cover
Contact Name
Kiftian Hady Prasetya
Contact Email
kiftian@uniba-bpn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pbsi@uniba-bpn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota balikpapan,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Basataka (JBT)
Published by Universitas Balikpapan
ISSN : 26213826     EISSN : 26215977     DOI : -
Core Subject : Education,
Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian Literature.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2019): Desember 2019" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2018 2019 Hani Subakti
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.428 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i2.67

Abstract

AbstrakPenelitian pengembangan pembelajaran menulis cerita pendek dengan model mind mapping pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Samarinda perlu dilakukan. Hal ini, disebabkan masih kurangnya pemahaman siswa terhadap penulisan cerita pendek. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model Borg dan Gall. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian pengembangan pembelajaran menulis cerita pendek dengan model mind mapping pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Samarinda, (1) dinyatakan memiliki kevalidan dari kedua validator yaitu penilaian validator ahli sastra mendapatkan nilai 94% dengan kriteria sangat baik dan penilaian validator pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia mendapatkan nilai 96% dengan kriteria sangat baik (2) dinyatakan memiliki kepraktisan berdasarkan penilaian praktisi (teman sejawat) dengan mendaptkan nilai 96% dengan kriteria sangat baik (3) dinyatakan memiliki keefektifan dilihat dari uji kelompok kecil pada saat pretes dengan rata-rata 67,16% dan postes dengan rata-rata 87,16% dan standar deviasi 8,51, serta uji kelompok besar pada saat pretes dengan rata-rata 67,7% dan postes dengan rata-rata 89% dan standar deviasi 18,42.Kata kunci : pengembangan, pembelajaran menulis cerita pendek, model mind mapping AbstractResearch development of learning to write a short story with mind mapping model on students of XI SMK Negeri 11 Samarinda needs to be done. This is due to the lack of students' understanding of short story writing.. The research method used is research and development (research and development) with Borg and Gall model. Based on data analysis, the research result of learning development of short story writing with mind mapping model on students of XI SMK Negeri 11 Samarinda, (1) stated has validation of validator validator score of 94% with excellent criteria and assessment validator of Indonesian Language and Literature learning scores 96% with very good criterion (2) stated having practicability based on practitioner's appraisal (peers) with mendaptkan value 96% with very good criterion (3) expressed to have effectiveness seen from small group test at the time of pretes with an average of 67.16% and postes with an average of 87.16% and a standard deviation of 8.51, as well as a large group test at pretest with an average of 67.7% and postes with an average of 89% and a standard deviation 18.42. Keywords: development, short story writing lesson, mind mapping model
PEMANFAATAN BUKU TEKS MEMBUATKU SEMAKIN BERKARAKTER SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENULISAN TEKS PERCAKAPAN DI KELAS VI SDN PATEBON Nuraini Saura Putri; Rizka Nur Oktaviani; Endah Wening Subekti
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.664 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i2.69

Abstract

Buku teks merupakan salaha satu panduan bagi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Buku teks menjadi sangat penting karena dapat membantu siswa maupun guru dalam memahami materi. Pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar mencangkup semua aspek keterampilan bahasa, salah satunya keterampilan menulis. Ketrampilan menulis merupakan aspek penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia, karena melalui keterampilan bahasa ini guru dapat mengetahui seberapa faham siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Karena melalui kegiatan menulis teks percakapan ini siswa mampu menuangkan ide-ide dan majinasi melalui bahasa tulis. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa SDN Patebon sudah cukup baik. Namun keaktifan mereka untuk maju ke depan kelas masih kurang. Salah satu penyebabnya kurang fahamnya mereka terhadap materi yang disampaikan. Sehingga membuat mereka kurang ercaya diri dengan tulisan yang telah mereka buat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan buku teks Membuatku Semakin Berkarakter sebagai sumber belajar dalam pembelajaran penulisan teks percakapan di kelas VI. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif, penelitian kulitatif. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sangat terbantu dengan adanya buku teks Membuatku Semakin Berkarakter. Dikarenakan di dalam buku ini sudah ada contoh-contoh teks percakapan yang sangat membantu untuk memberikan pemahaman terhadap siswa. Buku teks Membuatku Semakin Berkarakter juga sangat membantu bagi siswa untuk memahami bentuk teks percakapan, karena ada beberapa bentuk contoh yang dapat memberikan mereka pemahaman secara jelas. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran penulisan teks percakapan di SDN Patebon dengan menggunakan buku teks Membuatku Semakin Berkarekter sangat membantu berjalannya proses belajar mengajar.
PENGGUNAAN BUKU PENUNJANG TEMATIK TERPADU BERBASIS KETERAMPILAN PROSES TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD Rizka Nur Oktaviani; Putri Kurnianingtyas
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.087 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i2.70

