cover
Contact Name
Deden
Contact Email
peko@uniba-bpn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
peko@uniba-bpn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota balikpapan,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Edueco
Published by Universitas Balikpapan
ISSN : 26213931     EISSN : 26217511     DOI : -
Jurnal Eueco menerbitkan artikel di bidang Pendidikan Ekonomi dan Ekonomi. Terbit 2 periode, yakni Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2022): Juni" : 8 Documents clear
PENGARUH JUMLAH PENDUDUK DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KOTA PEMATANGSIANTAR Darwin Damanik; Elidawaty Purba
Jurnal Edueco Vol. 5 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jumlah penduduk dan indeks pembangunan manusia terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Pematangsiantar secara parsial dan simultan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder time series dengan periode waktu 2004 – 2019. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan ordinary least square (OLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial jumlah penduduk berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Pematangsiantar. Sedangkan secara simultan, jumlah penduduk dan indeks pembangunan manusia berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Pematangsiantar.
PENGARUH BRAND AUTHENTICITY DAN KUALITAS PRODUK PADA CAT PARAGON DIMODERATING OLEH BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PANGLONG SINUHAJI Trivena Oktaviani Koyong; Risma Nurhaini Munthe; Liharman Saragih; Yesni Riana Damanik
Jurnal Edueco Vol. 5 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Brand Authenticity dan kualitas produk pada cat paragon yang dimoderating oleh Brand Image dapat mempengaruhi minat beli konsumen. Paragon merupakan salah satu merek cat terkemuka di Indonesia dengan pengalaman bertahun-tahun. Salah satu cara bagi Paragon untuk meningkatkan penjualannya adalah dengan memanfaatkan brand authenticity, kualitas produk dan brand image yang mereka punyai. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa brand authenticity secara signifikan berpengaruh positif terhadap kualitas produk penggunaan cat Paragon. Ditemukan juga bahwa brand image dapat memoderasi secara positif pengaruh brand authenticity terhadap kualitas produk dari penggunaan cat Paragon. Kata kunci : : Brand Authenticity;Brand Image;Kualitas Produk;Minat Beli ABSTRACT Brand Authenticity and product quality at Paragon paint moderated by Brand Image can influence consumer buying interest. Paragon is one of the leading paint brands in Indonesia with many years of experience. One way for Paragon to increase its sales is to take advantage of their brand authenticity, product quality and brand image. From this research, it can be concluded that brand authenticity has a significant positive effect on product quality using Paragon paint. It was also found that brand image can positively moderate the effect of brand authenticity on product quality from the use of Paragon paint. Keywords: Brand Authenticity;Brand Image; Buying Interest;Product Quality)
Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah melalui Kepuasan Nasabah BNI NURFATWA ANDRIANI YASIN; Afriyani; Kurniawaty
Jurnal Edueco Vol. 5 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the relationship between service quality from customer meetings to customer loyalty through customer satisfaction and the relationship between service quality and customer loyalty through customer satisfaction BNI Makassar Regional Office. It is hoped that this research can help BNI to identify and understand the effect of service quality on BNI customer satisfaction and loyalty. The data analysis method used is path analysis. The object of research is the customers of BNI Makassar Regional The object of research is the customers of BNI Makassar Regional Office totaling 100 people with the sampling method using direct census techniques for 3 weeks the researchers are at BNI Makassar Regional Office. The results of the study indicate that there is a positive relationship between the quality of customer meeting service and customer loyalty through customer satisfaction, and there is a positive relationship between service quality and customer loyalty through customer satisfaction. The results of this study found that maintaining customer loyalty is not an easy thing, therefore BNI is expected to be able to improve its services and provide guarantees for all financial transactions carried out, reducing the risks caused by Human Errors by increasing the professional attitude of BNI staff and employees to minimize staff and employees and always ready to provide excellent service without compromising other aspects.
RESILENSI REMAJA DENGAN ORANGTUA YANG BERCERAI tri astuti nuraini
Jurnal Edueco Vol. 5 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Resiliensi Remaja dengan Orangtua yang bercerai di Balikpapan. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan teknik penelitian studi kasus (case study). Subjek dalam penelitian ini adalah remaja putri yang mengalami perceraian pada kedua orangtuanya dengan rentang usia 12- 19tahun, sebanyak 3 orang yaitu Ade, Bunga, dan Citra (nama samaran). Lokasi penelitian di Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, lalu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat tingkat resiliensi yang baik pada remaja yang orangtuanya bercerai.
PENGARUH OPINI AUDIT, PERGANTIAN MANAJEMEN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDITOR SWITCHING DENGAN FINANCIAL DISTRESS SEBAGAI MODERASI PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020 Mika Ria Marbun; Resa Oktalim Simarmata; Ninta katharina
Jurnal Edueco Vol. 5 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel opini audit, pergantian manajemen, pertumbuhan perusahaan terhadap auditor switching dengan financial distress sebagai variabel moderasi. Populasi pada penelitian ini 20 perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, diperoleh 16 sampel selama tiga tahun pengamatan sehingga menghasilkan 48 unit analisis. Data penelitian berdasarkan laporan keuangan yang telah diaudit, laporan auditor independen dan laporan tahunan perusahaan yang terdapat di website www.idx.co.id. Metode analisis data yaitu statistik deskriptif, regresi logistik dan Moderated Regression Analysis menggunakan SPSS versi 19. Hasil penelitian adalah opini audit secara parsial (sendiri) berpengaruh signifikan terhadap auditor switching. Pergantian manajemen tidak berpengaruh terhadap auditor switching, Pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap auditor Switching, variabel opini audit, pergantian manajemen, pertumbuhan perusahaan secara bersama-sama (simultan) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap auditor switching. Finansial distress tidak dapat memoderasi pengaruh opini audit terhadap auditor switching.. Variabel finansial distress tidak dapat memoderasi pengaruh pergantian manajemen terhadap auditor switching. Variabel finansial distress tidak dapat memoderasi pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap auditor switching.
