cover
Contact Name
Ansar Suhermam
Contact Email
ansar.suherman@umbuton.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
medialogkomunikasi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 26560690     EISSN : 26849054     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu yang berkaitan dengan ilmu komunikasi seperti: Politik, Ketahanan Nasional; Kebijakan dan birokrasi; Konflik; Kesehatan; Globalisasi dan Dampak Sosial; Media, Demokrasi, dan Integrasi; Literasi Media; Pariwisata; Budaya Populer dan Masyarakat; Media dan Agama; Media dan Politik Identitas; Gender; Media dan Seksualitas; Media Sosial; Teknologi Komunikasi Informasi (TIK).
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 21 Documents clear
Pengaruh Komunikasi Internal dan Komitmen Organisasi terhadap Loyalitas Kinerja Karyawan (Studi pada Bidang Manufatur PT Rudy Soetadi) Raisha Vircani Audi
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 2 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i2.878

Abstract

Komunikasi internal dan komitmen organisasi dinilai berpengaruh pada loyalitas karyawan dalam perusahaan, salah satunya adalah PT. Rudy Soetady yang bergerak di bidang manufactur dan menghasilkan produksi berupa kosmetik dan healthy care. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi internal (X1) dan komitmen organisasi (X2) terhadap loyalitas kinerja karyawan (Y) PT Rudy Soetadi. Hipotesis penelitian ini adalah: tidak ada pengaruh komunikasi internal (X1) terhadap loyalitas kinerja karyawan (Y), tidak ada pengaruh komitmen organisasi (X2) terhadap loyalitas kinerja karyawan (Y), dan tidak ada pengaruh komunikasi internal dan komitmen organisasi terhadap loyalitas kinerja karyawan PT Rudy Soetadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan survei pada karyawan PT Rudi Soetady. Data dianalisis dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, analisi regesi linier sederhana, analisi koefisien determinasi dan analisi korelasi. Hasil penelitian ini adalah komunikasi internal memiliki pengaruh terhadap loyalitas kinerja karyawan PT. Rudi Soetady yang dibuktikan oleh nilai t hitung X1 sebesar 2,340 > 1.984 dan nilai Sig. 0,011 < 0,05. Komitmen organisasi memiliki pengaruh terhadap terhadap loyalitas kinerja karyawan PT. Rudi Soetady yang dibuktikan oleh nilai t hitung X2 sebesar 14,997 > 1,984 dan Sig. 0,000 < 0,05. Komunikasi intenal (X1) dan komitmen organisasi (X2) memiliki pengaruh terhadap loyalitas karyawan yang dibuktikan oleh nilai 258,276 > 3,04 dan nilai Sig. 0,011 < 0,05 dan uji koefisien nilai R square sebesar 0,670 (67,0%). Variabel komunikasi internal (X1) dan komitmen organisasi (X2) terhadap loyalitas kinerja karyawan(Y) mengarah pada hubungan yang positif atau saling berpengaruh.
KOMUNIKASI ORANGTUA-ANAK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Perbandingan Komunikasi Kelekatan Orangtua Asuh dan Orangtua Kandung) Salsa Bila; Maulana Rezi Ramadhana
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 2 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i2.1007

Abstract

Komunikasi orangtua-anak merupakan proses pengiriman dan penerimaan pesan – pesan yang terjadi di antara orangtua dan anak. Komunikasi orangtua-anak menjadi salah satu faktor penting dalam terbentuknya suatu hubungan kelekatan yang baik. Tanpa adanya komunikasi orangtua-anak yang baik, maka tidak akan terjadi hubungan kelekatan yang baik. Kelekatan ini memiliki dampak yang sifatnya jangka panjang dari sejak anak lahir ke dunia hingga sepanjang hidupnya. Kelekatan berdampak pada perilaku emosional, fisik dan psikis seorang anak. Anak dengan kelekatan yang baik akan menunjukan sikap dan perilaku yang positif dari hasil hubungan kelekatan tersebut begitupun sebaliknya anak dengan kelekatan yang tidak baik akan menunjukan sikap dan perilaku yang negatif. Pada penelitian ini, terdapat fenomena ABK yang sedikit diabaikan oleh orangtua kandungnya sehingga ABK diasuh oleh orangtua asuh. Untuk menentukan gaya kelekatan, penelitian ini menggunakan teori kelekatan dari Bowbly yang menyebutkan bahwa ada tiga tingkat kelekatan yaitu secure attachment (kelekatan aman), resistant attachment (kelekatan cemas) dan avoidant attachment (kelekatan menghindar). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, deskriptif dengan menerapkan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Wawancara dilakukan dengan tiga orang informan kunci, dua orang informan ahli dan satu orang informan pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa ABK memiliki hubungan kelekatan yang aman dengan orangtua asuhnya dibandingkan dengan orangtua kandungnya. Kata Kunci: Komunikasi, Orangtua, ABK, Pengasuhan, Kelekatan
Strategi Komunikasi Pemasaran ChatAja Messenger (PT. Telekomunikasi Indonesia) di Media Sosial Aulia Rizkiyah Fagita; Ratih Hasanah Sudrajat
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 2 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i2.1052

