cover
Contact Name
Deden
Contact Email
peko@uniba-bpn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
peko@uniba-bpn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota balikpapan,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Edueco
Published by Universitas Balikpapan
ISSN : 26213931     EISSN : 26217511     DOI : -
Jurnal Eueco menerbitkan artikel di bidang Pendidikan Ekonomi dan Ekonomi. Terbit 2 periode, yakni Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): Desember" : 18 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM DI UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Adianus Lase; Bezisokhi Laoli
Jurnal Edueco Vol. 6 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36277/edueco.v6i2.164

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran PAIKEM merupakan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang diberikan kepada siswa dalam suasana yang membosankan secara optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran (Pariang Sonar Siregar, dkk 2017:44). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran PAIKEM dalam proses belajar mengajar di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII semester Genap tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah: (1) Lembar observasi Guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Dokumentasi/foto, (4) Tes hasil belajar. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) adanya peningkatan rata-rata hasil observasi guru dan siswa dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengajar melalui penerapan model pembelajaran PAIKEM yang dibuktikan oleh peningkatan hasil belajar siswa. (2). Presentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I dan II adalah sebesar 46,15%, dan 100%. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran PAIKEM di kelas VIII di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata kunci : Model Pembelajaran PAIKEM, Hasil Belajar Siswa.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 HILIDUHO sherly laoli; Yearning Harefa
Jurnal Edueco Vol. 6 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36277/edueco.v6i2.165

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran Kelas VII di SMP Negeri 1 Hiliduho yang selama ini mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masih kurang khususnya dalam mata pelajaran IPS. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengembangkan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran IPS Terpadu, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Microsoft Powerpoint Berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran IPS Terpadu dan (3) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran Microsoft Powerpoint berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran IPS Terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Hasil penelitian menyatakan bahwa media Microsoft Power Point Berbasis Augmented Reality pada materi Kegiatan Ekonomi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 100%, oleh ahli media sebesar 100%, ahli bahasa sebesar 100% dan guru mata pelajaran sebesar 100%, yang masing- masing berkriteria sangat valid. Untuk hasil pada uji kelompok kecil didapatkan presentase sebesar 78% dengan kriteria baik dan pada uji lapangan kelompok besar didapatkan presentase sebesar 90% sangat baik. Dan pada efektivitas media pembelajaran menggunakan tes hasil belajar dengan presentase ketuntasan belajar peserta didik mencapai 75% dengan kriteria efektif. Kata kunci: Media Pembelajaran, Microsoft Power Point Berbasis Augmented Reality, Kegiatan Ekonomi.
Pengaruh Kreativitas Guru Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023 Yarni Yanti; Yearning Harefa
Jurnal Edueco Vol. 6 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36277/edueco.v6i2.166

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi yang bertujuan (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh Kreativitas guru mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe tahun pelajaran 2022/2023 (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kreativitas guru mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 25 orang. Sampel dalam penelitian ini, peneliti mengambil jumlah semua populasi sebanyak 25 orang. Penelitian ini menggunakan analisa korelasi produck moment. Selanjutnya untuk mengetahui kehandalan korelasi pada kedua variabel penulis melakukan uji hipotesis dengan uji “t”, pada taraf signifikan 5% atau interval tingkat kepercayaan 95%. Dari hasil uji T diperoleh , hipotesis yang diterima adalah yaitu ada pengaruh Kreativitas Guru Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe tahun pelajaran 2022/2023. Kontribusi Kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa menggunakan rumus KD = Kata kunci : Kreativitas Guru, Hasil Belajar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 TUHEMBERUA SATU ATAP T.A 2022/2023 Yerti Ndruru; Bezisokhi Laoli
Jurnal Edueco Vol. 6 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36277/edueco.v6i2.167

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Inkuiri dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 3 Tuhemberua Satu Atap T.A 2022/2023. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada materi pelaku ekonomi dengan menggunakan model inkuiri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi aktifitas siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi berupa foto. Penelitian ini mengikuti langkah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Pada Siklus I hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran untuk observasi guru melalui penerapan model pembelajaran inkuiri mencapai rata-rata 62,50% berada pada interval cukup, sedangkan pada siklus ke II observasi pelaksanaan proses pembelajaran untuk observasi guru melalui penerapan model pembelajaran inkuiri mencapai rata-rata 90,00% berada pada interval baik. Hasil observasi aktifitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata 56,85% dan pada siklus ke II mencapai rata-rata 85,00%. (2) Pada Siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata 61,44 tergolong cukup, sedangkan pada Siklus II hasil belajar siswa dengan rata-rata 83,21 tergolong baik. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I sebesar 52,00%. Sedangkan Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II sebesar 100%. Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Prestasi Belajar Siswa
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTKP SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI T.A 2022/2023 Mei Yarni; Arianto Lahagu
Jurnal Edueco Vol. 6 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36277/edueco.v6i2.169

