cover
Contact Name
Sela Marsela Gusman
Contact Email
sgusman@bundamulia.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
aheryjanto@bundamulia.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Journal of Business and Applied Management
  • business-applied-management
  • Website
ISSN : 19799543     EISSN : 26212752     DOI : -
Core Subject : Economy,
Journal of Business and Applied Management is an academic journal published twice annually (March-September) by Department of Management in Master Degree of Universitas Bunda Mulia.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2017)" : 7 Documents clear
FAKTOR – FAKTOR YANG MENENTUKAN PENINGKATAN BISNIS RITEL DI INDONESIA Rudy Santosa Sudirga
Journal of Business & Applied Management Vol 10, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.911 KB) | DOI: 10.30813/jbam.v10i02.933

Abstract

Penelitian dengan metode analisis faktor ini didasarkan pada faktor-faktor: peningkatan produk konsumenrumah tangga, peningkatan produk konsumen makanan dan minuman, peningkatan produk konsumenelektronik, peningkatan populasi Indonesia, peningkatan toko ritel di Indonesia. Faktor yang palingdominan bagi peningkatan bisnis ritel di Indonesia adalah faktor peningkatan belanja produk konsumenmakanan dan minuman dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 10,5% pada tahun 2016 -2020. Faktor kedua bagi peningkatan bisnis ritel di Indonesia adalah faktor peningkatan belanja produkkonsumen elektronik dengan tingkat pertumbuhan sebesar 9,7% pada tahun 2016 - 2020. Faktor ketigabagi peningkatan bisnis ritel di Indonesia adalah peningkatan populasi Indonesia dengan pertumbuhan1,3% setiap tahun.Kata kunci: produk makanan - minuman, elektronik, populasi Indonesia
HUTANG JANGKA PENDEK BAGI PERUSAHAAN TERTUTUP DI JABODETABEK Vina Christina Nugroho
Journal of Business & Applied Management Vol 10, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.525 KB) | DOI: 10.30813/jbam.v10i02.929

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi hutang jangkapendek pada perusahaan kecil yang tidak IPO. Penelitian ini juga mendeteksi apakah ada pengaruhkondisi perusahaan yang sedang mengalami tekanan finansial ataupun dalam kondisi stabil terhadaphutang jangka pendek pada perusahaan kecil tersebut.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalahlaporan keuangan perusahaan kecil (penjualan < Rp 150 Milyar dalam setahun). Terdapat 99 perusahaankecil yang tidak IPO yang berlokasi di Jabodetabek. Laporan keuangan perusahaan yang didapat adalahperiode tahun 2008 – 2011. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan faktor-faktoryang memengaruhi hutang jangka pendek pada dua kondisi perusahaan yang berbeda. Pada kondisiperusahaan dibawah tekanan finansial, peubah hutang jangka pendek periode sebelumnya dan peubahtingkat pertumbuhan (Growth) memiliki pengaruh signifikan terhadap hutang jangka pendek periode saatini. Pada kondisi perusahaan yang stabil atau Non Financial Distress, peubah hutang jangka pendekperiode sebelumnya , peubah tingkat pertumbuhan (Growth), dan peubah ukuran perusahaan (Size)berpengaruh signifikan terhadap hutang jangka pendek periode saat ini.Kata Kunci: Hutang Jangka Pendek, Perusahaan Tertutup
FAKTOR-FAKTOR TERPERSEPSI YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN KARTU TOL ELEKTRONIK Ratna Muljani Santosa; Michael Christian
Journal of Business & Applied Management Vol 10, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.926 KB) | DOI: 10.30813/jbam.v10i02.934

