cover
Contact Name
Wagino
Contact Email
ginouniska@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ginouniska@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Technologia: Jurnal Ilmiah
ISSN : 20866917     EISSN : 26568047     DOI : -
Core Subject : Science,
Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2019): TECHNOLOGIA (JANUARI)" : 10 Documents clear
PROTOYPE APLIKASI DATA SUMBER DAYA MANUSIA(SDM) UNTUK PENYEDIA LAYANAN JASA ASISTEN RUMAH TANGGA DI BANJARMASIN Rina Alfah
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 1 (2019): TECHNOLOGIA (JANUARI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.669 KB) | DOI: 10.31602/tji.v10i1.1753

Abstract

Untuk membantu mempermudah Penyedia layanan jasa Baby Sitter dalam mendata para calon BS (Baby Sitter ) dan ART (Asisten Rumah Tangga) maka perlu adanya sebuah sistem Komputer pada tempat tersebut. Untuk itu maka kami merancang sebuah aplikasi dengan menggunakan pemrograman power builder dan mysql ,sebuah aplikasi Data SDM Untuk penyedia layanan jasa Baby sitter dan asisten rumah tangga. Dengan ada nya aplikasi ini diharapkan jika ada permasalahan dari baby sitter ataupun asisten rumah tangga dengan orang yang memakai jasa mereka ,misalnya kasus kekerasan pada anak atau pencurian dirumah mereka , maka penyedia jasa bisa langsung mencari data lengkap personal yang bersangkutan dengan cepat. Selain itu aplikasi ini mencakup data pribadi/personal (curriculum vitae), penilaian kerja , dan data transaksi penggajihan untuk BS dan ART setiap bulannya. Keywords: Aplikasi, Baby Sitter, MySQL, Power Builder, Transaksi
APLIKASI RENTAL MOBIL DENGAN FITUR PELACAKAN GPS PADA CV. RAHAYU RENTAL KM 4.5 BANJARMASIN BERBASIS WEB Muhammad Riyan; Andie Andie; Muhammad Amin
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 1 (2019): TECHNOLOGIA (JANUARI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.561 KB) | DOI: 10.31602/tji.v10i1.1749

Abstract

CV. Rahayu Rental adalah suatu rental mobil yang berada di banjarmasin. Rental ini menyediakan pelayanan berupa sewa mobil harian, mingguan, bulanan bahkan bisa sampai tahunan. CV. Rahayu Rental beralamat di Jl. A. Yani Km. 4,5 Banjarmasin. Didalam usaha ini, masih banyak permasalahan yang terjadi pada bagian administrasi, yaitu pada proses pencatatan pemesanan sewa mobil yang memakan banyak waktu karena masih di catat melalui aplikasi desktop seperti Microsoft Office. Permasalahan juga terjadi pada saat pelanggan melakukan pemesanan melalui telepon, karena costumer tidak bisa melihat gambar mobil yang akan disewa. Proses pengolahan data dan pembuatan laporan yang terjadi di Rahayu Rental saat ini masih menggunakan pengolahan data yang bersifat pencatatan dalam bentuk pembukuan. Dengan semakin banyaknya jumlah produk dan transaksi yang terjadi setiap hari, cara tersebut ternyata menyulitkan perusahaan dalam proses pencarian data sehingga menyebabkan terjadinya keterlambatan bahkan kesalahan dalam mendapatkan informasi yang diinginkan. Juga pada masalah keamanan mobil rental, dengan tidak adanya sistem pelacakan maka mobil tidak dapat termonitor posisi sedang dimana, dan itu tentu dapat merugikan perusahaan jika terjadinya pencurian. Dengan beberapa permasalahan di atas, maka perlu dibuat aplikasi rental mobil dan dilengkapi pelacakaan GPS pada CV. Rahayu Rental sehingga dapat mempermudah dan memaksimalkan kinerja para pegawai, dan mengurangi resiko kerugian pada akhirnya penerapan aplikasi yang dianalisa pada penelitian ini diharapkan mendukung proses informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Model rekayasa perangkat lunak dengan metode Waterfall yang digunakan pada penelitian ini, berhasil mempermudah analisa perancangan sistem sesuai dengan tujuan penelitian. Keyword: aplikasi, GPS, rental, sewa, web
APLIKASI KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE EPIDEMIOLOGI SKRINING TES UNTUK KARYAWAN CV.ANNISA Jauhari Maulani
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 1 (2019): TECHNOLOGIA (JANUARI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.127 KB) | DOI: 10.31602/tji.v10i1.1759

