cover
Contact Name
Ansar Suhermam
Contact Email
ansar.suherman@umbuton.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
medialogkomunikasi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 26560690     EISSN : 26849054     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu yang berkaitan dengan ilmu komunikasi seperti: Politik, Ketahanan Nasional; Kebijakan dan birokrasi; Konflik; Kesehatan; Globalisasi dan Dampak Sosial; Media, Demokrasi, dan Integrasi; Literasi Media; Pariwisata; Budaya Populer dan Masyarakat; Media dan Agama; Media dan Politik Identitas; Gender; Media dan Seksualitas; Media Sosial; Teknologi Komunikasi Informasi (TIK).
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2019): Medialog" : 12 Documents clear
ANALISIS HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN ETIKA KOMUNIKASI MAHASISWA DALAM MENCIPTAKAN ATMOSFER AKADEMIK DI UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR 1), L.M Novrianto S
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i2.323

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan etika komunikasi dalam menciptakan atmosfer akademik. Penelitian ini dilakukan dilalukan di Universitas Islam Makassar dengan  menggunakan mixed method. Sampel sebanyak 67 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan pimpinan kampus. data dianalisis secara deskriptif korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara  kecerdasan emosional dan etika komunikasi dalam kaitannya dengan penciptaan atmosfer akademik (p-values =0.000). Dimensi kecerdasan emosional yang memberikan pengaruh yang paling tinggi adalah membina hubungan dengan orang lain (social skill) sebesar 74,9 %, dan yang paling kecil adalah mengelolah emosi (managing emotion ) sebesar 20.9%. Sumbangan kecerdasan emosional secara keseluruhan terhadap etika komunikasi sebanyak 69.1% selebihnya 30.9% dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam menciptakan atmosfer akademik, universitas tidak cukup hanya meningkatkan IQ (kecerdasan intelektual) saja tetapi juga perlu meningkatkan EQ (kecerdasan emosional) bagi mahasiswa.
RINTANGAN KOMUNIKASI DAN PENYELESAIAN KONFLIK DALAM PENGOLAHAN TANAH KAWASAN HUTAN KABUPATEN SINJAI Zulham 1), Andi
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i2.324

Abstract

penyelesaian secara tuntas atas akses masyarakat kawasan hutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi menghadapi permasalahan rintangan komunikasi dengan masyarakat di sekitar kawasan hutan dalam konflik di Kabupaten Sinjai dan pola komunikasi yang diterapkan untuk penyelesaian konflik antara aparat Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sinjai dengan masyarakat di sekitar kawasan hutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kasus konflik kawasan hutan. Lokasi penelitian ini bertempat di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai dengan objek desa yang dipilih berdasarkan kasus konflik kawasan hutan. Sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer didapat secara langsung maupun tidak langsung dilapangan melalui pengamatan. Data sekunder melalui studi kepustakaan yang relevan. Teknik pengumpulan data digunakan studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis studi kasus eksplorasi Denscombe. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, strategi menghadapi permasalahan rintangan komunikasi, yaitu pendekatan formal kelompok dan pendekatan internal persuasif. Kedua, digunakan pola komunikasi penyelesaian konflik vertikal antara masyarakat kawasan hutan dengan aparat Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sinjai.
MAJALAH PECINAN TERKINI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KOMUNITAS TIONGHOA DI KOTA MAKASSAR Nawir Nur, Syahrir
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i2.325

Abstract

Salah satu staff redaksi menulis di sebuah milis bahwa Pecinan Terkini tidak bermaksud menciptakan eksklusifitas masyarakat Tionghoa dalam pemberitaan, tetapi bertujuan lebih untuk membebaskan kelompok masyarakat ini dari keterbatasan mereka dalam publikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Melihat aktivitas yang dilakukan majalah Pecinan Terkini sebagai wadah atau media informasi dan komunikasi bagi komunitas Tionghoa di Makassar dan (2) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat majalah Pecinan Terkini sebagai wadah atau media informasi dan komunikasi bagi komunitas Tionghoa. Objek penelitian ini adalah para redaksi majalah Pecinan Terkini yang memiliki peran penting dalam penerbitannya, tokoh-tokoh Tionghoa di kota Makassar yang juga selaku pembaca majalah Pecinan terkini, serta pemerhati komunitas Tionghoa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber yang kompatibel dan mencari referensi studi pustaka melalui  beberapa sumber lainnya. Hasil analisis yang diperoleh dari penggunaan teori uses dan gratifications adalah melihat proses-proses majalah Pecinan Terkini dalam perannya sebagai media komunikasi komunitas Tionghoa, mulai dari variabel, motif, penggunaan media, sampai efek. Kemudian melihat faktor-pendukung majalah Pecinan Terkini sebagai media komunikasi komunitas Tionghoa antara lain bahwa majalah ini merupakan satu-satunya majalah terlengkap bagi komunitas Tionghoa, yang memiliki konten yang lengkap. Dan memiliki beberapa faktor penghambat seperti sifat traumatik masa lalu komuitas Tionghoa yang menyebabkan komunitas ini cenderung tertutup.
PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ONLINE SHOP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWI SMAN 1 MAKASSAR Anggriyani 1), Fheny
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i2.326

