cover
Contact Name
Marisi Butarbutar
Contact Email
stiesultanagungps@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
stiesultanagungps@gmail.com
Editorial Address
Jalan Surabaya No.19 Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan
ISSN : 23384328     EISSN : 26862646     DOI : 10.37403
Core Subject : Economy,
Jurnal ini merupakan jurnal manajemen karya ilmiah seleksi terbaik dan layak untuk dimuat yang dikelola oleh TIM STIE Sultan Agung Pematangsiantar. Jurnal terbit secara berkala pada bulan Juni dan Desember. Semoga Jurnal ini memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan memberi wawasan serta pemahaman baru bagi para pembaca, khususnya yang berhubungan dengan Akuntansi dan Manajemen.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2015): Desember" : 10 Documents clear
ANALISIS FINANCIAL DISTRESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALTMAN Z-SCORE PADA PERUSAHAAN PT. UNITEX, TBK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Mei Kartini Sihombing; Pinondang Nainggolan; parman Tarigan; Supitriyani Supitriyani
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 2 (2015): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.996 KB) | DOI: 10.37403/sultanist.v3i2.56

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran FinancialDistress PT UNITEX, Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2006-2014 berdasarkan metode Altman Z-score serta mengetahui faktor dominan yang menyebabkan Financial Distress PT. UNITEX, Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2006-2014 dengan menggunakan Metode Altman Z-score. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan induktif. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan program MS Excel dengan rasio Altman Z Score. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Rata-rata Z Score selama tahun 2006 hingga tahun 2014 berada pada angka minus 2,79 atau berada di bawah angka 1,88. Ini berarti PT. Unitex, Tbk benar-benar dalam posisi sedang mengalami financial distress atau masalah keuangan yang serius. 2) Faktor-faktor Retained Earnings to Total Assets Ratio, Net Working Capital to Total Asset Ratio, dan Earnings Before Interest and Taxes to Total Asset Ratio adalah secara berurutan merupakan faktor-faktor yang paling dominan menyebabkan terjadinya financial distress pada PT. Unitex, Tbk. Hasil ini menerimahipotesis penelitian ini yang menyatakan bahwa “Diduga Retained Earnings to Total Assets Ratio, Net Working Capital to Total Asset Ratio, dan Earnings Before Interest and Taxes to Total Asset Ratio merupakan faktor yang dominan menyebabkan terjadinya Financial Distress PT UNITEX, Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”.
PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA KANTOR PT. PLN (PERSERO) AREA PEMATANGSIANTAR M. Rafi; Darwin Lie; Marisi Butarbutar; Efendi efendi
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 2 (2015): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.793 KB) | DOI: 10.37403/sultanist.v3i2.52

Abstract

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Motivasi yang diberikan sudah baik dan karyawan setuju dengan kompensasi yang diberikan sertakaryawansudah puas terhadap kepuasan kerja. 2) Hasil analisis regresi adalah Ŷ = 43,983+0,424X1 + 0,253X2, artinya motivasidan kompensasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan. 3) Hasil analisis korelasi diperoleh nilai r =0,524artinya terdapat hubungan yang sedang dan positif antara motivasi, kompensasiterhadap kepuasan kerja. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,275 artinya tinggi rendahnya kepuasan kerja karyawan dapat dijelaskan oleh motivasidan kompensasi sebesar 27,5%.4)Hipotesis penelitian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya motivasidan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada kantor PT. PLN (Persero) Area Pematangsiantar.Adapun saran dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasiperlu dilakukan pemberian pengetahuan dalam membuat alternatif untuk menjalankan pekerjaan, pimpinan memberikan apresiasi terhadap pelayanan, mengikuti perkembangan teknologi, dan memberikan masukan agar karyawan percaya diri dalam menyelesaikan pekerjaan. Untuk meningkatkan kompensasiperusahaan harus memberikan gaji sesuai dengan jabatan dan pekerjaan yang dilakukan, memberikan pengarahan dan bimbingan, memberikan bonus tepat pada waktunya, memberikan tunjangan secara adil dan layak. Memperbaharui fasilitas kantor yang sudah usang, dan memberikan asuransi sesuai dengan kebutuhan karyawan. Sedangkan untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan harus memberikan kesempatan promosi atau kenaikan jabatan bagi karyawan yang berprestasipada Kantor PT PLN (Persero) Area Pematangsiantar.
PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, AKTIVITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PT ASTRA INTERNASIONAL, TBK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Ruth Tridianty Sianipar; Parman Tarigan; Jubi Jubi; Ady Inrawan
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 2 (2015): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.6 KB) | DOI: 10.37403/sultanist.v3i2.57

