cover
Contact Name
Wagino
Contact Email
ginouniska@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ginouniska@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Technologia: Jurnal Ilmiah
ISSN : 20866917     EISSN : 26568047     DOI : -
Core Subject : Science,
Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)" : 16 Documents clear
Aplikasi Absensi Pegawai Berbasis Android (GPS) Pada Command Center DISKOMINFO Lampung Tengah Tri Susilowati; Sri hartati; Bejo Dwi Handoko
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10340

Abstract

Pesatnya perkembangan Teknologi di berbagai sektor dan berbagai aspek, terlebih dalam beberapa dakade terakhir. Pemanfaatan teknologi sudah menjadi hal wajib dalam mendukung efektivitas suatu bekerja. Teknologi secara menyeluruh yang kini digunakan oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia adalah smartphone (ponsel pintar) yang menggunakan sistem Android. Dengan adanya teknologi ini, penyampaian dan pengiriman informasi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi android yang dapat membantu pegawai untuk melakukan absensi dengan lebih mudah dan akurat di masa pandemi Covid-19. Metode absensi yang banyak digunakan oleh pegawai selain secara manual adalah secara elektronik dengan menggunakan pemindaian sidik jari (fingerprint) dan pemindaian retina mata (iris recognition system). Metode yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah Rapid Application Development (RAD). Absensi pegawai yang dilakukan dengan sistem ini dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan absensi dengan menggunakan smartphone android pribadi. Selain merekam waktu, posisi saat melakukan proses absensi pun akan terekam karena aplikasi ini menggunakan GPS (Global Positioning System).
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP BERBASIS WEBSITE DI KANTOR PERTANAHAN KOTA MEDAN Muhammad Ihsan Nugraha; Muhammad Alwi Baihaqi; Pandu Wicaksono; Aidil Halim Lubis
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.9782

Abstract

Proses sertifikasi yang panjang memaksa pemerintah untuk fokus meluncurkan program prioritas nasional bernama Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL). Program ini diprioritaskan agar masyarakat yang belum memiliki sertifikat tanah dapat mendaftarkan tanahnya dengan mudah, aman dan cepat. Sertifikat tanah dianggap penting dikarenakan merupakan salah satu bukti hak atas tanah dan dapat menghindari segala sengketa ataupun perseteruan antar masyarakat. Namun nyatanya program ini dinilai masih belum efektif dan efisien dikarenakan proses pendaftaran serta pendataannya masih bersifat manual. Selain itu informasi terkait program ini juga belum tentu didengar oleh seluruh masyarakat. Maka dari itu dibutuhkan sarana informasi yang memadai yang mampu memberikan informasi sepenuhnya terkait PTSL.  Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, segala permasalahan tersebut dapat diatasi. Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah sistem informasi PTSL berbasis website. Dalam proses perancangannya menggunakan metode perancangan sistem waterfall yang terdiri dari tahapan analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, pengujian sistem dan operation and maintenance. Hasil penelitian ini berupa website sistem informasi PTSL yang telah dirancang sedemikian rupa.
APLIKASI E-POLICE SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS POLSEK LIMAU) Afrizal Martin; Joni .
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10720

Abstract

Polsek Limau meruapakan unit kepolisian yang berada di kecamatan Limau. Polsek atau Polisi Sektor Limau ini biasanya melayani laporan dan pengaduan masyarakat tentang tidak kejahatan C3 ( Curat, Curas, dan Curanmor) ataupun jenis kejahatan lainnya. SPK yaitu pusat pelayanan kepolisian bertanggung jawab menerima aduan dan aduan, laporan tindak pidana masih didalami oleh kepolisian pidana. SPK harus mampu melayani masyarakat dengan cepat dan tepat. Laporan yang diterima harus ditangani dengan segera dan tepat untuk memastikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat. Pada proses penerimaan maupun pembuatan surat laporan masyarakat, anggota polsek limau yang bertugas harus membuat laporan secara manual dan terjadi penumpukan data dan bisa terjadinya arsip yang disimpan dapat hilang maupun rusak. Diperlukan aplikasi polisi elektronik (e-polisi), yang dapat digunakan sebagai satu pintu untuk pelaporan dan pengarsipan. Hasil sistem aplikasi E-Police dibuat menggunakan metode pengembangan sistem SDLC (Software Development Life Cycle), perancangan sistem menggunakan Unifed Modeling Language(UML) dan aplikasi yang digunakan adalah PHP My Admin yang berisikan mySQL, PHP, HTML sebagai database untuk memudahkan melihat laporan data secara online. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan anggota dalam menerima laporan masyarakat, dan pengarsipan data tidak menumpuk maupun tidak ada data yang hilang.Kata Kunci : Aplikasi, SPKT, Polsek Limau, Android
KLASIFIKASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA MACHINE LARNING UNTUK PREDIKSI PENYAKIT LIVER F. Lia Dwi Cahyanti; Fajar Sarasati; Widi Astuti; Elly Firasari
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10093