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis (1) persepsi kemudahan penggunaan pada instagram sebagai media online shop; (2) persepsi  manfaat penggunaan instagram sebagai media online shop; dan (3) kualitas online shop pada instagram terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode survei merupakan riset yang menggunakan kuisioner sebagai alat instrumen pengumpul data yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tertentu. Populasi dalam penelitian adalah siswi kelas X, XI, dan XII SMAN 1 Makassar. Sampel yang diambil berjumlah 137 orang dengan teknik pengambilan sample probabilitas. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menganalisis signifikansi dan arah pengaruh kemudahan penggunaan, manfaat penggunaan, dan kualitas online shop terhadap perilaku konsumtif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif peresepsi kemudahan penggunaan, manfaat penggunaan instagram sebagai media online shop dan kualitas online shop di instagram terhadap perilaku konsumtif. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan niali R-Square sebesar 0,970 yang artinya variabel kemudahan penggunaan, manfaat penggunaan, kualitas online shop, dan frekuensi akses bersama-sama mempengaruhi perilaku konsumtif sebesar 97%. Sisanya 3% (100-97) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
POLA KOMUNIKASI ANTAR STRATA DALAM LEMBAGA SARA KIDINA DI BUTON, KOTA BAUBAU Rasyidi 1), Gunawan
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i2.327

Abstract

  Penelitian ini bertujuan; Untuk memahami pola komunikasi sesama strata di dalam Sara Kidina; Untuk memahami pola komunikasi antar strata di dalam Sara Kidina. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah tujuh orang yang terdiri dari pihak internal dan eksternal jabatan lembaga Sara Kidina. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua strata yang mengisi jabatan di lembaga Sara Kidina, yaitu strata kaomu yang menduduki jabatan sebagai Lakina Agama, Imamu, Khatibi, dan strata walaka yang menduduki jabatan sebagai Moji. Pada penelitian ini juga menemukan adanya upaya filtering didalam penyaluran informasi yang terjadi antar strata di lembaga Sara Kidina. filtering ini dilakukan oleh dua orang Moji yang mendapat peran tambahan di dalam Sara Kidina sebagai Tungguna Aaba. Tungguna Aaba-lah yang kemudian memiliki peran besar dalam menampung dan mengatur kapan segala informasi yang berkaitan dengan Sara Kidina harus disampaikan kepada seluruh pejabat Sara yang lain. Pola komunikasi yang terjadi baik sesama strata maupun antar strata memiliki kesamaan yakni sama-sama menggunakan pola komunikasi satu arah.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (Suatu Perencanaan Komunikasi Pemasaran pada PT. Quipper Edukasi Indonesia) Lilis Sukmawati 2), Ajuan Tuhuteru 1)
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i2.328

Abstract

Quipper Edukasi Indonesia Cabang Makassar menjadi Top Branch (cabang terbaik) dengan penjualan tertinggi pada bulan Juli dan Agustus serta urutan ketiga tertinggi dibulan juli-september tahun 2016 di antara 10 branch atau cabang di indonesi, (Newsletter of strategy and planning team quipper idonesia). Hal ini terjadi karena adanya perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang baik sehingga dalam pelaksanaanya dapat dicapai target yang dicanangkan perusahaanStrategi Komunikasi Pemasaran (Suatu Perencanaan Komunikasi Pemasaran pada   PT. Quipper Edukasi Indonesia).  Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perencanaan komunikasi pemasaran PT. Quiper Edukasi Indonesia Cabang Makassar dalam meninggkatkan pemasaran. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, tesis, jurnal dan artikel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perencanaan strategi komunikasi yang dilakukan Quipper Ltd. Cabang Makassar sebelum dilakukan pemasaran adalah (1) Pemetaan area (2) pemetaan sekolah (3) penentuan waktu.
ANALISIS HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN ETIKA KOMUNIKASI MAHASISWA DALAM MENCIPTAKAN ATMOSFER AKADEMIK DI UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR L.M Novrianto S 1)
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i2.323

