cover
Contact Name
yassirli amri
Contact Email
yassirlia@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
yassirlia@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi
ISSN : 24078565     EISSN : 25795295     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL MENARA EKONOMI, merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Fakultas Ekonomi UMSB. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang ekonomi untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud. Topik yang di utamakan untuk terbit dijurnal ini : 1. Bidang Ilmu Ekonomi 2. Bidang Ilmu Manajemen 3. Bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020" : 11 Documents clear
Analisis Tingkat Kesehatan Bank Sebelum Dan Sesudah Merger Di Sumatera Barat (Studi Kasus : PT. BPR Rangkiang Aur dengan PT. BPR Rangkiang Denai) nasfi nasfi; Yulia Marta; Antoni Antoni
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i1.1748

Abstract

Merger merupakan salah satu alasan untuk meningkatkan kesehatan Bank dan untuk tumbuh. Penelitian analisis perkembangan maupun kesehatan Bank dilihat dari aspek kinerja keuangan (Financial Performance) dengan menggunakan metode CAMEL (Capital, Asset, Management, Earning, Liquidity), sesuai Peraturan Bank Indonesia No. 30/12/KEP/DIR tanggal 30 April 1997 mengenai Tata Cara Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Perkreditan Rakyat. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi kesehatan bank sebelum dan sesudah merger. Analisis dengan melakukan perbandingan (Compare Means Analysis Paired Sample t-test) selama periode 2015-2017 pada PT. BPR Rangkiang Aur dan PT. BPR Rangkiang Denai yang merencanakan Merger. Kinerna keuangan bank dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus-rumus rasio keuangan metode CAMEL, berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan tingkat kesehatan PT. BPR Rangkiang Aur dan PT. BPR Rangkiang Denai tahun 2015-2017 adalah SEHAT. Dari uji hipotesis 8 aspek CAMEL melalui pendekatan pembandingan terhadap Financial Performance, maka diketahui PT.BPR Rangkiang Aur Lebih Unggul dari PT.BPR Rangkiang Denai. Merger ataupun tidaknya kedua BPR akan tetap baik, akan tetapi lebih baik lagi apabila diMerger.
ANALISIS PENERAPAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY2 (UTAUT2) PADA ADOPSI PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL OVO DAYEUH KOLOT BANDUNG (Studi kasus pada Generasi Z sebagai pengguna OVO) dila oktafani; Kristina Sisilia
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i1.1825

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan teknologi di era digital pada saat ini yang mana penggunanya di tawarkan dengan berbagai kemudahan dalam mengakses berbagai informasi dari internet. Perkembangan teknologi ini membuat seluruh aktivitas berubah menjadi serba instan. Salah satunya yang berubah yaitu dalam sistem pembayaran. Pembayaran non tunai sekarang makin berkembang terlebih dengan adanya smartphone, pengguna semakin dimudahkan tanpa harus membawa kartu atau dompet. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, kini hadir dompet digital atau e-wallet untuk mewujudkan cashless society. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan minat menggunakan dompet digital OVO sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan. Penelitian ini menggunakan model UTAUT2. Pada penelitian ini objek penelitian yang diambil yaitu generasi Z. Generasi Z adalah Generasi paling muda yang baru memasuki angkatan kerja atau disebut juga iGeneration atau generasi internet. Metode yang diguanakan pada penelitian ini adalah metode kauntitatif dengan menggunakan 100 sampel responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software smartPLS versi 2.0 dan uji validitas dan realibilatas dengan menggunakan software SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa social influence, facilitating condition, hedonic motivation dan price value memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavior intention. Yang mana nilai t-statistik tertinggi yaitu price value 2,405. Sedangkan variabel independen lainnya seperti performance expectancy, effort expectancy dan habit tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavior intention. Sementara itu facilitating condition, habit dan behavior intention terbukti secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap use behavior. Kata kunci :Adopsi,Behavior intention ,Mobile application, SEM-PLS,UTAUT2
PENGARUH KOMPETENSI DAN MUTASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN Sartika Yuliana
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i1.1836

