cover
Contact Name
Nurul Qomariah
Contact Email
nurulqomariah@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journal.jmbi@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jalan Karimata 49 Jember 68121
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
ISSN : 24432830     EISSN : 24609471     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi dari Prodi Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala secara cetak (print) dan elektronik (online),dan Memuat Artikel di bidang manajemen yang meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen pengetahuan , manajemen inovasi.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020)" : 14 Documents clear
Analisis Neraca Perdagangan Migas dan Non Migas Terhadap Volatilitas Cadangan Devisa Di Indonesia, 1975-2016 Khalwat Asyaria; Risanda A. Budiantoro; Sri Herianingrum
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.247 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i1.3532

Abstract

Cadangan devisa adalah asset ataupun aktiva dari bank sentral yang tersimpan dalam mata uang asing seperti dolar, euro, yen dan digunakan untuk perdagangan internasional serta membiayai perekonomian sebuah negara. Besar kecilnya cadangan devisa negara tergantung dari kekuatan ekspor dan impornya baik migas maupun non migas. Terkait tujuan penelitian ini untuk menganalisis mengenai alokasi perdagangan migas dan non migas terhadap volatilitas cadangan devisa di Indonesia, 1975-2016. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan Badan Pusat Statistik dan World Bank dengan menggunakan analisis kuantitatif (alat uji regresi linear berganda). Hasil penelitian menunjukkan ekspor dan impor non migas berpengaruh negatif signifikan terhadap volatilitas cadangan devisa. Sedangkan untuk ekspor dan impor migas berpengaruh negatif dan tidak signifikan.
Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Ahmad Izzuddin; Muhammad Muhsin
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.064 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i1.3536

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Sate Kelinci Mas Asep di Jember. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 66 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probabilty sampling, dengan metode Accidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan bantuan alat SPSS ver 15. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas layanan berpengaruh siginifkan terhadap kepuasan konsumen. Lokasi tidak berpengaruh signifkan terhadap kepuasan konsumen.
Pengaruh Self-Image Congruence Terhadap Brand Association, Perceived Quality, Brand Trust, Dan Brand Loyalty Pada Milenial Di Indonesia Maria Falsafani
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.993 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i1.3529

Abstract

ABSTRAKGenerasi milenial di Indonesia merupakan populasi dengan jumlah terbanyak yaitu ± 90 juta orang. Hal ini merupakan peluang yang baik untuk perusahaan menargetkan segmen milenial. Disisi lain milenial memiliki karakter yang unik salah satunya adalah mereka akan membeli merek yang sesuai dengan kepribadian dan lifestyle mereka oleh karena itu penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-image congruence pada brand association, perceived quality, brand trust hingga brand loyalty. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah pengguna iPhone yang berusia milenial. Smartphone dipilih dikarenakan melambangkan produk yang paling penting oleh milenial. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang akan disebarkan secara online terhadap 100 responden dan untuk pengolahan data menggunakan SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukan pengguna iPhone berusia milenial merasa self-image congruence memiliki pengaruh positif terhadap brand association, perceived quality, brand trust dan brand loyalty.
Kemurnian Aktivitas Tanggung Jawab Sosial: Kunci Penggerak Customer Attachment Sri Yunan Budiarsi; Sri Hartini
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.13 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i1.2817

Abstract

Tujuan studi untuk mengetahui apakah ketulusan aktivitas tanggung jawab sosial dapat menjadi key factor effect pada emosi konsumen dalam meningkatkan customer Attachment. Kemurnian atau Authenticity dalam riset menekankan ketulusan pada tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Apakah ketulusan motivasi aktivitas CSR diprediksi sebagai variable yang menentukan bagi konsumen menjadi perhatian dalam studi ini. Dari Field research yang dilakukan dengan metoda SEM PLS versi 0.3 diketahui bahwa ada hubungan signifikan antara CSRAuthenticity dan Customer Attachment baik secara langsung maupun melalui mediasi Corporate Image. Konstruk CSRAuthenticity dapat menjadi konstruk pemicu untuk mempengaruhi Customer Attachment, dalam melakukan akivitas social perusahaan
Analisis Pengaruh Inflasi, Kurs, Birate, PDB Dan Kinerja Internal Bank Terhadap Profitabilitas Pada Perbankan Syariah Dan Konvensional Annafsun Nadzifah; Jaka Sriyana
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.595 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i1.3537