Abstract

Keterampilan membaca adalah salah satu keterampilan yang sangat diperlukan seseorang karena dengan embaca seseornag akan mendapatkan informasi atau pengetahuan yang baru. Salah satu jenis keterampilan memabaca yang hraus dikuasai oleh siswa kelas IV SD adalah membaca intensif. Berdsarkan hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan membaca intensif masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya keterampilan membaca pemahaman adalah kurangnya refrensi buku penunjang/buku pendamping buku teks K13. Tujan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan buku penunjang tematik terpadu berbasis keterampilan proses tema indahnya kebersamanan dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Rancangan penelitian ini menggunaan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan tes. Adapun dalam teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa hasil keterlaksanaan aktivitas guru selama pembelajaran baik siklus I dan sikluas ke II memeroleh hasil persentase sebesara 100%, sedangkan skor ketercapaian pelaksanaan peebelajaran pada siklus I memeroleh sebesar 72,45 dengan kriteria baik dan siklus pada siklus ke II memeroleh sebesar 91,65 dengan kriteria amat baik. Sementara itu, hasil keterampilan membaca pemahaman pada siklus I memeroleh persentase sebesar 71,25% dan siklus II memeroleh persentase sebesar 93,56%. Jadi dapat disimpulkan dengan menggunaak buku penunjang tematik terpadu tema indahmya kebersamaan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Hidayatul Mubtadiin.
REVITALISASI LEGENDA DANAU LAU KAWAR MELALUI KOMIK Salsabila Handayani Nst; Delvi K Parapat; Pani Flora Marbun; Yeni Elsabet Siregar; Dian Syahfitri
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1293.378 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i2.71

Abstract

Legenda Danau Kawar adalah cerita rakyat dari Kabupaten Karo yang menceritakan seorang nenek yang mengutuk Desa Kawar menjadi Danau Lau Kawar. Bentuk cerita tentang asal mula Danau Lau Kawar juga belum banyak diketahui oleh masyarakat, hal ini dikarenakan sumber-sumber hiburan alternatif yang menarik minat Masyarakat khususnya anak-anak. maka dari itu, anak-anak telah kehilangan minat untuk mengetahui berbagai macam faktor khususnya Legenda. Metode penelitian yang digunakan antara lain adalah pendekatan kualitatif untuk menggali informasi terhadap Cerita danau lau kawar. Sebagai subjek perancangan utama, seperti wawancara kepada informan atau masyarakat sekitar. Hasil penelitian ini diformulasikan dalam konsep penceritaan ulang Legenda danau lau kawar. Penggunaan media komik sebagai media dapat menjadi salah satu usaha pelestarian cerita rakyat. Media komik memberikan gaya penceritaan dengan narasi dan ilustrasi serta memudahkan akses terhadap cerita yang sebelumnya jarang diketahui. penerapan media komik ini dalam bentuk produk makanan
MAKNA SEMIOTIK ATAP RUMAH ADAT KARO SIWALUH JABU Maundyni Syafindra; Beby Chika Nurhaliza; Isian Waruwu; Dian Syahfitri
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.858 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i2.72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis simbol kekuasaan dan ukiran rumah adat si walu jabu sebab, simbol dan ukiran menjadi komponen penting dalam pembangunan rumah adat si waluh jabu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif Deskriptif, berusaha menganilisa dan mengartikan makna dari objek yang diteliti berdasarkan fakta dilapangan, menggunakan key informan sebagai sumber data, menggunakan data primer dan sekunder melalui wawancara mendalam, obseravasi lapangan, dokumentasi kegiatan, referensi yang berkaitan dengan penelitian ini dan data dari internet. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan model semiotika Charles Sanders Peirce.Hasil Penelitian ini dari empat ukiran yang menjadi fokus penelitian, yakni Kepala Kerbau, Atap Ijuk, Lukisan pada Atap, dan Pengreret. memiliki kesamaan yaitu merupakan doa dan cita-cita dari masyarakat Karo untuk masa sekarang dan yang akan datang. Pada dasarnya semua ukiran yang ada di Rumah Adat Si Waluh Jabu merujuk pada hal yang baik bagi pemilik rumah. Kepercayaan mistis terhadap ukiran yang membawa keberuntungan bagi pemilik rumah. Penggunaan ukian tak sekadar memasang tapi lebih pada kepercayaan. Lebih lagi, corak ukiran yang terdapat pada Rumah Adat Si Waluh Jabu yang melambangkan status sosial masyarakat Karo berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ukiran yang ada pada Si Waluh Jabu melukiskan simbol-simbol dari benda dan mahluk di kehidupan masyarakat karo. Pesan-pesan yang terdapat pada ukiran Si Waluh Jabu sebagai simbol status sosial masyarakat Karo merupakan falsafah hidup orang Karo sendiri.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMK SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Ebenezer Gultom; Sri Dinanta Beru Ginting; Oktaviandi Bertua Pardede
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.207 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i2.73

