cover
Contact Name
Ansar Suhermam
Contact Email
ansar.suherman@umbuton.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
medialogkomunikasi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 26560690     EISSN : 26849054     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu yang berkaitan dengan ilmu komunikasi seperti: Politik, Ketahanan Nasional; Kebijakan dan birokrasi; Konflik; Kesehatan; Globalisasi dan Dampak Sosial; Media, Demokrasi, dan Integrasi; Literasi Media; Pariwisata; Budaya Populer dan Masyarakat; Media dan Agama; Media dan Politik Identitas; Gender; Media dan Seksualitas; Media Sosial; Teknologi Komunikasi Informasi (TIK).
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 14 Documents clear
REPRESENTASI MAKNA KESETARAAN GENDER PADA IKLAN DOWNY INDONESIA “BEBAS BEREKSPRESI” DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Roland Barthes) Daffa Rafif Heryandi
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2023): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v6i2.2912

Abstract

Iklan merupakan salah satu media yang dapat membantu para pelaku bisnis untuk memberikan pesan atau informasi agar dapat menarik perhatian publik atau konsumen dengan pesan yang dapat dipahami dan sesuai dengan kondisi sosial masyarakat. Salah satu isu yang menarik perhatian masyarakat adalah kesetaraan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis representasi makna kesetaraan gender pada iklan Downy Indonesia ‘Bebas Berekspresi’ yang ada dalam Youtube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang kemudian pesan dalam iklan akan dianalisis dengan semiotika Roland Barthes untuk mencari tanda makna denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam adegan dalam iklan yang merepresentasikan kesetaraan gender. Representasi makna tersebut berkaitan dengan kebebasan bereskpresi untuk mematahkan stereotip tentang hidup perempuan yang selalu dikekang oleh aturan. Perempuan hendak membuktikan jika aturan-aturan yang ada bagi mereka, bukan halangan untuk bebas berekspresi. Perempuan yakin selama mereka percaya diri, semua perempuan bisa mengubah aturan jadi dorongan untuk bebas berekspresi dan harumkan namanya.
Peran Humas dalam Pengelolaan Konten Harian Instagram @infobsdtol di PT Bintaro Serpong Damai Leny Pramedia Widyanigrum; Idola Perdini Putri; Fiqie Lavani Melano
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2023): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v6i2.3260

Abstract

Tol BSD yang menghubungkan Pondok Aren–Serpong di wilayah Tangerang Selatan mengalami permasalahan dalam operasional. Sebagai solusi, Tol BSD memaksimalkan peran Humas dalam pemberian informasi melalui konten media sosial Instagram. Penulis hadir dalam membatu peran Humas untuk menjalankan fungsi tersebut melalui beberapa kegiatan seperti pembuatan social media plan, tapping konten, editing konten, copywriting, evaluasi dan revisi, uploading, dan analisis. Perancangan karya ini menggunakan beberapa teori antara lain komunikasi, komunikasi massa, public relation / humas, media sosial, Instagram, konten, dan produksi konten. Data primer yang digunakan dalam perancangan karya ini didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk data sekunder penulis melakukan studi ilmiah. Melalui kegiatan tersebut Humas PT BSD mampu menghasilkan sebuah konten yang baik sehingga dapat menjadi media komunikasi dan pemecah masalah antara institusi dan pengguna jalan. Keberhasilan Humas PT BSD dalam menjadi media komunikasi dan pemecah masalah juga didukung dengan data terkait analisis konten yang sudah dipublikasi berupa pengikut, jangkauan, interaksi, dan engagement yang seluruhnya mengalami kenaikan serta hasil survey kepuasan pelanggan 2022 yang menyatakan puas terhadap peran Humas.
Representasi Pionir Pada Iklan Televisi A Mild "Karena A Pasti Yang Pertama" Winata Faturahman
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2023): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v6i2.3293

