cover
Contact Name
Akhmad Rizqi Turama
Contact Email
a.rizqiturama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
a.rizqiturama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557273     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran" : 7 Documents clear
Representasi Kekuasaan Negara dalam Cerpen Seno Gumira Ajidarma Sebelum dan Sesudah Reformasi Akhmad Rizqi Turama
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v3i1.132

Abstract

Masalah dalam riset ini adalah bagaimana wujud representasi kekuasaan negara dalam cerpen-cerpen Seno Gumira Ajidarma sebelum dan sesudah reformasi. Objek material yang digunakan adalah cerpen Saksi Mata dan Aku, Pembunuh Munir karya Seno Gumira Ajidarma. Analisis dilakukan dengan menggunakan Teori Hegemoni yang diperkenalkan oleh Antonio Gramsci. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Langkah penelitian melingkupi dua hal, yaitu pencarian representasi yang ada dalam cerpen sebelum reformasi dan sesudah reformasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada degradasi dalam hemegoni yang dilakukan oleh negara. Masyarakat tidak sepenuhnya lagi menerima dengan sukarela dominasi negara, sebaliknya masyarakat malah mempermainkan dan memutarbalikkan lambang-lambang negara tersebut. Negara yang begitu hemegonik pada zaman Orde Baru serta mengalami kemerosotan hemegoni dalam era reformasi telah digambarkan dengan baik dalamkedua cerpen ini.
Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMK Kelas X Armilia Sari
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v3i1.133

Abstract

Artikel ini menganalisis buku teks bahasa Indonesia berjudul Ekspresi Diri dan Akademik SMK Kelas X. Metode dalam analisis ini adalah deskripsi kualitatif dengan menggunakan teori kriteria buku teks yang baik menurut Tarigan dan Tarigan (1983). Selain itu, buku teks ini juga dianalisis berdasarkan Kurikulum 2013 untuk melihat kesesuaian pendekatan saintifiknya. Berdasarkan data, diketahui bahwa buku teks ini sudah memenuhi kriteria kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikaan. Selain itu, buku teks ini juga sudah menggunakan 4 pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, menalar, dan mencoba. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku teks bahasa Indonesia berjudul Ekspresi Diri dan Akademik SMK Kelas X sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru SD, MTs, MA, di Desa Semuntul, Rantau Bayur, Banyu Asin Agus Saripudin; Didi Suhendi; Ernalida Ernalida; Abdul Ghofur; Afriansyah Afriansyah
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v3i1.134

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru SD, MTs, MA, di Desa Semuntul, Rantau Bayur, Banyu Asin menulis artikel ilmiah. metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menulis artikel ilmiah sebelum dan sesudah pelatihan diadakan tes awal dan akhir yaitu 7,6. Hal ini menunjukkan bahwa secara kuantitatif terdapat peningkatan kemampuan guru-guru dalam menulis artikel ilmiah sebesar 2,2. Hasil analisis secara kualitatif juga menunjukkan bahwa guru-guru sudah menunjukkan kemampuan menulis artikel ilmiah terutama menulis latar belakang walaupun mereka masih lemah pada bagian pembahasan. Hal ini terbukti dari hasil artikel ilmiah yang ditulis sebagai produk dari pelatihan ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah guru-guru SD, MTs, MA, di Desa Semuntul, Rantau Bayur, Banyu Asin. Dengan demikian, model pelatihan ini dapat digunakan sebagai sarana bagi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah.
Praktik-Praktik Komunikatif dalam Aktivitas Jual Beli (Kajian Etnografi Komunikasi di Pusat Grosir Jakarta) Hanna Sundari
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v3i1.135

