cover
Contact Name
Suciati
Contact Email
psuciati@ecampus.ut.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jp-ut@ecampus.ut.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
Published by Universitas Terbuka
ISSN : 14111942     EISSN : 24433586     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Terbuka. Jurnal ini memuat artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan analisis konseptual mencakup berbagai dimensi pendidikan, seperti kurikulum, pembelajaran, evaluasi, manajemen, kualitas Pendidikan, dan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi, dalam berbagai jenjang pendidikan dan modus penyampaian pembelajaran
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 2 (2013)" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS MASALAH DAN PROYEK PADA MATAKULIAH ANALISIS DATA Jackson Pasini Mairing; Dadang Lorida
Jurnal Pendidikan Vol. 14 No. 2 (2013)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.992 KB) | DOI: 10.33830/jp.v14i2.356.2013

Abstract

Students have ability to analyze data if they practiced to solved problems/projects that are related to analyzed and made conclusion from research data. The aim of this research was to develop the students worksheets of data analysis based on the problems and projects that can help students to have ability analysis research data. The development of the students worksheets used Plomps stages. Results of students workshets implementation showed that those can help: students to have meaningful understanding, like the analysis data lecture, have motivated individually to learned concepts of data analysis and solved the problems and projects in students worksheets, actived in learning process, and had ability to analyzed data by Minitab and Microsoft Excel. Mahasiswa dapat memiliki kemampuan menganalisis data jika mahasiswa berlatih menyelesaikan masalah dan proyek yang berkaitan dengan cara menganalisis dan menarik kesimpulan dari data penelitian. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa. Analisis Data berbasis masalah dan proyek yang dapat membantu mahasiswa memiliki kemampuan dalam menganalisis data penelitian. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa ini menggunakan tahap-tahap Plomp. Subjek penelitiannya adalah 24 mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya. Hasil implementasi menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa dapat mendorong mahasiswa untuk: memiliki pengetahuan bermakna, (b) menyenangi matakuliah Analisis Data dan metode belajar yang digunakannya, termotivasi untuk belajar dan menyelesaikan masalah dan proyek dalam Lembar Kerja Mahasiswa secara mandiri, aktif selama perkuliahan, dan memiliki kemampuan dalam menganalisis data menggunakan Minitab dan Microsoft Excel.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SEGITIGA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA KELAS VII SMP Meilani Safitri; Yusuf Hartono; Somakim Somakim
Jurnal Pendidikan Vol. 14 No. 2 (2013)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2652.491 KB) | DOI: 10.33830/jp.v14i2.358.2013

Abstract

The purpose of the research is to produce media-based math learning macromedia flash on the subject of the triangle in the junior class VII valid and practical for her then experimented to see the potential effects of media-based learning macromedia flash triangle subject to students' understanding of concepts. The method used is the development of research that consists of three phases: analysis, design, and evaluation. Obtained from testing the potential effects of instructional media using macromedia flash to the understanding of the concept of students is 78 in both categories. It can be concluded that the macromedia flash media-based learning subject that researchers develop effective triangle used in the learning of mathematics. Tujuan penelitian adalah menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash pada pokok bahasan segitiga di kelas VII SMP yang valid dan praktis untuk kemudian mengujicobakannya guna melihat efek potensial media pembelajaran berbasis macromedia flash pokok bahasan segitiga terhadap pemahaman konsep siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah development research yang terdiri dari tiga tahapan yaitu analisis, desain, dan evaluasi. Dari ujicoba diperoleh potensial efek media pembelajaran menggunakan macromedia flash terhadap pemahaman konsep siswa yaitu 78 dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia flash pokok bahasan segitiga yang peneliti kembangkan efektif digunakan pada pembelajaran matematika.
MEMBANGUN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013 wahyudin wahyudin
Jurnal Pendidikan Vol. 14 No. 2 (2013)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.105 KB) | DOI: 10.33830/jp.v14i2.360.2013

Abstract

The development of the character education still becomes the controversy among the educators, either from the theoretical or philosophical points of view. Actually, the core of the character education is not only viewed from philosophical difference, pedagogical ideology, or politics, but focused on the child development. Curriculum 2013 seeks to provide a problem-solving on the cultural matters and the national characters by integrating the characters / values /attitudes into the lessons, self-development, and the culture of the school. It is expected that a new generation of nation is developed in attitudes, knowledge, and skills. It has been clear that teachers thought, beliefs, and choices will influence their teaching practice. Therefore, it is necessary to build the views, beliefs, and positive selection within the teachers mind for the successful implementation of Curriculum 2013. Perkembangan pendidikan karakter sampai sejauh ini masih penuh dengan kontroversi yang terutama berakar dalam berbagai perbedaan teoretis dan filosofis, meski sebenarnya inti dari pendidikan karakter tidak pada perbedaan filosofis, ideologi pedagogis, politik, dan sebagainya, melainkan tentang perkembangan anak. Kurikulum 2013 berupaya memberikan pemecahan persoalan budaya dan karakter bangsa dengan cara mengintegrasikan karakter/nilai/sikap ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah, dengan harapan terbentuknya generasi baru bangsa yang utuh dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan menyadari bahwa pandangan, keyakinan, dan pilihan para guru akan berpengaruh pada praktek pembelajaran, maka perlu dibangun pandangan, keyakinan, dan pilihan yang positif dalam diri para guru demi keberhasilan implementasi Kurikulum 2013.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH Karlimah Karlimah; Dania Fuji Lestari
Jurnal Pendidikan Vol. 14 No. 2 (2013)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.664 KB) | DOI: 10.33830/jp.v14i2.361.2013

