cover
Contact Name
Henny
Contact Email
henny@fe.untar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jmieb@untar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 25796224     EISSN : 25796232     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Muara diterbitkan dalam rangka mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di tingkat Nasional. Jurnal Muara ini juga dapat menjadi wadah publikasi bagi para mahasiswa (S1, S2 maupun S3) dan dosen di lingkungan perguruan tinggi.
Arjuna Subject : -
Articles 272 Documents
Daftar isi JMIEB vol 6 No 1
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Daftar isi JMIEB vol 6 No 1
PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA UMKM MAKANAN KHAS JAMBI
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmieb.v6i1.13357

Abstract

Sejalan dengan program pembangunan berkelanjutan, keberadaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) turut berkontribusi pada peningkatan pendapatan nasional melalui pengembangan ekonomi lokal serta penyediaan lapangan kerja. Salah satu jenis UMKM di Kota Jambi adalah makanan lokal atau kuliner yang turut berkontribusi dalam pelestarian makanan tradisional. Seiring pandemic Covid-19 sektor ini menghadapi kendala dalam pencapaian kinerja sehingga dilakukan studi terkait dengan tiga aspek yaitu orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan media sosial. Secara spesifik tujuan penelitian untuk memahami respon pelaku UMKM dalam pengelolaan pasarnya, persepsi terhadap proaktif, inovasi dan pengambilan risiko serta tanggapan pelaku UMKM terhadap peran media sosial untuk mendorong kinerja usaha. Untuk itu, didesain riset deskriptif dan kuantitatif dengan melibatkan 75 pelaku UMKM sektor kuliner dengan teknik pemilihan sampel secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google forms kepada responden. Pengolahan data menggunakan Smart-PLS 3.0 dengan hasil menunjukan bahwa semua indikator dalam kondisi valid serta reliabel sementara itu hasil pengujian hipotesis hanya menunjukan satu variabel yang signifikan. Variabel media sosial memiliki pengaruh signifikan 5% terhadap kinerja usaha sehingga hasil ini menggambarkan pentingnya media sosial dalam perkembangan UMKM di masa pandemic. Hasil ini sebagai informasi bagi Pemerintah Daerah Kota Jambi dalam mendorong eksistensi UMKM serta mewujudkan kewirausahaan makanan lokal secara berkelanjutan di kota Jambi. In line with the sustainable development program, the existence of micro, small and medium enterprises (MSMEs) also contributes to increasing national income through local economic development and providing employment opportunities. One type of UMKM in Jambi City is local food or culinary that contributes to the preservation of traditional food. Along with the Covid-19 pandemic, this sector faces obstacles in achieving performance, so studies related to three aspects are carried out, namely market orientation, entrepreneurial orientation, and social media. Specifically, the research objective is to understand the response of MSME actors in managing their market, perceptions of being proactive, innovation, and risk-taking, and the response of MSME actors to the role of social media to encourage business performance. For this reason, descriptive and quantitative research was designed by involving 75 SMEs in the culinary sector with a purposive sampling technique for selecting samples. Data collection using questionnaires distributed via google forms to respondents. Data processing uses Smart-PLS 3.0 with the results showing that all indicators are valid and reliable while the results of hypothesis testing only show one significant variable. Social media variables have a significant influence of 5% on business performance so that these results illustrate the importance of social media in the development of MSMEs during the pandemic. These results serve as information for the Regional Government of Jambi City is encouraging the existence of MSMEs and realizing sustainable local food entrepreneurship in the city of Jambi
Kata Pengantar JMIEB Vol 6 No 1
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kata Pengantar JMIEB Vol 6 No 1
TAHAPAN PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS LO.KA.SI COFFEE AND SPACE SEBAGAI CO-WORKING SPACE
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmieb.v6i1.18067