Abstract

Manusia melakukan komunikasi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Praktik-praktik komunikatif yang terjadi merupakan manifestasi sistem sosial, komunikasi dan budaya masyarakat penuturnya. Praktik komunikatif yang terjadi pada aktivitas jual beli berupa percakapan lisan, secara verbal dan nonverbal. Penjual dan pembeli berkomunikasi dengan menggunakan bahasa sehari-hari (vernacular) agar terkesan akrab dan tanpa jarak. Penjual dan pembeli memiliki maksud dan tujuan komunikatif masing-masing. Tindak komunikatif yang muncul di antaranya pertanyaan dan pernyataan yang bersifat eksploratif, informatif, evaluatif, dan lainnya.
Pengaruh Strategi Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Srijaya Negara Palembang Intan Pratiwi; Nurbaya Nurbaya; Sri Indrawati
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v3i1.136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui adakah pengaruh strategi Creative Problem Solving terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X.I sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dengan perlakuan strategi Creative Problem Solving dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa dengan perlakuan konvensional. Teknik analisis data menggunakan SPSS 2.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 55.71 meningkat sebesar 28.28 menjadi 84.00 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 55.42 meningkat sebesar 20.20 menjadi 75.62 pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis data dengan uji-t membuktikan bahwa thitung>ttabel atau (4.552)>(1.667) dengan df=70 pada tingkat signifikansi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi "Penggunaan strategi Creative Problem Solving memiliki pengaruh dalam pembelajaran menulis karangna argumentasi pada siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang" dapat diterima. Dengan diterima Ha, maka dapat disimpulkan bahwa strategi Creative Problem Solving berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dalam menulis karangan argumentasi.
Kolaborasi Sosiologi Sastra dan Unsur Kesejarahan Latifah Ratnawati; Zahra Alwi
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v3i1.138

Abstract

Masalah yang dijawab dalam penelitian ini adalah relevansi antara realitas life skills tokoh dalam cerita "Cerita Pinang Masak dan Usang Sungging" dengan life skills yang dimiliki masyarakat Kecamatan Tanjung Batu. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, memanfaatkan teori sosiologi sastra, dengan teknik dokumentasi, survey, observasi, dan wawancara, diperoleh hasil bahwa ada relevansi yang kuat antara life skills tokoh cerita dengan masyarakatnya. Para perajin ini tersebar di sepuluh desa yang ada di Kecamatan Tanjung batu, relevansi itu dimungkinkan karena cerita rakyat berbentuk legenda lebih bersifat skuler, terjadi pada masa belum begitu lampau dan bertempat di dunia yang kita kenal sekarang. kesimpulannya bahwa antara realitas karya sastra yang bersifat imajiner berelevansi dengan realitas faktial masyarakat pendukungnya, sesuai dengan konsep legenda dan teori sosiologi sastra, setra berdasarkan stratifikasi sosial rakyat pada masa Kesultanan Palembang. Kondisi life skills yang dijumpai pada masyarakat Tanjung Batu ini menarik untuk dikembangkan lebih lanjut, terutama bila dikaitkan dengan dunia pariwisata.
Pelanggaran Prinsip Kerja Sama sebagai Pencapaian Relevansi Optimal dalam Gelar Wicara di Televisi Tressyalina Tressyalina
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v3i1.139

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena pelanggaran prinsip kerjasama yang dilakukan pewawancara-narasumber dalam gelar wicara di televisi, khususnya gelar wicara Mata Najwa di Metro TV. Begitu pertanyaan disampaikan, narasumber dituntut langsung menjawab tanpa memiliki kesempatan lama untuk berpikir. Di sisi lain, dalam bertutur seyogyanya memenuhi prinsip kerja sama untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan efisien antara pewawancara dan narasumber. Namun, dalam gelar wicara Mata Najwa ini, bentuk pelanggaran prinsip kerja sama dijadikan sebagai upaya pencapaian relevansi yang optimal antara kedua belah pihak. Oleh sebab itu, tulisan ini bertujuan untuk memaparkan secara komprehensif bentuk pelanggaran prinsip kerja sama yang dilakukan partisipan dalam gelar wicara Mata Najwa di Metro TV. Semua tuturan yang berupa pasangan ujaran pewawancara-narasumber dikumpulkan melalui observasi partisipan tak langsung dan studi dokumen berupa hasil rekaman audio-visual dari laman www.matanajwa.com yang telah diizinkan pihak PT. Media Televisi Indonesia (Metro TV). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran prinsip kerja sama didominasi oleh maksim kuantitas dan maksim cara sebagai bentuk pencapaian kondisi yang optimal dari wawancara investigasi yang dilakukan partisipan dalam gelar wicara Mata Najwa di Metro TV. Dengan demikian, pelanggaran yang terjadi dalam tuturan yang dimaksud dapat mengidentifikasikan adanya karakteristik bahasa media dalam suatu gelar wicara, khususnya dalam media elektronik televisi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 1 (2023): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 1 (2022): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 2 (2021): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 7 No 1 (2020): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 1 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran More Issue