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, profitabilitas dan nilai perusahaan serta mengetahui pengaruh rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan baik secara simultan maupun parsial pada PT Astra Internasional, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Objek penelitian adalah PT Astra Internasional, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan software statistic SPSS 17.Hasil analisis regresi linier berganda adalah Y = 12,081 - 6,139X1 – 5,917X2 + 1,470X3 + 33,177X4, artinya likuiditas dan solvabilitas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan sedangkan aktivitas dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hasil analisis koefisien korelasi adalah sebesar 0,791 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel bebas dengan variabel terikat. Koefisien determinasi adalah sebesar 0,626, yang berarti bahwa 62,6% variasi dari nilai perusahaan dijelaskan oleh likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas. Hipotesis penelitian H0 diterima, artinya likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan baik secara simultan maupun parsial pada PT Astra Internasional, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Untuk itu, penting bagi perusahaan untuk tetap menjaga kondisi kesehatan perusahaan agar investor tetap berminat untuk menanamkan modalnya di perusahaan.
PENGARUH CITRA IMAGE (BRAND IMAGE) DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. FASTFOOD INDONESIA TBK. (KFC) CABANG PEMATANGSIANTAR Ade Devi Putriani; Darwin Lie; Marisi Butarbutar; Stefi Inggrid Thressa
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 2 (2015): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.25 KB) | DOI: 10.37403/sultanist.v3i2.48

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan kepustakaan. Populasi yang digunakan adalah sebanyak 58 responden yaitu warga Perumahan Karangsari Permai RT 001 Kec. Siantar Martoba Kel. Tambun Nabolon Pematangsiantar. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan ialah regresi linier berganda, koefisien korelasi dan determenasi serta pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Kesimpulan hasil penelitian:1. Konsumen setuju dengan citra merek, kualitas produk sudah baik dan konsumen setuju dengan keputusan pembelian.2. Hasil analisis regresi Ŷ= 2,990+ 0,134X1+ 0,467X2artinya citra merek (brand image) dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada PT. Fast Food Indonesia Tbk (KFC) Cabang Pematangsiantar. 3. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai r = 0,540 artinya terdapat hubungan yang sedang dan positif antara citra merek (brand image), kualitas produk dan keputusan pembelian pada PT. Fast Food Indonesia Tbk (KFC) Cabang Pematangsiantar. Tinggi rendahnya keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh citra merek (brand image) dan kualitas produk sebesar 54%. 4.Hipotesis penelitian H0 ditolak, artinya citra merek (brand image) dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Fast Food Indonesia Tbk (KFC) Cabang Pematangsiantar baik secara simultan maupun parsial. Adapun saran dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa PT. Fast Food Indonesia Tbk (KFC) Cabang Pematangsiantar untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, maka perlu adanya perbaikan, agar karyawanlebih meningkatkan pelayanan dan bersikap lebih aktif dalam mengenalkan produk terbaru KFC, harus memberikan apresiasi yang lebih agar kualitas yang diberikan menjadi maksimal, memeriksa kembali kebersihan produk, mencari informasi tentang keinginan konsumen.
ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI ALAT UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING,TBK Khairul Azwar; Parman Tarigan; Liper Siregar; Ady Inrawan
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 2 (2015): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.951 KB) | DOI: 10.37403/sultanist.v3i2.53

