cover
Contact Name
Sukma Murni
Contact Email
sukmamurni@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
collase.journal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
ISSN : 26144085     EISSN : 26144093     DOI : -
Core Subject : Education,
Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on regional and national level.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2020)" : 10 Documents clear
PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA SD KELAS III DENGAN MENERAPKAN MODEL PICTURE AND PICTURE Bunga Pujianti
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 3, No 4 (2020)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penerapan model picture and picture dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Ciampel tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa (laki-laki = 18 dan perempuan = 12). Cara yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tahapan-tahapan penelitian meliputi (1) tahap persiapan; (2) tahap analisis; (3) evaluasi. Adapun pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, pembuatan instrumen, dan pembuatan angket. Langkah-langkah analisa mencakup reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil analisa memperlihatkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi mengalami peningkatan nilai siswa diatas KKM dengan mencapai rata-rata 75,3. Nilai tersebut dinyatakan berhasil dan telah melampaui batas ketuntasan belajar yang telah ditetapkan yakni 65. Kata Kunci: Karangan narasi, Model picture and picture
ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHMAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI DENGAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI METODE CONCENTRATED LANGUAGE ENCOUNTER (CLE) Muhammad Rizal Fauzi
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 3, No 4 (2020)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dasar utama dalam memahami sebuah bacaan adalah mampu menentukan sebuah ide/gagasan pada sebuah paragraf. Bagi siswa sekolah dasar, menentukan gagasan utama atau ide pokok paragraf pada sebuah bacaan merupakan hal yang cukup sukar dilakukan, perlu upaya analisis agar siswa dapat menentukan gagasan utama pada sebuah paragraf. Penelitian ini bertujuan mengelaborasi secara eksplisit landasan teori sekaligus penerapan secara praktis metode Concentrated Language Encounter (CLE) terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa dalam menentukan ide pokok paragraf bacaan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode Library Research dengan cara mengkomparasikan sekaligus mengkeritisi literatur hasil riset yang telah dilakukan dari tiga peneliti berbeda, sekaligus merelevansikannya dengan landasan teori reading comprehension (membac pemahaman). Hasil penelitian ini terelaborasinya kemampuan pemahaman membaca siswa dengan cara menentukan ide pokok paragraf melalui metode CLE yang meliputi: 1) Konsep membaca pemahaman; 2) karakter membaca pemahaman pada siswa SD kelas tinggi; 3) menentukan ide pokok paragraf sebagai parameter membaca pemahaman siswa; 4) sintak pembelajaran dngan metode CLE; 5) implikasi metode CLE terhadap pemahaman membaca siswa; 6) riset hasil implementasi metode CLE dalam pembelajaran bahasa.
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO PADA SISWA SD KELAS VI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROSES Sayekti, Muhammad Ilham
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 3, No 4 (2020)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran menulis teks pidato pada siswa SD kelas VI dengan menggunakan pendekatan proses. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Sukamaju dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal tentang menulis teks pidato, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran ketika diterapkannya pendekatan proses. Hal tersebut ditunjukan dengan skor rata-rata pada observasi guru sebesar 96, skor rata-rata pada observasi siswa sebesar 95, persentase peningkatan dari nilai pre tetst ke post test sebesar 18,59%, serta persentase skor angket guru sebesar 95%, dan rata-rata persentase skor angket siswa sebesar 92%.
meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada materi statistika siswa kelas IV dengan menggunakan model teams games tournament Rohimat, Jajang
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 3, No 4 (2020)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini didasari atas pentingnya tentang kemampuan berpikir kritis terhadap siswa Sekolah Dasar. Metode didalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk pretest dan posttest. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perubahan yang terjadi pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournament. Hasil penelitian ini menunjukkan pada saat pretest sekitar 20,1 % dan pada saat postest menjadi 43 %. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Ciampel Kabupaten Bandung Barat sedangkan sampel yang digunakan yaitu 22 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, menyimpulkan bahwa model pembelajaran TGT sangat baik pada saat pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi statistika
MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI METODE HOA ( Hands On Activity ) PADA SISWA KELAS 4 DI SD NEGERI CIBABAT MANDIRI 5 Risnawati, Maya
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 3, No 4 (2020)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilandasi atas dasar melihat pentingnya ketrampilan membaca pemahaman siswa untuk mempertajam pemahaman siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk pretest-posttest. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Cibabat Mandiri 5 Kota Cimahi sedangkan sampel yang digunakan yaitu 28 siswa dengan teknik convenience sampling. Hasil penelitian adalah dengan membanding ketrampilan membaca pemahaman siswa pada kelompok A lebih baik dari Kelompok B. Peneliti menyimpulkan bahwa metode Hands On Activity (HOA) berpengaruh terhadap ketrampilan membaca pemahaman siswa.
