cover
Contact Name
Wagino
Contact Email
ginouniska@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ginouniska@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Technologia: Jurnal Ilmiah
ISSN : 20866917     EISSN : 26568047     DOI : -
Core Subject : Science,
Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 4 (2017): TECHNOLOGIA" : 11 Documents clear
RANCANG BANGUN APLIKASI GAME DEKSTOP LOKAL BANJARMASIN POMA 3D GAME ADVENTURE MENGGUNAKAN UNITY GAME ENGINE Zayid Musiafa
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 8, No 4 (2017): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.865 KB) | DOI: 10.31602/tji.v8i4.1123

Abstract

Bangsa Indonesia memiliki banyak kepulauan dan bentang geografis yang beragam, diiantaranya Kalimantan. Kota Banjarmasin adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Banjarmasin yang dijuluki Kota Seribu Sungai ini memiliki wilayah seluas 98,46 km² yang wilayahnya merupakan delta atau kepulauan. Memiliki budaya sungai dengan interaksi masyarakat yang sangat kuat terhadap sungai baik dalam kegiatan sosial maupun ekonomi. Saat ini, game merupakan media hiburan yang memanfaatkan tekhnologi. Game di Indonesia sendiri sedang banyak diminati para remaja. Game yang ada semakin canggih dan menarik. Karena menariknya gama-game sekarang mayoritas memiliki tujuan sebagai media hiburan saja, sedangkan untuk game yang memiliki tujuan hiburan serta mengandung edukasi lokal hanya sedikit. Oleh sebab ulasan diatas  maka perlu dibuatlah sebuah game bertama lokal. Gagasan rancang bangun aplikasi permainan dekstop lokal banjarmasin poma 3d game adventure menggunakan unity game engine ini berstoryline mengeksplor sedikit hal yang menarik dari lingkup kota Banjarmasin seperti mengangkat beberapa ciri khas (ikon) atau kegiatan yang dekat dengan kehidupan masyarakat kota Banjarmasin dari permainan game tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif sebagai media mengenalkan potensi daerah secara universal. Kata Kunci : A Star, Game, Unity, 3d, Game Engine, 3Ds Max, Lokal Banjarmasin.
PENDETEKSIAN CITRA WAJAH MANUSIA DARI BERBAGAI POSISI MENGGUNAKAN LOCAL BINARY PATTERN (LBP) Fauzi Yusa Rahman
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 8, No 4 (2017): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.069 KB) | DOI: 10.31602/tji.v8i4.1126

Abstract

Sistem identifikasi pada masa sekarang ini berkembang dengan cepat. Perkembangan tersebut mendorong kemajuan sistem keamanan berbasis biometrik. Pengenalan wajah merupakan salah satu dari sistem identifikasi yang dikembangkan berdasarkan perbedaan dari ciri citra wajah seseorang berbasis biometrik.Penelitian ini akan melakukan pendeteksian citra wajah dengan menggunakan pendekatan fitur berdasarkan metode Local Binary Pattern (LBP) yang akan di uji dengan citra-citra wajah manusia dengan berbagai variasi posisi wajah manusia. LBP merupakan salah satu metode untuk mengekstraksi fitur dalam bentuk kode-kode biner yang diperoleh dari proses binary derivatives. Data yang digunakan diambil dari database wajah Benchmark Database yang terdiri dari 10 orang dengan menggunakan 35 posisi wajah manusia yang berbeda-beda dengan ukuran 384x288 piksel. Kata Kunci : Deteksi Wajah, Local Binary Pattern
PENERAPAN ALGORITMA JARINGAN SARAF TIRUAN (JST) DALAM PERKIRAAN HARGA TANAH Hendra Sanjaya
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 8, No 4 (2017): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.942 KB) | DOI: 10.31602/tji.v8i4.1122

Abstract

Permasalahan utama dalam pembebasan lahan atau  pengadaan  tanah   sering kali terkait  pada  masalah  besarnya  ganti  rugi  yang diberikan  oleh  pemerintah,  menjadi  persoalan  apabila  pemegang  hak  atas  tanah  menuntut besarnya  ganti  rugi  atas  tanah berdasarkan  harga  pasar yang berlaku pada saat ini, Pemerintah  Daerah  ataupun investor yang memerlukan  tanah menetapkan  besarnya  ganti  rugi  atas tanah cenderung hanya  berdasarkan  Nilai  Jual  Obyek  Pajak  (NJOP). Pada penelitian ini mencoba menerapkan algoritma jaringan syaraf tiruan (JST) yang merupakan  model Algoritma Komputasi yang berkembang sangat pesat, dapat bekerja seperti sistem syaraf biologis yaitu dapat mengenali pola-pola yang telah diajarkan. Pada penelitian yang dilasanakan ini untuk mendapatkan perkiraan harga tanah yang ideal, dengan lokasi penelitian di kota Banjarmasin. Adanya hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan membantu pemerintah terkait pembebasan tanah dalam besarnya ganti rugi hak atas tanah yang sebelumnya hanya cenderung berdasarkan  Nilai  Jual  Obyek  Pajak  (NJOP). Kata Kunci : Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan, Perkiraan, Harga Tanah
OTOMATIS DETEKSI DAN KLASIFIKASI MASSA PADA MAMMOGRAM Try Viananda Nova Megariani
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 8, No 4 (2017): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.504 KB) | DOI: 10.31602/tji.v8i4.1127

