cover
Contact Name
Joan Santoso
Contact Email
joan@stts.edu
Phone
-
Journal Mail Official
insight@stts.edu
Editorial Address
Jl. Ngagel Jaya Tengah 73-77, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology
ISSN : 26221594     EISSN : 2685449X     DOI : 10.37823
Journal of Information System, Graphics, Hospitality and Technology (INSIGHT) aims to provide scientific literatures on studies of pure and applied research in information systems (IS)/information technology (IT) and public review of the development of theory, method and applied sciences related to the subject.
Arjuna Subject : -
Articles 59 Documents
TUMASING (TUku Mangan gAk puSING) Williams Gunawan; Benyamin Limanto; Abraham William P
Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology Vol. 1 No. 01 (2019): Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology
Publisher : Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (d/h Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37823/insight.v1i01.5

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering dialami adalah krisis makanan yang disebabkan oleh pengeluaran yang melebihi batas wajar, “belum dikirim orangtua”, “tanggal tua”, ”salah mengatur keuangan” di bidang konsumsi yang menyebabkan kekurangan uang dan akhirnya akan tiba fase dimana mulai mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, contohnya mie instan, susu sereal instan, makanan instan lainnya, bahkan terpaksa menahan lapar atau mengkonsumsi obat pereda nyeri lambung, sehingga tidaklah heran ada banyak yang memiliki keluhan pada lambung. Disini produk layanan yang dibangun pun hadir membantu permasalahan yang dialami. Produk layanan ini dinamakan “TUMASING”, TUku Mangan gA puSING. Layanan ini akan membantu mengatur pengeluaran mahasiswa di bidang konsumsi dengan bertujuan agar permasalahan para mahasiswa tersebut tidak mengalami apa yang pernah dialami kembali. Dengan cara apa? Sistem ini akan mengatur menu makanan yang sesuai dengan uang yang dialokasikan pada layanan ini. Selain itu sistem ini juga akan membantu mempertemukan para pedagang makan yang terdekat dengan tempat tinggal.). TUMASING “TUKU MANGAN GAK PUSING” sebagai software yang memudahkan masyarakat untuk memesan makanan, bertransaksi, dan mengatur keuangan. Tumasing berupa website ataupun aplikasi mobile yang dapat memberikan rekomendasi makanan ataupun pembelian menu makanan secara cashless oleh customer. Adapun potensi pengembangan usaha adalah adanya system keanggotaan untuk tenant-tenant. Tumasing dapat memberi rekomendasi pengguna mengenai budget dan makanan yang ada di sekitarnya serta melakukan transaksi cashless, menghasilkan website untuk menghimpun pedagang kaki lima yang menjual makanan yang dapat diakses siapa saja, memberikan sebuah solusi kepada orang yang ingin menekan pengeluaran di bidang pengeluaran makanan.
Website Pemesanan Karangan Bunga Dekoratif dengan Fasilitas Kustomisasi Rangkaian Ivan Pramono; Eric Sugiharto Honggara
Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology Vol. 1 No. 01 (2019): Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology
Publisher : Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (d/h Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37823/insight.v1i01.7

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang pesat dari hari ke hari memberikan dampak yang besar bagi dunia. Bahkan teknologi sangat berpengaruh di bidang bisnis. Banyaknya usaha-usaha di bidang online yang bermunculan saat ini, membuat cara berpikir masyarakat jaman sekarang yang dibuat jauh lebih praktis. Berbelanja tanpa harus pergi ke mall atau toko dan menghabiskan waktu yang banyak untuk antri, maka toko di bidang online seperti website mulai bermunculan saat ini. Inilah salah satu tujuan pembuatan website toko bunga ini. Selain memberikan kenyamanan bagi pelanggan, juga memberi keuntungan pada pemilik toko untuk dapat mengatur toko nya menjadi lebih berkembang. Selain menjual bunga, website ini juga memiliki fitur khusus yaitu kustomisasi rangkaian bunga. Tidak seperti website lain, pelanggan dapat melakukan kustomisasi rangakaian bunga secara online sesuai keinginannya. Website ini juga memiliki fitur dari sisi pemilik toko untuk mengatur jalannya usaha. Dari hasil uji coba website toko bunga yang sudah diberikan kepada beberapa responden sebagai pelanggan dan sebagai pemilik toko. Dapat disimpulkan bahwa pemilik toko merasa sangat terbantu dengan adanya website ini untuk mengatur jalannya usaha mereka secara praktis. Dari sisi pelanggan, pelanggan dapat melakukan kustomisasi rangkaian sesuai keinginan mereka dengan mudah. Selain itu pelanggan juga dimudahkan dengan cara transaksi yang terdapat pada website toko bunga ini.
Perancangan Website Human Resource Administration Kristian Aditya Santoso; Suhatati Tjandra; S.T.B. Tambunan
Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology Vol. 1 No. 01 (2019): Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology
Publisher : Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (d/h Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37823/insight.v1i01.8