Abstract

The objective of the study were to develop learning plan and describe the implementation and results of student learning through problem-solving approach in order to improve the communication skills of students in solving mathematical case test problems. A model of classroom action research was used and held in April 2010 at SDN 1 located at Saguling Village, District of Baregbeg, Ciamis Regenc, West Java Province. Data collection was conducted in 3 cycles out of 28 fourth grade students and a teacher who acts as a reseacher of the study. Research instrument consisted of assessment format of lesson plan, format observation of teaching activities nd learning actvities, student worksheet and test. Data were analyzed using a triangualation method, saturation, and common sense. The result revealed that the mathematical problem solving approach was one of alternatives to improve the communication skills of students in solving mathematical case test. In order to improve students mathematical communication skills, it is advisable to use Polya problem solving approach. Similarly, evaluation test should contain aspects that demonstrate mathematical ideas in the form of images, linking images to the sentences and complete the process of the algorithm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan rencana pembelajaran dan menggambarkan pelaksanaan dan hasil belajar siswa melalui pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam memecahkan masalah uji kasus matematika. Sebuah model penelitian tindakan kelas digunakan dan dilaksanakan pada bulan April 2010 di SDN 1 di Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Ciamis Regenc, Provinsi Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan 3 siklus dari 28 siswa kelas IV dan guru bertindak sebagai peneliti studi. Instrumen penelitian terdiri format penilaian RPP, format pengamatan kegiatan mengajar dan kegiatan belajar, lembar kerja siswa dan tes. Data dianalisis menggunakan metode triangualation, saturasi, dan akal sehat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pemecahan masalah matematika adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam memecahkan kasus uji matematika. Dalam rangka meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa, disarankan untuk menggunakan pendekatan masalah Polya. Demikian pula , uji evaluasi harus mengandung aspek yang menunjukkan ide-ide matematika dalam bentuk gambar, menghubungkan gambar ke kalimat dan menyelesaikan proses algoritma.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI APLIKASI MODEL BELAJAR MIND MAPPING Sumarno Sumarno
Jurnal Pendidikan Vol. 14 No. 2 (2013)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.658 KB) | DOI: 10.33830/jp.v14i2.363.2013

Abstract

The scope of learning material for social sciences (IPS) at Elementary School is very wide, while the time available is very limited. This has been an obstacle for elementary school teachers in achieving the learning objectives. This study aimed to determine whether the application of Mind Mapping learning model on the activities of students learning and the mastery of students learning of IPS. This action research was conducted with three cycles involving 30 students of the fifth grade of elementary school in Kabupaten Kudus. The findings were analyzed using the descriptive qualitative study. The data were collected by using a questionnaires, observation sheets, pretest, and posttest. The results showed that the Learning Model of Mind Mapping can improve the students activity. This indicated an increase in the average score of the class activity to 48.2% in the first cycle, to 56.1% in the second cycle, and to 62.2% in cycle III. The average of the student learning outcomes for IPS also increased from 64 in the first cycle, to 67 in the second cycle, and to 75 in cycles III. Materi IPS di Sekolah Dasar memiliki cakupan materi yang sangat luas, sedangkan waktu yang tersedia sangat terbatas. Hal ini menjadi kendala bagi guru-guru Sekolah Dasar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar. Penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus dan sampelnya adalah siswa kelas V SD Kabupaten Kudus yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian dianalisa secara deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara menggunakan angket, lembar observasi, pre-tes dan posttes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktifitas siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor rata-rata aktifitas kelas yaitu dari 48,2% pada siklus I, 56,1% pada siklus II, dan 62,2% pada siklus yang ke III. Rata-rata hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS juga meningkat dari 64 pada siklus I, menjadi 67 pada siklus II, dan 75 pada siklus ke III.
PIECING TOGETHER THE STUDENT SUCCESS PUZZLE: RESEARCH, PROPOSITIONS, AND RECOMMENDATIONS Anak Agung M. Sastrawan Putra
Jurnal Pendidikan Vol. 14 No. 2 (2013)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (44.569 KB) | DOI: 10.33830/jp.v14i2.364.2013

Abstract

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 6