Abstract

Keterangan berbadan sehat juga menjadi salah satu prasyarat sebagai karyawan pada perusahaan CV. Annisa, yang mana seorang karyawan harus dinyatakan berbadan sehat untuk membuktikan bahwa seorang karyawan tersebut sehat dan siap berkerja, tanpa ada halangan ke tidak sehatan yang berat. Pemeriksan kesehatan yang tidak bisa dilakukan langsung di tempat perusahaan CV. Annisa dan membutuhkan waktu lebih untuk pemeriksaan serta mendapatkan hasil kesehatannya. Pada pengujian dan pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan metode epidemiologi skrining atau penapisan yang berupa pertanyaan seputar tentang penyebab penyakit atau riwayat kesehatan seseorang atau keluarganya, dari pertanyaan dan penarikan kesimpulan yang sifatnya masih manual, baik yang tertulis atau tanya jawab, maka dilakukan pembuatan aplikasi menggunakan sistem pakar, ke ahlian pakar kesehatan dalam penerapan metode epidemiologi skrining tes di adopsi ke dalam sistem komputerisasi agar komputer dapat melakukan pemeriksaan kesehatan seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli (Dokter). Pembangunan aplikasi kesehatan menggunakan metode epidemiologi skrining tes untuk karyawan CV. Annisa dapat melakukan pemeriksaan kesehatan  membuat skrining tes kesehatan secara cepat dan efisien sesuai dengan data yang ada, dengan menghasilkan langsung data kesehatan karyawannya.Kata Kunci: Aplikasi, Epidemiologi, Skrining, Kesehatan
IMPLEMENTASI APLIKASI MENU PADA RESTORAN JAPANESE FOOD KENZO BENTO BANJARMASIN Muhammad Amin
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 1 (2019): TECHNOLOGIA (JANUARI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.182 KB) | DOI: 10.31602/tji.v10i1.1760

Abstract

Sebagai salah satu restoran baru berkonsep Japanese food khususnya menu bento dan mie ramen, restoran kenzo bento banjarmasin sudah menggunakan sistem komputerisasi, tetapi hanya sebatas  di bagian pembayaran saja. Untuk membatu pelayanan agar lebih cepat dan bisa langsung terhubung dengan koki didapur maka kami merancang suatu sistem aplikasi menu restoran untuk rumah makan/ restoran kenzo bento Banjarmasin Menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Kendala yang sering dihadapi oleh sebuah restoran yang masih menggunakan pelayanan dan sistem manual yaitu pekerjaan lebih lama dan tidak efisien. misalnya saja saja pemesanan menu ke koki didapur. Dengan adanya aplikasi ini maka pemesanan menu kekoki bisa lebih cepat.  Kata Kunci : Menu ,MySQL , PHP, Restoran
SISTEM INFORMASI KEARSIPAN ONLINE PADA PT. TOWER BERSAMA GROUP ( TBG ) BANJARMASIN Ibrahim Ibrahim; Auliya Rahman
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 1 (2019): TECHNOLOGIA (JANUARI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.335 KB) | DOI: 10.31602/tji.v10i1.1756

Abstract

Sistem Informasi merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat saat ini. Dengan memanfaatkan internet, informasi tidak lagi menjadi suatu hal yang sulit untuk disampaikan. Perkembangan internet sangat berguna bagi organisasi, sekolah, perguruan tinggi, perusahaan swasta, dan instansi pemerintahan di Indonesia sebagai media yang tepat untuk mengimplementasikan sistem informasi. Dengan perkembangan teknologi saat ini PT. Tower Bersama Group memerlukan Sistem Informasi kearsipan online ini  merupakan suatu aplikasi yang berguna membantu proses penyimpanan dan pencarian data kegiatan yang dilakukan oleh setiap karyawan. Pencatatan online ini bisa meningkatkan  secara efektif pencatatan dan sistem informasi kegiatan guna kecepatan dalam memperoleh informasin yang diinginkan. Aplikasi ini dibuat dengan mengaplikasikan Visual Basic 6.0 untuk menghasilkan sistem informasi data kegiatan. Untuk pembuatan sistem informasi ini menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL.  Kata Kunci: Pencatatan Online, Visual Basic,sistem informasi,arsip
PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM LAYANAN UNTUK JASA LAUNDRI BERBASIS WEB PADA ARBA SMILE LAUNDRY BANJARMASIN Rusdina Rusdina; Fitrah Yuridka
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 1 (2019): TECHNOLOGIA (JANUARI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.537 KB) | DOI: 10.31602/tji.v10i1.1751