Abstract

Pengelolaan sumber daya manusia merupakan salah satu faktor utama dalam pengembangan suatu perusahaan. Pengaturan Sumber daya manusia pada sebuah perusahaan sangatlah rumit dan membutuhkan ketelitian. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu tugas HRD pada perusahaan yang disebut Human resource Management System (HRM System). Kesalahan yang kecil pada pengaturan sumber daya manusia pada perusahaan akan berakibat fatal terutama pengaturan yang berhubungan dengan anggaran atau biaya. Penggaturan angaran untuk sumber daya manusia membutuhkan bantuan dalam hal pencatatan maupun sistem yang akurat sehingga tidak ada kesalahan dan celah yang merugikan pihak perusahaan dan pegawai. Perancangan Website ini, bertujuan untuk mengembangkan sistem Human Resource Administration dengan menggunakan jaringan intranet. Pembuatan akan dibantu dengan kerangka kerja untuk pembuatan website yang bernama Laravel guna memudahkan pembuatan serta pengembangan website kedepanya. Website ini juga dilengkapi dengan database MySql dan Semantic UI sebagai tampilan utama website
Diagnosis Hama dan Penyakit Tanaman Bawang Merah Menggunakan Sistem Pakar Moh Jasri
Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology Vol. 1 No. 01 (2019): Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology
Publisher : Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (d/h Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37823/insight.v1i01.12

Abstract

Penelitian ini mencoba membuat sebuah sistem pakar untuk mendeteksi hama dan penyakit yang ada pada tanaman bawang merah dengan merancang sebuah design secara maksimal dengan menggunakan DFD, ERD, serta block diagram untuk menemukan sistem yang bisa digunakan untuk mendiagnosa hama dan penyakit pada tanaman bawah merah, adapun teknik diagnosa yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan forward chaining, penelusurannya dimulai dari fakta-fakta terlebih dahulu baru menjurus pada sebuah kesimpulan, Sedangkan Block diagram yang dibuat berfungsi untuk membatasi area permasalahan dalam penelitian ini, untuk menerapkan block diagram kedalam sebuah sistem database selanjutnya adalah merancang DFD dan ERD agar block diagram bisa diterapkan pada database dan aplikasi.
Desain Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Mochammad Faid; Devi Dwi Purwanto
Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology Vol. 1 No. 01 (2019): Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology
Publisher : Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (d/h Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37823/insight.v1i01.13

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sampai saat ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia, Jumlah penderita dan luas daerah penyebarannya semakin bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk. Maka dari itu diperlukan perancangan desain sistem pakar untuk mendiagnosis stadium penyakit demam berdarah dengue, yaitu dengan menggunakan software pada komputer, adapun rule based sistem pakar ini didapat dari pakar dalam bidangnya dan buku yang berhubungan dengan penyakit demam berdarah dengue serta Informasi dari internet, rule based disusun sedemikian rupa ke dalam suatu database dengan beberapa tanel diantaranya tabel penyakit, tabel gejala dan tabel aturan untuk kinerja sistem dalam penarikan kesimpulan dalam penelitian ini menggunakan forward chaining Perangkat lunak komputer yang digunakan dalam sistem pakar pendiagnosisan ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dengan basis data yang dibuat dari Microsoft Acces 2003. Sistem pakar ini akan menampilkan pilihan gejala yang dapat dipilih oleh user, dimana setiap pilihan gejala akan membawa user kepada pilihan gejala selanjutnya hingga mendapatkan hasil akhir. Pada hasil akhir sistem pakar akan akan menampilkan gejala pilihan user, kemungkinan penyakit yang diderita terkait dengan demam berdarah dan pengobatan dini. Disamping itu, sistem pakar ini juga memberikan informasi tentang penyakit demam berdarah dengue, penulis dan pakar
Perbaikan Sistem Pergudangan pada Perusahaan Distributor dengan Software Tecnomatix - Kelvin
Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology Vol. 1 No. 01 (2019): Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology
Publisher : Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (d/h Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37823/insight.v1i01.14

