cover
Contact Name
Yohanes Wendelinus Dasor
Contact Email
wendidasor@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jipdpgsd@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. manggarai,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
ISSN : 25410202     EISSN : 2598408X     DOI : -
Jurnal Inovasi Pendidikan (JIPD) diterbitkan sejak tahun 2017 oleh Program Studi Guru Sekolah Dasar UNIKA Santu Paulus Ruteng. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Januari. Berisi Tulisan hasil telaah kepustakaan dan penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIKA Santu Paulus Ruteng dan para pemerhati bidang pendidikan pada umumnya dan secara khusus di bidang pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2018): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)" : 11 Documents clear
PERMASALAHAN DAN SOLUSI PENULISAN PUISI BEBAS SISWA SD Florianus Dus Arifian
JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) Vol. 2 No. 1 (2018): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Publisher : PGSD UNIKA SANTU PAULUS RUTENG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Permasalahan dan Solusi Penulisan Puisi Bebas Siswa SD. Pembelajaran menulis puisi bebas di SD berhadapan dengan permasalahan minimnya kemampuan penggunaan diksi puitis oleh siswa. Tulisan ini bertujuan mengupas permasalahan tersebut dan merancang solusinya lewat penerapan teknik identifikasi dan perluasan kata dalam menulis puisi bebas.Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis melakukan studi pustaka dengan menggunakan teknik baca dan catat.Artinya, penulis membaca dan mencatat informasi dari bahan-bahan pustaka yang relevan.Pandangan dari berbagai bahan pustaka tersebut dikompilasi secara kritis oleh penulis.Hasil studi menyakinkan penulis bahwa teknik identifikasi dan perluasan kata dapat menjadi solusi untuk meningkatkan penggunaan diksi puitis dalam penulisan puisi bebas oleh siswa SD.
PENYEBAB ANAK SEKOLAH DASAR PUTUS SEKOLAH DI DESA RANGGI KECAMATAN WAE RI’I KABUPATEN MANGGARAI Marselinus Robe; Maria Krisensia Sinar
JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) Vol. 2 No. 1 (2018): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Publisher : PGSD UNIKA SANTU PAULUS RUTENG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penyebab Anak Sekolah Dasar Putus Sekolah Di Desa Ranggi Kecamatan Wae Ri’i Kabupaten Manggarai. Masalah putus sekolah dari tahun ke tahun baik secara nasional dan lokal belum berakhir. Secara nasional jumlah siswa putus sekolah jenjang sekolah dasar untuk tingkat provinsi NTT tahun 2016/2017 berada di peringkat 6 (enam) dari 34 provinsi di Indonesia. Untuk provinsi NTT berjumlah 1.980 siswa putus sekolah. Secara lokal, Di desa Ranggi, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur untuk tahun tahun 2013-2015 terdapat 8 anak sekolah dasar putus sekolah. Jumlah ini meskipun kecil namun perlu diteliti agar dapat dicarikan solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab anak sekolah dasar putus sekolah di desa Ranggi, kecamatan Wae Rii, kabupaten Manggarai. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Data penelitian diperoleh dari anak-anak putus sekolah, orang tua anak putus sekolah, dan mantan guru wali kelas anak putus sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya pendidikan bukan lagi menjadi faktor penyebab anak sekolah dasar di desa Ranggi putus sekolah. Sebab, pemerintah telah mengalokasikan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan subsidi bagi siswa dari keluarga miskin berupa Bantuan Siswa Miskin (BSM). Ada pun faktor lain yang melataribelakangi anak-anak sekolah dasar putus sekolah di desa ini ialah: 1) motivasi anak bersekolah sangat rendah, 2) kemampuan akademik anak lemah, 3) lingkungan pergaulan dan tempat tinggal anak yang kurang sehat, 4) kondisi fisik orang tua yang stroke.
