cover
Contact Name
Riawan Yudi Purwoko
Contact Email
riawanyudi@umpwr.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@umpwr.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
ISSN : 2477829X     EISSN : 25414070     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)" : 7 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JANGKIT PESERTA DIDIK SMK N 2 PURWOREJO, MELALUI ANALISIS BIOMEKANIKA DENGAN SOFTWARE KINOVEA Sugiyanto Sugiyanto
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.31 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v3i1.3852

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui metode analisis biomekanika dapat meningkatkan hasil belajar lompat jangkit, dan (2) mencari bukti-bukti bahwa metode analisis biomekanika dapat meningkatkan hasil belajar lompat jangkit peserta didik kelas XI AK. 4 (akuntansi 4) SMK Negeri 2 Purworejo. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas XI AK 4 SMK Negeri 2 Purworejo semester kedua tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan mengkomparasikan data siklus I dengan siklus-siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode analisis biomekanika meningkatkan hasil belajar lompat jangkit peserta didik kelas XI AK 4 SMK Negeri 2 Purworejo. Pada akhir siklus kedua dicapai rata-rata nilai aspek sikap sebesar 3,93, aspek pengetahuan sebesar 3,23 dan aspek keterampilan sebesar 3,57. Peningkatan dampak penyerta berupa peningkatan aktivitas peserta didik, dan guru, dan keefektifan penggunaan alat/media
PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK EFEKTIFITAS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK Ambaryani Ambaryani; Gamaliel Septian Airlanda
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.892 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v3i1.3853

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komiksebagai media pembelajaran IPA. Penelitian ini memfokuskan pada materi perubahan lingkungan fisik terhadap daratan kelas 4 SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research  and Development (RnD) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki tahapan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa uji pakar/validasi pakar, tes, nontes. Hasil penelitian menunjukkan produk yang dihasilkan: (1) Media komik Menemukan Perubahan Lingkungan disekitarku berdasarkan model pembelajaran discovery learning. (2) Kevalidan media komik ditunjukkan dengan hasil uji ahli/uji pakar materi dan media. Pada uji pakar materi diperoleh skor 76% dan pada uji ahli/ pakar media diperoleh skor 88% dengan kategori sangat baik. Keefektifan media komik ditunjukkan dengan hasil angket respon siswa diperoleh dengan skor 90% dan angket respon guru diperoleh skor 82% dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar  kognitif terdapat peningkatan dari 60,54 menjadi 81,08.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CTL DAN OPEN-ENDED TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR Dafid Slamet Setiana
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.338 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v3i1.3854

Abstract

Tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan minat belajar matematika dengan metode CTL dan Open-Ended, (2) membandingkan pengaruh metode CTL dan Open-Ended terhadap minat, (3) membandingkan pengaruh gaya belajar terhadap minat, (4) mengetahui pengaruh interaksi antara metode mengajar dan gaya belajar terhadap minat. Penelitian menggunakan desain penelitian eksperimental semu dengan dua kelompok eksperimen, yaitu CTL dan Open-ended. Instrumen penelitian berupa angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis multivariate desain faktorial dua jalan dengan sel tak sama, dan uji lanjut dengan prosedur Bonferroni. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) metode pembelajaran Open-ended dan CTL baik untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa, (2) metode pembelajaran CTL lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Open-Ended ditinjau dari minat belajar siswa, (3) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap minat belajar siswa, dengan gaya belajar visual  mempunyai  minat belajar yang lebih baik dibandingkan gaya  belajar  auditorial, (4) tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar matematika siswa terhadap minat belajar matematika siswa.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MATA KULIAH MATERI DAN PEMBELAJARAN IPS SD UNTUK MAHASISWA Hardiman Hardiman
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.03 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v3i1.3855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) megembangkan software PBK pada mata kuliah materi dan pembelajaran tutorial yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah belajar tutee trutama modul sebagai sumber belajar dalam rangka mencapai efektifitas, efisiensi dan daya tarik (2) mengungkapkan kelayakan produk ini digunakan untuk pemblajaran tutorial. Subjek ujicoba semua tahap yang terlibat pada penelitan ini berjumlah 29 orang tutee, ujicoba keompok kecil 6 orang tutee dari kelompok besar 20 orang tutee. Jenis data yang digali dalam penelitian adalah ketepatan rancangan dan media, ketepatan isi bahan ajar, dan kemenarikan bahan ajar. Data dikumpulkan dengan cara pemberian ceklis dan review seorang ahli materi dan ahli media, pemberian angket kepada tutee individu, kelompok kecil, ujicoba lapangan. Analisis data dengan menggunakan teknik deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isi program PBK dirancang sesuai dengan silabus mata kuliah materi dan pembelajaran IPS SD. Oleh karena itu, dapat digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah materi dan pembelajaran IPS SD. Sebagai bagian dan strategi model pencapaian model interaktif dan sumber-sumber pembelajaran PIPS, isi pembelajaran tutorial. PTBK  merupakan bagian dari strategi dan model pencapaian isi pembelajaran tutorial yang sangat efisien dengan terbatasnya tutor, alokasi waktu dan sumber belajar atau modul dalam mata kuliah dan pembelajaran IPS SD. PBK sebagai bagian dari strategi dan model pencapaian isi pembelajaran memiliki daya tarik tinggi.
ANALISIS KEMAMPUAN CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA PRAKTEK PEMBELAJARAN MIKRO Riawan Yudi Purwoko
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (864.872 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v3i1.3856

