cover
Contact Name
Aulia Novemy Dhita
Contact Email
aulianovemydhita@unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
aulianovemydhita@unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 19788673     EISSN : 26569620     DOI : -
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, (P-ISSN: 1978-8673 dan E-ISSN: 2656-9620) merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Sriwijaya yang mempublikasikan hasil penelitian Pendidikan Sejarah, Kajian Ilmu Sejarah dan Ilmu Sosial Budaya dalam Pendidikan Sejarah. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali setahun (Februari dan Agustus).
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2015)" : 9 Documents clear
Masjid Azizi: Bukti Kejayaan Islam Etnis Melayu Langkat Zulnaidi Nilzami Raswief
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jc.v4i1.4776

Abstract

The remains of Malay culture and anidentity langkat Islamic pride that still needs to be preserve dislocated azizi Mosque in the Sultanate of Tanjung Pura langkat. Sultanate langkat build Azizi mosquein 1899 during the reign of Sultan langkat named Haj iMusa. Inauguration in June 13, 1902 by the son of Haji Musa named Sultan Abdul Aziz Shah Djalil Rachmat. The mosque is very similar to the Masjid Zahirin Kedah. Malaysia because it was inspired by the beauty of Azizi Mosque. Azizi Mosqueis located in the town of Tanjung Pura, the capital of the Sultanate of langkat. The layout of the mosque on the edge of Sumatra highway, which connects the province of North Sumatra and Aceh. The distance is approximately 60km from the capital of North Sumatra province, namely Medan.Keywords: History, the Islamicperiod, should be preserved
Telaah Geomorfologi Kerajaan Majapahit Sani Safitri
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jc.v4i1.4777

Abstract

Untuk menelaah kerajaan majapahit memerlukan pendekatan yang kompleks. Hal ini disebabkan karena sedikitnya ditemukan benda-benda peninggalan kerajaan Majapahit sehingga untuk membuktikan dimana lokasi pastinya sejarawan perlu menelaah dari aspek geografi kesejarahan yaitu dengan pendekatan telaahan posisi , iklim dan morfologi bumi. Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia, yang pernah berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas di Nusantara pada masa kekuasaan Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350 hingga 1389. Hasil penelitian memastikan bahwa ibukota Majapahit dikelilingi oleh jaringan jalur alir yang lebar dan dalam serta mempunyai jalan keluar ke arah barat menuju ke kali Brantas. Adapun sumber airnya berasal dari sungai-sungai yang ada di sebelah selatan ibukota
Kampung Arab Al Munawar dalam Pembelajaran Sejarah Lokal: Agar Tak Sekedar Nostalgia Aulia Novemy Dhita
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jc.v4i1.4773

Abstract

Integrating learning local history into history teaching is a renewal of teaching history because it can bring history subject  near to student environment. One of the local history that can be used as teaching material in local history is Kampung Arab in Palembang. In its implementation, local history materials submitted with learning models such as Project I Want To Know. This learning model puts students as researchers. Furthermore, the results of the writing of history or historiography of research learning model and the model project I Want To Know can be published to social networks such as facebook, blogs, instagram, path or you tube. The shape of the final assessment of the learning process is the student worksheets made by teachers.  Keyword: Kampung Arab, Local History
Kerajaan dan Kesultanan Dunia Melayu: Kasus Sumatera dan Semenanjung Malaysia Suwardi Mohammad Samin
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jc.v4i1.4778