Abstract

Pertumbuhan co-working space yang semakin waktu semakin cepat mengaharuskan pelaku usaha co-working space untuk membangun brand awareness. Lo.Ka.Si Coffee and Space sebagai tempat yang menyediakan layanan café beserta co-working space masih belum dapat membangun brand awareness co-working space yang dimilikinya dengan baik. Hal ini membuat peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Tahapan Pembentukan Brand Awareness Lo.Ka.Si Coffee and Space sebagai Co-working Space”, yaitu sebuah penelitian deskriptif denga jenis data kualitatif yang berfokus untuk mengetahui tahapan pembentukan brand awareness co-working space yang dilakukan oleh Lo.Ka.Si Coffee and Space. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Lo.Ka.Si Coffee and Space menarik perhatian dari konsumen kepada co-working space yang dimilikinya ,(2) Bagaimana Lo.Ka.Si Coffee and Space membangun pemahaman dari konsumen kepada co-working space yang dimilikinya, dan (3) Bagaimana Lo.Ka.Si Coffee and Space menciptakan daya ingat dari konsumen kepada co-working space yang dimilikinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi partisipasi moderat, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Lo.Ka.Si Coffee and Space menarik perhatian konsumen terhadap co-working space melalui media sosial Instagram, penyelenggaraan acara, dan community partnership, (2) Lo.Ka.Si Coffee and Space membangun pemahaman dari konsumen terhadap co-working space dengan patuh menggunakan guidelines dalam mengunggah konten ke Instagram, penyelenggaraan acara dengan berbagai macam tema secara rutin, dan membangun pengalaman serta makna eat, connect, share, and explore, dan (3) Lo.Ka.Si Coffee and Space menciptakan daya ingat dari konsumen terhadap co-working space dengan membangun citra yang baik dan memenuhi kepuasan konsumen. The growth of co-working spaces, which is getting faster and faster, requires co-working space entrepreneurs to build brand awareness. Lo.Ka.Si Coffee and Space as a place that provides café services along with co-working spaces has not been able to build brand awareness of its co-working space properly. This led the researcher to conduct a research entitled "Stages in Establishing Brand Awareness of Lo.Ka.Si Coffee and Space as Co-working Space", which is a descriptive study using qualitative data that focuses on identifying the stages of establishing brand awareness of co-working space carried out by Lo.Ka.Si Coffee and Space. This study aims to determine (1) How Lo.Ka.Si Coffee and Space attracts attention from consumers to its co-working space, (2) How Lo.Ka.Si Coffee and Space builds understanding from consumers to co-working spaces owned, and (3) How Lo.Ka.Si Coffee and Space creates memory from consumers to the co-working space it owns. Data collection techniques used include moderate participation observation, in-depth interviews, and literature study. The data validity technique used source triangulation. The results of this study reveal that: (1) Lo.Ka.Si Coffee and Space attracts consumer attention to co-working space through social media Instagram, organizing events, and community partnerships, (2) Lo.Ka.Si Coffee and Space builds Consumers' understanding of co-working spaces adhering to the guidelines for uploading content to Instagram, organizing events with various themes on a regular basis, and building experiences and the meaning of eat, connect, share, and explore, and (3) Lo.Ka.Si Coffee and Space creates the memory of consumers on co-working spaces by building a good image and fulfilling customer satisfaction.
ANALISIS KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP RETURN SAHAM PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN INDONESIA PADA PERIODE 2010-2016 Septaulia, Dinda Makhsya
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmieb.v2i1.1324

Abstract

Sejak CSR menjadi pusat perhatian dalam beberapa dekade terakhir, masyarakat maupun investor mengharapkan shareholders untuk bertindak lebih beretika dan socially responsible terhadap lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah dengan melakukan pengungkapan atas corporate social responsibility akan memberikan pengaruh terhadap return saham dari perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode data panel, dengan data dari perusahaan tambang Indonesia yang telah mempublikasikan laporan keuangan dan/atau laporan keberlangsungan mulai dari tahun 2010 hingga tahun 2016. Sehingga jumlah observasi penelitian adalah 126 data. Dengan variable independen CSR disclosure, cash flow growth dan return on assets dari tiap perusahaan, semua variable ini diharapkan mampu menjelaskan apa pengaruhnya terhadap return saham pada sampel perusahaan yang digunakan dalam penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa CSR disclosure, cash flow growth dan return on assets perusahaan tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap return saham.
PENGARUH PENGELUARAN per MAHASISWA, MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK Nainggolan, Romauli
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmieb.v1i1.409