Abstract

A Mild merupakan produk salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia yaitu Sampoerna. Pada awal kemunculannya A Mild sudah memiliki tagline yang membentuk branding bahwa produk ini adalah produk nomor satu dan produk pelopor. Tagline Others Only Can Follow merupakan tagline yang sudah melekat sejak kemunculan produk ini. Sebagai produk yang mampu bersaing. Pada iklan versi terbaru ini A Mild sukses merepresentasikan pionir pada iklan televisi tersebut melalui visual /gambarnya. setiap scene memiliki representasi yang menggambarkan kepioniran dari produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi pionir yang terdapat dalam iklan karena A mild sendiri mempunyai tagline “Karena A Pasti yang Pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivis. Penelitian ini menggunakan metode semiotika John Fiske. Menurut Fiske, kode-kode yang muncul atau yang digunakan dalam acara televisi saling berhubungan sehingga terbentuk sebuah makna. Pada iklan tersebut , adegan pada setiap scene berhasil mencerminkan bahwa produk tersebut adalah sebagai pionir.
Representasi Nasionalisme dalam Pembekalan LPDP Sri Mulyani: Analisa Wacana Kritis Fairclough Youtube LPDP RI Desisonia Lilia Hadiputri
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2023): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v6i2.3433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teks pidato pemikiran dan gagasan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan yang memprakarsai Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Melalui pidatonya “Refleksi Merah Putih: Aku Pergi Untuk Kembali” (disiarkan secara live di kanal LPDP RI 4 Oktober 2022) di YouTube. Hal ini merupakan langkah upaya mempertahankan nasionalisme penerima beasiswa (awardee) LPDP khususnya awardee studi lanjut Luar Negeri (LN) sebagaimana wacana awardee LN yang dianggap tidak nasionalis dikarenakan isu tidak langsung kembali dan mengabdi ke Indonesia. Isu tersebut pertama muncul pada sosial media Twitter dan diekspos di beberapa media salah satunya di kanal CNN Indonesia 30 Jul 2022 dengan tajuk “Alumni Beasiswa LPDP Wajib Balik ke Indonesia, Pengamat: Jika Tidak, Jangan Dicap Tidak Nasionalis”. Dengan beasiswa LPDP yang mencapai triliyunan tersebut, tentulah negara mengharapkan cita-cita untuk membangun negeri melalui kualitas SDM nya tercapai, begitupun Sri Mulyani yang meskipun berlatarbelakang seorang ekonom, namun kedekatannya dengan dunia pendidikan menjadikan Dana Abadi Pendidikan sebagai prioritas dan menjadi kesempatan pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk menyongsong generasi emas 2045. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif- deskriptif dengan teori analisis wacana kritis Fairclough dilihat dalam dimensi; (1) teks, (2) praktik diskursus, dan (3) praktik sosial budaya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengupas retorika dengan struktur teks (subyektivitas teks), diskursus (institusional) dan sosial budaya (ideologi yang ada pada masyarakat).
KONSEP DETERMINISME DALAM FILM SOUL (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) Arni Arni
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2023): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v6i2.3466

Abstract

Abstract Soul is a film directed by Pate Doctor. The film's story is about the concept of determinism, whose core idea is a causal relationship (causal). It means everything that happens to us is determined by pre-existing causes, such as talent, personality, spirit, and desire. These pre-existing causes have been determined before humans are born. They became the guide to prevent individuals from deviating from his/her destiny. This study aims to analyze the meaning of determinism's message in the film Soul, using Roland Barthes' semiotic analysis. The research method used is a qualitative paradigm with a descriptive research type. Qualitative research aims to explain the denotative signs, connotations, and myths in the film Soul. The data analysis technique uses Roland Barthes' semiotic analysis to develop a more dynamic signified-dichotomous model. The results of the research show that 1. The thesis or the big idea of this film is that everything that happens to us has sufficient reasons why it happens; 2. Personality and spark formed in Your seminars are not the purpose but something that ignites and encourages the soul to do what is determined initially. However, the condition does not limit the soul if it wants to escape its predetermined purpose. 3. A person who can recognize his passion from the start is unlikely to take the wrong path or the path of another. Keywords: Determinism; Soul Movies; Semiotics
POLA INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA DALAM PROSES KOMUNIKASI BELAJAR E-ELEARNING KULINO Andika Eko Prasetyo
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2023): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v6i2.3544

Abstract

Coronavirus Disease 2019 or Covid-19, entered Indonesia indonesia since early 2020. This has an impact on the activities to experience restrictions, including the aspects of Teaching and Learning Activities (KBM) in Higher Education. Based on the Joint Decree of the 4 Ministers, learning activities, especially at tertiary institutions in all zones, must be carried out online. Institution designs a distance learning system use the e-learning system. One of the Best Private Universities in Central Java, namely Dian Nuswantoro University, helped build a distance learning system, namely KULINO, which is a Moodle-based Learning Management System (LMS) in overcoming the Covid-19 Pandemic situation. This research aims to discover the social interactions that occur in online learning using KULINO. This study uses a qualitative research method with a phenomenological approach. Research results show interaction between students and lecturers in synchronous learning is more interactive. In contrast, the asynchronous learning interactions run in one direction so education is not interactive. The form of social interaction in online learning is associative in the form of cooperation and assimilation, while the form of dissociative interaction is in the form of conflict in the task group. Learning that is synchronously intertwined is more interactive, althought it must still be combined with asyncronous. Suggestions that can be given are that lecturers should be able to build interesting situations so that students are not bored and passive during online lectures.
JUDUL BERITA BIAS DI MEDIA SERAMBINEWS.COM ANALISIS WACANA KRITIS MODEL SARA MILLS RUBRIK SELEBRITI Syahril Furqany; Syukur Kholil
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2023): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v6i2.3757