Abstract

Dalam  kaitannya dengan majunya sebuah perusahaan, tentu  tak lepas kaitannya dengan penggunaan teknologi yang mumpuni. Terutama perusahaan yang bergerak dibidang  jasa  seperti usaha pencucian Laundry. Mungkin selama ini ada beberapa Laundry yang sudah terkomputerisasi dalam hal pengelolaan data dan sebagainya. Untuk itu tujuan penelitian  ini adalah membuat aplikasi yang dapat dipakai oleh Laundry yang  selama ini masih belum terkomputerisasi dalam hal layanan. Penelitian ini menggunakan metode Studi Literatur yaitu dengan cara mengumpulkan dan menghimpun data dan informasi dari buku maupun internet yang berguna untuk pembelajaran dan pembuatan sistem yang akan dibuat. Tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu; mengumpulkan data, perencanaan sistem, pembuatan sistem, dan tahap terakhir adalah pengujian sistem. Aplikasi yang digunakan dalam membangun sistem ini yaitu Dreamweaver, XAMPP sebagai localhost dan MySQL sebagai databasenya. Dalam hal ini sistem ini akan dilengkapi dengan sms gateway yang akan melengkapi semua yang dibutuhkan oleh perusahaan.Kata Kunci : Sistem Layanan, Laundry, MySQL, PHP
PENERAPAN ALGORITMA DECISION TREE C4.5 UNTUK KLASIFIKASI PENENTUAN DAFTAR PRIORITAS PENGEMBANGAN JEMBATAN Erfan Karyadiputra; Nadiya Hijriana
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 1 (2019): TECHNOLOGIA (JANUARI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.24 KB) | DOI: 10.31602/tji.v10i1.1757

Abstract

Data Mining merupakan proses mengidentifikasi data dan informasi yang bertujuan untuk membantu mendapatkan informasi yang bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan penggunanya. Kelancaran distribusi barang maupun jasa sangat dipengaruhi oleh kondisi infrastruktur jalan maupun jembatan yang menghubungkan beberapa wilayah-wilayah yang secara administrasi merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Selatan. Kondisi jembatan yang rusak tentu dapat menghambat pendistribusian barang maupun jasa sehingga perbaikan maupun pemeliharaan perlu terus dilakukan. Dalam penentuan prioritas pengembangan jembatan agar menghindari adanya tumpang tindih (overlaping) suatu kegiatan dalam satu lokasi, ataupun lokasi yang sama sekali belum tertangani dengan baik, maka dibutuhkan perencanaan pengolahan data dan informasi yang terintegrasi, sehingga data dan informasi perencanaan yang diperoleh tersebut dapat dijamin keakuratan datanya. Banyaknya ruas jembatan yang tersebar di Provinsi Kalimantan Selatan dan terbatasnya anggaran perbaikan ataupun pemeliharaan sehingga instansi terkait perlu menentukan daftar prioritas jembatan yang diprioritaskan untuk disetujui dan dilakukan perbaikan maupun pemeliharaan. Salah satu teknik yang dapat diterapkan untuk mengklasifikasi daftar prioritas pengembangan jembatan yaitu dengan menerapkan metode klasifikasi data mining menggunakan algoritma C4.5. Penerapan metode data mining menggunakan algoritma C4.5 menghasilkan performance akurasi sebesar 82.84% dengan nilai AUC sebesar 0,825 sehingga termasuk dalam kategori good clssification.Keywords : Algoritma C4.5, Data Mining, Klasifikasi
PENERAPAN APLIKASI REKAM MEDIS PASIEN POLIKLINIK RUMAH SAKIT GIGI MULUT GUSTI HASAN AMAN ( RSGM ) BANJARMASIN Agus Alim Muin
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 1 (2019): TECHNOLOGIA (JANUARI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.006 KB) | DOI: 10.31602/tji.v10i1.1752