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMK Negeri 1 Gunungsitoli yang selama ini mengalami masalah dengan kurangnya pemanfaatan model pembelajaran yang telah ada dan hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi bisnis masih kriteria kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif gallery walk, dan mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Gunungsitoli, dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yang populasi penelitiannya adalah seluruh jumlah siswa kelas X OTKP yang terdiri dari tiga kelas. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian, persentase keberhasilan model pembelajaran kooperatif gallery walk berdasarkan observasi guru, yaitu sebesar 90,38% dan ketidakberhasilan yaitu 100% - 90,38% = 9,62%. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif gallery walk sudah sangat baik. Pada kelas X OTKP 1 rata – rata hasil posttest ialah 80,20 sedangkan pada kelas X OTKP 2 rata – rata nilai posttest ialah 65,00. Nilai signifikan (2-tailed) dan nilai t yaitu sebesar 0,000 dan -9,692. Karena 0,000 < 0,025 dan nilai t berada pada daerah penolakan Ho maka ada hubungan yang signifikan antara tes awal dan akhir pada kelas eksperimen serta Ha diterima.
Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara Meisti Ziliwu; Bezisokhi Laoli
Jurnal Edueco Vol. 6 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36277/edueco.v6i2.170

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara, yang selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah, bahan ajar yang digunakan kurang efektif dan pemanfaatan media pembelajaran yang kurang maksimal, yang membuat siswa merasa bosan dan tidak menyenangkan apalagi siswa harus duduk berjam-jam. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Inspire pada materi Pelaku Ekonomi, untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Insire, kelayakan, kepraktisan dan hasil belajar siswa. Hasil validasi materi oleh validator I pada media pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Inspire sebesar 95% dengan kriteria sangat layak, Hasil validasi materi oleh validator II pada media pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Inspire sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi bahasa pada media pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Inspire sebesar 96,4% dengan kriteria sangat layak, Hasil validasi desain media pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Inspire sebesar 95,4% dengan kriteria sangat layak. Kepraktisan media pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Inspire pada uji coba prodak I sebesar 79,8% dengan kriteria praktis, uji coba prodak II sebesar 93,55% dengan kriteria sangat praktis. Hasil belajar siswa pada media pembelajaran dengan ketuntasan belajar siswa 96%. Kata Kunci : Media Pembelajaran PowerPoint Berbasis Lectora Inspire, Hasil Belajar.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUHEMBERUA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Endang Zai; Bezisokhi Laoli
Jurnal Edueco Vol. 6 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36277/edueco.v6i2.171

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 2 Tuhemberua khususnya di kelas VIII-1, diketahui bahwa dalam pembelajaran guru belum menerapkan model pembelajaran active learning dan hasil belajar siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran active learning, dan (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran active learning di SMP Negeri 2 Tuhemberua tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), instrumen yang digunakan berupa lembar observasi guru, siswa, dan tes hasil belajar. Berdasarkan penelitian di lapangan maka ditemukan bahwa (1) Rata-rata hasil observasi untuk responden guru pada pelaksanaan siklus pertama dan kedua yaitu 71,58% dan 92,59%. (2) Berdasarkan hasil pengamatan untuk siswa pada siklus pertama dan kedua rata-rata sebesar 66,89% dan 83,86%. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran maka diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama yaitu 65,39, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 79,11. Sedangkan persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus pertama 63,63% dan pelaksanaan penelitian siklus kedua maka peneliti memperoleh persentase ketuntasan menjadi 86,36%. Dengan demikian maka peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Tuhemberua, khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata Kunci : Model Pembelajaran Active Learning, Hasil Belajar Siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA Jessika Zendrato; Bezisokhi Laoli
Jurnal Edueco Vol. 6 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36277/edueco.v6i2.172

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara, yang disebabkan karena kegiatan pembelajaran hanya didominasi oleh guru saja. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Probing Prompting dalam proses belajar mengajar (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan menerapkan model pembelajaran Probing Prompting.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) Lembar observasi guru dan siswa, (2) dokumentasi/ foto, (3) tes hasil belajar.Berdasarkan temuan peneliti dilapangan bahwa: (1) Rata-rata hasil lembar observasi guru siklus I yaitu 63,33%, dan observasi siklus II meningkat menjadi 90,83%. (2) Sedangkan hasil lembar observasi siswa pada siklus I rata-rata sebesar 50,96%, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,17%. Berdasarkan hasil evaluasi maka rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 69,80 dengan persentase ketuntasan sebesar 57,65%. Pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi rata-rata 86,05 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%, persentase tingkat penguasaan baik sekali. Hal ini telah mencapai target yang telah ditetapkan yakni 75%. Kata kunci : Probing Prompting dan Hasil Belajar
ANALISIS PROFESIONALITAS KERJA GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI JAMBI Refor Diansyah; Westi Afriati
Jurnal Edueco Vol. 6 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36277/edueco.v6i2.173

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Analisis Profesionalitas Kerja Guru Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena yang ada dan berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar Ekonomi di SMAN Titian Teras yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Milles and Huberman yaitu mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti kepada guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi dapat dikatakan profesional karena dilihat dari kinerjanya sehari-hari, guru mata pelajaran ekonomi sebaiknya dapat meningkatkan lagi profesionalitas kerjanya.
PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2021 Refor Diansyah; Rahmawati Rahmawati
Jurnal Edueco Vol. 6 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36277/edueco.v6i2.174

Abstract

Minat berwirausaha merupakan keinginan, ketertarikan, dan keyakinan yang diakui secara sadar oleh diri sendiri untuk melakukan tindakan kewirausahaan yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan hidup tanpa takut dengan resiko yang akan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Motivasi terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi angjatan 2020. 2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020. 3) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020. 4) Terdapat pengaruh peningkatan motivasi, lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi angjatan 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex – Post Facto. Pengujian analisis menggunakan uji normalitas, validitas, heterokedastisitas dan multikolinearitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara motivasi, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha.

Page 1 of 2 | Total Record : 18