Abstract

Chatting merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi orang di dunia, sehingga menggerakkan anak bangsa Indonesia untuk menciptakan aplikasi pesan instan bernama ChatAja Messenger. Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui Strategi Komunikasi Pemasaran ChatAja Messenger di Media Sosial menggunakan konsep pemikiran Machfoedz pada Komunikasi Pemasaran Modern yaitu Strategi Komunikasi Pemasaran yang Efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam Strategi Pesan, Isi Komunikasi ChatAja memiliki 5 kategori yaitu product how to, review and testimonial, materi yang memancing obrolan dengan audience, jokes, dan hari besar namun dikondisikan lagi sesuai situasi. Bentuk kreatif pesan ChatAja menggunakan daya tarik pesan informasional dan emosional. Dalam Strategi Media, Pemilihan Media ChatAja menggunakan Instagram, Facebook, Youtube, LinkedIn, Twitter dan TikTok yang digunakan sesuai dengan jenis pesan dan Celah Konsumen di masing-masing media sosial memiliki perbedaan golden time, namun rata-rata berada di waktu jam 3 sore - 7 malam. Saran peneliti yaitu agar penelitian ini bisa menjadi acuan dan referensi bagi peneliti selanjutnya dan bisa ditinjau berdasarkan aspek dan pandangan yang berbeda agar menambah referensi pengetahuan di bidang strategi komunikasi pemasaran di media sosial. Peneliti berharap agar konten di media sosial ChatAja menggunakan beberapa tone warna saja agar visual terlihat simple dan tidak terlalu ramai sehingga pengguna akan tertarik untuk melihat konten-konten lainnya. Informasi yang diberikan pun harus lebih menonjolkan mengenai produk dibandingkan kategori informasi pendukung lainnya.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SUSTAINABLE FASHION BRAND IAMECCU MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Adinda Aulia Wildan; Sylvie Nurfebiaraning
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 2 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i2.1058

Abstract

Baju, celana, topi, dan lain-lain sudah menjadi sebuah kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Kini muncul berbagai perusahaan fesyen yang mendominasi, yang disebut sebagai fast fashion. Fast fashion adalah mode fesyen yang dibuat dengan harga murah, dan tren yang berjalan dengan jangka pendek. Namun kini konsumen sudah mulai menyadari dampak manufaktur pakaian terhadap lingkungan. Sehingga tercipta konsep slow fashion yang bertentangan dengan konsep fast fashion dibentuk untuk mengurangi masalah pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh brand IAMECCU sebagai sustainable fashion brand melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Dalam penelitian data dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, sumber buku, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan konsep strategi komunikasi pemasaran yang efektif oleh Machfoedz yang terdiri dari strategi pesan dan strategi media. Dalam strategi pesan IAMECCU menentukan tujuan pesan yang ingin disampaikan kepada audiens yaitu sebagai sustainable fashion brand dan menggunakan daya tarik rasional dan emosional. IAMECCU menggunakan Instagram sebagai media pemasaranya karena Instagram menjadi platform yang tepat bagi target audiensnya, dan menggunakan celah konsumen untuk mendapatkan respon yang maksimal dari audiens, selain itu IAMECCU juga menggunakan fitur pada Instagram untuk bisnis yang membantunya dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran yang efektif. Namun IAMECCU masih harus mengembangkan startegi komunikasi pemasaran yang efektif yaitu dalam memberikan pesan yang lebih mendalam atau mendetail. Kata Kunci: strategi komunikasi kemasaran, media sosial instagram, sustainable, strategi pesan, strategi media
MEMBANGUN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA RANTAU TELKOM UNIVERSITY DALAM UPAYA MENGATASI KESEPIAN TANPA PASANGAN siska Amelia amelia
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 2 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i2.1086