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran rasio keuangan dan menganalisis faktor-faktor yang meningkatkan kinerja keuangan pada PT Enseval Putera Megatrading, Tbk.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, metode komparatif, dan metode induktif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa trend current ratio,quick ratio, debt ratio, LTDR (Long Term Debt To Equity Ratio),inventory turnover ratio dan total assets turnover ratio PT Enseval Putera Megatrading,Tbk cenderung stabil. Namun trend TIER (Times Interest Earned Ratio), days sales outstanding,return on assets, return on equity, dan net profit margin cenderung meningkat. Sedangkan trend fixed assets turnover mengalami penurunan. Untuk itu, sebaiknya PT Enseval Putera Megatrading, Tbk meningkatkan aset lancarnya agar manajemen perusahaan dalam menutupi hutang jangka pendek perusahaan dapat terlaksana dengan baik di tahun berikutnya dan dalam melaksanakan proses penagihan piutang harus dilaksanakan dengan tepat waktu yang tujuannya untuk mengurangi risiko terjadinya piutang yang tidak tertagih.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN MELALUI RASIO KEUANGAN PADA PT. GUDANG GARAM, Tbk YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Cindy Eveline Sitanggang; Darwin Lie; parman Tarigan; Ady Inrawan
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 2 (2015): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.154 KB) | DOI: 10.37403/sultanist.v3i2.49

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis kinerja keuangan pada PT. Gudang Garam, Tbk bila diukur dengan rasio keuangan dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2014. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan kinerja keuangan PT. Gudang Garam, Tbk dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2014.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Objek penelitian yang diteliti adalah PT. Gudang Garam, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sumber data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari website http://www.idx.co.id. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Pada penelitian ini penulis menggunakan alat analisis antara lain: current ratio, quick ratio, total debt to total asset ratio, total debt to equity ratio, inventory turnover, fixed asset turnover, asset turnover, net profit margin, return on asset dan return on equity. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan PT. Gudang Garam, Tbk dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2014 yang diukur melalui rasio profitabilitas cenderung mengalami penurunan. Penurunan kinerja keuangan disebabkan oleh rasio aktivitas dan rasio solvabilitas (leverage).Hasil penelitian menyarankan sebaiknya PT. Gudang Garam, Tbk tetap melakukan analisis laporan keuangan secara keseluruhan dan rutin, dan juga meningkatkan aktiva lancarnya serta menekan persentase kenaikan hutang perusahaan.
ANALISIS PENGGUNAAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. GUDANG GARAM, TBK YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA Wati Silitonga; Pinondang Nainggolan; parman Tarigan; Ady Inrawan
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 2 (2015): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (49.478 KB) | DOI: 10.37403/sultanist.v3i2.54

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Kinerja Keuangan PT. Gudang Garam, Tbk bila diukur dengan Economic Value Added (EVA). Penelitian dilakukan menggunakan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari website http://www.idx.co.id dan sumber-sumber lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif Kualitatif dan Analisis komparatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: EVA tahun 2009-2014 menunjukkan bahwa manajemen perusahaan belum mampu menciptakan nilai EVA yang positif yang artinya perusahaan belum dapat menciptakan nilai tambah kekayaan perusahaan. Hal ini disebabkan karena biaya modal lebih tinggi dari pada NOPAT sehingga nilai EVA negatif, maka dapat dikatakan kinerja perusahaan tersebut buruk.Dalam meningkatkan EVA, sebaiknya perusahaan mengurangi penggunaan biaya modal dengan mengurangi pinjaman (hutang). Dalam pengaplikasian EVA sebaiknya pihak managemen memonitori atau mengevaluasi atas kewajaran tingkat biaya modal yang digunakan dalam sebuah operasi usaha.
PENGARUH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA TERMINAL BAHAN BAKAR MINYAK (TBBM) PT. PERTAMINA (PERSERO) PEMATANGSIANTAR Kemas Ardian Putra; Darwin Lie; Marisi Butarbutar; Stefi Inggrid Thressa
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 2 (2015): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.377 KB) | DOI: 10.37403/sultanist.v3i2.50