USAHA PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SDN BABATAN V/460 SURABAYA Wardani, Duhita Savira
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 3, No 4 (2020)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The background of this study was the low of students’ problem solving skills caused by the teacher using conventional method on science subject so there were not active student activity in finding and solving problems. This study addressed to cope students’ problem in problem solving skills on  classroom by implementing Problem Based Learning model. The study followed a classroom action research through three stages namely planning, implementing and observing, and reflecting action. This research subject to fifth grade SD Babatan V/460 Surabaya on science subject. This research was conducted in two cycles consisting of two meetings for each. The data were gathered using observation, tests, and questionnaire. The result of this study showed the implementation of the Problem Based Learning Model on science subject could improve students’ problem solving skills. It was indicated by an enhancement in the average value of problem solving skills test. Furthermore, the application of this model can also increase students’ learning outcomes, teacher activity of learning, students activity of learning, and students’ responses. Thus, teachers can apply this Problem Based Learning model to increase the activitiy of learning and thinking skills in problem solving of their primarily students.Keywords: Problem Based Learning Model (PBL), Problem Solving Skills, Science.  
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MEDIA MAJALAH ONLINE MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING START WITH A QUESTION DIKELAS V SD Nenden Fauzia; Jajang Bayu Kelana
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 3, No 4 (2020)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ialah siswa kelas V SDN Cibabat Mandiri 1 Kota Cimahi sedangkan sampel yang terpilih sebanyak 28 siswa dengan teknik convenience. Hasil penelitian adalah membandingkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa kelompok A lebih baik dari pada kelompok B. Penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dan Media Majalah Online berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan membaca pemahaman.   
Peranan Pendidikan Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Kebudayaan Di Indonesia Faridillah Fahmi Nurfurqon
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 3, No 4 (2020)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia, maka dari itu pendidikan akan bergantung pada budaya setiap manusia. Nilai-nilai pendidikan akan selalu mengekor pada setiap langkah kebudayaan. Pendidikan merupakan salah satu unsur kebudayaan karena proses pendidikan pada dasarnya merupakan hakikat dari kebudayaan itu sendiri, maka dari itu pendidikan memiliki berbagai latar dalam budaya. Setiap budaya memiliki nilai dan norma yang berkembang pada setiap kelompok masyarakat, nilai dan norma ini akan menjadi aspek pembelajar bagi manusia, bisa menjadi landasan bagi masyarakat untuk menjalani kehidupan. Proses ini dinamakan sebuah pendidikan yang berlatar pada budaya masyarakat. Pendidikan yang dilatar belakangi dari budaya dan kebiasaan masyarakat akan memunculkan sebuah konsep bernama pendidikan multikultur. Sebuah konsep dimana perbedaan merupakan sebuah kekayaan. Karena pada dasarnya pendidika harus menjadi alat pemersatu masyarakat di tengah-tengah berbagai macam perbedaan budaya yang terjadi di kehidupan sosial
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAPHORICAL THINKING DAN SELF CONFIDENCE MATEMATIK Tria Septiani
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 3, No 4 (2020)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Dalam pembelajaran di sekolah Metaphorical Thingking penting untuk siswa SD karena kemampuan tersebut mampu membuat konsep abstrak menjadi konkrit agar pembelajaran dapat lebih dipahami selain itu Self Confidence penting agar siswa mampu mengembangkan kemampuannya dan mampu mandiri melakukan segala hal. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan  desain penelitian pretest-posttest. Serta subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri daerah bandung. Penelitian ini menghasilkan bahwa pendekatan RME berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan Metaphorical thinking dan self confidence siswa SD. Dengan dilihat dari perbandingan nilai tes awal(pretest) dan test akhir(posttest) serta uji statistik yang menunjukan peningkatan nilai pretest yang dihasilkan sangat rendah dan hasil posttest lebih tinggi, maka dari itu menggunakan pendekatan RME dapat meningkatan kemampuan Metaphorical thinking dan self confidence.Kata Kunci: Pendekatan RME, Kemampuan Metaphorical Thingking, Self Confidence.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) MELALUI MEDIA HAND PUPPETS GUNA MENANAMKAN NILAI KARAKTER PERDULI SOSIAL DAN MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Medita Ayu Wulandari
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 3, No 4 (2020)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan value clarification technique (VCT) menggunakan media hand puppets guna menanamkan karakter perduli sosial dan keaktifan siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas empat di SD Negeri Cilumping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunnakan model spiral Hopkins dengan bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, penerapan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode value clarification technique (VCT) melalui media hand pupents pada tema “perduli terhadap mahluk hidup” dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sebesar 9,6% pada siklus I dan 4,8% pada siklus II, kemudian dapat pulan meningkatkan penanaman karakterperdulisosialsiswa dengan adanya peningkatan sebesar 19% pada siklus I dan 4,8% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pnggunaan metode value clarification technique (VCT) menggunakan media hand puppets guna menanamkan karakter perduli sosial dan keaktifan siswa sekolah dasar.Kata Kunci: teknik klarifikasi nilai, karakter perduli sosial, keaktifan belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10