cover
Contact Name
Yola Eka Putri
Contact Email
yola@konselor.org
Phone
-
Journal Mail Official
yola@konselor.org
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
ISSN : 2502079X     EISSN : 25031619     DOI : -
Core Subject : Education,
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) ISSN: 2502-079X (Print), ISSN: 2503-1619 (Electronic) is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education research. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and international significance across educational contexts 2) Publish manuscripts that are of local and International significance in terms of design and/or findings 3)Encourage collaboration by local and international teams of researchers to create special issues on these topics.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2018): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)" : 5 Documents clear
Peningkatan Hasil Belajar Matemtika Soal Bercerita Melalui Media Komik Pada Siswa Kelas III SDN 05 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Nismaida, Nismaida
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 3, No 1 (2018): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.286 KB) | DOI: 10.29210/3003125000

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya menyelesaikan soal cerita tentang luas persegi dan persegi panjang melalui media komik. Media komik adalah suatu alat bacaan, menggunakan gambar kartun yang mengungkapkan suatu cerita dalam urutan yang erat dengan tujuan menarik perhatian siswa dalam memahami suatu informasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 05 Batang Anai dengan jumlah siswanya 30 orang, yang terdiri dari siswa laki-laki 14 orang dan siswa perempuan 16 orang. Pembelajaran menyelesaikan soal cerita tentang luas persegi dan persegi panjang melalui media komik memiliki langkah-langkah sebagai berikut yaitu: 1) Membaca soal cerita dan memikirkan hubungan antara bilangan-bilangan yang ada dalam soal cerita tersebut, 2) Menulis kalimat matematika yang menyatakan hubungan dalam operasi bilangan, 3) Menyelesaikan kalimat matematika, dan 4) Menggunakan penyelesaian untuk menjawab pertanyaan dalam soal.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat menggunakan media komik dalam menyelesaikan soal cerita matematika.
Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 21 Batang Anai Syahril, Sumarni
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 3, No 1 (2018): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.341 KB) | DOI: 10.29210/3003126000

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran IPA lebih banyak kepada menghafal konsep. Hal ini didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Sehingga hasil belajar IPA siswa masih rendah. Pada pembelajaran IPA, siswa harus dapat membangun pengetahuannya untuk dapat memahami konsep IPA tersebut.  Oleh karena dilakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas VI.C  SD Negeri 21 Batang Anai. Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses  (afektif dan psikomotor) dan penilaian hasil (kognitif). selain itu juga diamati aktivitas guru dan siswa.  Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diadakan tes yang dianalisis dengan menggunakan tolok ukur keberhasilan kelas minimal 75%. Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme  pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 73 dan pada siklus II rata-rata 83. Hasil belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotor juga meningkat dari siklus I ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI.C  SD Negeri 21 Batang Anai
Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman Yarnis, Yarnis
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 3, No 1 (2018): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.361 KB) | DOI: 10.29210/3003127000

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa siswa dalam proses pembelajaran hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Siswa ribut dan beberapa orang siswa asik bermain dengan teman sebangkunya.  Siswa kurang dapat berkonsentrasi sehingga pemahaman konsep IPA tidak begitu berkembang. Hal ini dapat diatasi melalui metode eksperimen karena siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Sungai Geringging. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA. Menggunakan metode ini juga dapat meningkatkan aspek afektif dan psikomotor siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kompetensi kognitif, afektif dan psikomotr siswa kelas V SDN 01 Sungai Geringing.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran PKn dengan Model Arias di SD Negeri 18 Batang Anai Nurbayenti, Nurbayenti
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 3, No 1 (2018): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.001 KB) | DOI: 10.29210/3003128000

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam belajar. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN cenderung menurun. Tujuan penelitian ini adalah Peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V menggunakan model ARIAS di SD Negeri 18 Batang Anai. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 18 Batang Anai, yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persentase aktivitas belajar siswa melakukan diskusi pada sikus sebesar I 71,42% meningkat menjadi sebesar 90,47 % pada siklus II, Persentase aktivitas belajar siswa menjawab pertanyaan pada sikus sebesar I sebesar 47,61% meningkat menjadi sebesar 80,95% pada siklus II, Persentase aktivitas belajar siswa menulis laporan hasil diskusi pada sikus sebesar I sebesar 40,47% meningkat menjadi sebesar  95,23% pada siklus II, Hasil belajar siswa pada siklus I yang tuntas belajar sebesar 52,38% meningkat pada siklus II sebesar 90,47%. Aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran model ini mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Sehingga adanya keselarasan antara aktvitas siswa dan guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran AIRAS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VSDN 18 Batang Anai.
Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PKn SD Negeri 23 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Indrawati, Indrawati
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 3, No 1 (2018): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.418 KB) | DOI: 10.29210/3003124000

Abstract

Penelitian ini berawal dari perlunya dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Model kooperatif tipe STAD menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri 23 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 5 atau 6 orang siswa. Model pembelajaran ini dilakukan melalui tujuh tahap, dimulai dari penyajian materi oleh guru, kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan terhadap hasil kerja kelompok, mengerjakan tes secara individu, pemeriksaan hasil tes, dan penghargaan kelompok. Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa di kelas V SD Negeri 23 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Saran yang diberikan dalam penelitian ini agar guru dapat memperhatikan setiap langkah yang dilakukan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5