cover
Contact Name
Didi Supriadi
Contact Email
didi.supriadi@ustjogja.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
didi.supriadi@ustjogja.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Media Manajemen Pendidikan
ISSN : 2622772X     EISSN : 26223694     DOI : -
Core Subject : Education,
Media Manajemen Pendidikan merupakan wadah publikasi ilmiah dalam bidang kependidikan dan manajemen pendidikan yang berasal dari hasil penelitian ataupun kajian teori. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam satu volume (tiap tahun) yaitu Februari, Juni, dan Oktober oleh Program Studi Manajemen Pendidikan, Direktorat Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Media Manajemen Pendidikan menerbitkan naskah-naskah ilmiah dalam cakupan bidang Kependidikan dan Manajemen Pendidikan yang memuat penelitian inovatif, pengembangan, dan best practice dalam manajemen pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021" : 15 Documents clear
MANAJEMEN KELAS KHUSUS OLAHRAGA DALAM MEWUJUDKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMPN @ TEMPEL SLEMAN Ari Kurniawan
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.6550

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perencanaan kelas khusus olahraga yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam mewujudkan mutu pendidikan; pelaksanaan dan proses program kelas khusus olahraga; dan hasil manajemen kelas khusus olahraga dalam mewujudkan mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Tempel. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru penjasorkes, pelatih dan siswa kelas KKO. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara. Teknik analisis yang dilakukan adalah Analisis tersebut meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Manajemen program kelas khusus olahraga dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program dengan terencana. 2) Manajemen kelas khusus olahraga SMP N 2 Tempel menujukkan hasil bahwa pelaksanaan program kelas khusus olahraga di SMP Negeri 2 Tempel dilakukan sesuai dengan program dari pelatih itu sendiri. Setiap pelatih memiliki program latihan masing-masing dan memiliki perbedaan setiap cabang. Selain itu, sebagai pengalaman dan tolok ukur cabang atletik melibatkan seluruh siswa kelas khusus olahraga untuk ikut event dan kejuaraan atletik yang ada di Kabupaten Sleman. 3) Hasil program kelas khusus olahraga di SMP Negeri 2 Tempel telah memiliki prestasi yang baik di mana 5 kali juara kompetisi antar KKO se DIY.
Manajemen Program Sekolah Ramah Anak dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa di MAN 4 Bantul Yogyakarta Farida Rahmawati; Supriyoko
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.8006

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal diharapkan menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi siswa. Manajemen yang baik diperlukan dalam membuat kebijakan untuk mewujudkan sekolah yang ramah anak sehingga karakter siswa akan terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen program SRA, faktor pendukung, penghambat, dampak dan hasil yang diperoleh dari penerapan program SRA dalam upaya pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian kepala madrasah, wakasis, guru, siswa dan komite. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data dan pengambilan keputusan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian (1) Manajemen SRA mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi; Perencanaan SRA dilakukan penyusunan proker dan perencanaan anggaran, pengorganisasian manajemen SRA dilakukan pembentukan tim pelaksana SRA, pelaksanaan manajemen SRA dilakukan pembuatan kebijakan, memantau kurikulum, pelatihan guru pegawai, pengadaan sarpras, ruang partisipasi anak, mengikutsertakan orang tua/wali siswa, evaluasi manajemen SRA dilakukan pembuatan laporan analisis data (2) Faktor pendukung SRA adanya sinergisitas stakeholder madrasah sedangkan faktor penghambatnya lahan sekolah kurang luas (3) Pelaksanaan program SRA mempunyai dampak positif terhadap perubahan karakter dan peningkatan prestasi siswa.
Manajemen Pembelajaran Teaching Factory dalam Mewujudkan Jiwa Kewirausahaan pada Siswa Reni Muhitasari; Agustina Sri Purnami
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.8206

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui manajemen pembelajaran teaching factory yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dalam mewujudkan jiwa kewirausahaan siswa; (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta solusinya; (3) mengetahui hasil manajemen pembelajaran teaching factory dalam mewujudkan jiwa kewirausahaan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif yang teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi.. Hasil penelitian ini adalah (1) manajemen pembelajaran teaching factory terlihat pada perencanaan yang sudah dilakukan dengan baik, pengorganisasian yang tersusun dan terlaksana dengan baik, pelaksanaan sesuai standar industri, evaluasi analisis ketercapaian belum ada; (2) faktor pendukung dalam pembelajaran teaching factory ini adalah sarana prasarana sesuai standar industri dan guru yang kompeten, faktor penghambatnya adalah waktu perencanaan tidak sesuai dengan pelaksanaan, dan belum banyaknya jumlah industri yang bekerjasama untuk melaksanakan pembelajaran teaching factory, sedangkan untuk solusinya adalah membuat jadwal blok dan meningkatkan kerjasama dengan industri terkait; (3) hasil dari manajemen pembelajaran teaching factory menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran teaching factory berjalan dengan baik dan dapat mewujudkan jiwa kewirausahaan siswa.
Manajemen Pengelolaan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Negeri 1 Kebumen Muji Slamet; Mulyoto Mulyoto
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.8640

