cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Communications
ISSN : -     EISSN : 26848392     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Communications publishes research articles from various topics in communication sciences. The journal is an interdisciplinary space that accommodates this research related to communication science; which includes, but is not limited to, interpersonal communication, mass communication, advertising, communication business, media studies, and beyond. Communications strives to serve as a major vehicle for the exchange of ideas and research among communication scholars.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2023): Communications" : 7 Documents clear
Studi Literatur Kompetensi Komunikasi di Bidang Manajemen Hugo Fostin Hokianto
Communications Vol 5 No 1 (2023): Communications
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This research is aimed to review competency communication as a relevant research subject used for management study, by recapitulating theories and previous researches related to the variable in order to gain an understanding and its development toward the subject. This paper uses literature review as its research methodology, using of total 17 books and 13 scientific articles (3 of which is a final assignment) to compose this paper. Results of this paper shares the definitive definition of competence communication, as an individual’s communication mastery and experience towards other person efficiently and effectively to achieve everyone’s goals; describing the characteristics that supports the definition, with the basis of Spiztberg and Cupach’s opinion, then Trenholm & Jensen deiatiling the characterisics, and using the Regulation of the Minister of State Apparatus Empowerment and Bureaucratic Reform Number 38 of 2017 to applying it in the government in practice; checking the indicators used as previous researches measurements, by looking at Wiemann, Payne, Shockley & Zalabak, dan Sriussadaporn-Charoenngam & Jablin’s indicators; and reviewing competence communication as a research variable related to previous researches, consisting of leadership styles, performance, work satisfaction, and self-efficacy, with training and organizational culture as a potential research variable to reviewed with competence communication. ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk meninjau kembali kompetensi komunikasi sebagai subjek penelitian yang relevan digunakan di studi manajemen, dengan mengikhtisarkan teori-teori dan penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan variabel tersebut untuk mencapai pemahaman dalam perkembangan tentang subjek tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan sebagai metode penelitian, dengan jumlah 17 buku dan 13 artikel ilmiah (3 diantaranya terdiri dari 2 Tesis dan 1 Skripsi) digunakan untuk menyusun penelitian ini. Hasil penelitian ini memaparkan definisi yang dapat menyimpulkan maksud dari kompetensi komunikasi, yaitu penguasaan dan pengalaman seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain secara efektif sehingga tercapai tujuan yang ingin dicapai oleh semua pihak; menjelaskan karakteristik-karakteristik yang mendukung definisi tersebut, dengan mendasarinya dari pendapat Spitzberg dan Cupach, kemudian dijelaskan lebih lanjut oleh Trenholm dan Jensen, serta menggunakan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2017 untuk melihat praktiknya dalam segi pemerintah; melihat pengukuran-pengukuran yang telah dilakukan dalam penelitian-penelitian terdahulu, dengan melihat indikator-indikator milik Wiemann, Payne, Shockley & Zalabak, dan Sriussadaporn-Charoenngam & Jablin; dan mengkaji kompetensi komunikasi sebagai variabel penelitian yang disebutkan oleh penelitian sebelumnya, termasuk gaya kepemimpinan, kinerja, kepuasan kerja, dan efikasi diri sebagai variabel yang telah diteliti sebelumnya, dan pelatihan dan budaya organisasi sebagai variabel penelitian berpotensi untuk diteliti bersama dengan kompetensi komunikasi.
Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Lirik Lagu “Aisyah Istri Rasulullah” Syakir Daulay Rahmat Pike Pirnanda Nanda
Communications Vol 5 No 1 (2023): Communications
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is motivated by the presence of a cover single entitled Religion, a song performed by a singer and actor from Aceh, entitled "Aisyah Istri Rasulullah" has topped and became trending on Youtube. The song he sings contains a certain message, one of the messages is the value of love in the household. In this research, the main theory used is Roland Barthes' semiotic theory. The method used in this research is a qualitative method with a descriptive interpretive approach. This article will review the romance of love in the household contained in the lyrics of the song. This allows the listening audience to receive messages in the form of the values ​​of love and romance in the household, which will then be transmitted from generation to generation to the next generation. In mythology, there are many ways a married couple expresses their affection in their household in their daily life. This expression of feelings is the fruit of a person's love for his partner.