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji judul berita bias di media Serambinews.com dengan menggunakan analisis wacana kritis model Sara Mills. Rubrik selebriti ini biasanya adalah berta saduran dari media lain yang dalam satu jaringan. Sebagai salah satu media berita yang besar di Aceh harusnya dalam membuat judul berita harus Metode penelitian menggunakan analisis Wacana Kritis Sara Mills dengan pendekatan tingkatan kata, kalimat atau frasa, dan tingkatan wacana. Hasil penelitian menunjukkan pertama Berita cenderung menampilkan sensualitas, mengungkit kesalahan yang pernah dilakukan pada masa lalu. Menampilkan wanita adalah seolah seseorang yang berperan sebagai bintang dalam adegan-adegan sensual. Kedua, Berita seolah membenarkan hubungan sebelum menikah, dengan menampilkan judul yang mengarah kepada saling sayang-sayangan. Serta mengangkat kasus yang memang sedang viral di dunia maya. Ketiga, Mengangkat berita tentang perceraian artis yang telah bercerai, berita diambil dari perspektif perempuan yang layak untuk di rayu oleh orang lain karena sedang berstatus janda. Sebenarnya yang sedang menjadi objek dalam pemberitaan itu adalah status di perempuan tersebut. Keempat, Mengarah pada berita-berita yang tidak selayaknya untuk diberitakan, dukungan terkait dengan LGBT. Berita yang seperti ini tidak perlu di naikkan menjadi konsumsi masyarakat Aceh.
Dramatisasi Tipe Shot pada Iklan Pond’s for Men Edisi The Oily Warrior Reza Oktavian
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2023): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v6i2.3962

Abstract

ABSTRACT Commercial advertising films, or television commercials (TVC), are made as attractive as possible with the aim of attracting viewers. The element of dramatization in advertising is needed and is closely related to the type of shot used. This study analyzes the dramatization of Pond's for Men advertisements for The Oily Warrior Edition, a facial care product specifically for men. Qualitative research method by analyzing the type of shot used to create dramatic effects. The results of this study provide an understanding that choosing the right type of shot in a scene will create a visual dramatization effect, which is an effective marketing strategy to create advertising films that attract the attention of viewers. Keywords: Dramatization, Shot, Shot Types, Television Commercial
Analisis Framing Berita Kasus Tuduhan Pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) terhadap TikTokers Bima Kritik Lampung di Media Online Detik.com dan Kompas.com Muhammad Iqbal
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2023): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v6i2.4061

Abstract

Social media provides freedom of opinion and expression for its users. In Indonesia, the use of social media is regulated in the 2008 ITE Law. This study examines the reporting of one of the ITE Law controversy cases in the form of accusations of hate speech containing SARA against Bima Yudho Saputro who criticized Lampung as "Dajjal". The purpose of this study is to find out how the media Detik.com and Kompas.com in framing news cases of alleged violations of the ITE Law using Robert N. Entman's framing device. This research includes framing analysis research with qualitative approach methods. The results of this study are seen from the Define Problem framing tool, the media Detik.com and Kompas.com trying to define cases of alleged violations of the ITE Law by Bima as cases that do not need to be brought into the realm of law, evidenced by headlines that tend to write responses from several parties. Diagnose Causes, a framing developed by Detik.com and Kompas.com media is a report of violations of the ITE Law against Bima. Make Moral Judgement, it is seen Detik.com highlight the statement of the family responding to the case as a lesson for various parties, while Kompas.com highlight statements from various parties who consider the report against Bima to be a criminalization of human rights and a violation of democratic values. Treatment Recommendation, Detik.com and Kompas.com highlight the resolution of existing problems by writing down the attitude of the Lampung Regional Police regarding the Bima case.
ANALISIS FRAMING PEMPROSESAN KASUS KORUPSI LUKAS ENEMBE PADA MEDIA ONLINE CNN INDONESIA santika sunengsih
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2023): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v6i2.4319

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus utama pada pembingkaian berita mengenai pemrosesan kasus Lukas Enembe, khususnya pemberitaan yang diterbitkan pada periode 13 Januari 2023 hingga 12 Mei 2023. Dalam menggali lebih dalam mengenai aspek ini, penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Paradigma yang melandasi penelitian ini adalah konstruktivisme, yang menekankan pada pengertian konstruksi sosial dalam pemberitaan media. Pada penelitian ini, digunakan model analisis framing yang diusulkan oleh Robert Entman. Pendekatan ini menguraikan proses pembingkaian berita oleh media. Terdapat empat tahap analisis framing yang diterapkan, yaitu bagaimana masalah didefinisikan, bagaimana masalah tersebut disajikan, penilaian moral terhadap masalah, dan bagaimana media mengakomodasi masalah. Hasil dari analisis framing Robert Entman pada pemberitaan media online CNN Indonesia menunjukkan bahwa isi berita tersebut didasarkan pada data lapangan, fakta, dan informasi aktual. Lebih penting lagi, dalam pemberitaan ini tidak ada kecenderungan adanya opini atau interpretasi yang berpotensi mengarahkan persepsi pembaca. Dalam penyusunan berita, sumber-sumber yang digunakan adalah sumber yang jelas dan kompeten, serta berguna sebagai penguat informasi yang disajikan. Isi frame berita dibangun berdasarkan data lapangan, terutama dari konferensi pers yang diadakan oleh Tim KPK. Ini menegaskan bahwa media online CNN Indonesia berupaya menjaga keakuratan dan integritas informasi yang disajikan, serta memberikan fokus yang jelas pada fakta-fakta yang ada dalam kasus tersebut.

Page 1 of 2 | Total Record : 14