Abstract

Abstract : Competence is an important issue in a company because if a company has an employee who does not have this competence will harm the company in its development, because it is the competence is a basic characteristic of a person which enables it provide superior performance in a job, role or situation. Likewise, the mutation is also an important thing to be noticed by the leadership of a company because one of the employees will mutate a hedge against performance. In this study of two independent variables studied cypress only variables that significantly influence the performance of employee at PT. Pos Indonesia Solok competence. While variable mutation has no significant effect on the performance of employees of PT. Pos Indonesia Solok. Population and sample in this study amounted to 52 people. Keywords: Competence, Mutation and Performance
PENGARUH BRAND CREDIBILITY, BRAND PERSONALITY, DAN ENDORSEMENT BEAUTY VLOGGER TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTEVENING (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PRODUK MAKE OVER BANDUNG) gita medinna; Imanuddin Hasbi
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i1.1821

Abstract

Di Indonesia industri kecantikan atau kosmetik selalu terjadi kenaikan pertumbuhan pada setiap tahunnya. Indonesia merupakan wilayah yang memiliki potensi perkembangan yang pesat di industri kecantinkan, sehingga brand kosmetik baru itu banyak bermunculan. Itu menyebabkan persaingan yang terus meningkat di industri kecantikan dan memaksa pelaku bisnis di bidang kosmetik bersaing memperebutkan minat beli konsumen. Penelitian ini untuk mencari tau pengaruh brand credibility, brand personality, dan endorsement beauty vlogger terhadap purchase intention yang dimediasi oleh brand image pada konsumen produk Make Over di Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Populasi yang dipakai dalam penelitian penelitian yaitu konsumen yang pernah membeli produk Make Over dan berdomisili di Bandung dengan jumlah sampel 100 responden. Pengambilan sampel yang digunakan penelitian ini yaitu metode nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil dari analisis deskriptif menunjukan bahwa brand credibility, brand personality, endorsement beauty vlogger, brand image, dan purchase intention berada pada kategori baik. Dari hasil hipotesis menunjukan bahwa brand credibility, brand personality, endorsement beauty vlogger berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Brand credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, sedangkan untuk brand personality dan endorsement beauty vlogger tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Brand credibility, brand personality, endorsement beauty vlogger berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui brand image.
PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI suardi, suardi
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i1.1837

Abstract

Abstract: Decreased job satisfaction is expected to cause poor employee performance. The governing body is seen in general, where employees appear to carry out daily routines without the desire to improve work skills. We assess the effect of job satisfaction on employee performance. Data processing is carried out in this study using qualitative and quantitative approaches. In qualitative retrofitting, the data and information collected are described to get an empirical interpretation. While the quantitative approach uses a statistical model of regression and correlation, aims to determine the effect and form the relationship between two variables namely job satisfaction and performance variables. The results of this study indicate that employee performance is satisfactory. This is indicated by statements as much as 58.62 percent of respondents agreed with statements that stated satisfying expressions. The findings also revealed that there was a high level of job satisfaction, with an indication of 86.90 percent agreeing statements on such matters. Keywords: employee performance, satisfaction.
THE EFFECT OF MARKETING MIX ON TOURIST DECISION IN MANDEH ISLAND WEST SUMATRA, INDONESIA Antoni, Antoni; Yuliviona, Reni; Kamela, Ice; Muslim, Irwan
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i1.1834