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah pada siswa dalam kemampuan menulis teks anekdot yang masih sangat rendah, beberapa faktor penyebabnya adalah penggungaan model pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Sultan Iskandar Muda Medan tahun pelajaran 2018/2019. Untuk dilasanakan penelitian ini sampel terlebih dahulu diambil dari kelas X-MM1 dan X-MM2 yang berjumlah 62 siswa. Sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda sebagai alat pengumpul data. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran group investigation lebih baik dari pada hasil belajar dengan menggunakan model ceramah. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus uji ”t” karena demikian 2,00 < 7,2 > 2,00. Maka, hipotesis nol () ditolak dan hipotesis () diterima. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas yang signifikan atas penggunaan model group investigation terhadapt kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMK Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VIII-B SMP SWASTA IMELDA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Valentina Febriyanti Sibarani; Panigoran Siburian
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.935 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i2.74

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran kemampuan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Model Snowball Throwing pengembangan dari model pembelajaran diskusi dan merupakan bagian dari model pembelajaran kooperatif. Dalam konteks pembelajaaran Snowball Throwing diterapkan dengan melempar segumpalan kertas untuk menunjuk siswa yang diharuskan menjawab soal dari guru. Alasan yang mendasari dilakukannya penelitian ini yaitu kurangnya sarana dan prasarana mengakibatkan kemampuan menulis teks berita menjadi relatif rendah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan. Hasil yang ditemukan adalah adanya peningkatan hasil pembelajaran kemampuan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing setelah melalui dua siklus dengan rincian peningkatan dari 59% yang tuntas menjadi 82%
EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 05 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Sri Rahmadani; Annisa Annisa; Dani Sukma Agus Setiawan
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.218 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i2.75

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa mengidentifikasi unsure teks puisi masih rendah dan masih kesulitan dalam menuangkan ide dalam menulisnya. Oleh karena itu, peneliti ini bertujuan untuk medekskripsikan ada Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kmemapuan Mengidentifikasi Unsur Teks Puisi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah jumlah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan ini berjumlah 90 orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 60 orang yaitu sampel yang sudah diacak. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes mengidentifikasi unsur teks puisi dalam bentuk essai, peneliti menugaskan siswa untuk mengidentifikasi unsur teks puisi bedasarkan tema yang sudah ditetapkan, yaitu tanpa menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (X), Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Y). Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada perbedaan antara tanpa menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan. Tanpa menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) memiliki nilai rata-rata= 60,333 (Cukup), sedangkan dengan menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki nilai rata-rata= 80 (Baik). Peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur teks puisi dapat terlihat, dalam proses belajar mengajar maupun melalui hasil karya menulis unsur puisi oleh masing-masing siswa. Pada hasil tes siswa yang telah di observasi peneliti menunjukkan adanya Efektivitas Model (CIRC) terhadap kemampuan menulis unsur-unsur puisi lebih efektif.
PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP KRISTEN HOSANA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Ornika Pandiangan; Petrus Purwanto; Hilman Haidir
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.374 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i2.77

Abstract

Permasalahan data penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengapresiasi cerita fabel masih rendah. (2)Kurangnya minat belajar siswa dalam mengapreasi cerita fabel.(3)Peserta didik masih kesulitan menuangkan ide khususnya mengapresiasi cerita fabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model role playing terhadap kemampuan mengapresiasi cerita fabel kelas VII SMP Swasta Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian post-test design. Penelitian ini menguji cobakan model pembelajaran kemudian mengetahui perbedaan penggunaannya atau meninjau pengaruhnya melalui hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Swasta Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas 60 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan post-test. Dari hasil penelitian dan pengelohan data dapat diperoleh kesimpulan yaitu (1) rata-rata nilai kemampuan mengapresiasi cerita fabel kelas VIII SMP Swasta Kristen Hosana Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menggunakna model role playing adalah= 56,1 dan yang menggunakan model role palying adalah= 81,9. (2) rata-rata nilai kemampuan mengapresiasi cerita fabel siswa kelas VII SMP Swasta Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan model role playing terhadap pengaruh kemampuan mengapreasi cerita fabel siswa kelas VII SMP Swastan Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 9