Abstract

Bulan Oktober 2017 merupakan titik awal diberlakukannya pembayaran non tunai melalui Kartu TolElektronik secara serentak di Indonesia. Tidak tangung-tanggung penggunaan pembayaran di jalan toldengan sistem ini dipercaya mencapai target 100% terimplementasi. Hal ini sebenarnya bukan hal barumengingat program Gerakan Nasional Non Tunai sudah dicetuskan sejak tahun 2014. Namun demikian,sebagai negara yang sedang menikmati perkembangan teknologi informasi ke arah digital, perananmetode pembayaran di ruas tol dengan kartu ini masih perlu dikaji tidak hanya dari segi manfaat yangdapat diberikan kepada masyarakat, namun juga pada dampak kemudahan penggunannya pada tiap ruastol. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh faktor terpersepsi bagi masyarakat yaitu manfaatdan kemudahan penggunaan terhadap penggunaan metode pembayaran tersebut. Dengan menggunakanSPSS 22.0, penelitian ini menjelaskan bahwa penggunaan Kartu Tol Elektronik dipengaruhi oleh faktormanfaat dan kemudahan dalam penggunaan. Penelitian ini menggunakan 73 responden sebagai penggunaKartu Tol Elektronik. Saran bagai penelitian selanjutnya adalah dapat lebih fokus dalam ruas gardu tolotomatis pada titik-titik dengan frekuensi tinggi. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan konsistensi faktormanfaat dan kemudahan penggunaan bagi para pengguna. Selain itu, sosialisasi cara penggunaan dirasapenting untuk digalakkan pemerinta dalam suksesi Gerakan Nasional Non Tunai.Kata kunci: kartu, elektronik, tol, manfaat, kemudahan
PENGARUH FAKTOR PERILAKU PADA KELOMPOK MILLINEAL TERHADAP KEINGINAN UNTUK BERWIRAUSAHA Michael Christian
Journal of Business & Applied Management Vol 10, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.364 KB) | DOI: 10.30813/jbam.v10i02.930

Abstract

Pemerintah Indonesia mendorong untuk peningkatan jumlah wirausahawan, salah satunya melaluiGerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) sejak enam tahun lalu. Penelitian ini bertujuan untukmenjelaskan pengaruh perilaku dan karakter terhadap keinginan untuk berwirausaha pada kelompokmillenial. Sebanyak 53 sampel dengan karakter kelompok millenial yang belum berwirausaha digunakandan diolah dengan menggunakan SMART PLS 3. Penelitian ini menjelaskan bahwa keinginan untukberwirausaha pada kelompok millenial dipengaruhi oleh perilaku dan karakter kelompok tersebut, namunkarakter tidak dipengaruhi oleh perilaku. Keterbatasan pada penelitian ini adalah tidak mengikutsertakanfaktor karakter dari gaya menjalankan usaha yang dapat memperkuat penjelasan mengenai keterkaitannyadengan keinginan untuk berwirausaha. Faktor ukuran sampel juga dapat menjadi pertimbanganselanjutnya. Penekanan saran pada penelitian ini adalah perlu ditingkatkannya peran serta insitusipendidikan dan individu dalam pembentukan karakter untuk berwirausaha khususnya keberanian dalambertindak dan mengambil risiko dengan mengikuti pelatihan dan komunitas baik dalam skala kecilmaupun dengan pembiayaan pemerintah.Kata kunci: perilaku, keputusan, kewirausahaan, millenial
PENGARUH KEPUASAN GAJI, PENGEMBANGAN KARIR GURU TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI PENGUBAH PENGANTARA Suryatiningsih Suryatiningsih; Tonny Hendratono
Journal of Business & Applied Management Vol 10, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.154 KB) | DOI: 10.30813/jbam.v10i02.935