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan etika komunikasi dalam menciptakan atmosfer akademik. Penelitian ini dilakukan dilalukan di Universitas Islam Makassar dengan menggunakan mixed method. Sampel sebanyak 67 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan pimpinan kampus. data dianalisis secara deskriptif korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan etika komunikasi dalam kaitannya dengan penciptaan atmosfer akademik (p-values =0.000). Dimensi kecerdasan emosional yang memberikan pengaruh yang paling tinggi adalah membina hubungan dengan orang lain (social skill) sebesar 74,9 %, dan yang paling kecil adalah mengelolah emosi (managing emotion ) sebesar 20.9%. Sumbangan kecerdasan emosional secara keseluruhan terhadap etika komunikasi sebanyak 69.1% selebihnya 30.9% dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam menciptakan atmosfer akademik, universitas tidak cukup hanya meningkatkan IQ (kecerdasan intelektual) saja tetapi juga perlu meningkatkan EQ (kecerdasan emosional) bagi mahasiswa.
RINTANGAN KOMUNIKASI DAN PENYELESAIAN KONFLIK DALAM PENGOLAHAN TANAH KAWASAN HUTAN KABUPATEN SINJAI Andi Zulham 1)
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i2.324

Abstract

penyelesaian secara tuntas atas akses masyarakat kawasan hutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi menghadapi permasalahan rintangan komunikasi dengan masyarakat di sekitar kawasan hutan dalam konflik di Kabupaten Sinjai dan pola komunikasi yang diterapkan untuk penyelesaian konflik antara aparat Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sinjai dengan masyarakat di sekitar kawasan hutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kasus konflik kawasan hutan. Lokasi penelitian ini bertempat di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai dengan objek desa yang dipilih berdasarkan kasus konflik kawasan hutan. Sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer didapat secara langsung maupun tidak langsung dilapangan melalui pengamatan. Data sekunder melalui studi kepustakaan yang relevan. Teknik pengumpulan data digunakan studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis studi kasus eksplorasi Denscombe. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, strategi menghadapi permasalahan rintangan komunikasi, yaitu pendekatan formal kelompok dan pendekatan internal persuasif. Kedua, digunakan pola komunikasi penyelesaian konflik vertikal antara masyarakat kawasan hutan dengan aparat Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sinjai.
MAJALAH PECINAN TERKINI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KOMUNITAS TIONGHOA DI KOTA MAKASSAR Syahrir Nawir Nur
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i2.325

Abstract

Salah satu staff redaksi menulis di sebuah milis bahwa Pecinan Terkini tidak bermaksud menciptakan eksklusifitas masyarakat Tionghoa dalam pemberitaan, tetapi bertujuan lebih untuk membebaskan kelompok masyarakat ini dari keterbatasan mereka dalam publikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Melihat aktivitas yang dilakukan majalah Pecinan Terkini sebagai wadah atau media informasi dan komunikasi bagi komunitas Tionghoa di Makassar dan (2) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat majalah Pecinan Terkini sebagai wadah atau media informasi dan komunikasi bagi komunitas Tionghoa. Objek penelitian ini adalah para redaksi majalah Pecinan Terkini yang memiliki peran penting dalam penerbitannya, tokoh-tokoh Tionghoa di kota Makassar yang juga selaku pembaca majalah Pecinan terkini, serta pemerhati komunitas Tionghoa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber yang kompatibel dan mencari referensi studi pustaka melalui beberapa sumber lainnya. Hasil analisis yang diperoleh dari penggunaan teori uses dan gratifications adalah melihat proses-proses majalah Pecinan Terkini dalam perannya sebagai media komunikasi komunitas Tionghoa, mulai dari variabel, motif, penggunaan media, sampai efek. Kemudian melihat faktor-pendukung majalah Pecinan Terkini sebagai media komunikasi komunitas Tionghoa antara lain bahwa majalah ini merupakan satu-satunya majalah terlengkap bagi komunitas Tionghoa, yang memiliki konten yang lengkap. Dan memiliki beberapa faktor penghambat seperti sifat traumatik masa lalu komuitas Tionghoa yang menyebabkan komunitas ini cenderung tertutup.
PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ONLINE SHOP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWI SMAN 1 MAKASSAR Fheny Anggriyani 1)
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i2.326

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis (1) persepsi kemudahan penggunaan pada instagram sebagai media online shop; (2) persepsi manfaat penggunaan instagram sebagai media online shop; dan (3) kualitas online shop pada instagram terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode survei merupakan riset yang menggunakan kuisioner sebagai alat instrumen pengumpul data yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tertentu. Populasi dalam penelitian adalah siswi kelas X, XI, dan XII SMAN 1 Makassar. Sampel yang diambil berjumlah 137 orang dengan teknik pengambilan sample probabilitas. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menganalisis signifikansi dan arah pengaruh kemudahan penggunaan, manfaat penggunaan, dan kualitas online shop terhadap perilaku konsumtif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif peresepsi kemudahan penggunaan, manfaat penggunaan instagram sebagai media online shop dan kualitas online shop di instagram terhadap perilaku konsumtif. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan niali R-Square sebesar 0,970 yang artinya variabel kemudahan penggunaan, manfaat penggunaan, kualitas online shop, dan frekuensi akses bersama-sama mempengaruhi perilaku konsumtif sebesar 97%. Sisanya 3% (100-97) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Page 1 of 2 | Total Record : 12