KINERJA GURU DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INPRES HESO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Fabianus Hadiman Bosco
JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) Vol. 2 No. 1 (2018): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Publisher : PGSD UNIKA SANTU PAULUS RUTENG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Kinerja Guru Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inpres Heso Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kinerja guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran di SDI Heso pada tahun Pelajaran 2017-2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru di SDI Heso yang berjumlah 9 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah kinerja guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur yang mana peneliti menyiapkan berbagai pertanyaan yang telah disiapkan pilihan jawabannya, dan observasi terstruktur yang dilakukan adalah observasi proses pembelajaran yang dilaksanakan guru di SDI Heso. Selain itu peneliti mengobservasi langsung mengenai anak yang berkebutuhan khusus. Untuk menjawab masalah atau tujuan dari penelitian ini, peneliti menggunakan bentuk analisis data yang bersifat induktif, yaitu suatu analisis data berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu atau menjadi hipotesis. Adapun langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini menggunakan bentuk Flow Model seperti yang dianjurkan oleh Miles dan Huberman, yang meliputi tiga tahap, yaitu: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Dari hasil temuan dan analisa data, kinerja guru SDI Heso dalam menangani anak berkebutuhan khusus disimpulkan kurang maksimal atau guru SDI Heso kurang mampu menangani anak berkebutuhan khusus. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak adanya metode pembelajaran khusus, strategi, model pembelajaran khusus, serta tidak ada pendekatan khusus untuk siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran. Ketidakmampuan guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus disebabkan oleh kurangnya sarana, fasilitas, serta latar belakang pendidikan guru yang bukan untuk menangani anak yang berkebutuhan khusus.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD Arnoldus Helmon
JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) Vol. 2 No. 1 (2018): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Publisher : PGSD UNIKA SANTU PAULUS RUTENG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadapkemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning(PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Serayu. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan menggunakan Nonequivalent groups pretest-posttest control group design. Populasinya adalah siswa kelas IV SDN Serayu, Kota Yogyakarta.Sampelnya adalah adalah kelas IV A dan IV B. Data dikumpulkan melaluiobservasidengan instrumen berupa rating scaledan tes dengan instrumen berupa soal tes. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif dan kuantitatif melalui uji beda dengan interval kepercayaan sebesar 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai sig. 0,000.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATAPELAJARAN IPS Ismail Nasar
JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) Vol. 2 No. 1 (2018): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Publisher : PGSD UNIKA SANTU PAULUS RUTENG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Matapelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS, (2) faktor pendukung dan penghambat, serta (3) solusi mengatasi hambatan implementasi pendidikan karakter di SMP Brawijaya Smart school. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Brawijaya Smart School Malang, dengan subjek penelitian adalah guru, menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokomen. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah implemetasi pendidikan karakter telah berjalan sesuai dengan rencana, karena di dukung oleh faktor guru, manajemen sekolah berbasis karakter dan dukungan masyarakat. Namun, ada beberapa kendala seperti masalah penilaian sikap dan faktor lingkungan, sehingga solusi untuk mengatasi masalah adalah membuat format penilaian serta pemasangan kamera pemantau disetiap lorong dan kelas.
INVESTASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KEHIDUPAN KELUARGA Primus Domino
JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) Vol. 2 No. 1 (2018): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Publisher : PGSD UNIKA SANTU PAULUS RUTENG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Investasi Dalam Bidang Pendidikan Anak Untuk Meningkatkan Kualitas Kehidupan Keluarga. Indonesia masih memiliki banyak persoalan berkaitan dengan kesejahteraan dan kemajuan dalam berbagai bidang dan masih tertinggal dibandingkan dengan negara lain untuk menuju sebuah bangsa yang maju. Hal tersebut disebabkan oleh faktor ekonomi dan rendahnya apresiasi masyarakat pada dunia pendidikan. Kebanyakan orang tua tidak memandang pendidikan anak sebagai suatu hal yang penting sehingga tidak melakukan perencanaan terhadap masa depan anak, terutama hal-hal yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan pendidikannya. Keluarga memiliki peran penting untuk membuat masa depan anak lebih baik serta membuat pendidikan anak lebih berkualitas. Cara yang terbaik untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak adalah dengan melakukan investasi dalam bidang pendidikan, karena menjamin masa depan anak yang lebih baik. Investasi dalam bidang pendidikan juga mampu menciptakan Sumber Daya Manusia bangsa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki etika, moral, rasa tanggung jawab, rasa keadilan, jujur, serta menyadari hak dan kewajiban yang kesemuanya itu merupakan indikator manusia yang lebih baik, berkualitas dan bermutu. Bentuk investasi dalam pendidikan yang dapat dipilih oleh orang tua sebagai upaya menciptakan masa depan anak yang lebih baik adalah dengan berinvestasi di pasar saham dan reksadana, membuat tabungan pendidikan di Bank atau koperasi. Cara lainnya berinvestasi untuk pendidikan anak adalah arisan, membuka usaha, membeli ternak atau berinvestasi dengan membeli tanah.
