebesar 0,259; kecerobohan dengan koefisien regresi sebesar 0,208; SOP dengan koefisien regresi sebesar 0,038danvariabel yang berpengaruh paling rendah adalah informasi dengan koefisien regresi sebesar -0,118.Dengan demikian bank penerbit kartu kredit perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh pengguna kartu kredit serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang baik khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Keterkaitan Kepemilikan Manajerial, Institusional, Dan Komite Audit Pada Nilai Perusahaan Di Mediasi Oleh Kualitas Laba YUSUP HARI SUBAGYA
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 5, No 2: Agustus 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.853 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v5i2.353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan kualitas laba sebagai variabel mediasi. Mekanisme corporate governance menggunakan tiga variabel yaitu kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan komite audit. Pengukuran Kualitas laba menggunakan proksi Earnings Response Coefficient (ERC) dan untuk nilai perusahaan menggunakan Price Book Value (PBV). Penelitian ini menggunakan data empiris dari Bursa Efek Indonesia dengan sampel sebanyak 34 perusahaan untuk periode 2012 -2014. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi berganda.Hasil penelitian ini adalah Kualitas laba sebagai variabel yang mediasi antara komite audit dengan nilai perusahaan. Dan tidak memediasi kepemilikan manajerial, institusional pada nilai perusahaan.
Analisis Turnover Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Revenue Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Pt.Madukismo Yogyakarta Tbk) Subarjo Subarjo; Fitri Wulan Sari
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 5, No 2: Agustus 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.869 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v5i2.359

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perputaran terhadap kinerja keuangan dengan revenue sebagai variabel moderasi pada perusahaan PT.Madukismo Yogyakarta Tbk periode tahun 2004-2013 serta untuk mengetahui pengaruh perputaran piutang dan perputaran persediaan pada perusahaan PT.Madukismo Yogyakarta Tbk. Rasio keuangan yang digunakan sebagai variabel adalah Receivable Turnover (RT), Inventory Turnover (IT), dan Net Profit Margin (NPM). Populasi penelitian ini adalah periode atau waktu dari pabrik gula PT.Madukismo Yogyakarta yang berdiri atau beroperasi sampai sekarang yaitu dari tahun 1958 sampai dengan tahun 2015 kurang lebih 57 tahun, dengan sampel yang digunakan sebanyak 9 tahun data yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis dengan uji regresi berganda yang telah dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Receivable Turnover dan Inventory Turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Sedangkan untuk hasil analisis dengan uji regresi moderasi revenue memperkuat pengaruh Receivable Turnover terhadap kinerja keuangan.
Financial Ratio Return On Equity Dengan Net Profit Margin Sebagai Variabel Moderator MOELJADI MOELJADI
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 5, No 2: Agustus 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (677.375 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v5i2.354

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Analisis Pengaruh Financial Ratio (Current Ratio, Debt Equity Ratio, Total Asset Turnover, Gross Profit Margin) Terhadap Return On Equity Dengan Net Profit Margin Sebagai Variabel Moderator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis. Alat analisis menggunkan metode regresi berganda dan regresi berganda dimoderasi. Populasi dalam penelitian ini meliputi beberapa perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dengan 12 perusahaan Pertambangan sektor batubara dan MIGAS sebagai sampel. Pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) dan Debt Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh dan tidak signifikan. Sedangkan secara parsial Total Asset TurnOver (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM) berpengaruh dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE). Pada pengujian berikutnya variabel Current Ratio (CR) dan Debt Equity Ratio (DER) yang diperkuat hubunganya oleh Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE).
Analisis Finansial Sektor Manufaktur Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2011-2015 Dharmanto Dharmanto
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 5, No 2: Agustus 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.138 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v5i2.360

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan (Debt Equity Ratio, Current Ratio) terhadap kinerja keuangan (Return on Equity) dengan (Return on Assets) sebagai variabel moderating. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisi. Alat analisis menggunakan metode regresi berganda dan regresi berganda demoderasi. Populasi dalam penelitian ini meliputi beberapa perusahaan makanan dan minuman yang terdaptar di bursa efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini  adalah metode purposive sampling dengan 12 perusahaan barang konsumsi sektor makanan dan minuman sebagai sampel.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Debt Equity Ratio terhadap Return on Equity tidak berpengaruh dan tidak singnifikan. Begitupun Current Ratio terhadap Return on Equity juga tidak berpengaruh dan tidak signifikan. Pada pengujian berikutnya variabel Debt to Equity dan Current Ratio yang diperkuat (minusnya) hubungannya oleh variabel moderating Return on Assets terhadap Return on Equity.
Cover JPSB Vol 5 No 2 2017 - -
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 5, No 2: Agustus 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1873.818 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v5i2.626

Abstract

Dampak Loyalitas Konsumen Dengan Kualitas Barang Dan Startegi Harga Pada Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Alfa Mart Di Wilayah Surakarta) ARIS TRI HARYANTO; SEPTIANA NOVITA DEWI
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 5, No 2: Agustus 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.101 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v5i2.355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak loyalitas konsumen dengan kualitas barang dan startegi harga pada kepuasan konsumen (Studi pada Konsumen Alfa Mart di Wilayah Surakarta). Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis (analisis jalur). Hasil penelitian ini : Kualitas barang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Konsumen. Strategi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Konsumen. Kualitas barang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Konsumen. Strategi harga berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas Konsumen. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Konsumen. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Konsumen. Hasil uji F dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel kualitas barang, strategi harga dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas Konsumen Alfamart di wilayah Surakarta. Hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa R2 total sebesar 0,918 dapat diartikan loyalitas konsumen Alfamart di wilayah Surakarta dijelaskan oleh variabel kualitas barang, strategi harga dan kepuasan sebesar 91,8% dan sisanya 8,2% dijelaskan variabel lain diluar model penelitian sebagai contoh : lokasi dan sarana prasarana. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa penggunaan intervening kepuasan untuk variabel kualitas barang dan strategi harga adalah tidak efektif, karena hasil pengaruh langsung lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung.

Page 1 of 1 | Total Record : 8