cover
Contact Name
Pulung Riyanto
Contact Email
riyantopul@unsub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
vhoelubar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Published by Universitas Subang
ISSN : 24603961     EISSN : 25806335     DOI : -
Core Subject : Education,
BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 02 (2016): BIORMATIKA" : 15 Documents clear
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tentang Menentukan Determinan Matriks 2X2 dan Sifatnya Menggunakan Kofaktor melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas XII MIA 2 SMA Negeri 1 Ciasem Subang IIS RUSTIKA
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 2 No. 02 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.85 KB)

Abstract

Pemahaman konsep dan koneksi matematika merupakan kemampuan yang harus terus menerus ditingkatkan, melalui kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematika diharapkan siswa mampu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasikan objek, menerapkan konsep secara algoritma’ mencari hubungan berbagai representasi konsep dan procedural, serta memahami antar topic matematika, dan menerapkan matematika dalam bidang lainnya dengan adanya kemampuantersebut diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat sesuai dengan harapan.. Penelitian ini dimaksudkan, untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menelaah juga bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 2 SMA Negeri 1 Ciasem Kabupaten Subang pada tahun ajaran 2015/2016, penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, tindakan dan refleksi. Data yang terkumpul berupa data kuantitatif dan kualitatif,hasil analisis perolehan hasil belajar menunjukkan bahwa, hasil belajar matematika siswa tentang menentukan determinan matriks 2x2 dan sifatnya menggunakan kofaktor melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas XII MIA 2 SMA Negeri 1 Ciasem Kabupaten Subang pada Tahun 2015/2016 mengalami peningkatan, dengan perolehan hasil belajar di atas KKM pada siklus I sebesar 46,7%, dan pada siklus II menjadi76,7%.Hasil analisis skala sikap, menunjukkan bahwa setelah pembelajaran koperatif tipe STAD, timbul minat, dan kesungguhan dalam belajar matematika, serta timbul kesadaran bahwa matematika merupakan pelajaran yang penting dalam kehidupan sehari-hari.
METODE PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATAKULIAH TEORI DAN PRAKTEK RENANG) Rekha Ratri Julianti
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 2 No. 02 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.509 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menerapkan metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning) atau inquiry pada matakuliah Teori dan Praktek Renang yang dapat meningkatkan keterampilan renang gaya bebas dan pembentukan nilai tahapan gerak dalam renang gaya bebas dan apakah metode PBL dapat membentuk pemahaman nilai tahapan belajar gerak setelah dilakukan tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan performance skill test untuk data kuantitatif peningkatan hasil belajar atau hasil keterampilan gerak dan menggunakan observasi, catatan lapangan, dokumentasi untuk data kualitatif pembentukan tahapan belajar gerak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan menurut Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan, melalui penerapan metode PBL dapat meningkatkan hasil keterampilan gerak dan dapat membentuk tahapan belajar gerak.
VOCABULARY MASTERY BY USING FLASH CARD (An Experimental Study at Elementary Level Prima Putra English Course) Dody Wahyudi Purnama
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 2 No. 02 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.709 KB)

Abstract

Mastery of vocabulary is one of the obstacles that generally facing students in learning English. Mengingat guru sebagai fasilitator untuk siswa didiknya, maka seorang guru diharapkan dapat memilih media pembelajaran yang sesuai untuk anak sekolah dasar. Considering the teacher as a facilitator for student protege, then a teacher is expected to choose the appropriate learning media for primary school children. Vocabulary is basic knowledge to be able to learn all four language skills in English. The use of flash media cards at the elementary school level students can affect their memory, because the elementary school level students will easily remember to understand the vocabulary by using the media image. Thus the influence of media flash cards, would make students more active in the enrichment of vocabulary.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT Isman M Nur
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 2 No. 02 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.237 KB)