Abstract

Kajian tajuk di atas merupakan hasil penyelidikan dan penulisan tahun 2012 dan diteruskan pada tahun 2013 yang hasilnya sudah merupakan sebuah dummy buku“Perantauan dari Sumatra ke Semenanjung Malaysia”. Penamaan kerajaan berlangsung sekitar abad ke 7 M-13M yaitu masa Hindu dan Budha, seperti Kerajaan Melayu Jambi, Dharmasyraya, Sriwijaya, Minangkabau, di Riau seperti Kandis, Kritang, Ghasib, dan sebagainya. Sejak masuk dan berkembangnya Agama Islam di Sumatra dan Semenanjung dinamakan kesultanan, seperti : Kesultanan Samudra Pasai, Barus, Deli, Asahan, Langkat, Siak Sri Indrapura, Indragiri, Rokan, dan sebagainya. Sementra itu di Semenanjung tumbuh kerajaan perbatasan Semenanjung dengan Siam, dikenal Prasasti Ligor menyebutkan seperti Situmarat, Langkasuka, dan setelah Islam kesultanan Malaka, Johor, Kedah, Perak, Pahang, Selangor, Negeri Sembilan, Terengganu, Kelantan, Perlis. Bukti arkeologis dan sumber manuskrips dan buku-buku menjadi sumber kajian. Dari kajian diangkat sub tajuk: “Diaspora” secaratimbal-balikantara Sumatra dan Semenanjung Malaysia. Analisis dan Interpretasi itu merupakan benang merah dari bahasan ini dan pada bagian akhir diperoleh beberapa butir kesimpulan dan saran. Kata Kunci: Kerajaan, Kesultanan Dunia Melayu, Kasus Sumatra dan Semenanjung Malaysia.
Pengaruh Bahan Ajar Metodologi Sejarah Terhadap Kecepatan Penulisan Skripsi Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Sejarah Fkip Universitas Sriwijaya Alian Sair; Dedi Irwanto
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jc.v4i1.4772

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Bahan Ajar Metodologi dan Historiografi Sejarah terhadap kecepatan penulisan skripsi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan IPS FKIP Universitas Sriwijaya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah angket, kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada uji coba lapangan terhadap 66 Mahasiswa dalam ujicoba pengembangan bahan ajar Metodologi dan Historiografi Sejarah layak dipergunakan untuk pembelajaran di rumah, selain di kelas, sehingga menuntut kemandirian dan percepatan penelitian dan penulisan skripsi sejarah mahasisiwa. Berdasarkan data komparatif didapat bahwa jika dalam tahun akademik 2012/2013 rata-rata penyelesaian penulisan skripsi sejarah mahasiswa memiliki rentang waktu antara 24-48 Minggu artinya selama 6 bulan sampai satu tahun lebih. Sementara dalam tahun akademik 2013/2014 rata-rata penyelesaian penulisan skripsi sejarah mahasiswa dibantu oleh pemodelan bahan ajar Metodologi Sejarah dan Historiografi hanya berkisar antara 12-24 bulan (kurang lebih 3 bulan) Kata Kunci: Ujicoba, Lapangan Besar, Lapangan Kecil, Bahan Ajar
Perkembangan Permukiman Masyarakat Tionghoa di Palembang Pasca Kesultanan Palembang (1852-1942) (Sumbangan Materi Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 33 Palembang) Eva Febrian; Yunani Hasan; Farida Farida
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jc.v4i1.4774

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perkembangan Permukiman Masyarakat Tionghoa di Palembang Pasca Kesultanan Palembang (1825-1942) sebagai Sumbangan Materi Pelajaran IPS Kelas VIII di Smp Negeri 33 Palembang”. Adapun metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan proses pengumupulan data melalui dokumentasi, wawancara dan studi kepustakaaan. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apa yang melatarbelakangi terbentuknya permukiman masyarakat Tionghoa di rumah Rakit pada masa Kesultanan dan bagaimana perkembangan permukiman masyarakat Tionghoa setelah berakhirnya pemerintahan Kesultanan di Palembang (1825-1942). Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang melatarbelakangi permukiman masyarakat Tionghoa di rumah Rakit karena kebijakan politik dari pemerintahan Kesultanan Palembang. Kemudian berkembangnya permukiman masyarakat Tionghoa pasca Kesultanan Palembang dikarenakan masyarakat Tionghoa diberikan izin oleh pemerintahan Kolonial Belanda untuk bermukim di daratan dan memperluas wilayah permukimannya. Permukiman awal masyarakat Tionghoa Palembang di daratan di tandai dengan berdirinya perkampungan Tionghoa di Kelurahan 7 Ulu dan Kelurahan 9/10 Ulu Palembang. Kata kunci: Permukiman Tionghoa, Kesultanan Palembang
Media Pembelajaran Sejarah Dalam Kurikulum 2013 Yetty Rahelly
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jc.v4i1.4779