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Menganalisis sejauh mana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan uji; 2) Menganalisis sejauh mana faktor-faktor pendukung dan penghambat dan; 3) Menganalisis sejauh mana hasil uji kompetensi di LSP SMK Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus, berupa pemahaman dan penafsiran manajamen uji kompetensi di LSP SMK Negeri 1 Kebumen. Informan dalam penelitian ini meliputi dewan pengarah, ketua LSP, bidang sertifikasi, bidang administrasi, asesor internal, asesor eksternal dan asesi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi dan telaah dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen uji kompetensi yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan di LSP SMK Negeri 1 Kebumen sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari tahapan-tahapan manajeman uji kompetensi yang sudah dilaksanakan mulai perencanaan sampai dengan pengawasan sudah dilakukan sesuai dengan kajian teori yang ada. Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam uji kompetensi yang menjadi tantangan LSP untuk dapat terus berbenah ke arah yang lebih baik. Hasil yang dicapai yaitu proses uji kompetensi yang valid, reliabel, fleksibel dan dan adil bagi semua peserta uji.
Pengaruh Tingkat Percaya Diri, Technopreneurship dan Ekonomi Keluarga terhadap Minat Bisnis Online Siswa SMK di Kabupaten Purworejo Siti Nurjanah
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.8690

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain : 1) menganalisis pengaruh tingkat percaya diri, technopreneurship, dan ekonomi keluarga secara bersama-sama terhadap minat bisnis online siswa SMK di Kabupaten Purworejo, 2) menganalisis pengaruh tingkat percaya diri  terhadap minat bisnis online siswa SMK di Kabupaten Purworejo, 3) menganalisis pengaruh technopreneurship terhadap minat bisnis online siswa SMK di Kabupaten Purworejo, dan 4)  menganalisis pengaruh ekonomi keluarga terhadap minat bisnis online siswa SMK di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMK Negeri 7 dan SMK Negeri 8 Kabupaten Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 186 siswa SMK Negeri 7 dan SMK Negeri 8 Purworejo yang diambil dengan metode proporsional random sampling. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif, analisis uji prasyarat analisis data, dan uji hipotesis.   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat bisnis online dipengaruhi oleh variabel tingkat percaya diri, technopreneurship dan ekonomi keluarga secara bersama-sama sebesar 66.95%, variabel tingkat percaya diri berpengaruh posistif sebesar 49.2%, variabel technopreneurship berpengaruh positif sebesar 16.7% dan variabel ekonomi keluarga berpengaruh negatif dengan sumbangan efektif 1.05%.
Manajemen Pemberdayaan Komite Sekolah dalam Mewujudkan Mutu Pendidikan di SDN Patuk I Kabupaten Gunungkidul Khoiri
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.8774

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui  manajemen pemberdayaan komite sekolah untuk mewujudkan mutu pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan serta kendala apa saja yang dihadapi dalam manajemen tersebut serta mengetahui mutu pendidikan di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SDN Patuk I Kabupaten Gunungkidul. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, ketua komite sekolah, dan anggota komite sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa manajemen pemberdayaan komite sekolah dalam mewujudkan mutu pendidikan siswa di SDN Patuk I Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta sudah cukup optimal. Perencanaan pemberdayaan komite sekolah diawali dengan melakukan rapat koordinasi, melakukan komunikasi informal dengan komite sekolah untuk membahas perencanaan pemberdayaan komite sekolah kemudian ditindak lanjuti dengan rapat koordinasi. Pengorganisasian pemberdayaan komite sekolah dilakukan melalui koordinasi secara kontinyu antara warga sekolah dengan segenap komite sekolah. Pelaksanaan pemberdayaan komite sekolah dan pengawasan pemberdayaan komite sekolah cukup optimal. Kendala yang dihadapi meliputi: keterbatasan dana, minimnya jumlah anggota komite sekolah yang aktif serta minimnya masukan warga sekolah. Mutu  pendidikan di sekolah secara umum sudah cukup baik.
Pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah,Peran Komite Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah SMK DI Kecamatan Karangmojo Radhiah Radhiah; Sunarto Sunarto
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.8794