KOMUNIKASI KEBENCANAAN : PERAN DAN MANFAAT PADA MITIGASI Muhammad Hilmy Aziz
Communications Vol 5 No 1 (2023): Communications
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Upaya mitigasi sangat penting untuk dilakukan di daerah rawan bencana salah satunya adalah dalam bantuk pengembangan komunikasi kebencanaan yang efektif. Mempersiapkan masyarakat di daerah rawan bencana tentu harus senantiasa dilakukan. Informasi yang memadai menjadi hal utama yang dibutuhkan di daerah dengan potensi bencana selain daripada pelatihan dan internalisasi kebiasaan menghadapi situasi bencana yang dilakukan secara berkelanjutan. Komunikasi kebencanaan yang optimalisasi menghasilkan kebermanfaatkan komunikasi dalam rangka mitigasi bencana. Pada penlitian ini memfokuskan pada peran serta manfaat komunikasi kebencanaan di dalam upaya mitigasi bencana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi pengembangan dari Francis & Baldesari (2006) yaitu meta-sintesis sebagai metode systematic review kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran serta manfaat komunikasi kebencanaan dalam mitigasi memiliki pengaruh yang sangat signifikan. Beberapa diantaranya peran komunikasi kebencanaan dalam rangka mitigasi dapat memberikan rule atau pedoman kepada masyarakat. Pada penjelasan lain diartikan sebagai life course. Dalam tataran manfaat komunikasi kebencanaan memiliki beberapa aspek yang dapat menginternalisasi masyarakat secara holistik. Hal tersebut diantaranya seperti dapat mengubah sikap (to change the attitude), dapat mengubah opini atau pendapat atau pandangan (to change the opinion), dapat mengubah perilaku (to change the behavior), dan dapat mengubah masyarakat (to change the society).
Peran Humas LKBN ANTARA dalam Menjalin Hubungan Antar Budaya Melalui Program Pelatihan UMKM di Sembalun Shakilah Faliha; Muhammad Ferdiansyah; Dini Safitri
Communications Vol 5 No 1 (2023): Communications
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fungsi public relation adalah menjadi jembatan informasi dari perusahaan kepada khalayak maupun sebaliknya, untuk mengetahui apa saja harapan khalayak kepada perusahaan baik eksternal maupun internal. Salah satu cara berkomunikasi denga masyarakat eksternal perusahaan yakni melalui program besar dalam membantu menyelesaikan permasalahan lingkungan di sekitarnya atau biasa disebut dengan TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan). Program TJSL merupakan program yang bisa menjadi dasar dalam menjalin hubungan yang baik dari perusahaan kepada masyarakat di sekitarnya. Kegiatan ini juga terkadang disebut sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) yang hadir sebagai program pemberdayaan khalayak di sekitar yang harus dilakukan oleh seorang public relations. Salah satu contoh program TJSL yakni adalah Program pelatihan UMKM di Sembalun, Lombok Timur, yang diselenggarakan oleh LKBN (Lembaga Kantor Berita Nasional) dengan tujuan guna menyejahterakan masyarakat Sembalun sebagai kota wisata terutama mereka yang hidup dari usaha kecil. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses komunikasi antara LKBN Antara dengan masyarakat di Sembalun, peneliti menggunakan metode Metode kualitatif yakni wawancara mendalam, serta IPPAR Model yang juga digunakan untuk mengetahui komponen etnography public realtions yang dilakukan oleh public relation LKBN Antara saat melakukan program pelatihan tersebut. Hasil yang ditemukan peneliti mengungkapkan bahwa public relation LKBN Antara menyesuaikan materi pelatihan dengan latar belakang budaya khalayak sasaran, sehingga sasaran merasa terbantu dengan pelatihan ini.
