cover
Contact Name
yassirli amri
Contact Email
yassirlia@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
yassirlia@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi
ISSN : 24078565     EISSN : 25795295     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL MENARA EKONOMI, merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Fakultas Ekonomi UMSB. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang ekonomi untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud. Topik yang di utamakan untuk terbit dijurnal ini : 1. Bidang Ilmu Ekonomi 2. Bidang Ilmu Manajemen 3. Bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020" : 11 Documents clear
ANALISIS ETOS KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI (Survey Pada Pegawai UPTD Puskesmas Bangkinang Kota) Zulher, Zulher
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i2.1826

Abstract

This study aims to determine the effect of work ethic, work environment and work load on employee job satisfaction at UPTD Puskesmas Bangkinang Kota. Work ethic is a work spirit that is owned by someone to be able to work more in order to obtain value for their lives. The work environment is all the facilities and infrastructure that are around a person who can influence the implementation of their work. Workload is a group or a number of activities that must be completed by an organizational unit or position holder within a certain period of time and job satisfaction is a pleasant or unpleasant situation in which someone views their work. The analysis in this study uses multiple analysis with 64 respondents. Sampling uses the census method, while the hypothesis testing in this study uses the f test and t test. Based on the results of the study it can be concluded that simultaneously and partially, work ethic, environment and workload significantly influence job satisfaction.
Strategi Pemasaran Produk Olahan Jamur Tiram di Kelompok Wanita Tani Rosella Rizqha Sepriyanti Burano
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i2.1789

Abstract

Permintaan jamur tidak hanya sebatas pasar dalam negeri, tetapi juga merambat hingga ke pasar internasional. Salah satu Kelompok Wanita Tani (KWT) yang membudidayakan jamur tiram adalah KWT Rosella. KWT Rosella tidak hanya menjual jamur mentah namun sudah membuat beberapa jenis produk olahan berbahan jamur. Akan tetapi pemasaran yang dilakukan masih menghadapi beberapa hambatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa apa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk olahan jamur tiram di KWT Rosella dan mengidentifikasi strategi pemasaran yang akan di terapkan oleh petani jamur tiram di KWT Rosella. Metode penelitian yang akan di gunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis SWOT. Dari hasil penelitian diketahui faktor internal yang mempengaruhi pemasaran produk olahan jamur tiram putih, adalah produknya, harga, label hal, kerjasam tim, bahan baku, bentuk kemasan dan outlite pemasaran. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk olahan jamur tiram ini adalah jumlah konsumen, adanya pelatihan, munculnya produsen lain dan kemitraan dengan pihak lain. Strategi pemasaran produk olahan jamur tiram adalah menambahkan varian olahan produk jamur tiram denga cita rasa yang khas dari KWT Rosella, mempertahankan kualitas dan harga agar tetap menjadi pilihan konsumen atau masyarakat dan memperkuat promosi yang sudah ada dan menambah promosi di media sosial lainnya.
PENGARUH PENEMPATAN KERJA DAN MUTASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ANDALAS PADANG Khairiyyah, Yaumil; Febriani, Febriani; Yanti, Budi
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i2.1847

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of work placement and mutation on the performance of Andalas University Hospital Padang staff. The research method used is quantitative. The sampling technique used was saturated sampling, so the sample in the study was 139 respondents. Data analysis techniques used are multiple linear regression, t test, F test and coefficient of determination. The level of performance provided by employees to the Andalas University Hospital in the form of growth and development of the Andalas University Hospital from year to year shows good performance in terms of the building and spatial planning and the addition of patient beds. Along with the addition of supporting facilities and services must be balanced with the provision of competent Human Resources (HR) through job placement and mutations given to employees. Based on multiple linear regression analysis found that Y = 15,424 + 0,391 X1 + 0,600 X2 + e. Based on the results of research on work placement and mutation partially positive and significant effect on the performance of Andalas University Hospital Padang staff. Based on the simultaneous test results it is known that work placement and mutation together have a significant effect on the performance of Andalas University Hospital Padang employees, while the coefficient of determination results obtained Adjusted RSquare of 29%. Keywords: Job Placement, Mutation and Employee Performance
LINKING PERCEIVED SOCIAL SUPPORT TO SOCIAL ENTREPRENEURIAL INTENTION: THE MEDIATING ROLE OF ATTITUDE BECOMING SOCIAL ENTREPRENEUR Purbo Jadmiko
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i2.1844

