cover
Contact Name
Arimurti Kriswibowo
Contact Email
arimurti.adne@upnjatim.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
arimurti.adne@upnjatim.ac.id
Editorial Address
Gedung Adi Krita, FISIP. UPN Veteran Jawa Timur. Jl.Raya Rungkut Madya, Gununganyar. Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara
ISSN : 23030089     EISSN : 26569949     DOI : https://doi.org/10.33005
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal DINAMIKA GOVERMANCE (JDG) diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dan artikel mengenai Manajemen dan Kebijakan Publik, Pemerintahan, dan Pemberdayaan Masyarakat serta relasi sektor privat terhadap publik yang bersifat terbuka terhadap pendekatan multi dan interdisipliner. JDG terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Governance" : 9 Documents clear
Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Humas Kepolisian Daerah Jawa Timur Nikmah, Putri Ayu Ainun; Arif, Lukman
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v7i1.1199

Abstract

Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara dari informan yang memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian ini menggunakan teori penilaian kinerja dan mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil. Setiap PNS pada dasarnya menginginkan SKP hasil kerja yang baik agar naik pangkat cepat pada waktunya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut diatas, maka perumusan masalah yaitu “Bagaimana Penilaian Kinerja pegawai negeri sipil di Humas Polda Jatim”. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil di Humas Polda Jatim. Lokasi penelitian adalah Kantor Humas Kepolisian Polda Jatim sebagai uji sampling. BerdaBerdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa yang didapatkan dari Kantor Humas Kepolisian Jawa Timur dalam menilai kinerja pegawai sipil melalui SKP dalam meningkatkan prestasi dalam kurun waktu 1 tahun, pejabat penilaian dalam menilai pegawai negeri sipil sesuai dengan PP No 46 Tahun 2011. Dari unsur penilaian rata-rata pegawai negeri sipil cukup memahami dan hasil penelitian rata-rata pegawai yang dinilai sudah cukup baik dengan hasil penilaian. Kata Kunci : Penilaian Kinerja, Pegawai Negeri Sipil Humas, Peraturan Pemerintah DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i1.1199
Efektifitas Tenaga Pendampingprofesional Dalam Pemanfaatan Dana Desa Guna Mendorong Pemberdayaan Masyarakat Desa Widiyarta, Agus
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v7i1.1198

Abstract

Keberadaan pendamping desa profesional sangat diperlukan dalam pemanfaatan dana desa sehingga dana desa dapat mencapai sasaran yaitu untuk kesejahteraan masyarakat desa. Dalam faktanya pendamping desa ini keberadaanya masih jauh dari yang diharapkan, hal tersebut diakui oleh perangkat maupun masyarakat desa. Efektivitas keberadaan pendamping profesionl desa ini diduga jauh seperti yang diharapkan karena diakibatkan oleh proses rekruitmen yang tidak profesional dan syarat dengan kepentingan kelompok-kelompok tertentu. Penelitian ini menggambarkan dan menganalisa efektivitas pendamping profesional desa dalam melakukan pendampungan pemanfaatan dana desa di Provinsi Jawa Timur.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan implementasi kebijakan program Pendamping Desa dalam melakukan konseling, motivator dan evaluitator Dana Desa berdasarkan UU N0.6 tahun 2014 tentang Desa.Untuk mengetahui implementasi kebijakan Pendamping Desa maka penelitian ini berfokus pada :Proses rekrutmen Pendamping Desa, Efektivitas kerja Pndamping Desa dan Evaluasi Pendamping Desa. Pengambilan lokus dalam apenelitian ini diambil secara purposive sesuai dengan kebutuhan dalam menjelaskan permaslahan. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Jember, Kabupaten Malang dan Kabupaten Probolinggo.Analisa dilakukan dengan model interaktif yaitu menggabungkan beberapa fenomena yang berhubungan dengan fokus penelitian, kemudian disimpulkan dengan menarik hal-hal temuan khusus menjadi temuan umum sebagai jawaban atas permasalahan yang ditentukan Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa Terjadi mal-administrasi dalam proses rekruitmen Tenaga Pendamping Desa Profesional yaitu tidak profesional sehingga proses rekruitmen tidak sesuai dengan aturan dan terkesan amburadul.Efektivitas kinerja pendamping kurang maksimal terbakti bahwa peran Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa masih banyak dikeluhkan oleh aparat desa dan masyarakat dan kinerja mereka tidak sesuai dengan peran yang harus dilakukan.Tidak dilakukan evaluasi kinerja pendamping desa sesuai aturan yang ada , tidak melibatkan pemerintah lokal dan instrumen yang digunakan kurang dapat untuk mengukur kinerja DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i1.1198
Model Pengembangan Program Corporate Social Responsibility (CSR) “Broadband Learning Center” (BLC) Pada PT. Telkom Putri, Yunita Mariana; Zuhri, Saifuddin
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v7i1.1196