Abstract

Penelitian ini dengan tujuan: a) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe script lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; b) Untuk Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe script lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dengan demikian subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika Khairun Ternate sebanyak 40 orang yang tersebar pada 3 kelas yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe script; b) Kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif script lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN OLAHRAGA RENANG di SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PADANG Rolly Afrinaldi
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 2 No. 02 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.126 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang persepsi siswa SMA Negeri 2 Padang terhadap proses pembelajaran olahraga renang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, sampel penelitian Siswa SMA Negeri 2 berjumlah 69 siswa yang diambil secara purposiverandom sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang memliki Cronbach Alpha 0,97 dan observasi langsung. teknik analisa menggunakan frekwensi (statistic deskriptif) dengan rumus persentas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi siswa SMA Negeri 2 Padanng terhadap proses pembelajaran olahraga renang dengan sub indikator pengetahuan diklasifikasikan baik dengan perolehan (mean) = 3,54 dengan persentase 70,92%.Persepsi siswa SMA Negeri 2 Padang terhadap proses pembelajaran olahraga renang dengan sub indikator pengalaman diklasifikasikan baik dengan perolehan (mean) = 3,58 dengan persentase 71,59%.Persepsi siswa SMA Negeri 2 Padang terhadap proses pembelajaran olahraga renang dengan sub indikator manfaat diklasifikasikan baik dengan perolehan (mean) = 3,62 dengan persentase 72,51%.Dari hasil keseluruhan sub indikator diatas diperoleh (mean) = 3,58 dengan persentase 71,67%. Simpulan dalam penelitian adalah persepsi siswa SMA Negeri 2 Padang terhadap proses pembelajaran olahraga renang diklasifikasikan “Baik”, artinya siswa SMA Negeri 2 Padang memberikan persepsi yang baik terhadap proses pembelajaran olahraga renang disekolah.
PEMBERIAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KETIDAK HADIRAN SISWA KELAS XI IPS 6 SMA NEGERI 1 JALANCAGAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Elis Suryani Rahmat
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 2 No. 02 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.579 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan gejala yang terjadi di SMA Negeri 1 Jalancagak . Perilaku menyimpang yang dialami siswa khususnya kelas XI IPS 6 memiliki potensi yang mengganggu aktifitas pembelajaran dan menganggu ketertiban sekolah sehingga menyebabkan prestasi belajar rendah. Penyimpangan perilaku itu adalah ketidakhadiran siswa disekolah. Ketidakhadiran siswa disekolah itu dapat dikelompokan menjadi tiga kelompok yaitu : (1). tidak masuk sekolah karena sakit. (2). tidak masuk sekolah karena keperluan tertentu atau izin. (3). tidak masuk tanpa keterangan atau penjelasan yang disebut dengan Alfa. Yang menjadi permasalahan disini adalah ditekankan pada ketidak hadiran tanpa keterangan. Apakah konseling individu dapat menurunkan tingkat ketidak hadiran siswa kelas XI IPS 6 SMA Negeri 1 Jalancagak Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan konseling individu dalam menurunkan tingkat ketidakhadiran siswa kelas XI IPS 6 SMA Negeri 1 Jalancagak Tahun Pelajaran 2015/2016. Sedangkan manfaatnya adalah melalui kegiatan konseling individu siswa dapat mengetahui hal-hal yang dapat merugikan dirinya berlatih meningkatkan perilaku positif . Bagi konselor dapat dijadikan pendekatan yang intensif sehinga bisa mendalami pribadi siswa masing-masing sehingga dapt memberikan pelayanan yang tepat sesuai deangan jenis permasalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kelas penelitian diidentifikasi berdasar dokumen yang masuk yaitu berupa absensi harian dan di klasifikasi beradasar urgensi permasalahan tersebut. Setelah memperoleh data yang kongkrit dan valid dilaksanakanlah konseling individu dan kemudian dilakukan pengamatan dan analisa dokumen yang ada.
MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN SARANA PENDIDIKAN Mamur Sutisna WD
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 2 No. 02 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.563 KB)

Abstract

Dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa dalam rangka memenuhi standar minimal sarana pendidikan seperti adanya ruang kelas yang memadai, namun bantuan biaya rehabilitasi yang diberikan pemerintah selalu tidak mencukupi sehingga untuk bisa membangunnya tersebut masih diperlukan sejumlah dana dari masyarakat. Khususnya di Kabupaten Subang. Rehabilitasi ruang belajar Sekolah Dasar baik Negeri maupun Swasta tiap tahun meningkat berkat peran serta masyarakat melalui Komite Sekolah serta pihak yayasan dan juga masyarakat. Masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana menumbuhkan partisipasi masyarakat melalui upaya pemberdayaan agar partisipasi berupa tenaga dan pikiran bisa diperoleh untuk mendukung pembangunan rehabilitasi ruang kelas sekolah yang rusak. Tumbuhnya partisipasi tersebut adalah berkat upaya pemberdayaan : Kepala Sekolah, Komite Sekolah, pengurus Yayasan dan Guru-guru. Penelitian didasarkan atas teori Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh lembaga pemerintah yang telah menghasilkan tumbuhnya partisipasi masyarakat yang dibutuhkan untuk mendukung pembangunan rehabilitasi ruang kelas yang rusak. Penelitian menggunakan motode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang difokuskan pada Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Ketua Yayasan dengan lokasi penelitian di 2 SD yang berada di Kabupaten Subang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya pemberdayaan Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Ketua Yayasan melalui pembinaan berupa seminar, lokakarya dan work shope yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan. (2) Upaya pemberdayaan yang diikuti dengan kebijakan sekolah telah menumbuhkan kemandirian sekolah dalam merencanakan, mengorganisir, melaksanakan dan melakukan evaluasi jalannya pembangunan rehabilitasi ruang kelas yang diharapkan. (3) Kebijakan Pemberdayaan sekolah dan pelimpahan wewenang Kepada Sekolah telah mendorong tumbuhnya rasa memiliki dari pihak masyarakat yang menumbuhkan rasa ikut bertanggung jawab terhadap sekolah. (4) Kebijakan pembangunan sarana fisik sekolah dengan model swakelola dengan prinsip role sharing telah membuktikan masih adanya semangat gotong royong antara pihak Pemerintah, masyarakat dan orang tua. Kesimpulan Penelitian ini adalah, (1) Upaya mendukung pembangunan sarana sekolah perlu melibatkan sumberdaya manusia baik dari pihak birokrasi Pemerintahan maupun pihak stakeholder, (2) Upaya pemberdayaan yang dilakukan telah menumbuhkan kemandirian sekolah.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA BROSUR DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIVE Dian Rahmawati
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 2 No. 02 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.279 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa serta pengembangan pembelajaran teks descriptive dengan penerapan pembelajaran kontekstual menggunakan brosur pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Jalancagak. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X MIA- 4 SMA Negeri 1 Jalancagak dengan subyek penelitian berjumlah 38 orang. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, angket, studi dokumentasi, wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara dan catatan lapangan. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian penerapan pembelajaran kontekstual menggunakan media brosur dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa serta mengembangkan pembelajaran teks descriptive.
UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMA NEGERI 1 CIASEM DALAM MENYUSUN DAN MENGEMBANGKAN SILABUS SERTA PEMBUATAN RPP MELALUI WORKSHOP PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING) UJANG SONJAYA
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 2 No. 02 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.432 KB)