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru juga dituntut untuk mengembangkan keterampilan untuk membuat media pembelajaran yang digunakannya. Dalam kurikulum 2013 pembelajaran di kelas menggunakan pendekatan scientific. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup untuk membuat media pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan scientifik. media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran sejarah pada khususnya. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sejarah, Kurikulum 2013
Pangeran Hidayatullah: Kasus Perang Banjarmasin (1859-1863) Ita Syamtasiyah Ahyat
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jc.v4i1.4775

Abstract

Prince Hidayatullah was the son of the king who are entitled to become sultan, because he was the son of a king (sultan) of the empress, in addition to the sultan has a son who comes from a concubine, who wants to be his father's successor sultan, named Prince Tamjidillah. In this case there was a dispute in the Sultanate of Banjarmasin, the Netherlands as colonialism domiciled in Banjarmasin very impartially Prince Tamjidillah, because the Prince Tamjidillah have recourse to the Netherlands. In addition, the Dutch want to control coal mine, belonging to the empire. Tamjidillah prince succeeded as sultan in the Sultanate of Banjarmasin with the support of the Netherlands. While Prince Hidayatullah escape forestry followed by his followers to fight against the Dutch. Increasingly chaotic situation and Sultan Tamjidillah can not handle the situation, then remove the Sultanate of Banjarmasin Netherlands, and the area became part of the sultanate territory. There was a war which is supported by the people of the Sultanate of Banjarmasin, who are not satisfied with the sultan and Dutch colonialism, for example in the area Continent Lima, Martapura and others, led by Prince Hidayatullah. and others. This paper aims to discuss how to fight the Prince Hidayatullah against the Netherlands, known as the Banjarmasin War (1859-1863), of the source used, among others, the Netherlands and simber local sources. Primary sources include documents / records such as the Colonial Verslag, memorie van Overgave, trip reports and others. Local sources like saga manuscripts, genealogy, kroniek, books contemporaries. Also used secondary sources in the form of studies that support for it, as well as the research results of the academic community How to use it by using the historical method that begins with research sources (heuristics), then the history of the selected source (criticized), then interpreted or analyzed, and the latter writing history (historiography). Keywords: Prince Hidayatullah, Prince Tamjidillah, Netherlands, Coal, Banjarmasin War
Implementasi Video Tutorial Pendidikan Karakter pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Amalia Ridho; Hudaidah Hudaidah
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jc.v4i1.4780

Abstract

Kegiatan Penelitian ini adalah Mengembangkan Bahan Ajar Pendidikan Karakter Berbasis Video Tutorial Yang Dipergunakan Pada Mata Kuliah Kepribadian Di MPK Universitas Sriwijaya. Penelitian ini berbentuk pengembangan dengan menggunakan analisis 8 langkah merujuk pada penelitian pengembangan Borg and Gall. Penelitian dilakukan di unit MPK Universitas Sriwijaya jumlah sampel penelitian 110 mahasiswa, terdiri dari 55 mahasiswa pada kelas eksperimen dan 55 mahasiswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu : Pertama, bahan ajar pendidikan karakter berbasis video tutorial yang telah diuji validasi oleh pakar materi dan media, kemudian diujicobakan pada one to one sebanyak 5 mahasiswa sampel, berdasarkan hasil ujicoba tersebut disimpulan video tutorial layak digunakan. Oleh karena itu maka video tutorial tersebut diujicobkan pada kelas eksperimen untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan uji validasi dengan menggunakan uji statistik menggunakan uji t disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kedua, berdasarkan uji compere mean juga diperoleh bahwa hasil belajar kelas ekspremen mean yang diperoleh lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga penelitian ini selain menghasilkan bahan ajar berbasis video tutorial untuk pendidikan karakter, membuktikan juga memberikan pengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Kata Kunci : Implementasi, video tutorial, pendidikan karakter, pendidikan kewarganegaraan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9