Abstract

Abstract: The study aims to find out the influence of the marketing mix consisting of promotion, product, price, place, people, process and physical evidence against the decision of the tourists visiting the attractions located at Painan Mandeh island, West Sumatra. The sample in this study are tourists visiting sights Mandeh with total sample as many as 90 people. Sampling technique was purposive sampling. The type of data in this study is the primary data of the dissemination of the questionnaire. The results of this study found that physical evidence of significant and influential promotion, product, price, place, person while the process is not significant effect against the decision of tourists visit. Keywords : Promotion; produkct; price; place; proces; person tangible;, tourist; Smart PLS JEL Classification Code : M31; F10; J01; Z30;Z32
PENGARUH GENDER & EDUCATIONAL DIVERSITY PADA JAJARAN DIREKSI DAN KOMISARIS TERHADAP INTERNASIONALISASI(STUDY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2018) Sevliani, Merystika; Adrianto, Fajri
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i1.1835

Abstract

Abstract :This study aims to examine the effect of the characteristics of the board of directors and the board of commissioners on internationalization in manufacturing companies in Indonesia in 2015-2018. The independent variables in this study were the gender diversity of the board of directors, the economic background of the board of commissioners and the size of the board of commissioners, while the dependent variable used was company internationalization. This study uses 276 samples from 69 manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2018. This research was conducted with quantitative methods using secondary data. Data analysis uses panel data based multiple regression models, and uses firm size, leverage and profitability of control variables. The results of this study indicate that the presence of women in the board of directors has no significant effect on internationalization, the economic background of the board of commissioners has a negative and significant effect on internationalization and the size of the board of commissioners has a significant effect on internationalization. Keywords: Internasionalisasi, Gender Diversity, Educational diversity, Board of Commissioners' size Abstrak: Penelitian ini
PROMOSI JABATAN: PERAN KOMITMEN DAN KOMUNIKASI ORGANISASI DENGAN PRESTASI KERJA SEBAGAI INTERVENING Ririn Handayani; herman herman; Fahmi Oemar
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i1.1815

Abstract

Komitmen organisasi adalah konstruk psikologis yang merupakan karakteristik hubungan anggota organisasi dengan organisasinya, sehingga berdampak terhadap keputusan individu untuk tetap melanjutkan keanggotaannya dalam organisasi atau derajat dimana kayawan percaya dan mau menerima tujuan organisasi serta akan tetap tinggal atau tidak meninggalkan organisasi (Mowday, 2000; Matis & Jacson, 2000; Meyer & Allen, 2007). Sedangkan Promosi jabatan menurut Ardana, dkk (2012) ialah suatu proses perubahan dari suatu pekerjaan ke suatu pekerjaan yang lain, pada hierarki wewenang dan tanggung jawab yang lebih tinggi dibandingkan dengan wewenang dan tanggung jawab yang telah dibebankan kepada diri karyawan pada waktu sebelumnya. Penelitian ini berlandaskan bahwa pentingnya komitmen organisasi agar promosi jabatan yang dilakukan tidak menimbulkan berbagai pertanyaan dari anggota organisasi. Sehingga diperlukan komunikasi yang baik dari organisasi dan pertimbangan prestasi kerja sebelum promosi jabatan dilakukan. Jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah selurh ASN yang ada di lingkungan Setda Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Berdasarkan analisis data ditemukan komitmen dan komunikasi organisasi mempengaruhi promosi jabatan. Dan hubungan tersebut akan diperkuat dengan adanya variabel prestasi kerja. Keterbatasan penelitian diantaranya belum mampu menggambarkan secara menyeluruh apakah komitmen dan komunikasi organisasi yang diperkuat oleh prestasi kerja dalam mempengaruhi promosi jabatan. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya adalah memperluas objek penelitian di seluruh pemerintah daerah. Kata kunci: komitmen organisasi, komunikasi organisasi, prestasi kerja, promosi jabatan dan ASN.
PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI RISIKO MENGGUNAKAN E-COMMERCE TERHADAP PEMBELIAN SECARA ONLINE Asrizal Asrizal; Tri Irfa Indrayani; Ainil Fatiha
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i1.1819