KOMUNIKASI DALAM LINGKUNGAN PEMBELAJARAN ONLINE: SEBUAH STUDI BIBLIOMETRIK Asep Nuryadin
Communications Vol 5 No 1 (2023): Communications
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to conduct a bibliometric analysis of articles related to communication in an online learning environment. The Publish or Perish application was used to collect data on articles published in 2012-2022 in Google Scholar-indexed journals. Then, the data were processed using Microsoft Excel and VOSViewer applications. The first finding in this study was that of the 242 identified articles, the number of articles published fluctuated between 2012-2019 before continuing to increase from 2020 to 2022. This increase was also in line with the COVID-19 pandemic, which forced educational institutions to choose online learning as the main model of organizing learning. Second, of the 20 articles with the most citations, two concepts often related to communication in an online learning environment were collaboration and satisfaction with learning. Third, of the 118 terms distributed into 10 clusters, some of the terms that appeared most frequently besides those related to communication and learning were COVID, pandemic, and student. Fourth, the most recent term was child, which indicated that there were at least three publications related to this term, followed by other terms such as mathematical communication, online learning communication, online teaching, communication strategy, college, virtual education, lecturer, pandemic, and online. learning process. Based on these findings, the researcher provides several recommendations.
MEMAHAMI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA Ahmad Khairul Nuzuli
Communications Vol 5 No 1 (2023): Communications
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Facebook adalah salah satu aplikasi media sosial yang sangat banyak diminati. Facebook menawarkan berbagai fitur seperti status, foto, video, stories, bahkan marketplace dengan sesame penggunanya. Kecenderungan untuk tampil di media sosial sekarang Facebook banyak di isi oleh ibu rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mahamai bagaimana penggunaan Facebook di kalangan ibu rumah tangga di Desa Sungai Liuk, Kecamatan Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 3 orangibu rumah tangga. Hasil penelittian menujukkan bahwa pada umumnya Ibu Rumah Tangga di Desa Sungai Luik menggunakan Facebook sebagai wadah penunjang pekerjaan dan ekonomi keluarga,pengisi waktu luang dan hiburan, media hubung silaturahmi, media mencari informasi. Klasifikasi waktu penggunaan media sosial pada ibu rumah tangga dominan sekitar pukul 15.00 s/d 18.00, pada umunya ibu rumah tangga di Desa Sungai Luik rendahnya literasi dalam hal bijak bemedia sosial dan tidak semua fitur facebook digunakan.
PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN SOCIAL MEDIA INSTAGRAM @NPUREOFFICIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NPURE Remares Rizqia Luthfiana
Communications Vol 5 No 1 (2023): Communications
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi memungkinkan manusia untuk berkomunikasi, berinteraksi, bekerjasama, berbagi, dan membentuk ikatan sosial, sehingga untuk menghadapi persaingan bisnis di tengah perkembangan teknologi, penggunaan brand ambassador dan social media menjadi strategi pemasaran yang efektif dalam promosi dan menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Brand ambassador Npure Afgansyah Reza dan Isyana Sarasvati merupakan media yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi serta terhubung dengan publik dengan harapan penjualan akan meningkat dengan promosi memanfaatkan popularitas brand ambassador, ketika brand ambassador menggunakan produk, atau memberikan informasi melalui social media. Social media Instagram @npureofficial digunakan sebagai referensi sumber informasi terkait produk Npure sehingga akan menimbulkan ketertarikan untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dan teori yang relevan dengan penelitian ini adalah teori Stimulus-Organism-Response. Objek yang digunakan adalah brand ambassador Npure yaitu Afgansyah Reza dan Isyana Sarasvati serta social media Instagram @npureofficial. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang berasal dari followers akun instagram @npureofficial. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda, kemudian dilakukan uji t dan uji f serta koefisien determinasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa brand ambassador dan social media terbukti secara parsial dan simultan dapat meningkatkan keputusan pembelian produk Npure. Pengaruh yang diberikan oleh brand ambassador dan social media sebesar 61,3% dan sisanya 38,7% merupakan konstribusi dari variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 7