Abstract

Companies need to establish a good image to the public so it can be profitable for his company. PT. Telekomunikasi Indonesia East Java Regional Division V has an obligation to be responsible for the gap and the Internet Computer Technology in Surabaya, Corporate Social Responsibility is Broadband Learning Center. The Macro Model Of Public Relations Evaluation models used to measure the development of a program that is conducted by a Public Relations company. The research method used is descriptive quantitative research. The population of this research is the public or users of Broadband Learning Center aged 17 - 60 years who knows CSR programs Telkom Broadband Learning Center on the assumption that respondents understand what is being researched that will affect the accuracy of the data generated. Sampling technique in this study using purposive sampling technique. Based on the sampling technique, the number of respondents obtained as many as 100 people. Based on the analysis of the results of a survey conducted by researchers of the development model of CSR Broadband Learning Center program, an overall total score of each indicator CSR program "Broadband Learning Center can be inferred include Corporate Social Responsibility program that develops a change in attitude, changes in behavior and level of consciousness DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i1.1196
Implementasi Program Kampung Keluarga Berencana Di Dusun Ambeng-Ambeng Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo Bachtiyar, Nosa Arighi; Wibawani, Sri
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.524 KB) | DOI: 10.33005/jdg.v7i1.1194

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pencanangan Kampung Keluarga Berencana di dusun Ambeng-Ambeng, desa Ngingas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Program Kampung Keluarga Berencana di Dusun Ambeng-Ambeng Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dimana sumber data diperoleh dari informan yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara yang kemudian di analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan data dengan fokus penelitian menggunakan teori dari Van Meter dan Van Horn tentang Implementasi Kebijakan Publik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara umum, implementasi program Kampung KB di Dusun Ambeng-Ambeng telah berjalan baik. Hanya saja ada salah satu kegiatan yang belum terlaksana, yakni Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK) Remaja. Tujuan umum program ini masih dalam proses pencapaian dikarenakan program kampung KB di Dusun Ambeng-Ambeng dimulai Januari 2016. Sumber daya,  kualitas hubungan interorganisasional, dan karakteristik organisasi telah mendukung terimplementasinya program kampung KB di Dusun Ambeng-Ambeng. Lingkungan sosial di Dusun Ambeng-Ambeng pada umumnya mendukung program Kampung KB. Lingkungan ekonomi Dusun Ambeng-Ambeng amat mendukung masyarakat berpartisipasi dalam program ini. Di sisi lain, tidak ada kegiatan politik yang menjadi lingkungan politik dalam implementasi program Kampung KB di Dusun Ambeng-Ambeng. Sikap pelaksana sudah mendukung terimplementasinya program Kampung KB.  Kata Kunci : Implementasi, Kampung Keluarga BerencanaDOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i1.1194
Analisis Faktor Penentu Keputusan Dalam Memilih Program Studi Perpajakan (Studi kasus di Prodi Perpajakan Politeknik Ubaya ) Purnomolastu, N.
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v7i1.1195

