cover
Contact Name
Yenni P. Pasaribu
Contact Email
mjos@unmus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
mjos@unmus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
Musamus Journal of Science Education
Published by Universitas Musamus
ISSN : 26227851     EISSN : 2622786X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The aims of this Musamus Journal of Science Education is to provide a venue for academicians, researcher, and practitioners for publishing the original research articles and review articles.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2019): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)" : 5 Documents clear
Analisis Kualitas Briket Campuran Arang Bonggol Jagung dan Daun Jati Dwi Sukowati; Triat Adi Yuwono; Asti Dewi Nurhayati Nurhayati
Musamus Journal of Science Education Vol 2 No 1 (2019): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v2i1.2229

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas briket dari campuran arang limbah bonggol jagung dan daun jati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan membuat sebuah pproduk briket dan meganalisis kualitas produk briket yangdihasilkan dari nilai kadar air, kadar karbon, kadar volatile dan kalor. Variasi komposisi briketcampuran arang bonggol jagung dan daun jati 1:1, 2:1, 1:2 dengan persentase perekat tepung kanji5%, 10%, 15%. Hasilnya, Sampel yang memiliki kualitas bagus dari segi nilai kalor dan kadar abuadalah sampel C dengan kalor 7222,708 kal/g; kadar abu 3,13%, hanya saja kadar air 5,39% dankadar volatile 25,89%. Tetapi jika dilihat dari standar SNI kadar air, kadar abu, dan kalor sampel Ctelah memenuhi standar, sedangkan volatile sampel C masih melebihi batas maksimal yang ditetapkanSNI.
Pengembangan dan Evaluasi Soal Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Rikardus Feribertus Nikat; Supriyadi Supriyadi; Algiranto Algiranto
Musamus Journal of Science Education Vol 2 No 1 (2019): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v2i1.2232

Abstract

Penelitian pendidikan fisika ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi instrumen soal berpikir kritis pada materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan model ADDIE Desain penelitian ADDIE memiliki lima urutan prosedur penelitian, yaitu (a) analyze (menganalisis), (b) design (merencanakan), (c) develop (mengembangkan), (d) implement (mengimplementasikan), dan (e) evaluate (pengevaluasian). Hasil penelitian menunjukan bahwa soal yang memenuhi syarat sebagai instrumen yang valid dan reliabel adalah 10 soal dari total 20 soal. Instrumen soal yang baik diimplementasikan serta dievaluasi bahwa rata rata kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori sedang. Hal ini menandakan bahwa rata rata siswa memiliki indikasi bahwa siswa memiliki pola berpikir kritis dengan kategori lambat dengan memanfaatkan pemikiran intuitif tanpa berpikir menggunakan konsep atau fakta (menganalisis permasalahan tidak sesuai argumentasi konsep, menuliskan jawaban tanpa melalui proses perhitungan).
Deskripsi Sistem Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Kontekstual Anderias Henukh; Merta Simbolon; Nur Arip Budiman
Musamus Journal of Science Education Vol 2 No 1 (2019): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v2i1.2235

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, bagaimana hasil belajar peserta didik kelas dengan pendekatan kontekstual, bagaimana respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian adalah deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didk kelas VIII SMP Kristen Tunas Bangsa Jakarta yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Cahaya pada peserta didik kelas VIII SMP Kristen Tunas Bangsa Jakarta yang mecakup: perencanaan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan perencanaan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik dengan total skor perencanaan 4,00, total skor pelaksanaan 3,75 dan total skor evaluasi 4,00. Hasil belajar peserta didik materi pokok Cahaya dengan pendekatan kontekstual semuanya tuntas dengan total proporsi hasil belajar kognitif 0,85, total rata-rata hasil belajar afektif 0,90 dan total rata-rata hasil belajar psikomotor 0,88. Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual memperoleh respon yang sangat baik dengan skor rata-rata yang diperoleh 93,63%.
Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Jesi Jecsen Pongkendek; Dewi Natalia Marpaung; Lamtiar Ferawaty Siregar
Musamus Journal of Science Education Vol 2 No 1 (2019): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v2i1.2243

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memiliki tujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini dilakukan di SMA Frater Makassar dengan kelas XI IPA 1yang berjumlah 35 siswa sebagai subjek penelitian,.Motivasi belajar siswa diperoleh melalui angket motivasi belajar yang dibagikan setelah pembelajaran selesai. Instrumen penelitian divalidasi oleh 2 orang validator dan angket motivasi belajar siswa diadaptasi dari angket motivasi belajar dari Arum dan Lutfi dalam bidang Kimia tahun 2012. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa tinggi dengan nilai rata-rata angket motivasi siswa 80,74%
Analisis Kandungan Aluminium Dalam Kaleng Bekas Untuk Pembuatan Tawas Novike Bela Sumanik; John Yoro Parlindungan; Rosalinda Zeniona Maarebia
Musamus Journal of Science Education Vol 2 No 1 (2019): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v2i1.2244

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis kandungan aluminium dari kaleng bekas minuman yang merupakan limbah masyarakat. Kaleng bekas yang digunakan pada penelitian ada 4 jenis yaitu bear brand (putih), yeos cincau, larutan penyegar cap kaki 3 serta milo. Penelitian ini menggunakan metode sebagai berikut menyiapkan sampel, preparasi bahan, pelarutan, pengendapan, pemanasan, pengenceran, pencucian dan pengeringan. Analisis kadar aluminium menggunakan ICP OES. Hasil penelitian didapatkan bahwa kandungan aluminium pada kaleng bekas

Page 1 of 1 | Total Record : 5