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengeluaran per mahasiswa, motivasi belajar dan tingkat kecerdasan spiritual terhadap indeks prestasi mahasiswa Manajemen Universitas CIputra. Hal ini disebabkan fenomena yang terjadi yaitu rendahnya indeks prestasi mahasiswa justru terjadi dikalangan mahasiswa yang mempunyai biaya pengeluaran hidup yang lebih tinggi. Karena fenomena ditemukan mahasiswa status ekonomi tinggi mempunyai peningkatan IPK dibawah mahasiswa status ekonomi lemah, maka peneliti bertujuan untuk mengamati pengaruh pengeluaran tiap mahasiswa, tingkat motivasi dan tingkat kecerdasan spiritual mahasiswa terhadap indeks prestasi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober – Februari 2017 dan jumlah populasi mahasiswa manjemen sebanyak 1.308 mahasiswa. Model Analisis pada penelitian ini adalah model Regresi logistik. Sample sebanyak 86 responden dengan metode pengambilan purposive sampling dengan instrument angket dan pengolahan data dengan program SPPS. Dari analisis deskriptif dan statistic diperoleh hasil bahwa indeks prestasi mahasiswa Manajemen UC berada pada kategori menurun dan sangat menurun bukan dipengaruhi oleh pengeluaran per mahasiswa, tingkat motivasi belajar dan kecerdasan spiritual. Karena ke -3 variabel ini hanya 3, 6% memberi efek kepada indeks prestasi belajar, sisanya dipengaruhi oleh factor lain. Implikasinya adalah para dosen dan orangtua mahasiswa harus tetap memberikan dukungan materi, motivasi dan dukungan spiritual kepada mahasiswa untuk menhindari indeks prestasi yang menurun.Kata Kunci: Pengeluaran mahasiswa, Motivasi belajar, Kecerdasan spiritual, Indeks prestasi.
PERAN INOVASI DAN PENGUATAN DAYA SAING BISNIS DENGAN PENERAPAN LEAN SIX-SIGMA CONCEPT Supriyanto, Hari
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmieb.v2i2.1698

Abstract

ABSTRACTThe dynamics and development of the global economy can give a positive signal to the importance of improvement on empowerment and product competitiveness in the market. It takes well thought plan to build competitive advantage, which is the basis for increasing production and business competitiveness. Increasing production is a series of activities to shape productivity. If one production activity experiences failure, it will affect the quality and production capacity. Failure is usually indicated by waste / excess that appears along the value stream. There is a high indication of defect exceeding 10% in sorting and packaging process. The main problem is the presence of waste / excess which results in a decrease in quality and production capacity. This paper will identify the waste that occurs in the production process, look for the root causes of the waste, and build alternative remedial solutions. Creative thinking is required to increase resource efficiency and business competitiveness in the market. The method used to solve the problem is Lean six-sigma. This concept traces the problem of inefficiency by finding nonvalue added activity from the emergence of waste along the value stream. The emergence of waste is further identified with root cause analisys (RCA) and failure mode and effects analysis (FMEA). The end result of FMEA is the risk priority number (RPN) which describes the priority over the risk mode for remedial. From the priority results, 3 improvement alternatives are designed, namely operator training, the making of SOP of production process, and quality control employee training. With the net present value (NPV) approach, a positive NPV value is obtained, meaning that the alternative is feasible to run. This alternative increases the sigma value from the initial sigma of 2.80 to 3.30. An increase in sigma value will indicate a decrease in the level of defect per million opportunities (DPMO), and resulting in a decrease in costs up to 20%. Keywords: Competitiveness, Competitive Advantage, Lean Six Sigma, RCA, FMEA, DPMOABSTRAKDinamika dan perkembangan ekonomi global dapat memberikan sinyal positif terhadap pentingnya peningkatan pemberdayaan dan daya saing produk di pasar. Dibutuhkan pemikiran untuk membangun keunggulan kompetitif, yang menjadi dasar bagi peningkatan produksi dan daya saing bisnis. Peningkatan produksi merupakan serangkaian aktifitas untuk membentuk produktifitas. Bila salah satu aktifitas produksi mengalami kegagalam maka akan berpengaruh pada kualitas dan kapasitas produksi. Kegagalan biasanya terindikasi dari waste/ pemborosan yang muncul di sepanjang value stream. Terdapat indikasi defect yang tinggi melebihi 10% di sortir dan packaging process. Permasalahan utama adalah adanya waste/ pemborosan yang mengakibatkan penurunan kualitas dan kapasitas produksi. Paper ini akan mengidentifikasi waste yang terjadi di proses produksi, mencari akar penyebab terjadinya waste, dan membangun alternatif solusi perbaikan.  Diperlukan pemikiran kreatif untuk dapat menaikkan efisiensi sumber daya dan daya saing bisnis di pasar. Metoda yang dipakai untuk menyelesaikan permasalahan adalah Lean six-sigma. Konsep ini menelusuri permasalahan inefisiensi dengan cara mencari nonvalue added activity dari munculnya waste di sepanjang value stream.  Kemunculan waste selanjutnya diidentifikasi lebih dalam dengan root cause analisys (RCA) dan failure mode and effects analysis (FMEA). Hasil akhir dari FMEA adalah risk priority number (RPN) yang menggambarkan prioritas atas mode resiko untuk dilakukan perbaikan. Dari hasil prioritas dirancang 3 alternatif perbaikan yaitu pelatihan operator, pembuatan SOP proses produksi, dan pelatihan karyawan quality control.   Dengan pendekatan net present value (NPV), maka diperoleh nilai NPV yang positif, artinya alternatif tersebut adalah layak untuk dijalankan. Alternatif ini meningkatkan nilai sigma dari sigma awal sebesar 2,80 menjadi 3,30. Kenaikan nilai sigma akan memberi indikasi adanya penurunan tingkat defect per million opportunities (DPMO), dan berakibat pada penurunan biaya sampai 20%.  Kata kunci: daya saing, keunggulan kompetitif, Lean Six Sigma, RCA, FMEA, DPMO
OPSI SAHAM PADA PASAR MODAL DI INDONESIA (STUDI PASAR OPSI SAAT PASAR OPSI MASIH BERLANGSUNG DI BURSA EFEK INDONESIA) Dewi, Syanti; Ramli, Ishak
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmieb.v2i2.1001