Abstract

As a student, living in pairs is desirable, especially for overseas students. Because they are social creatures who always socialize with other people, they are also very vulnerable to the risk of loneliness and other psychological problems when there is no sense of belonging in themselves. Of course this research wants to understand about Building Interpersonal Communication of Telkom University Overseas Students in an effort to overcome loneliness without a partner. This research is a qualitative research with a constructivist paradigm and a phenomenological approach. Research informants are Telkom University overseas students who experience depression and loneliness without a partner. Data collection techniques with interviews as the main method and observation as a supporting method. The results show that overall, it shows that the interpersonal communication process based on relational maintenance starts from introductions, intimate relationships, conflicts, to termination, and in building relationships that occur in overseas students of Telkom University, we can conclude that it turns out that building good relationships with partners is very important, so that relationships stay awake, and avoid loneliness without a partner. But even so, relationships never always run smoothly so that it can lead to separation even though the relationship that has been established has gone through the stages of overcoming the breakup. If this happens to overseas students, students will try to open up by socializing with the people around them so that they no longer experience loneliness without a partner. Keywords: Lonely, Interpersonal Communication, Overseas Students Telkom University, Relational Maintenance
The SYMBOLIC INTERACTIONS AMONG GAMERS IN THE COMMUNITY OF CALL OF DUTY MOBILE ZOMBIESKY E-SPORT (A STUDY OF INTERPERSONAL COMMUNICATION) Retno Tri Cahyani
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 2 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i2.1131

Abstract

ZombieSKY E’Sport Community is one of online game community in Call of Duty Mobile where interaction inside the community that was only done online can form a trust that often cannot be formed from people who met and know each other directly in the real world. This research was conducted to determine how symbolic interaction between gamers in this community to negotiate meaning so as to form members' self-concept related to trust in friendship that originated from online games meeting. This study used qualitative research method and George H. Mead's symbolic interaction theory regarding mind, self and society. Data collection was carried out by observation, interviews and documentation. From this study, it was found that the interaction between members was built through non-formal interpersonal relationships. There are verbal and non-verbal exchanges of symbols that are carried out both in online meetings and in face-to-face meetings so that community members understand the same meaning between one another and have an understanding of the meaning. The results of the interactions that are built by community members greatly affect the self-concept of members who initially thought that friendship in online games was just ordinary friendship that discussed about games, to the assumption that friendships in online games could exist as well as friendship, brotherhood and kinship.
HUBUNGAN TERPAAN MEDIA DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG COVID-19 Agus Susanto; Ahmad Aniq Barlian; Ulfatul Latifah; Kristy Natalia Suwito
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 2 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i2.1207

Abstract

Kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari media, bahkan media sudah menjadi bagian dari peradaban manusia. Informasi dari berbagai saluran telah menembus berbagai batas-batas geografis manusia. Media, baik media konvensional maupun online secara masif telah menjelma menjadi sumber informasi bagi manusia. Di tengah situasi pandemi COVID-19 ini peran media menjadi sangat penting. Media berkompetisi untuk menginformasikan perkembangan COVID-19. Gempuran informasi media secara sadar atau tidak berperan dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang COVID-19. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menganalisis hubungan antara terpaan media dengan tingkat pengetahuan tentang COVID-19. Penelitian ini dibedah dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada 313 responden. Penyebaran kuesinoner dilakukan secara daring dengan bantuan layanan perkacapan online (WhatApp). Data yang terkumpul dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan bantuan SPSS 22. Analisis hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas responden mengakses informasi tentang COVID-19 kurang dari 1 jam setiap hari (77,3%) dan media yang digunakan untuk mengakses informasi tentang COVID-19 paling banyak adalah media online (63,9%). Berdasarkan analisis bivariat didapatkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara lama waktu mendapatkan terpaan media dengan pengetahuan (p=0,014) dan tidak ada hubungan yang signifikan antara sumber informasi dengan pengetahuan (p=3,81). Peneliti menyarankan kepada para stake holder supaya secara aktif memberikan penyuluhan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang COVID-19.
Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 dan Peran Role Model Keluarga Teddy Dyatmika; Muhammad Rikzam Kamal; Syamsul Bakhri
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 2 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i2.1259