Abstract

Liver merupakan organ tubuh manusia yang memiliki peranan sangat penting seperti mencerna, menyerap, membantu proses pencernaan makanan serta menghancurkan racun di dalam darah. Penyakit hati atau liver yang sudah akut sangat mempengaruhi fungsi-fungsi hati, penyakit hati dapat diketahui dari munculnya gejala klinis maupun fisik yang timbul pada pasien. Penelitian ini membahas tentang klasifikasi penyakit liver pada dataset ILPD yang diambil dari UCI Machine learning Repository menggunakan algoritma machine learning. Dataset terdiri dari 583 record data, 10 kriteria, dan 1 variable kelas berjenis multivariate. Penelitian ini menggunakan beberapa tahapan preprocessing yang dilakukan, diantaranya : Preprocessing Data Dan Eksplorasi Data, Penanganan missing value, feature selection, menerapkan feature correlation dan feature scaling, Analisis menggunakan Algoritma Machine learning. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dalam memperoleh nilai akurasi perhitungan klasifikasi menggunakan Algoritma Random Forest memiliki performa  keakuratan yang diukur dengan akurasi sebesar 78,63% sehingga disimpulkan akurasi tersebut lebih unggul dari algoritma lainnya dalam klasifikasi penyakit liver.
Sistem Informasi Monitoring Peserta Magang Berbasis Web Pada Divisi Sales & Business Development Di Mayar Kota Bandung Bakti Bestin; Mohamad Gifahri Addiansyah; Rudy Sofian; Fahmi Reza Ferdiansyah; Muhammad Ngainul Wafa
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10424

Abstract

Mayar adalah platform untuk mengelola transaksi pembayaran online, terkhusus untuk menerima transaksi donasi, webinar, event, produk digital dan lain sebagainya. Mayar diciptakan untuk merchant berjualan dan dapat membuka peluang bagi mahasiswa yang ingin bergabung untuk internship/magang. Program magang dilakukan secara work from home (WFH) namun terdapat permasalahan yaitu pelaporan leads (calon klien/prospek), kegiatan calon leads masih belum terdokumentasi dengan baik, serta proses monitoring masih dilakukan dengan menggunakan spreadsheet. Hal tersebut membuat pembimbing merasa kesulitan untuk memonitoring progress para peserta magang. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukannya pembuatan sistem informasi monitoring untuk membantu pembimbing dalam melakukan monitoring terhadap kegiatan magang secara real time serta dapat memindahkan sistem jobdesk magang mahasiswa yang masih dilakukan pada spreadsheet menjadi sistem informasi terpusat. Metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak adalah metode waterfall. Hasil penelitian ini dapat mempermudah pembimbing dalam memonitoring progress magang agar terdokumentasi dengan baik sehingga kegiatan calon leads ini dapat menjadi informasi yang terpusat.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU FURNITURE TERBAIK MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION BY RATIO ANALYSIS (MOORA) Heri Agus Prasetyo; Putri Taqwa Prasetyaningrum
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.7838

Abstract

CV Mandiri Abadi adalah salah satu perusahaan di Jepara yang bergerak di bidang furniture. Perusahaan yang memproduksi berbagai macam furniture atau mebel dengan bahan kayu jati sebagai bahan baku utamanya. Selama ini dalam pemilihan supplier hanya berdasarkan ketersediaan barang dan harganya saja tanpa memikirkan faktor lain. Dampaknya perusahaan sering mengalami kendala dalam kegiatan operasionalnya. Maka perlunya perancangan sistem pendukung keputusan pemilihan supplier bahan baku menggunakan Metode Multi-Objective Optimization By Ratio Analysis (Moora). Dengan mengimplementasikan perhitungan metode moora ini diharapkan dapat meminimalisir resiko yang dialami perusahaan saat ini, juga diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan dalam memilih supplier bahan baku yang tepat dan sesuai kriteria yang dibutuhkan perusahaan. Karena metode moora ini mempunyai tingkat selektifitas yang akurat dalam menentukan suatu alternatif, metode yang memiliki perhitungan dengan kalkulasi yang minimum dan sederhana, dan juga metode yang mempunyai tingkat fleksibilitas dan mudah dipahami.
MEMBANGUN WEBSITE UPT SD NEGERI 1 SUKOHARJO I PRINGSEWU MENGGUNAKAN PHP & MYSQL Elisabet Yunaeti Anggraeni; Suyono Suyono; Walterindra GP
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10275