Abstract

Program Studi Perpajakan Politeknik Ubaya didirikan tahun 2003, merupakan salah satu program studi yang ada di Politeknik Ubaya disamping Program Studi Akuntansi, Menejemen Pemasaran, Sekretaris dan Bahasa Ingris Bisnis. 5 tahun terakhir ini jumlah mahasiswa yang masuk Program Studi Perpajakan semakin meningkat, disisi lain jumlah mahasiswa yang memilih program studi lain selain Program Studi Perpajakan di Politeknik Ubaya mengalami penurunan. Penelitian ini ingin mengatahui factor apa yang menyebabkan naiknya jumlah mahasiswa Program Studi Perpajakan Politeknik Ubaya, ditengah menurunnya minat jumlah mahasiswa yang memasuki program studi lainnya di Politeknik Ubaya. Penelitian ini menggunakan tehnik analisa data dengan menggunakan Analisis Faktor, guna mengetahui factor apa saja yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam menentukan pilihannya memasuki Program Studi Perpajakan Politeknik Ubaya. Penelitian ini mengambil populasi dari mahasiswa 3 angkatan dari Program Studi Perpajakan.   Kata Kunci : Analisis Faktor, Minat DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i1.1195
Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Haji Surabaya Nugroho, Rusdi Hidayat; Poernomo, Edy
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v7i1.1201

Abstract

Sehubungan dengan peraturan Daerah No. 11 Tahun 2005 tentang pelayanan publik di Propinsi Jawa Timuru, Rumah Sakit Haji Surabaya merupakan salah satu tempat yang memberikan pelayanan publik yang dihaniskan membuat atau menyusun standar pelayanan publik berdasarkan peraturan daerah dan disesuaikan dengan jenis pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Haji Surabaya. Hal ini dapat diketahui melalui data pengaduan pada tahun 2015 sebanyak 3.0 pengaduan dan tahun 2016 sebanyak 10 pengaduan (RSII.RS. Haji Surabaya, 2016) Banyaknya pengaduan tersebut membuat aparatur Rumah Sakit Haji Surabaya menjadi lebih waspada dalam melaksanakan pelayanan publik. Tern uan tersebut merupakan bahasan yang sangat penting untuk dikaji, dengan demikian penelitian ini sangatlah penting untuk dilakukan, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat diketahui upaya Rumah Sakit Haji Surabaya dalam pelaksanaan standar pelayanan publik. Pada penelitian kualitatif ini, dalam menganalisis data yaitu menggunakan model. Adapun model yang kami gunakan adalah model manajemen pelayanan (Ratminto dan atik septi winarsih). Model ini sangat tepat dipakai sebagai alat analisis dalam penelitian ini karena dengan menggunakan model ini dapat dikaji upaya Rumah Sakit Haji Surabaya dalam pelaksanaan standar pelayanan publik. Kendala yang ada di Rumah Sakit Haji Surabaya tentang pelaksanaan pelayanan publik yaitu terutama pada aspek pemahaman aparaturnya, terlebih pada aparatur rumah sakit pada golongan bawah. Walaupun sosialisasi standar pelayanan publik sudah pada level paling rendah dan dilakukan melalui berbagai media, namun masih di jumpai aparatur yang masih belum mengetahui tentang standar pelayanan publik. Untuk mengatasi kendala tersebut Rumah Sakit Haji Surabaya mengadakan sosialisasi tentang Standar Pelayanan Publik Kata kunci : Rumah Sakit Haji Surabaya, Standar Pelayanan Publik DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i1.1201
Kebijakan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Sebagai Solusi Alternatif Green City Di Kota Surabaya Hertati, Diana
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.18 KB) | DOI: 10.33005/jdg.v7i1.1200