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kepuasan Gaji (X1) dan Pengembangan Karir(X2), terhadap Kepuasan Kerja (Y1) dan Komitmen pada Organisasi (Y2) pada guru Sekolah MenengahPertama (SMP) swasta di kota Tangerang. Alasan yang mendasari penelitian ini yaitu munculnyaresearch problem yakni penurunan jumlah guru, padahal disaat yang bersamaan terjadi penambahanjumlah sekolah, sehingga meningkatkan rasio guru-murid di kota Tangerang pada periode 2009 sampaidengan 2011. Permasalahan tersebut menunjukkan menurunnya kepuasan kerja yang berdampakrendahnya komitmen guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta di kota Tangerang padaorganisasinya. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melaluikuesioner, literatur, jurnal, dan sumber–sumber yang mendukung. Sampel dalam penelitian ini sejumlah155 responden dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan SEMdengan program Lisrel versi 8.80. Hasil Confirmatory Factor Analysis (CFA) dari peubah-peubah yangdilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bukti baik. Sedangkan hasil analisa Goodness of Fitmenunjukkan sebagian besar uji kelayakan model sesuai dengan indikator standar kecocokan, sehinggadapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan mempunyai Goodness of Fit baik dan model dapatditerima. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) kepuasan gaji mempengaruhi secara signifikan danpositif terhadap komitmen pada organisasi; (2) kepuasan gaji mempengaruhi secara signifikan dan positifterhadap kepuasan kerja; (3) pengembangan karir tidak mempengaruhi secara signifikan dan negatifterhadap komitmen pada organisasi; (4) pengembangan karir mempengaruhi secara signifikan dan positifterhadap kepuasan kerja; dan (5) kepuasan kerja mempengaruhi secara signifikan dan positif terhadapkomitmen pada organisasi.Kata Kunci: Gaji, Pengembangan Karir, Kepuasan Kerja, Komitmen.
TRANSFORMASI MODEL BISNIS GO-JEK UNTUK KEUNGGULAN-KOMPETITIF DALAM PERKEMBANGAN EKONOMI-BERBAGI DARI SUDUT PANDANG PELANGGAN Berta Salim; John J.O.I. Ihalauw
Journal of Business & Applied Management Vol 10, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.834 KB) | DOI: 10.30813/jbam.v10i02.931

Abstract

Saat ini Go-jek adalah aplikasi untuk banyak layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhtransformasi model bisnis Go-jek untuk melestarikan keunggulan-kompetitif perusahaan dalamperkembangan ekonomi-berbagi dari sudut pandang pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwatransformasi model bisnis Go-jek dari hanya ojek daring menjadi aplikasi dengan banyak layananmengubah konsep bisnis Go-jek, yang nilai tambah yang dirasakan oleh pelanggan dan hal ini efektifmelestarikan keunggulan-kompetitif Go-jek dan memperkuat posisi Go-jek dalam perkembanganekonomi-berbagi.Kata Kunci: model bisnis, keunggulan kompetitif, ekonomi-berbagi
STOCK RETURN AND TRADING VOLUME IN LQ45 INDEX Clara Constantine; Kim Sung Suk
Journal of Business & Applied Management Vol 10, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (761.744 KB) | DOI: 10.30813/jbam.v10i02.932

Abstract

Penelitian ini berfokus hubungan antara return dan volume perdagangan dengan data harian perusahaan diLQ45. Model GARCH Bivariat digunakan untuk mengamati hubungan antara return dan volumeperdagangan. Untuk mengetahui hubungan lebih lanjut antar variabel tersebut, digunakan pendekatantime lag correlation. Untuk verifikasi hubungan tersebut, datanya dibagi menjadi dua kelompokberdasarkan ukuran volume perdagangan dan ukuran perusahaan. Hasilnya menunjukkan bahwakelompok volume perdagangan hanya menyebabkan Granger kausal ke volume perdangangan, tetapisebaliknya tidak. Sementara pada kelompok ukuran perusahaan, masing-masing menunjukkan hasil yangberbeda. Pada ukuran perusahaan kecil dan menengah, return dan volume mempunyai dua arah (bilateral)Granger kausal. Namun, tidak ditemukan hubungan kausal bagi ukuran perusahaan besar. Semuakelompok ukuran volume dan kelompok ukuran perusahaan menunjukkan korelasi lag waktu positif,sehingga terdapat efek anti-leverage.Kata kunci: return, volume perdagangan, Bivariat GARCH

Page 1 of 1 | Total Record : 7