Abstract

Abstract. The present study aims at identifying the social entrepreneurial intention among undergraduates students in Bung Hatta University context by using the theory of planned bahaviour as the research framework. A 10-questionnaire was responded by 150 studens of Bung Hatta University. The data were collected by purposive random sampling method. The questions measured perceived social support, attitude towards becoming a social entrepreneur, and social entrepreneurial intention. The result shows that attitude towards becoming a social entrepreneur full mediation between perceived social support to social entrepreneurial intention. Perceived social support and attitude towards becoming a social entrepreneur showed the positive significant relationship with social entrepreneurial intentions. This research study contributes to the social entrepreneurship literature by introductiong perceived social support and attitude towards becoming a social entrepreneur as antecedents that also explains social entrepreneurial intention formation. Keywords: Perceived social support, attitude towards becoming a social entreprenuer (ATB), social entrepreneurial intention, the theory of planned behaviour
ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI KOTA PADANG) Genny Intan Sari HR; Riche Fermayani; Romi Rianto Harahap
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i2.1816

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, kualitas produk, dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian melalui situs jejaring sosial (studi kasus pada mahasiswa di Kota Padang). Sampel dalam penelitian ini diukur dari penyebaran kuesioner kepada 100 orang mahasiswa di Kota Padang sehingga terdapat 100 sampel penelitian. Berdasarkan uji t parsial dapat disimpulkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05, keamanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001 < 0,05, kualitas pelayanan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,033 < 0,05, kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,008 < 0,05, persepsi resiko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,002 < 0,05. Kemampuan variabel independen dalam hal ini adalah kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, kualitas produk, dan persepsi resiko terhadap variabel dependennya dalam hal ini adalah keputusan pembelian sebesar 87,7% sedangkan sisanya sebesar 12,3% dipengaruhi oleh variabel lain selain dari variabel yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Kata Kunci: Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Persepsi Resiko, dan Keputusan Pembelian
EFEKTIFITAS IKLAN GO-JEK PENGGUNA MEDIA SOSIAL KOTA PADANG Tri Irfa Indrayani; Asrizal Asrizal; Nurdiah Shalat
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i2.1846

Abstract

Abstract : Research Objectives to measure and analyze the effectiveness of Go-Jek online advertising on social media. This study uses a sample to residents who live in Padang City and are social media users. Sampling was done by Purpose sampling with 100 respondents. The data analysis technique used is the EPIC method, which consists of; empathy (empathy), persuasion (persuasion), impact (impact), and communication (communication). The EPIC analysis results partially for each variable are in the "effective" range because the average value of empathy = 3.9375, persuasion = 3.9273, impact = 3.8175, and communication = 3.92. And the EPIC rate which is the average value of the whole variable is at 3.9. This value is in the "effective" range on the effectiveness scale. This shows that Go-Jek online advertisements through social media are considered effective in attracting audience empathy, effective in influencing audience buying interest, effective in leaving a good impression on the audience, and effective in delivering messages clearly, well, and correctly. Keywords: Effectiveness, EPIC Method
PENGARUH PELATIHAN, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN PASAMAN Ria Widhia Sari; Wendra Wendra
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i2.1845

Abstract

Abstract: This study aims to examine the effect of training, motivation and work environment on employee performance in the Archives and Pasaman District Library. The first hypothesis tested the effect of training on employee performance in the Archives and Pasaman District Library Office. The second hypothesis examines the effect of motivation on the achievements of the Pasaman District Archives and Library employees. The third hypothesis examines the influence of the work environment on employee performance in the Archives and Library of Pasaman Regency. The fourth hypothesis examines the effect of training, motivation and work environment on employee achievement of the Office of Archives and Library of Pasaman Regency together. The population in this study were employees of the Archives and Pasaman District Library Office. Samples This study uses a saturated sampling technique. Research data were collected by the method and analyzed by multiple linear regression. The results of the first hypothesis research show that a significant value of 0.154> alpha 0.05 so that training does not have an influence on employee performance in the Archives and Library of Pasaman Regency. The results of the second hypothesis show that a significant value of 0.002
PENGARUH TAMBAHAN PENGHASILAN DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP SEMANGAT KERJA APARATUR SIPIL NEGARAPADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK, KB, KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI SUMATERA BARAT Henny Sjafitri; Ramadhania Ramadhania; Meugah Fauziah
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i2.1841

Abstract

The purpose of this study is to investigate and analyze the effect of additional income and organizational commitment on the morale of the state civil apparatus in the Population Control Office, Family Planning, Population and Civil Registry of West Sumatra Province. The research method used is descriptive quantitative. The population in this study amounted to 51 and the sample in this study amounted to 51 respondents. While the data analysis technique used in this study is the t test, F test and the coefficient of determination. The results of the study show that additional income (X1) and organizational commitment (X2) together affect work morale. This can be seen from the value of F_count> F_table or 26.836> 3.06 and a significant level = 0.000
ANALISIS PERBANDINGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DAN OFFLINE CUSTOMER PADA OR-K 689 CLOTHING nela retti fauzi; Kristina Sisilia
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i2.1812

