cover
Contact Name
indah dwi sartika
Contact Email
indahdwisartika@radenfatah.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
raudhatulathfal@radenfatah.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 25812793     EISSN : 25812793     DOI : -
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a peer-reviewed journal which is published by PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Then, the articles will be sent to the Mitra Bebestari/ peer reviewer and will go to the next selection by Blind Preview Process. Publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on problems of early childhood, education, parenting, media, Islamic education, religion, humanities, and development (religion, social Emotional, physic, motoric, art, language, cognitive).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2020): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA RUBIK’S CUBE COLOR FULD TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN WARNA ANAK USIA DINI Mukhammad Nurdin Chamim
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2020): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v4i1.4428

Abstract

In this advancement is for creating a new learning media for early age children in order to know or to learn about color by using modified cube as the main media. The data collection is from the result of interview session and direct observation in academic class or in home domain. The researcher choose the idea, theme, concept, mind mapping, skecthing, design the wooden cube, coloring, until finalizing the design. The result of the advancement, overall can create a playroom for children that can be used for learning media. The media is deliberate in some ways there are the main media which is rubik cube color fold, with the addition or support by using folden paper like origami and sticker, and intersting case.
VOCABULARY MASTERY IN APPROACH OF MIND MAPPING (CASE STUDY IN GROUP B KINDERGARTEN OF PEMBINA SUKADANA EAST LAMPUNG) lia ricka pratama
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2020): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v4i1.5103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penguasaan kosakata dalam pembelajaran peta pikiran di kelompok B TK Pembina Sukadana Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis data menggunakan model penjodohan Campbell. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemerolehan kosakata anak berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan bermain, (2) proses berbagi kata anak dilakukan melalui pengalaman baik yang dimiliki anak dari luar pembelajaran maupun yang diperoleh anak ketika proses pembelajaran, (3) terjadi keragaman proses pemerolehan yang terdiri dari kata benda, kata kerja, kata keterangan, kata ganti dan kata sifat. Kata Kunci : kosakata, peta pikiran
ANALISIS MINAT ANALISIS MINAT SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA PALEMBANG TERHADAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI ahmad syarifuddin 1ahmad1
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2020): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v4i1.5215

Abstract

ANALISIS MINAT SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA PALEMBANG TERHADAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Drs.Ahmad Syarifudin,M.Pd.I, Kurnia Dewi, M.Pd, dan Hj. Sulastri, Lc, M.Pd.I Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Raden Fatah Palembang Email:niasaloveey@yahoo.com Analisis minat siswa Aliyah negeri (MAN) 1, 2 dan 3 kota Palembang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana ketertarikan siswa Aliyah negeri (MAN) 1, 2 dan 3 kota Palembang terhadap program studi pendidikan islam anak usia dini UIN raden fatah Palembang Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil wawancara kepada siswa Madrasah Aliyahh Negeri 1 Kota terdapat 6 orang orang siswa yang memiliki minat dan ketertarikan masuk Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, siswa Madrasah Aliyahh 2 Kota Palembang trdapat 10 orang siswa yang memiliki minat dan ketertarikan masuk Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dan hasil wawancara kepada siswa Madrasah Aliyahh Negeri 3 Kota terdapat 6 orang orang siswa yang memiliki minat dan ketertarikan masuk Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Maka peneliti menyimpulkan bahwa minat siswa Madrasah Aliyah 1, 2 dan 3 Kota Palembang terhadap Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini masih kurang. Kata kunci : Minat siswa Aliyah negeri, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
PROSES BERPIKIR KREATIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM KEGIATAN OUTBOUND Zahrina Amelia
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2020): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v4i1.5425