Abstract

Peran pengembangan sangatlah penting dalam proses mengajar, guru bertindak sebagai motivator dan pengajar untuk mencapai tujuan pendidikan menurut UU No 20 Tahun 2003 mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara, dan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, bertanggung jawab. Pemenuhan tersebut tentu menjadi PR buat para guru untuk mengembangkan pikiran dan kreatifitas dalam memenuhi standart komponen penguasaan peserta didik. Mengacu pada teori dan ketentuan peraturan perundang-undangan, PTS ini membahas kualitas kompetensi pedagogik guru dalam menyusun dan mengembangkan Silabus serta RPP , guru diyakini mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, interaktif, efektif dan menyenangkan. Upaya meningkatkan kualitas kompetensi pedagogik Guru SMA NEGERI 1 CIASEM dalam menyusun dan mengembangkan Silabus dan RPP melalui Workshop dilatarbelakangi oleh (a) masih terdapat guru SMA NEGERI 1 CIASEM yang belum paham apa sebenarnya silabus dan hubungannya dengan RPP (b) apa kegunaan Silabus dalam pembuatan RPP (c)bagaimana menyusun silabus dan mengembangkannya. (d) Masih ada guru yang dalam penyusunannya kurang lengkap dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan workshop guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian belum paham , setelah diadakan workshop pada bulan September dan Oktober 2015 terjadi peningkatan dalam pemahaman menyusun dan mengembangkan Silabus dan RPP. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Aktivitas Guru dalam menyusun, mengembangkan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama kegiatan Workshop.
UPAYA MENINGKATKAN KKM SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA KONSEP HAK ASASI MANUSIA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED DI SMA NEGERI 1 CIPEUNDEUY Drs HERYANTO
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 2 No. 02 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.345 KB)

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini karena peneliti merasakan salah satu problema yang dihadapi dalam KBM PKn di sekolah diantaranya KKM yang sudah ditentukan sulit dicapai oleh para siswa. Kesulitan ini antara lain karena siswa rata-rata mendapatkan kesulitan dalam menangkap pertanyaan dalam soal. Oleh karena itu dalam pokok bahasan Perlindungan Hak Asasi Manusia ini dilakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pengerjaan soal pemberian penghargaan dan hukuman dalam menciptakan disiplin belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X SMA Negeri 1 Cipeundeuy Subang. Penelitian tindakan kelas ini sangat berguna untuk mencapai KKM PKn pada Pokok Bahasan Perlindungan Hak Asasi Manusia atau memperbaiki layanan pendidikan dalam konteks pembelajaran di kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah pemberian penghargaan dan hukuman efektif dalam menciptakan disiplin belajar siswa. Ada tiga hal yang menyebabkan pemberian penghargaan dan hukuman ini efektif dalam menciptakan disiplin belajar siswa, yaitu : (1) Pemberian penghargaan dan hukuman mendorong siswa untuk mempertahankan sikap dan perilaku yang baik serta merubah sikap dan perilaku yang jelek.(2) Pemberian penghargaan dan hukuman dapat menjadikan siswa lebih disiplin dalam belajarnya, (3) Pemberian penghargaan dan hukuman mendorong siswa lebih rajin dan tidak melakukan lagi perbuatan yang melanggar aturan karena takut kena hukuman.

Page 1 of 2 | Total Record : 15