Abstract

Belanja online melalui E-commerce saat ini sangat berkembang di Indonesia. OR-K 689 merupakan salah satu distro yang menjual produknya secara online melalui website dan e-commerce seperti tokopedia dan zalora. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan keputusan pembelian online dan offline customer OR-K 689 Bandung pada tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan karakteristik penelitian komparatif. Populasi konsumen online dan offline tidak diketahui secara pasti jumlahnya sehingga sampel ditentukan dengan rumus Bernoulli sebanyak 100 responden masing-masing pada online dan offline customer. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda Mann Whitney yang diolah menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian pada offline customer lebih tinggi dari pada online customer. Selain itu pada umumnya terdapat perbedaan signifikan pada keputusan pembelian offline dan online dengan nilai signifikan < 0,05 kecuali pada dimensi pilihan produk yang nilai signifikannya > 0,05. Berdasarkan hasil penelitian agar keputusan pembelian pada online dan offline customer seimbang maka diharapkan OR-K 689 dapat meningkatkan kualitas produk dan melakukan promosi agar penjualan meningkat. Kata kunci: online customer, offline customer, keputusan pembelian, e-commerce, perbandingan
Pengaruh Ekspor, Impor dan Kurs Rupiah terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi oeliestina oeliestina
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/me.v6i2.1771

Abstract

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jambi memiliki enam komponen utama yang salah satunya adalah ekspor impor. Distribusi persentase ekspor impor menduduki peringat kedua (24,69 persen) dalam penghitungan PDRB. Oleh sebab itu, pemerintah harus mengetahui seberapa kuat pengaruh kegiatan ekspor impor dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi karena selama ini basis penghitungannya masih berdasar pada nilai PDRB yang dihasilkan. Laju pertumbuhan ekonomi triwulanan Provinsi Jambi periode 2015-2019 fluktuatif, pergerakkannya seirama dengan perkembangan ekspor impornya, apakah benar pertumbuhan ekonomi di pengaruhi oleh kegiatan ekspor impor, hal inilah yang akan dibuktikan pada penelitian ini. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Data yang dikumpulkan merupakan data pertumbuhan ekonomi, nilai ekspor, nilai impor dan kurs rupiah triwulanan milik Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa nilai ekspor dan nilai impor mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi, sementara variabel kurs rupiah tidak mempunyai pengaruh terhadap laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi sehingga pemerintah perlu meningkatkan faktor lain di luar kurs rupiah

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2023): VOLUME IX NO. 2 Oktober 2023 Vol 9, No 2 (2023): VOLUME IX NO 2 APRIL 2023 Vol 9, No 1 (2023): VOLUME IX NO. 1 OKTOBER 2023 Vol 9, No 1 (2023): VOLUME IX NO 1 APRIL 2023 Vol 8, No 3 (2022): VOLUME VIII NO.3 OKTOBER 2022 Vol 8, No 2 (2022): VOLUME VIII NO.2 OKTOBER 2022 Vol 8, No 1 (2022): Volume VIII No. 1 April 2022 Vol 7, No 3 (2021): Volume VII No. 3 Oktober 2021 Vol 7, No 2 (2021): Volume VII No. 2 Oktober 2021 Vol 7, No 1 (2021): Volume VII No.1 April 2021 Vol 6, No 3 (2020): Volume VI No. 3 Oktober 2020 Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020 Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020 Vol 5, No 3 (2019): Volume V No. 3 Oktober 2019 Vol 5, No 2 (2019): Vol V No. 2 April 2019 Vol 5, No 2 (2019): Volume V No. 2 April 2019 Vol 5, No 1 (2019): Volume V No. 1 April 2019 Vol 5, No 1 (2019): Volume V No. 1 – April 2019 Vol 4, No 3 (2018): Vol 4 No 3 Oktober 2018 Vol 4, No 1 (2018): Vol 4 No 1 April 2018 Vol 4, No 3 (2018): Volume IV No. 3 Oktober 2018 Vol 4, No 2 (2018): Volume IV No. 2 April 2018 Vol 4, No 2 (2018): Volume IV No. 2 - April 2018 Vol 4, No 1 (2018): Volume IV No. 1 April 2018 Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017 Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017 Vol 3, No 5 (2017): Vol. III No. 5- April 2017 Vol 3, No 5 (2017): Vol. III No. 5- April 2017 Vol 2, No 4 (2016): Vol. II No. 4 Nopember 2016 Vol 2, No 4 (2016): Vol. II No. 4 Nopember 2016 Vol 2, No 3 (2016): Vol. II No. 3 April 2016 Vol 2, No 3 (2016): Vol. II No. 3 April 2016 Vol 1, No 2 (2015): Vol. I No.2 Oktober 2015 Vol 1, No 2 (2015): Vol. I No.2 Oktober 2015 Vol 1, No 1 (2015): Vol. I No.2 April 2015 Vol 1, No 1 (2015): Vol. I No.2 April 2015 More Issue