ANALISIS KELAYAKAN DAN EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BUKU AJAR MATAKULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Ratna Fitri Astuti; Riyo Riyadi; Keirimai Ratrieka Fiberantika; Waljihan Nur Fitriani
Jurnal Edueco Vol. 5 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu buku ajar yang telah dikembangkan adalah buku ajar pada matakuliah Belajar dan Pembelajaran yang digunakan pada mahasiswa semester 2, buku tersebut diharapkan mampu untuk meningkatkan motivasi mahasiswa untuk membaca. Penelitian ini disusun berdasarkan pada pengalaman mengajar peneliti, bahwa tingkat heterogenitas mahasiswa sangat tinggi dan memungkinkan untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku ajar yang digunakan dalam pembelajaran, sehingga bahan ajar yang digunakan saat pembelajaran harus memenuhi standart kelayakan yang baik agar hasil belajar mahasiswa lebih maksimal. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Content Analysis dengan pendekatan kualitatif. Analisis kelayakan dilakukan dilakukan pada aspek isi atau materi yang terdiri dari tiga komponen yaitu: 1) Kesesuaian uraian materi; 2) Keakuratan materi; dan 3) Materi pendukung pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada Program Studi Pendidikan Ekonomi-FKIP Universitas Mulawarman, pada mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah belajar dan pembelajaran sebanyak 60 orang mahasiswa. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa buku ajar Belajar dan Pembelajaran telah memenuhi aspek kelayakan isi dengan persentase sebesar 73,3%. Sedangkan aktivitas belajar mahasiswa mencapai skor 87,88% yang artinya aktivitas belajar mahasiswa tergolong aktif saat penggunaan buku.
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN KAP, PROFITABILITAS, TINGKAT LEVERGE, SOLVABILITAS, LIKUIDITAS DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020) Rauli Situmeang; Heppy Buulolo; Wilsa Road Sitepu
Jurnal Edueco Vol. 5 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan guna memahami pengaruh ukuran perusahaan, ukuran KAP, profitabilitas, Tingkat Leverge, likuiditas, solvabilitas, opini audit terhadap pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020. Beberapa penelitian sebelumnya mengenai audit delay memperlihatkan hasil yang berbeda - beda. Oleh karena itu, penelitian lain perlu dilakukan untuk menguji ulang teori tentang audit delay. Populasi penelitian ini sebanyak 72 Perusahaan Manufaktur Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh 44 perusahaan sampel untuk 3 tahun pengamatan (2018 - 2020) dengan 132 observasi (pengamatan). Data penelitian diperoleh dari perusahaan sampel yang diunduh dari website Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Proses analisis data yang dilakukan terlebih dahulu adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda lalu kemudian pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa hanya reputasi KAP yang berpengaruh secara signifikan terhadap audit delay. Pengaruh ukuran perusahaan, ukuran KAP, profitabilitas, Tingkat Leverge, solvabiitas, likuiditas maupun opini audit. Hasil penelitian ini secara simultan Ukuran perusahaan, profitabilitas opini auditor dan reputasi KAP berpengaruh secara simultan terhadap audit delay.
ANALISIS BIAYA PRODUKSI DAN RETURN ON INVESTENT (ROI) PADA PDAM KABUPATEN GOWA arifani stiki; Muhammad Akbardin; Agus Umar Gazali
Jurnal Edueco Vol. 5 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan adalah pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gowa. Sebagai BUMD, dalam menjalankan tugas ganda yaitu social oriented dan profit oriented. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perhitungan biaya produksi air dan untuk mengetahui tingkat Return On Investent (ROI) PDAM Kabupaten Gowa. Prosedur penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perhitungan biaya Produksi belum sesuai teori. Pengklasifikasi biayanya masih digabungkan semua komponen biaya bahan baku langsung, tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik pada perhitungan biaya sumber air, biaya pengolahan air dan biaya transmisi/distribusi. Dan ada biaya non produksi bagian biaya umum dan administrasi di dalam perhitungannya yaitu tunjangan transport dan Biaya Listrik yang naik setiap tahun sehingga jumlah biaya produksi meningkat setiap tahunnya. Dari proses produksi air faktor yang menyebabkan biaya produksi mengalami peningkatan yaitu biaya sumber air, biaya pengolahan air serta biaya transmisi/distribusi, ketiga biaya tersebut selalu mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis rasio profitabilitas selama tahun 2017-2019, secara keseluruhan persentase rasio profitabilitas tiap periode mengalami perubahan (berfluktuasi) karena tingginya biaya yang harus dikeluarkan perusahaan yang terdiri atas harga pokok penjualan dan biaya operasi (beban usaha) meskipun penjualan tiap tahunnya mengalami peningkatan.Ini juga terlihat pada Return On Asset yang berfluktuasi tiap tahunnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8