Abstract

Kemajuan teknologi jaringan komputer merupakan salah satu pendukung pengolahan data dan informasi yang telah menjadi kebutuhan pokok. Perusahaan industri dan jasa serta semua sektor ekonomi yang ada saat ini telah memanfaatkan jaringan komputer sebagai alat penunjang pengolahan data dan sistem informasi perusahaan. Penelitian ini memberikan solusi bagi permasalahan pada Rumah Sakit Gigi Mulut Gusti Hasan Aman (RSGM) Banjarmasin sebagai salah satu bidang kesehatan yang membutuhkan penggunaan komputer sebagai sarana pengolahan data, sarana penyajian informasi, serta sarana kegiatan. Semua ini dapat dipecahkan dengan menerapkan suatu program aplikasi yang dapat mengintegrasikan semua data pada Rumah Sakit Gigi Mulut Gusti Hasan Aman (RSGM) Banjarmasin dalam satu basis data. Aplikasi yang dibuat bekerja dengan menggunakan php dan mysql sehingga mempermudah pemakai dalam pengolahan data. Dengan menggunakan aplikasi tersebut diharapkan dapat meminimalisir permasalahan-permasalahan pada Rumah Sakit Gigi Mulut Gusti Hasan Aman (RSGM) Banjarmasin seperti penginputan data bermasalah ataupun hilang.Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat mempermudah administrasi pelayanan dalam mengisi data pasien baik dalam hal pelayanan dan juga dapat membantu para pegawai mudah mengolah data dan melihat data. Aplikasi ini dikembangankan dengan menggunakan Sublime Text, Xampp dan MySQL sebagai database. Keyword: Administrasi,Aplikasi,Rekam Medik,Web
APLIKASI JOB FAIR BERBASIS WEB PADA DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KALIMANTAN SELATAN Sefto Pratama
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 1 (2019): TECHNOLOGIA (JANUARI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.082 KB) | DOI: 10.31602/tji.v10i1.1758

Abstract

Proses penginputan data di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Selatan masih menggunakan sistem semi komputerisasi. Kebanyakkan dari penginputan data-datanya masih bersifat umum walaupun sudah menggunakan computer dan banyak juga yang masih dalam bentuk berkas fisik, namun belum memanfaatkan adanya komputer tersebut secara maksimal. Seperti data Perusahaan, data Pelamar dan data posisi lowongan kerja. Data-data tersebut belum terorganisir dan diolah dengan baik, sehingga akan menjadi masalah jika dikelola secara manual, karena selain tingkat kesalahan yang tinggi, juga membutuhkan waktu yang lama dalam penyusunan laporan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah Aplikasi Job Fair pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Selatan. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall yang umum digunakan dalam pembuatan aplikasi. Ada beberapa tahap dalam pengembangan aplikasi ini, yaitu tahap analisis, desain, koding, pengujian dan implementasi. Aplikasi ini menggunakan desain sistem Data Flow Diagram. Sedangkan pada tahap koding, aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pengguna dapat lebih mudah dalam menginput data pelamar, data perusahaan dan data posisi lowongan kerja, sehingga lebih efektif dan efisien. Keywords : Aplikasi, Job Fair, Berbasis Web
PERANCANGAN SISTEM RESERVASI GEDUNG DAN AULA BERBASIS WEB DI WILAYAH BANJARMASIN Agus Setiawan; Agus Alim Muin; Budi Ramadhani
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 1 (2019): TECHNOLOGIA (JANUARI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.158 KB) | DOI: 10.31602/tji.v10i1.1748

Abstract

Gedung dipilih berdasarkan kapasitas ruang, fasilitas umum, dan fasilitas khusus, lokasi gedung, luasnya halaman dan lain-lain. Banyak orang memilih menggunakan  gedung untuk melaksanakan suatu event karena disesuaikan dengan besar kecilnya suatu event tersebut. Hal yang sering menjadi faktor pertimbangan bagi penyewa dalam memilih gedung yang tepat adalah lokasi gedung, kapasitas ruang, fasilitas yang tersedia (panggung, meja, kursi, toilet, daya listrik dan air pam), halaman parkir yang memadai, kondisi di lingkungan sekitar, dan Manajemen waktu penyewa. Kendalanya terkadang sebelum memilih gedung, penyewa harus ekstra fisik untuk survey ke beberapa tempat atau gedung, karena terkadang tidak ada yang tahu koordinasi waktu penggunaan gedung tersebut antara gedung yang satu dengan gedung lainnya. Dengan adanya sistem ini diharapkan menjadi informatif dan memudahkan bagi penyewa dalam mengakses seluruh informasi mengenai gedung-gedung yang mereka inginkan mulai dari mengelola seluruh informasi yang diperlukan bagi penyewa, mulai dari jarak terdekat, budget, kapasitas, fasilitas penunjang dan waktu kosong yang bisa di booking penyewa Kata Kunci : Gedung, Aula, Penyewa, Kapasitas, Budget, Fasilitas, Booking, Sistem

Page 1 of 1 | Total Record : 10