Abstract

Website berfungsi sebagai media untuk memudahkan sekolah berbagi informasi dengan orang tua dan guru. Website juga merupakan  media komunikasi  pihak sekolah  dengan  instansi  terkait  lainnya. UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I Pringsewu merupakan salah satu sekolah yang masih membutuhkan sarana teknologi informasi website untuk menyampaikan informasi lebih luas, UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I Pringsewu adalah salah satu instansi pendidikan yang belum memiliki website. Untuk itu perlu dibuatnya website sebagai sarana penyampaian informasi kepada warga sekolah maupun masyarakat luas mengenai UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I Pringsewu. Dalam merancang sistem  informasi Website Sekolah  SDN  1  Sukoharjo I Pringsewu menggunakan metode  pendekatan sistem dengan model waterfall. Model waterfall adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang sistematis dan sekuensial dimulai dari tingkat analisis, desain, kode, pengujian, dan, pemeliharaan. Proses pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi serta melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber referensi. Dalam pembuatan system ini digunakan alat bantu pengembangan system yaitu dengan menggunakan, XAMPP, Sublime Text 3 dan phpMyAdmin sebagai databasenya. Website ini di gunakan sebagai sarana informasi baik itu siswa, guru maupun masyarakat luas. Website berbentuk dinamis yang memungkinkan menarik pengunjung maupun calon siswa baru untuk mendaftar. Website ini juga  dapat dimanfaatkan oleh operator sekolah dalam pemutakhiran data guru sebagai instrumen monitoring. Kata Kunci : Website, Sublime Text 3, UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I Pringsewu 
PENERAPAN DAN PERBANDINGAN METODE AHP DAN TOPSIS UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK Zatin Niqotaini
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan serta perbandingan metode AHP dan metode TOPSIS untuk sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik di PT. Sukses. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah absensi, dedikasi, disiplin, kerja sama, komunikasi, tanggung jawab. Dengan hasil uji sensitivitas dinyatakan bahwa metode AHP memiliki perubahan presentase sesitivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode TOPSIS. Hal ini terlihat pada nilai uji senstivitas metode AHP dengan presentase nilai perubahan sensitivitas sebesar 1.65344%, sedangkan pada metode TOPSIS presentase nilai perubahan sensitivitas sebesar -0.001085%. Hasil pada metode AHP alternatif yang terpilih yaitu A5 dengan nama Melly, sedangkan hasil pada metode TOPSIS alternatif yang terpilih yaitu A5 juga dengan nama Melly, diketahui bahwa metode AHP relevan untuk pemilihan karyawan terbaik di PT. Sukses.
ANALISA IKLAN ONLINE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEINGINAN UNTUK MEMAINKAN GAME MOBILE LEGENDS PADA GENERASI Z KOTA BATAM Eryc Eryc; Elving Whang
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.10272

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi periklanan media online dalam membentuk intention to play dan brand awareness terhadap  intention to play pada mobile game “Mobile Legend”. Metode yang digunakan yakni metode uantitatif terdapat 3 (tiga) variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu paparan periklanan (x1) dan Brand Awareness (x2) sebagai variabel bebas, serta Intention to Play (y1) sebagai variabel terikat. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data kemudian akan dianalisis dengan bantuan software SPSS 25 yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antar variabel dengan uji regresi. Hasil yang didapatkan terdapat bahwa Paparan Iklan mengakibatkan Intention to play yang sangat signifikan dan brand awareness mengakibatkan intention to play  yang sangat signifikan pada Generasi Z yang  ada di kota Batam membuktikan strategi periklanan yang efektif dapat meningkatkan kesadaran merek dagang masyarakat terhadap produk yang ingin dipasarkan menggunakan media massa online yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness berkaitan dengan peningkatan Intention to Play sehingga seseorang berminat untuk memainkan permainan ini
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI WISATA KULINER MENGGUNAKAN UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) Suzana Dewi; Suryo Atmojo; Nurwahyudi Widhiyanta; Achmad Stevany Dwi Agustin; Muhammad Shubhan
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 14, No 2 (2023): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/tji.v14i2.9850

Abstract

Desain Sistem Informasi Wisata Kuliner menggunakan Unified Modelling Language (UML), adalah merupakan suatu bentuk sistem penyusunan informasi wisata kuliner yang diharapkan akan mampu memberikan suatu informasi dan kemudahan bagi para pemain bisnis di bidang kuliner yang hendak mempromosikan serta memperkenalkan usaha kulinernya di media internet dengan pengenaan biaya yang terjangkau dan sangat ekonomis, dengan menggunakan suatu bahasa standar visualisasi, perancangan, dan pendokumentasian sistem, atau dikenal juga sebagai bahasa standar penulisan cetak biru sebuah perangkat lunak (soft ware). Dengan adanya UML ini, maka diharapkan mampu mempermudah pengembangan piranti lunak (RPL) serta memenuhi semua kebutuhan pengguna dengan efektif, lengkap, dan tepat. Sistem informasi wisata kuliner ini akan mencakup secara jelas dan lengkap namun efektif, untuk berbagai info tentang kuliner yang ditawarkan, mulai dari petunjuk cara mengakses lokasi tempat keberadaannya, jam operasional, semua fasilitas yang disediakan, berbagai macam dan ragam layanan yang diberikan, paket – paket promosi yang ditawarkan, termasuk juga keunikan yang ada, dan yang paling utama adalah menu makanan yang ditawarkan secara lengkap dengan harga dan variasinya. Desain Sistem Informasi ini akan menggunakan metode waterfall, sedangkan untuk perancangan sistem seperti dijelaskan di bagian awal, akan menggunakan model rancangan UML. Desain informasi meliputi use case diagram, class diagram dan sequence diagram.

Page 1 of 2 | Total Record : 16