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, Peran komite sekolah, dan Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah SMK di Kecamatan Karangmojo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh guru SMK di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, yang berjumlah 130 guru, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 guru yang diambil dengan metode tehnik sensus sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yag diserahkan langsung kepada responden. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif, uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, uji determinasi, analisis korelasi parsial, dan sumbangan prediktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa:  kepemimpinan kepala sekolah terbukti berpengaruh positif terhadap keberhasilan manajemen berbasis sekolah SMK di Karangmojo. Peran komite terbukti berpengaruh positif terhadap keberhasilan manajemen berbasis sekolah SMK di Karangmojo. Kompetensi guru terbukti berpengaruh positif terhadap keberhasilan manajemen berbasis sekolah SMK di Karangmojo.
Manajemen Kurikulum Berbasis Pesantren Pada SMP Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta Karmila Karmila; Mundilarno
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.8828

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Manajemen kurikulum berbasis pesantren meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat; (3) Hasil manajemen kurikulum berbasis pesantren. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMP Al-Hikmah Karangmojo. Data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis meliputi reduksi data,  sajian data dan penggambaran kesimpulan. Hasil penelitian : 1) Perencanaan kurikulum meliputi: penentuan tujuan, menentukan isi, menentukan metode dan menentukan evaluasi pembelajaran. Pengorganisasian kurikulm meliputi penyusunan kalender akademik, penyusunan kegiatan sekolah dan penyusunan jadwal pelajaran. Pelaksanaan kurikulum tampak pada integrasi kurikulum pesantren ke  dalam kurikulum sekolah. Evaluasi kurikulum meliputi input, proses dan product. 2) Diantara faktor pendukungnya yaitu adanya kerja sama antara pihak sekolah dan pesantren yang mempunyai tujuan yang sama, dan diantara faktor penghambatnya yaitu belum terpenuhinya sarana dan prasarana yang memadai. 3) Hasil pelaksanaan manajemen kurikulum sudah sesuai dengan tujuan sekolah berbasis pesantren.
Evaluasi Program Manajemen Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Karya Teknologi Jatilawang, Banyumas Nugroho Dwi Atmaji
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.9072

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas Program Manajemen Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam menyalurkan tamatan di SMK Karya Teknologi Jatilawang. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan model evaluasi CIPP. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa:1) Evaluasi Kontek, peran sekolah dalam membantu BKK masih perlu dibenahi pada kegiatan bimbingan karir serta membentuk kesiapan kerja siswa; 2) Evaluasi Masukan, ketersedian sarana prasarana yang sudah cukup baik didukung dengan personil atau pengurus BKK yang berkompeten dalam bidangnya dan program kerja sebagai acuan kerja pengurus; 3) Evaluasi Proses, dalam proses penempatan calon tenaga kerja masih perlu dilakukan perbaikan karena belum optimalnya penyampaian informasi dengan alumni dan pelaksanaan rekrutmen calon tenaga kerja; 4) Evaluasi Produk, BKK SMK Karya Teknologi Jatilawang dalam hal penyaluran tamatan baru sekitar 30% tamatan tersalurkan ke industri. Hasil yang dicapai dalam penelitian evaluasi ini, bahwa manajemen BKK SMK Karya teknologi Jatilawang berjalan secara kontek, input, proses dan produk berjalan dengan baik dan terjadi peningkatan yang signifikan dalam hal penyaluran tamatan, sebagai rekomendasi perbaikan dalam membentuk lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri, selalu mengadakan penelusuran tamatan, meningkatkan pelaksanaan promosi kepada industri.
Pengaruh Trilogi Kepemimpinan dalam Pembelajaran terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Wonosari Bina Widyawati
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.9106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan Trilogi Kepemimpinan dalam pembelajaran terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wonosari Gunungkidul Tahun Pelajaran 2020/2021.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan data penelitian berupa angket. Subyek penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wonosari dengan jumlah sample sebanyak 210 dari poulasi sejumlah 442 guru. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan korelasi product moment. Sedangkan teknis analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil pengujian secara simultan dapat disimpulkan ada pengaruh trilogi kepemimpinan dalam pembelajaran terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wonosari. Hasil perhitungan  koefisien  determinasi  diketahui  bahwa besarnya pengaruh antara kepemimpinan ing ngarsa sung tuladha X1,ing madya mangun karsa X2 dan tut wuri handayani X3 terhadap kinerja guru Y sebesar 0.130 atau 13 %.Sumbangan efektif dari Kepemimpinan Ing Ngarsa Sung Tuladha sebesar 0,6% dari total 13% yang merupakan total sumbangan dari ketiga prediktor tersebut. Sedangkan Sumbangan efektif dari Kepemimpinan Ing Madya Mangun Karsa 3,4% atau sebanyak 26,6%. Dan Kepemimpinan Tut Wuri Handayani memberikan sumbangan efektif sebesar 9% atau 69% dari Kinerja Guru  dipengaruhi oleh Kepemimpinan Tut Wuri Handayani. Berdasarkan penelitian ini dapat dijelaskan bahwa kepemimpinan Tut Wuri Handayani dalam pembelajaran memiliki kontribusi terbesar terhadap kinerja guru.

Page 1 of 2 | Total Record : 15