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan dan persepsi risiko menggunakan e-commerce terhadap pembelian secara online. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terhadap pembeli yang pernah membeli secara online di lazada.co.id di Padang. Sampel berjumlah 100 responden, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian dari sisi capain responden menunjukkan bahwa transaksi dapat dipercaya. merasa aman membagi informasi pribadi, cepat tanggap dalam menyelesaikan keluhan pelanggan. tidak rugi seandainya memberi informasi pribadi pada situs Lazada.co.id. Selanjutnya pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, dan persepsi resiko masing-masingnya, serta secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pembelian secara online. Kata Kunci : Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Persepsi Risiko, Pembelian Secara Online.
PENGARUH PROFITABILITAS (ROE), LIKUIDITAS (CR) UKURAN PERUSAHAAN DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDIT REPORT LAG PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2017 Gustia Harini; Liesma Maywarni Siregar
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i1.1797

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh profitabilitas (ROE), likuiditas (CR), ukuran perusahaan dan ukuran KAP terhadap audit report lag. Sampel yang digunakan 16 perusahaan BUMN yang go publik di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Metode analisis yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah pengujian data panel melalui bantuan program Eviews. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan ditemukan bahwa profitabilitas (ROE) dan, likuiditas (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag perusahaan BUMN yang go publik di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017, sedangkan ukuran perusahaan dan ukuran KAP berdampak signifikan terhadap audit report lag perusahaan BUMN yang go publik di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Kata kunci : Audit Report Lag, Profitabilitas, Liquiditas, Ukuran Perusahaan , Ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP).

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2023): VOLUME IX NO. 2 Oktober 2023 Vol 9, No 2 (2023): VOLUME IX NO 2 APRIL 2023 Vol 9, No 1 (2023): VOLUME IX NO. 1 OKTOBER 2023 Vol 9, No 1 (2023): VOLUME IX NO 1 APRIL 2023 Vol 8, No 3 (2022): VOLUME VIII NO.3 OKTOBER 2022 Vol 8, No 2 (2022): VOLUME VIII NO.2 OKTOBER 2022 Vol 8, No 1 (2022): Volume VIII No. 1 April 2022 Vol 7, No 3 (2021): Volume VII No. 3 Oktober 2021 Vol 7, No 2 (2021): Volume VII No. 2 Oktober 2021 Vol 7, No 1 (2021): Volume VII No.1 April 2021 Vol 6, No 3 (2020): Volume VI No. 3 Oktober 2020 Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020 Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020 Vol 5, No 3 (2019): Volume V No. 3 Oktober 2019 Vol 5, No 2 (2019): Vol V No. 2 April 2019 Vol 5, No 2 (2019): Volume V No. 2 April 2019 Vol 5, No 1 (2019): Volume V No. 1 April 2019 Vol 5, No 1 (2019): Volume V No. 1 – April 2019 Vol 4, No 3 (2018): Vol 4 No 3 Oktober 2018 Vol 4, No 1 (2018): Vol 4 No 1 April 2018 Vol 4, No 3 (2018): Volume IV No. 3 Oktober 2018 Vol 4, No 2 (2018): Volume IV No. 2 April 2018 Vol 4, No 2 (2018): Volume IV No. 2 - April 2018 Vol 4, No 1 (2018): Volume IV No. 1 April 2018 Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017 Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017 Vol 3, No 5 (2017): Vol. III No. 5- April 2017 Vol 3, No 5 (2017): Vol. III No. 5- April 2017 Vol 2, No 4 (2016): Vol. II No. 4 Nopember 2016 Vol 2, No 4 (2016): Vol. II No. 4 Nopember 2016 Vol 2, No 3 (2016): Vol. II No. 3 April 2016 Vol 2, No 3 (2016): Vol. II No. 3 April 2016 Vol 1, No 2 (2015): Vol. I No.2 Oktober 2015 Vol 1, No 2 (2015): Vol. I No.2 Oktober 2015 Vol 1, No 1 (2015): Vol. I No.2 April 2015 Vol 1, No 1 (2015): Vol. I No.2 April 2015 More Issue