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang pengaruh kondisi makro ekonomi (Inflasi, Kurs, BiRate dan PDB) dan kinerja internal (CAR, FDR, LDR dan BOPO) bank terhadap profitabilitas perbankan syariah dan perbankan konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Vector Error Correction Model (VECM) sebagai alat analisis data. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kondisi makro ekonomi terhadap profitabilitas perbankan Syariah dan profitabilitas perbankan konvensional. Kondisi makro ekonomi dan karakteristik internal bank sangat memberikan dampak pada perbankan Syariah dan profitabilitas perbankan konvensional dalam meningkatkan profitabilitas. Hal tersebut dilihat dari KURS pada jangka panjang berpengaruh terhadap perbankan Syariah dan konvensional. Dilihat dari CAR, LDR, KURS, INFLASI dan PDB berdampak pada peningkatan profitabilitas.
Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Tim Produksi CPU PHM Arbain Syarif
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.72 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i1.3530

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan tim produksi di lapangan CPU Pertamina Hulu Mahakam. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data dari kuisioner dengan nilai berupa skala Likert. Kepemimpinan, budaya organisasi, dan kompetensi sebagai variabel independen dan kinerja karyawan sebagai variabel dependen. Responden pada penelitian ini berjumlah 60 personil dengan lama pengalaman kerja yang berbeda-beda. Teknik pengambilan sampel adalah dengan sampling jenuh. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa kepemimpinan, budaya organisasi dan kompetensi baik secara persial maupun bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan, dengan sumbangan efektif secara bersama-sama dari ketiga variabel sebesar R2=0,495.
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Dengan Menggunakan Media Sosial Brian Kumara
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.861 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i1.3533

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha dengan menggunakan media sosial. Lebih lanjut penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansisaa Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansisaa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan 94 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansisaa Yogyakarta. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media sosial, lingkungan keluarga berpengaruh signifikan positif terhadap minat berwirausaha, sedangkan kepribadian tidak berpengaruh terhadap minat wirausaha. Lebih lanjut penelitian ini mengungkapkan bahwa media sosial, lingkungan keluarga dan kepribadian tidak berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha.
Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Non Performing Financing Terhadap Return On Asset Pada BPRS Di Indonesia Haryo Firas Tunas Kuncoro; Syaiful Anam; Muhammad Sanusi
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.814 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i1.3538

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dana pihak ketiga dan pembiayaan bermasalah terhadap profitabilitas di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia periode Januari 2014 - Desember 2018. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji statistik yaitu koefisien determinasi, uji t, uji F. Hasil penelitian secara parsial menemukan bahwa variabel Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Financing (NPF) tidak berpengaruh signifikan terhadap return on aset pada BPRS di Indonesia. Sementara itu, secara simultan dana pihak ketiga dan non performing financing tidak berpengaruh signifikan terhadap return on aset pada BPR syariah di Indonesia.
Pengaruh Skills Dan Personality Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan Di PT. Kosmetik X (Zona 2 dan 3 Jawa Bagian Timur) Deni Kusuma Fajri; Falih Suaedi; Sutinah Sutinah
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.934 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i1.2751