Abstract

Sampah merupakan produk sisa kegiatan manusia yang mempunyai potensi dalam memperbesar dampak pemanasan global. Timbulan sampah merupakan permasalahan besar di Indonesia,   khususnya   Kota   Surabaya.   Peningkatan   jumlah timbulan  sampah  berbanding  lurus  dengan  pertambahan penduduk sebesar 1,2% setiap tahun. Pertumbuhan penduduk, urbanisasi dan perubahan gaya hidup yang terjadi di masyarakat merupakan  salah  satu  aspek  yang  berpengaruh  besar  dalam jumlah timbulan sampah perkotaan. Sesuai Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2012 Pasal ayat 1 dan 2 menjelaskan bahwa : kegiatan reduse, reuse, dan recycle atau batasi sampah, guna ulang sampah dan daur ulang sampah yang selanjutnya di sebut kegiatan 3R adalah segala aktifitas yang mampu mengurangi segala sesuatu yang dapat menimbulkan sampah, kegiatan penggu-naan kembali sampah yang layak pakai untuk fungsi yang sama atau fungsi yang lain dan kegiatan mengelolaan sampah untuk di jadikan produk baru. Bank Sampah adalah tempat pemilahan dan pengumpulan sampah yang dapat di daur ulang dan/atau di guna ulang yang memiliki nilai ekonomi. Program bank sampah tidak terlepas dari pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan merupakan usaha untuk memperbaiki kehidupan masyarakat dengan cara memberikan pemahaman pengendalian tentang kekuatan sosial, ekonomi, dan politik.   Kata Kunci : Kebijakan publik, pengelolaan, Masyarakat  dan Green City DOI  https://doi.org/10.33005/jdg.v7i1.1200
Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test, CBT) Di Smp Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo Ula, Sa’adatul Maziidatil; Nawangsari, Ertien Rining
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v7i1.1193

Abstract

Didalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer memiliki banyak keunggulan, namun dalam pelaksanaannya masih ditemukan beberapa kelemahan atau permasalahan. Fenomena transisi pelaksanaan ujian nasional akan begitu signifikan di tahun pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kegiatan Pra Ujian dan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMP Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (Computer Based Test, CBT) di SMP Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Metode Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Pra Ujian, secara rinci antara lain: (a) Sosialisasi UN CBT, (b) Uji Verifikasi sarana dan prasarana,(c) Pelatihan Sumber Daya Manusia (Proktor, Teknisi, dan Siswa). (2) Ujian, secara rinci antara lain: (a) Persiapan Teknis (sarana dan prasarana), (b) Persiapan Sumber Daya Manusia (Proktor, Teknisi,  dan Siswa). Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test, CBT) di SMP Negeri 1 Sidoarjo sudah terencana dan  terlaksana dengan baik dengan melakukan kegiatan sosialisasi kepada siswa, sarana prasana yang sudah di uji verifikasi dan kesiapan guru yang terlibat untuk keberhasilan ujian nasional berbasis komputer.  Kata Kunci : implementasi, ujian nasional berbasis computerDOI : https://doi.org/10.33005/jdg.v7i1.1193
Tingkat Kepatuhan UPN “Veteran” Jawa Timur Terhadap Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Tukiman, Tukiman; Suksmawati, Herlina; Prabowo, Budi
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v7i1.1197

Abstract

The purpose of this study to see the extent to which the policy UPN "Veteran" East Java as the college of compliance in the application of Law No. 25 Year 2009 on Public Service, Variables used to assess compliance this is to compare the provisions of Law No. 25 in 2009, consisting of service Standards, edict services, Information Systems services Facility Assessment of Human Resources, Means for service users with special needs / disability, Vision, Mission and motto, ISO 9000: 2008, Attribute service Officers, Systems Integrated services , Complaints, method used in this study is a survey research methods that research conducted in the population, but the data is the data studied samples taken from the population and using questionnaires as a data collection tool to obtain a generalization of observations that are not deep. From the level of their explanations of this study used a descriptive approach to evaluation methods. Definition of descriptive research method according Sugiono (2006: 11) is "The research conducted to determine the value of an independent variable, either one or more variables (independent) without making comparisons or connections between variables and the other variables". While Irawan (2004: 49) states that descriptive research is "Research aimed to describe or explain things as they are". Evaluation methods researchers use to judge something by comparing the activity or products with the standards that have been set. The results based on variables and indicators that have been assigned the obtained maximum value / total by 1000 and divided into three (3) zoning compliance with the implementation of Law No. 25 of 2009 on public service, the red zone or low adherence (0-500), yellow zone or moderate adherence (501-800), the green zone or high adherence (801-1000), the National Development University "Veteran" East Java, the total value of  870.14 or green zones or high adherence (801-1000), which needs attention is the unavailability of intimation / appointments services mounted in the bulletin board, not the availability of specific services / disabled, the attributes of service personnel do not use an ID card, and a complaint management is still centralized. Keywords: Compliance, Law No. 25 of 2009 on Public Service, UPN "Veteran" East Java DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i1.1197

Page 1 of 1 | Total Record : 9