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pola dan data empiris mengenai proses berpikir kreatif anak usia 5-6 tahun dalam kegiatan outbound di Sekolah Alam Bintaro Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun di Sekolah Alam Bintaro, Tangerang Selatan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verivikasi/kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data dan member check. Temuan hasil penelitian menunjukkan pemerolehan proses berpikir kreatif anak usia 5-6 tahun pada kegiatan outbound di Sekolah Alam Bintaro yaitu: 1) Anak mengajukan pertanyaan dan mengeksplorasi dari beragam persfektif. 2) Anak berdisukusi (berargumentasi) dari informasi yang dimilikinya. 3) Anak mempersentasikan dan menguji ide yang dimilikinya. 4) Anak mengidentifikasi ide yang dimilikinya telah sempurna atau membutuhkan penyempurnaan. Hal tersebut juga didukung oleh guru dengan menyajikan masalah, membimbing dan mengawasi anak untuk bereksplorasi dan menemukan jawabannya. Implikasi dari penelitian ini adalah secara teoritis, proses berpikir kreatif dapat dilakukan di setiap sekolah melalui kegiatan yang memberikan ruang untuk anak menemukan idea tau jawabannya sendiri. Secara praktis proses berpikir kreatif akan berkembang dengan baik apabila terdapat dukungan dari guru dan lingkungan anak. Guru dapat menciptakan lingkungan yang kondusif dan lingkungan yang mendukung anak untuk menemukan ide-ide baru.
PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN PRACTICAL LIFE lidia oktamarina
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2020): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v4i1.5511

Abstract

AbstractThis study aims to know the process and result of the lesson to improve the discipline character through the practical life. This study is classroom action research which consisted of two cycles. This study used the adaptation of Kemmis and Taggart’s design which consisted of four stages inevery cycle: planning, action, observation, and reflection. The research subjects were 11 students of group B PAUD Tunas Harapan Muara enim. The data collection techniques were observation, interview, and documentation. The collected data were analyzed using descriptive qualitative and quantitative methods. The success indicator of this study was if the percentage of discipline character reached ≥71%. The research result shows that the discipline character after the use of practical life increases. Evidenced by an average understanding of discipline characterscore of 35 pre-intervention, then increased in the first cycle of the second cycle of 53 and 69,09.practical life can be a solution the increase of the discipline character of group B PAUD Tunas Harapan Muara enim. Keyword: Discipline character, Practical life, Early childhood education Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil karakter disiplin melalui practical life. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan adaptasi dari desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas empat tahap untuk setiap siklus, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 11 anak kelompok B PAUD Tunas Harapan Muara enim. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila persentase karakter disiplin anak mencapai≥71%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter disiplin melalui practical life dapat meningkat, dibuktikan dengan rata-rata skor karakter disiplin pada pra-intervensi sebesar 35, kemudian meningkat pada siklus kesatu sebesar 53 dan siklus kedua sebesar 69,09. practical life dapat menjadi solusi untuk meningkatkan karakter disiplin anak kelompok B PAUD Tunas Harapan Muara enim. Kata Kunci: Karakter disiplin, Practical life, Pendidikan anak usia dini
DAMPAK PENGASUHAN ORANGTUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI DI KECAMATAN INDRALAYA Elsa Cindrya
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2020): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v4i1.5990

Abstract

The study aims to determine the parenting Impact of parents in Indralaya subdistrict. There are three Early childhood research samples, which are determined using the purposive sampling technique. Research Data collected through observations, interviews and documentation as well as subject field Records researched. Data is then analyzed through three stages: data reduction, data display and withdrawal or verification Conclusions. From the analysis, Indralaya was found a variety of foster patterns, including democratic, authoritarian, and permissive. But most have permissive patterns, because the parents to give freedom to the child, so that the child becomes uncontrolled while playing. Child social Behavior in the district of Indralaya tends to behave in a role, characterized by having socially brave traits by always playing outdoors without parental Supervision. And the impact of foster pattern on social behavior, early childhood in His ward will often do things without control or like it. Keywords: parenting, authoritarian, Democratic, permissive, Social behavior The study aims to determine the parenting Impact of parents in Indralaya subdistrict. There are three Early childhood research samples, which are determined using the purposive sampling technique. Research Data collected through observations, interviews and documentation as well as subject field Records researched. Data is then analyzed through three stages: data reduction, data display and withdrawal or verification Conclusions. From the analysis, Indralaya was found a variety of foster patterns, including democratic, authoritarian, and permissive. But most have permissive patterns, because the parents to give freedom to the child, so that the child becomes uncontrolled while playing. Child social Behavior in the district of Indralaya tends to behave in a role, characterized by having socially brave traits by always playing outdoors without parental Supervision. And the impact of foster pattern on social behavior, early childhood in His ward will often do things without control or like it.

Page 1 of 1 | Total Record : 6