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui sejauh mana pengaruh variabel skills dan variabel personality terhadap kinerja tenaga penjualan di PT. Kosmetik X zona 2 dan zona 3 jawa bagian timur. Bila dilihat dari maksudnya, penelitian ini digolongkan sebagai penelitian korelasi, sedangkan jika dilihat dari jenis data yang digunakan maka penelitian ini masuk kedalam penelitian  kuantitatif, teknik pengambilan sampel adalah menggunakan sampling jenuh/ total sampling yaitu teknik yang menggunakan seluruh populasi sebagai sampel, jumlah dari populasi sekaligus sampelnya adalah sebanyak 102 responden, penelitian ini dianalisis menggunakan sofware SPSS versi 25 dengan uji hipotesis yang terdiri dari uji asumsi klasik dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa skills dan personality baik secara parsial maupun simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan PT.Kosmetik X zona 2 dan zona 3 jawa bagian timur, variabel skills mempunyai nilai sumbangan efektif sebesar 24.3% terhadap kinerja tenaga penjualan, sedangkan variabel personality mempunyai sumbangan efektif terhadap variabel kinerja tenaga penjualan sebesar 32.6%.  
Manajemen Inovasi Bernafaskan Islam Melalui Analisis SWOT Pada UMKM Kuliner Feti Fatimah; Wenny Murtalining Tyas; Mega Anjar Widyabakti; Nurul Ma’rifah
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.172 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i1.3534

Abstract

UMKM merupakan salah satu penentu kecepatan pergerakan ekonomi disaat ini. UMKM yang berpotensi baik pada pasar ialah UMKM kuliner. Hal ini disebabkan makanan adalah kebutuhan pokok manusia dan penunjang pada pergaulan. Jenis UMKM Kuliner yang  memiliki prospek yang cukup menjanjikan dan menguntungkan adalah 1) UMKM kuliner makanan ringan, 2) UMKM Kuliner usaha minuman, 3) UMKM kuliner warung tenda, 4) UMKM Kuliner Rumah Makan, 5) UMKM Kuliner bisnis katering. UMKM kuliner saat ini berkembang pesat terutama di daerah kampus Kabupaten Jember tepatnya di Kecamatan Sumbersari. Di daerah kampus ada beberapa Perguruan Tinggi sehingga banyak terdapat mahasiswa baik yang dari Jember atau luar Jember. Namun, banyak UMKM kuliner yang tidak mampu bertahan lama dan tutup ini membuktikan bahwa dalam menjual produk tidak hanya membutuhkan harga yang bersaing. Tetapi perlu juga manajemen inovasi. Kegiatan ini bertujuan membuat manajemen inovasi bernafasan Islam melalui analisis SWOT yang tepat pada UMKM kuliner di wilayah kampus Kabupaten Jember. Penelitian dilaksankan secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis SWOT dalam menentukan manajemen inovasi yang akan diterapkan pada UMKM, yang didukung melalui mencari data dengan  tehknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu bahwa secara garis besar UMKM kuliner di wilayah kampus memiliki peluang adanya potensi pasar yang terus tumbuh dan dukungan dari pemerintah,  ancamannya adalah persaingan yang semakin ketat, kekuatannya memiliki semangat untuk terus berkarya dan berinovasi, sedangkan kelemahannya adalah terbatasnya modal. Sehingga UMKM harus terus menerapkan manajemen inovasi terutama manajemen inovasi bernafasan Islam agar bisa bertahan dan terus berkembang. Pengaplikasian manajemen inovasi bernafasan Islam pada UMKM kuliner di daerah kampus adalah dengan cara penetapan standar kualitas produk dan pelayanan, Mengembangkan kualitas produk dan pelayanan, menetapkan harga yang mampu besaing, Memanfaatkan dan memberdayakan kekuatan dan peluang, serta menerapkan sistem persaudaraan dan selalu menjaga kepercayaan dalam segala kegiatan. Sistem persaudaraan berarti menjalin hubungan baik dengan pemasok, pesaing dan pelanggan. Pemasok yang menganggap kita saudara akan memasok barang tepat waktu, kualitas terjamin dan harga bersaing.  Pesaing yang menganggap kita saudara akan melakukan persaingan secara sehat dan bersifat saling membantu. Pelanggan yang menganggap kita saudara akan bersifat loyal terhadap usaha kita. Sistem persaudaraan ini bisa berjalan terus apabila terdapat kepercayaan.

Page 1 of 2 | Total Record : 14