MENGENAL ADMINISTRASI GURU DI SEKOLAH Eliterius Sennen
JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) Vol. 2 No. 1 (2018): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Publisher : PGSD UNIKA SANTU PAULUS RUTENG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Mengenal Administrasi Guru Di Sekolah. Administrasi guru ada bermacam-macam, seperti: (1) administrasi diri (untuk guru sendiri), (2) admnistrasi kelas (untuk kelas), dan (3) administrasi sekolah (untuk kantor sekolah). Secara umum, kita sebut saja administrasi guru.Administrasi guru dapat dimengerti sebagai seperangkat kegiatan atau tindakan yang harus diketahui dan dimiliki oleh seorang guru atau calon guru yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran sehingga ketika kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien maka guru dan siswa mendapatkan isi pesan pembelajaran. Secara umum, administrasi guru ada 20 jenis yang meliputi: (1) Kalender Pendidikan, (2) Program Semester (PROMES), (3) Program Tahunan (PROTA), (4) Silbus, (5) Analisis SK/KD, (6) Prosedur Penilaian, (7) RPP, (8) KKM, (9) Jurnal/Agenda Guru, (10) Buku Presensi, (11) Daftar Nilai, (12) Buku Pegangan (Buku Paket, modul, dan LKS), (13) Bahan Ajar, (14) Kisi-kisi Soal, (15) Kartu Soal, (16) Analisis Hasil Ulangan, (17) Program Remidial, (18) Program Pengayayaan, (19) Kumpulan Soal/Bank Soal, dan (20) Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Dalam konteks kurikulum 2013, sebagai seorang guru atau calon guru, tentunya harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk menyiapkan sejumlah kelengkapan kegiatan administrasi pembelajaran, seperti: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, Program Semester (PROMES), Program Tahunan (PROTA), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Standar Kompetensi (SK), dan Kompetensi Dasar (KD) agar kegiatan pembelajaran itu sendiri berjalan baik dan benar sesuai dengan program dan tuntutan kurikulum 2013.
DAMPAK DOMINASI PEREMPUAN DALAM PROFESI GURU PAUD Fransiskus de Gomes
JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) Vol. 2 No. 1 (2018): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Publisher : PGSD UNIKA SANTU PAULUS RUTENG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Dampak Dominasi Perempuan dalam Profesi Guru PAUD.Dominasi perempuan dalam profesi guru PAUDmerupakan suatu fenomena yang tak terbantahkan. Di satu pihak, fenomena ini bisa menjadi antitesis terhadap upaya keseteraan peran gender yang selama ini digalakkan oleh kaum feminis. Namun di lain pihak, masih ada anggapan bahwa profesi guru PAUD sebenarnya bukanlah bentuk superioritas perempuan atas laki-laki tetapi sebaliknya sebagai bentuk subordinisasi perempuan oleh laki-laki. Tulisan ini secara umum mengulas tentang proses pembentukkan stereotip peran gender dalam diri anak usia dini sebagai dampak dominasi perempuan dalam profesi guru PAUD. Selain itu, artikel ini juga menguraikan dampak fenomena ini terhadap profesi guru PAUD itu sendiri.
MEMAHAMI DAN MENGELOLA RESISTENSI ATAS PERUBAHAN Vitalis Tarsan
JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) Vol. 2 No. 1 (2018): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Publisher : PGSD UNIKA SANTU PAULUS RUTENG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Memahami dan Mengelola Resistensi Atas Perubahan. Tulisan ini mencoba menggagas bagaimana memahami dan mengelola resistensi atas perubahan di lingkup organiasasi/sekolah. Gagasan-gagasan yang akan dikemukakan menyoroti: pertama, siapa yang menolak; kedua, alasan penolakan; ketiga, indikasi penolakan; keempat, sumber penolakan; kelima, strategi mengelola penolakan, keenam, serta tugas pemimpin dalam mengelola penolakan. Resistensi atau penolakan perubahan yang disoroti dalam tulisan ini adalah penolakan terhadap perubahan yang ada atau terjadi di organisasi pada umumnya, dan lembaga pendidikan atau sekolah pada khususnya.
PEMBUATAN LUBANG RESAPAN BIOPORI (LRB) DI LINGKUNGAN SDI KONGGANG KECAMATAN LANGKE REMBONG-MANGGARAI Wigbertus Gaut Utama; Wahyuni Purnami; Fransiska Jaiman Madu
JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) Vol. 2 No. 1 (2018): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Publisher : PGSD UNIKA SANTU PAULUS RUTENG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Pembuatan Lubang Resapan Biopori (LRB Di Lingkungan SDI Konggang Kecamatan Langke Rembong-Manggarai. Tak dapat dipungkiri, air merupakan kebutuhan primer bagi semua mahkluk hidup terutama manusia. Air yang dimaksud dalam hal ini tentu merupakan air sehat. Akan tetapi, masalah yang dihadapi sekarang adalah kurangnya ketersediaan air bersih di bumi tempat manusia tinggal terutama di Manggarai. Berdasarkan masalah tersebut, manusia sebagai penghuni di bumi tak dapat tinggal diam. Persoalan ini, perlu disikapi secara serius. Berbagai solusi yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah kurangnya ketersediaan air bersih.Salah satu solusi baru yang ditawarkan di sini adalah pembuatan lubang resapan biopori (LRB). Solusi ini ditawarkan agar manusia mampu menabung air di dalam tanah untuk menjaga ketersediaan air tanah sehingga tidak mengalami kekurangan ketersediaan air saat musim kering. Dalam pelaksanaanya, dapat dilakukan dengan langkah-langkah yakni: 1) Penyebarluasan Informasi dan Penanaman Pengetahuan; 2) Pembuatan LRB di Lingkungan Sekolah; 3) Menjaga Keberlanjutan Kegiatan LRB di Lingkungan Sekolah.

Page 1 of 2 | Total Record : 11