Abstract

Stock option exchange market is not working anymore in the Indonesian Stock Exchange, using the data option exchange market for the running period 2007-2008, we analyzed the effect of stock price, strike price, time to maturity, volatility and risk- free interest rate on the stock option’s price of listed stock call or put option trading at the Indonesian Stock Exchange during 2007-2008. The results found that the stock price, strike price, time to maturity, volatility and risk-free interest rate are positive significantly affecting the stock option price either the buying option price or the selling option price in Indonesia Stock Exchange 2007-2008 period. While there were no variables that significantly affected the call option during the periode 2007-2008, furthermore stock prices and strike prices significantly affected the put option prices. Time to maturity, Volatility, and risk free interest rate did not significantly affect the put option prices.That is why the stock option exchange market stop since the investor were not sure to the stock option price versus the risk of the volatility, time to maturity, and riskfree rate.The stock options exchange market ceases to function at the Indonesia Stock Exchange, using the data option exchange market for the 2007-2008 period, we analyze the effect of stock prices, strike prices, maturity time, volatility and risk-free interest rates. at the price of stock options from the call of listed shares or put option trading on the Indonesia Stock Exchange during 2007-2008. The result found that the stock price, strike price, maturity, volatility and risk-free interest rates significantly and positively affect the price of stock options in either the purchase option price or selling option prices at the Indonesia Stock Exchange for the 2007-2008 period. While there are no variables that significantly affect call options during the 2007-2008 period, further stock prices and strike prices significantly affect the purchase option price. Time for maturity, volatility and risk-free interest rates do not significantly affect the put option price. That is the reason why the stock options exchange market ceases, because investors are unsure of stock option prices versus volatility risks, time until maturity, and risk free rates.Keywords : Stock Options, Share Price, Stock Options Price, Volatility.
PENGARUH PERINGKAT, LIKUIDITAS, KUPON DAN MATURITAS TERHADAP YIELD OBLIGASI PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2013-2014 Susanti, Neneng; Permana, Muhamad Ruri
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmieb.v1i1.400