Abstract

Sebuah perusahaan distributor memiliki fungsi utama yaitu memproses produk yang masuk untuk disimpan dei dalam gudang serta menyalurkan produk dari gudang ke konsumen. Jumlah produk yang beraneka ragam serta permintaan yang berubah setiap waktu seringkali menjadi permasalahan utama dalam sistem pergudangan. Hal ini juga yang dialami oleh sebuah perusahaan distributor yang bergerak dalam bidang produk makanan di Sidoarjo. Perusahaan memiliki permasalahan dalam mengatur sistem pergudangan yang efisien. Proses penerimaan dan pengiriman yang terus berlangsung dalam jumlah besar dengan variansi produk yang sangat banyak membuat proses pergudangan menjadi kacau dan tidak sesuai dengan prosedur yang ada sehingga tingkat efisiensi proses menjadi menurun. Berdasarkan analisis hal-hal yang perlu mendapat perhatian adalah buffer zone, proses pencatatan barang, material handling dan masalah ruang kerja. Berdasarkan prinsip pergudangan dan mengacu metode Activity Relationship Chart didapatkan perbaikan berupa perubahan tata letak buffer zone, perbaikan SOP pencatatan serta pengkodean barang, dan penambahan alat material handling. Dengan bantuan software Tecnomatix dapat disimulasikan dan didapatkan hasil waktu proses sebelum perbaikan pada bagian penerimaan adalah 5 menit 32 detik dan pada bagian pengiriman adalah 3 menit 42 detik. Setelah dilakukan perbaikan efisiensi proses meningkat terlihat dari waktu proses yang semakin cepat yaitu, pada bagian penerimaan menjadi 2 menit 53 detik dan pada bagian pengiriman menjadi 2 menit 7 detik.
Aplikasi Pemesanan Multi Catering Berbasis Android Tommy Chandra Pangestu; Amelia Alexandra P. W; Tjwanda Putera Gunawan
Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology Vol. 1 No. 02 (2019): Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology
Publisher : Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (d/h Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37823/insight.v1i02.41

Abstract

Pihak catering ingin mempertahankan dan menambah customer dengan menyajikan pilihan menu yang bervariasi. Sementara pihak customer sering berganti catering agar tidak bosan dengan makanan dari catering tertentu. Proses pemesanan kebanyakan catering yang ada sekarang, informasi yang diberikan kurang detail hanya sekedar melalui telepon, sehingga sering terjadi salah paham dalam pemesanan. Apalagi jika pada saat itu orang yang memesan catering sangat membutuhkan jasa catering tersebut. Untuk menjembatani hal ini, maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat menangani semua permasalahan dan meningkatkan kualitas layanan catering tersebut, yaitu aplikasi multi catering. Pada penelitian ini, dikembangkan aplikasi jasa layanan Multi Catering Online untuk usaha catering rumahan. Aplikasi ini berbasis android dilengkapi dengan web service PHP dan menyimpan data ke dalam database MySQL. Aplikasi Multi Catering ini hanya melayani bisnis catering rumahan, tidak melayani bisnis catering yang berbasis bisnis atau event. Terdapat 4 (empat) actor yang terlibat dalam aplikasi Multi Catering ini, yaitu admin aplikasi, vendor, pengantar, dan customer. Admin Multi Catering dapat memantau aplikasi Multi Catering seperti laporan, filter search, dan pengaturan member. Sedangkan, vendor catering merupakan pihak yang menyediakan catering yang hendak dipilih oleh customer pada aplikasi ini, baik paket maupun non paket. Pengantar merupakan user yang bertugas mengirimkan catering kepada customer yang memesan. Customer pada aplikasi ini merupakan user yang berperan sebagai pemesan catering. Dengan adanya aplikasi Multi Catering ini dapat membantu pihak vendor catering serta customer agar lebih mudah menangani proses pemesanan catering yang ada, dan meningkatkan layanan bisnis catering yang ada saat ini dengan bantuan chatting dan notifikasi. Aplikasi Multi Catering ini sangat menguntungkan vendor dan customer. Kata Kunci—Android, Catering Online, Multi Catering, Web Service.
Rekayasa Tata Letak Mesin CNC Laser Trumpf L3030 dan Fasilitas Produksi di PT. X Rosyita Firdaus; Anda Iviana Juniani; Farizi Rachman
Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology Vol. 1 No. 02 (2019): Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology
Publisher : Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (d/h Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37823/insight.v1i02.42