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Content Knowledge (CK) mahasiswa calon guru matematika menggunakan analisis vignette. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo pada  semester VII yang mempunyai kemampuan akademik tinggi. Teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi menggunakan vignette. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian pada materi Relasi dan Fungsi,  menunjukkan bahwa subjek dapat mendefinisikan fungsi dengan benar tetapi beberapa tidak menuliskan fungsi dengan notasi matematis, kemudian dapat menginterpretasikan dan menggunakan representasi dalam bentuk pasangan terurut atau grafik serta dapat menentukan hubungan fungsi dengan materi yang lain. Sehingga secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan CK pada mahasiswa calon guru matematika dominan berada pada level 1 dan 2. Pengetahuan CK merupakan bagian penting dari PCK dalam mengembangkan proses belajar mengajar yang bertujuan untuk memberikan pemahaman utuh kepada siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE MAKE-A MATCH BERBANTUAN MEDIA KOMIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS Esthi Santi Ningtyas; Emy Wuryani
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.772 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v3i1.3857

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hail belajar dan aktivitas belajar siswa Kelas 2 SD Kanisius Lodoyong dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make-A Match berbantuan media komik interaktif, jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu, 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan dan observasi 3) refleksi untuk setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 01 Tuntang dengan jumlah 21 siswa, teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes, dan untuk analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil siklus I dan siklus II. Data kuantitatif yang berupa hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran berlangsung pada setiap siklusnya dianalisis. Hal ini di tunjukkan dengan dengan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pada siklus I dan siklus II. Data yang didapat pada siklus I  untuk hasil belajar 66,7 % siswa untuk tuntas KKM yang ditetapkan 65 dengan rata-rata 70,1, sedangkan aktivitas belajar siswa 48% pada kategori tinggi. Untuk siklus II prestasi belajar 95,2 % siswa tuntas KKM dengan rata-rata 80,2, sedangkan aktivitas belajar siswa 52% pada kategori sangat tinggi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make-A Match berbantuan media komik interaktifdapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa
DESAIN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA DI SEKOLAH DASAR Syukur Budiyono; Erni Puji Astuti
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.44 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v3i1.3858

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk memperoleh model pembelajaran matematika berbasis budaya yang layak digunakan di sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan adalah Dick and Carey. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sendangsari. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, catatan lapangan, angket, dan tes. Penelitian ini menghasilkan buku model dan perangkat pembelajaran matematika berbasis budaya. Berdasarkan hasil analisis dari penilaian ahli dan uji coba terbatas, model pembelajaran matematika berbasis budaya dan perangkat yang digunakan dalam kategori valid, kepraktisan model pembelajaran matematika berbasis budaya dalam kategori sangat baik, dan (1) persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 86,11%; (2) Respon siswa dalam kategori positif, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran efektif digunakan. Sehingga model pembelajaran berbasis budaya layak digunakan di sekolah dasar dan dapat digunakan sebagai alternatif dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam model pembelajaran matematika berbasis budaya, siswa dikenalkan dengan budaya daerah, hal ini sebagai upaya untuk mempertahankan nilai-nilai budaya yang ada di daerah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7