Abstract

Pasar Modal adalah tempat transaksi jual beli saham dan obligasi yang betrujuan untuk mendapatkan return. Penelitian ini menggunakan peringkat, likuiditas, kupon, dan maturitas obligasi sebagai variabel independent dan yield obligasi sebagai variabel dependentnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari peringkat, likuiditas, kupon, dan maturitas terhadap yield obligasi dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada BEI periode 2013-2014. Obligasi sendiri ialah surat hutang yang diterbitkan oleh pemerintah ataupun perusahaan swasta kepada investor, dan dimana hutang tersebut harus dibayar pada jangka waktu yang ditentukan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada BEI periode 2013-2014 sebanyak 525 perusahaan setelah pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 25 perusahaan dengan 46 jenis obligasi yang terdaftar pada BEI periode 2013-2014 yang diolah dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 23. Penelitian ini memiliki hasil yang menunjukan bahwa secara simultan peringkat, likuiditas, kupon, dan maturitas berpengaruh positif secara signifikan terhadap yield obligasi sebesar 53,8% dan secara parsial kupon berpengaruh positif secara signifikan terhadap yield obligasi, sedangkan peringkat dan maturitas berpengaruh negatif secara signifikan terhadap yield obligasi lalu untuk variabel likuiditas memiliki hasil yang tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap yield obligasi.Kata Kunci: Yield Obligasi, Peringkat Obligasi, Likuiditas Obligasi, Kupon Obligasi, Maturitas Obligasi.
THE INFLUENCE OF POLICY IMPLEMENTATION ON THE EFFECTIVENESS OF ACCELERATION OF ELECTRONIC ID CARD RECORDING Reyta, Fitriani
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmieb.v2i2.1053

Abstract

The problem in this research is the ineffective yet the acceleration of electronic ID card recording. Based on the phenomenon, the researcher suspects that the problem is influenced by policy implementation variables. Based on these problems, the proposed problem is: "How Big is the Effect of Implementation of Local Government Policy on the Effectiveness of Accelerating the Recording of electronic ID card".The analysis of the research problem is done by using the theory of policy implementation of George C. Edwards III in Subarsono (2005: 90), based on the factors of policy implementation through the dimension of Communication, Resources, Executor Attitude and Structure of Bureaucracy. As for the effectiveness, variables used approach theory Mahmudi (2005: 92) adapted from Steers (1985: 53) consists of the achievement of goals, integration, and adaptation. Based on the theoretical approach, the proposed hypothesis is: "The magnitude of the influence of the implementation of local government policy on the effectiveness of accelerating the recording of electronic ID card in District X is determined by the implementation of communication factors, resources, executor attitude and bureaucracy structure".Methods in this research are explanatory survey method (explanatory survey method) while the source of data collection by using literature study and field study covering: questionnaire, observation, and interview. Sampling technique used is Simple Random Sampling. The data analysis technique used is linear regression analysis.Based on the results of data processing conducted obtained the results of research that shows a positive and significant relationship between the implementation of the policy on the Effectiveness of Acceleration of Electronic ID Card Recording in District X in Bandung. Thus the hypothesis proposed in this study was tested empirically. Keywords:      policy implementation, the effectiveness of electronic recording. The issue in this research is how ineffective the acceleration of electronic ID card recording is. Based on said phenomenon, the researcher suspects that the problem is influenced by policy implementation variable. Based on this issue, the proposed research question is: "How Significant the Effect of Implementation of Local Government Policy on the Effectiveness of Accelerating the Recording of Electronic ID Card is". The analysis of the research question was done using the theory of policy implementation by George C. Edwards III in Subarsono (2005: 90), based on the factors of policy implementation through the dimension of communication, resources, executor atti- tude and structure of bureaucracy. As for the effectiveness variable, the theoretical approach by Mahmudi (2005: 92) adapted from Steers (1985: 53) was used, consisting of the achievement of goals, integration, and adaptation. Based on the theoretical approach, the proposed hypothesis is: "The significance of the influence of the implemen- tation of local government policy on the effectiveness of accelerating the recording of electronic ID card in District X is determined by the implementation of communication, resources, executor attitude and bureaucracy structure factors". Methods used in this research are explanatory survey method, while data were collected through litera- ture study and field study covering: questionnaire, observation, and interview. Sampling technique used is Simple Random Sampling. The data analysis technique used is linear regression analysis. Based on the result of data processing conducted, research result obtained shows a positive and significant relationship between the imple- mentation of the policy and the Effectiveness of Acceleration of Electronic ID Card Recording in District X in Bandung. Thus the hypothesis proposed in this study has been proven empirically.Keywords : Policy Implementation, The Effectiveness of Electronic Recording.

Page 1 of 28 | Total Record : 272