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk merancang layout PT. X untuk meminimalkan jarak tempuh material handling. Perusahaan membuka plant baru dengan memindahkan mesin lama pada pabrik baru serta mendatangkan mesin baru (L3030). Dengan demikian, pengaturan penempatan mesin dan perencanaan layout harus direncanakan dengan hati-hati karena perusahaan menggunakan sistem jobshop sehingga waktu dapat digunakan secara maksimal untuk proses pemesinan. Solusi untuk perusahaan adalah rekayasa tata letak mesin CNC Laser Trumpf L3030 dan penataan fasilitas produksi menggunakan metode Systematic Layout Planning (SLP). Prosedur re-layout terdiri dari tiga langkah: menganalisis tata letak awal, merancang alternatif tata letak berdasarkan SLP, mengevaluasi dan memilih tata letak alternatif dengan teknik perbandingan biaya. Peningkatan efisiensi material handling dan pengurangan moving distance diperoleh dari alternatif Layout 1. Hasil yang diperoleh menunjukkan penurunan moving distance hingga 28,5%, dan pengurangan total biaya material handling hingga 18.4% dari tata letak awal.
Ekstraksi Teks Pada Halaman Website Renungan Rohani Menggunakan HTML Agility Pack James Wijaya
Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology Vol. 1 No. 02 (2019): Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology
Publisher : Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (d/h Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37823/insight.v1i02.43

Abstract

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi, orang-orang dapat mengakses berbagai informasi dari berbagai halaman web dengan menggunakan internet. Web Santapan Rohani adalah salah satu contoh website yang dapat digunakan oleh orang-orang terlebih khusus umat Kristiani untuk membaca renungan harian atau untuk melakukan saat teduh. Penelitian ini bertujuan menciptakan suatu teknologi ekstraksi informasi dari web Santapan Rohani yang berisikan renungan harian sehingga dapat membantu untuk analisa bagi penelitian-penelitian berikutnya yang dapat dikembangkan dari kehadiran teknologi ini. Halaman web memiliki bentuk yang semi-structured dan berisikan informasi berupa teks, gambar, video, URL, dan sebagainya. Hal ini menjadi kendala untuk dapat melakukan ekstraksi informasi dari halaman web. HTML Agility Pack merupakan salah satu tools terbaik yang dapat digunakan untuk melakukan HTML Parser dari suatu halaman web. Dengan menggunakan HTML Agility Pack dapat mempermudah untuk melakukan ekstraksi informasi dari berbagai halaman web, terlebih khusus untuk melakukan ekstraksi informasi pada renungan harian dari Web Santapan Rohani.
Analisis Pengaruh Penerapan Metode DRP Terhadap Bullwhip Effect Pada Rantai Suplai Pram Eliyah Yuliana; Sri Rahayu
Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology Vol. 1 No. 02 (2019): Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology
Publisher : Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (d/h Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37823/insight.v1i02.46

Abstract

Dalam sebuah rantai suplai, aliran informasi yang akurat dari setiap tahapan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Distorsi informasi mengakibatkan pola permintaan yang semakin fluktuatif kearah hulu dalam rantai suplai. Meningkatnya fluktuasi atau variabilitas permintaan dari hilir ke hulu suatu rantai suplai dinamakan bullwhip effect (BE). Nilai BE didapat dari perbandingan antara kebutuhan dan pemesanan yang dilakukan untuk memenuhi permintaan. Nilai BE yang ideal adalah 1, yang berarti terdapat keseimbangan antara kebutuhan dan pemesanan yang dilakukan sehingga tidak menyebabkan penumpukan ataupun kekurangan persediaan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya bullwhip effect, diantaranya order batching, yaitu penentuan ukuran pemesanan pada setiap tahapan rantai suplai. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis pengaruh penerapan metode Distribution Requirement Planning (DRP) terhadap Bullwhip Effect pada level sub distributor ke distributor utama. Distribution Requirement Planning adalah suatu metode untuk menangani pengadaan persediaan dalam suatu jaringan distribusi multi eselon Dengan membuat DPR maka pemesanan dapat direncanakan dengan baik sesuai dengan permintaan dari eselon dibawahnya dalam rantai suplai. Studi kasus dilakukan pada distributor minyak goreng UD Trimei yang melayani beberapa sub distributor di wilayah Jawa Timur dan diambil contoh dua jenis produk yaitu Hemart 500 ml dan Hemart 1000 ml. Pada UD Trimei sering terjadi ketidaksesuaian stock karena tidak adanya perencanaan terhadap ketersediaan produk pada distributor ini. Masalah tersebut diselesaikan dengan metode distribution requirement planning untuk menentukan jumlah pemesanan pada perusahaan. Setelah metode ini diterapkan untuk merencanakan kebutuhan kedepan pada perusahaan ini, keadaan membaik yang ditandai dengan nilai bullwhip effect yang mendekati nilai 1. Nilai bullwhip effect sebelum penerapan metode distribution requirement planning pada produk Hemart 500ml adalah 3.18 sedang pada produk Hemart 1000 ml adalah 2.89 .Setelah penerapan metode distribution requirement planning nilai bullwhip effect Hemart 500ml menjadi 1.07 dan untuk produk Hemart 1000 ml menjadi 0,99. Kata Kunci—Bullwhip Effect, Rantai Supplai, Order Batching, DRP.