Abstract

Tingginya kasus positif covid-19 setiap hari semakin mengalami peningkatan. Padahal kampanye sosial protokol kesehatan covid-19 sering digaungkan. Pada penelitian ini mencari tahu apakah ada pengaruh yang cukup signifikan dari kampanye sosial yang dilakukan dan juga peran keluarga melalui role model terhadap perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif yang dianalisis menggunakan teori pembelajaran sosial Bandura. Sampel dalam penelitian ini adalah 317 responden dari 3 sekolah menengah tingkat atas di Kabupaten Tegal. Analisis yang digunakan adalah regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan dari kampanye protokol kesehatan covid-19 (X1) secara bersama-sama dengan role model keluarga (X2) terhadap perilaku siswa dalam menaati protokol kesehatan covid-19 (Y). Besar pengaruh yang ditimbulkan adalah 43,4%, artinya masih ada 56,6% variabel lain diluar penelitian ini yang berpengaruh terhadap perilaku siswa. Siswa memahami kampanye sosial protokol kesehatan covid-19 yang selama ini dilakukan dan juga keluarga selalu mengingatkan untuk menaati protokol tersebut. Sebagian besar siswa menyatakan setuju bahwa dalam melakukan aktifitas diluar harus menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan.
P PERAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 4 WONOMULYO Sri Yuyun S.IP
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 2 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i2.1277

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peran Teknologi Komunikasi dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di SMP Negeri 4 Wonomulyo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Teknologi Komunikasi dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di SMP Negeri 4 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian adalah Orang Tua, Siswa dan Guru. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian bahwa teknologi Komunikasi berperan penting pada proses pembelajaran sebagai media antara guru dan siswa pada masa pandemi. Dimana Teknologi komunikasi menyiapkan aplikasi yang beragam sehingga memudahkan Guru dan Siswa untuk memilih aplikasi tersebut sesuai kemampuan Guru, siswa, orang tua dan jangkauan internet. Selain itu Peran orang tua tak kalah penting untuk mendampingi anak-anak pada proses pembelajaran secara daring. Adapun hambatan yang dihadapi pada pembelajaran daring yaitu dengan menggunakan teknologi menjadi hal baru bagi beberapa orang tua dalam mendampingi anak-anaknya pada proses pembelajaran karena terbatasnya pengetahuan tentang teknologi (Gaptek), tidak semua wilayah tempat tinggal siswa dapat dijangkau internet, Siswa dan orang tua kurang memahami materi, Kesibukan orang tua dengan berbagai pekerjaan dan Siswa tidak memiliki fasilitas untuk belajar daring. Simpulan teknologi Komunikasi berperan sebagai media atau sarana yang digunakan guru, dan siswa pada pembelajaraan daring, dan sebagai media komunikasi dan konsultasi bagi Guru, siswa dan Orang tua.
Political Branding of Indonesian Governor in the Social Media Indah Suryawati
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 2 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i2.1334

Abstract

This study aims first, to calculate the frequency of occurrence of messages and attributes that can be seen and interpreted as political branding in Ridwan Kamil, Anies Baswedan and Ganjar Pranowo's Instagram posts during the period January to March 2021; second, to see the extent to which the similarities and differences in political branding appear on Instagram posts, and third, to specifically and comprehensively interpret the political branding of Ridwan Kamil, Anies Baswedan and Ganjar Pranowo. The research method used is content analysis method using a quantitative approach. The object of this research is posting messages on the Instagram accounts of Ridwan Kamil, Anies Baswedan, and Ganjar Pranowo in January to March 2021. The results show that there are similarities in the meaning of Ridwan Kamil, Anies Baswedan and Ganjar Pranowo's political branding messages in Instagram accounts during the period January to March 2021. These three governors display their identification as figures who are close to the people, caring, assertive, open, responsive, and care about the environment. Similarities and differences can be seen in the positioning component. In an Instagram post, the three governors sided with the general public. What is even more interesting is Ganjar Pranowo's post with #LapakGanjar which emphasizes his alignment with UMKM. However, these three governors gave different values ​​to political products. Ridwan Kamil and Ganjar Pranowo prioritize performance related to improving people's welfare, while Anies Baswedan's political products are dominated by performance improvement in infrastructure development.

Page 1 of 3 | Total Record : 21