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif yang terdiri dari analisis regresi linier berganda, analisis korelasi dan koefisien determinan. Populasi pada pada penelitian ini adalah seluruh karyawan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) PT. Pertamina (Persero) Pematangsiantar, berjumlah 53 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Karyawan setuju dengan penerapan kesehatan dan keselamatan kerja, kepuasan kerja dan kinerja karyawan sudah tinggi. 2) Hasil analisis regresi adalah Ŷ = 4,434 + 0,312X1 + 0,636X2 berarti kesehatan dan keselamatan kerja serta kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja. 3) hasil analisis korelasi diperoleh nilai r = 0,771 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kesehatan dan keselamatan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) PT. Pertamina (Persero) Pematangsiantar. Tinggi rendahnya kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh kesehatan dan keselamatan kerja serta kepuasan kerja dapat sebesar 59,5%. 4) Hipotesis H0 ditolak, artinya kesehatan dan keselamatan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) PT. Pertamina (Persero) Pematangsiantar. Adapun saran dari hasil penelitian ini adalah perusahaan agar melengkapi alat perlindungan diri karyawan, pemberian tanda peringatan dan bahaya pada area kerja, kelengkapan alat pelindung kerja, ketersedian klinik di area kerja. Perusahaan lebih memperhatikan dan lebih dekat kepada karyawan dan memberikan kesempatan kepada karyawan berinovasi dalam bekerja dan menimbulkan kreativitas karyawan sehingga kinerja karyawan lebih meningkat.
PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN NON PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), TBK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Ananta Irdavani; Pinondang Nainggolan; Jubi Jubi; Elly Susanti
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 2 (2015): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.219 KB) | DOI: 10.37403/sultanist.v3i2.55

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran struktur modal, Non Performing Loan (NPL) dan nilai perusahaanserta pengaruh struktur modal dan Non Performing Loan (NPL) terhadap nilai perusahaanpada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara simultan maupun parsial. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2014. Teknik analisis kuantitatif yang digunakan adalah regresi linear berganda, koefisien korelasi dan determinasi, uji F dan uji t. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan software statistic SPSS 19.Hasil analisa dari regresi linier berganda yaitu: Y= 2,660 - 0,011X1 + 0,269X2 + ɛ. Hal ini menunjukkan bahwa struktur modal yang diproksikan dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) memiliki pengaruh negatif dan Non Performing Loan (NPL) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan Market to Book Ratio (MBR). Hasil kolerasi yaitu r = 0,554 artinya hubungan antara CAR dan NPL dengan MBR cukup kuat. Dari koefisien determinasi MBR dapat dijelaskan oleh CAR dan NPL sebesar 30,7% dan sisanya sebesar 69,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel dalam penelitian ini. Hipotesis penelitian H0 diterima dengan tingkat signifikansi 0,093 lebih besar dari 5% atau 0,05, artinya Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) secara simultan berpengaruh tidak signifikan terhadap Market to Book Ratio (MBR) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT TIARA PEMATANGSIANTAR Nina Wardani; Darwin Lie; Marisi Butarbutar; Efendi efendi
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 2 (2015): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.06 KB) | DOI: 10.37403/sultanist.v3i2.51

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian lapangan dan kepustakaan. Adapun sampel penelitian ini adalah pasien rawat inap di rumah sakit Tiara sebanyak 183 pasien. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan ialah regresi linear berganda, koefisien korelasi dan determinasi, dan pengujian hipotesis dengan uji F dan uji t. Hasil dari penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1. Kualitas pelayanan yang diberikan baik, kepuasan pasien yang dirasakan sudah tinggi dan loyalitas pasien juga tinggi. 2. Hasil analisis regresi linear berganda adalah Ŷ=9,435 + 0,428X1 + 0,267X2, artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien. 3. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai r= 0,705 artinya, terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kualitas pelayanan, kepuasan dan loyalitas pasien rawat inap di rumah sakit Tiara Pematangsiantar. 4. Hipotesis penelitian Ho ditolak artinya, kualitas pelayanan dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien rawat inap di RS Tiara Pematangsiantar secara simultan maupun parsial.Adapun saran dari penelitian ini adalah untuk kualitas pelayanan di RS Tiara masih terdapat indikator yang rendah, untuk itu RS Tiara Pematangsiantar harus menambah peralatan medis yang lebih lengkap dan tenaga medis lebih rutin mengikuti seminar/pelatihan. Selanjutnya kepuasan masih terdapat indikator yang rendah yaitu penetapan harga perlu diperhatikan dan dibandingkan dengan harga­­-harga di RS lainnya agar pasien tetap loyal pada rumah sakit Tiara Pematangsiantar. Sedangkan loyalitas pasien rawat inap di rumah sakit Tiara Pematangsiantar masih terdapat indikator yang belum optimal yaitu indikator menunjukkan kekebalan terhadap pesaing agar lebih ditingkatkan keunggulan dari rumah sakit Tiara Pematangsiantar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10