Abstract

Kanker Payudara tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat yang sangat signifikan di dunia. Deteksi dini adalah kunci utama bagi memperbaiki prognosis kanker payudara. Mammography telah menjadi salah satu metode yang paling dapat diandalkan bagi deteksi dini dari karsinoma payudara. Akan tetapi, hal ini sulit bagi radiologis untuk memberikan penilaian yang akurat dan tepat dalam menyeragamkan hasil mammogram dalam lingkup yang sukar dan luas. Hasil yang dapat diperkirakan radiologis pada skrining kanker payudara ini hanya 75 persen keakuratannya. Diharapkan dapat langsung mendiagnosis pemicu kelainan pada lokasi kanker tersebut. Kanker payudara system CAD seperti itu dapat menolong dan memberikan yang sangat diperlukan untuk mengontrol kanker payudara. Microcalfication dan massa adalah dua indicator paling penting dari penyakit berbahaya, dan deteksi otomatis sangat berharga untuk diagnosis dini pada kanker payudara. Karena biasanya massa yan tidak dapat dibedakan dari sekitar parenchymal, dengan mendekteksi dan mengklasifikasikan massa secara otomatis maka akan lebih menantang. Makalah ini membahas metode untuk deteksi dan klasifikasi massa, dan membandingkan keuntungan dan kekurangan mereka. Keywords: Mass; Mammogram; CAD; Wavelet; Fuzzy logic; Contrast enhancement; Feature selection
PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEGHTING (SAW) PADA APLIKASI SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK PEMELIHARAAN JALAN Muhammad Dedy Rosyadi
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 8, No 4 (2017): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.634 KB) | DOI: 10.31602/tji.v8i4.1121

Abstract

Peneletian ini merancang suatu Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan yang menerapkan Metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk membantu memberikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan pemeliharaan data jalan berdasarkan output yang dihasilkan oleh sistem.Metode Simple Additive Weighting (SAW) merupakan metode yang paling dikenal dan paling banyak digunakan orang dalam menghadapi situasi MADM (multiple attribute decision making). Dalam penelitian ini metode SAW digunakan untuk mencari nilai akhir pada setiap data jalan. Nilai akhir pada data jalan yang dihasilkan adalah proses perhitungan berdasarkan nilai bobot kriteria yang telah ditentukan. Setiap kriteria mempunyai sub kriteria yang juga mempunyai nilai bobot. Hasil nilai akhir akan disortir (Z-A) artinya nilai tertinggi adalah jalan yang direkomendasikan untuk dilakukan pemeliharaan jalan. Kata Kunci : Metode SAW, Sistem Penunjang Keputusan, Jalan
E-COMMERCE KARYA SENI PADA BORNEO ART ENTHUSIAST Luluk Nindy Rizky Amanda; Silvia Ratna
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 8, No 4 (2017): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.969 KB) | DOI: 10.31602/tji.v8i4.1898

Abstract

Aplikasi Penjualan merupakan suatu hal yang bukan asing lagi di sebuah industri. Pada Borneo Art Enthusiast, Aplikasi Penjualan ini sangat diperlukan untuk melakukan proses jual beli. Di dalam Penjualan banyak hal yang menjadi kendala diantaranya proses jual beli, pemberian informasi dan promosi. Penanganan data menggunakan sistem manual mengakibatkan sering terjadi kesalahan. Dalam perkembangan industri, masih banyak yang melakukan proses jual beli dengan menggunakan sistem manual yang membutuhkan ketelitian dan proses yang sangat lama. Oleh karena itu, Aplikasi Penjualan ini dapat menyelesaikan masalah.Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam melakukan proses jual beli yang berbasis web sehingga mampu mendukung kinerja Borneo Art Enthusiast. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SDLC (Systems Development Life Cycle). Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan Adobe Dreamweaver CS6, Xampp dan MySQL sebagai database.E-Commerce Karya Seni Pada Borneo Art Enthusiast menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengguna, meliputi : input data pengguna, input kategori produk, input produk, input pengiriman, input ongkos kirim, dan laporan penjualan. Kata Kunci: Adobe Dreamweaver CS6, Aplikasi Penjualan Barang, Metode SDLC, MySql, Xampp
APLIKASI KEPEGAWAIAN PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BANJARMASIN Muhammad Hasbi
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 8, No 4 (2017): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.202 KB) | DOI: 10.31602/tji.v8i4.1125

Abstract

Dinas Pendidikan merupakan salah satu dinas milik pemerintah yang memiliki proses yang cukup kompleks dalam pengelolaan datanya. Terutama pada bagian sub kepegawaian yang mengelola semua data pegawai dan yang berhubungan dengan kepegawaiannya. karena pengolahan data sudah tidak mungkin lagi menggunakan sistem manual yang belom terkomputerisasi disebabkan kurang efektif dan efisien. Begitu juga dengan dinas pendidikan kota banjarmasin dimana masih menggunakan microsoft excel dan word yang di rasa kurang cepat dan efektif.Oleh karena itu di buatlah sebuah aplikasi kepegawaian yang bisa memudahkan kinerja Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin. Dengan penggunaan aplikasi kepegawaian, dimungkinkan adanya otomatisasi pekerjaan dan fungsi pelayanan untuk mewujudkan pelayanan yang baik seperti yang dibutuhkan. Maka dihasilkanlah sebuah aplikasi kepegawaian yang efektif, cepat, dan memudahkan pekerjaan. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode rekayasa perangkat lunak dengan metode waterfall, dan diimplementasikan dengan berbasis web, dimana menggunakan bahasa pemrograman PHP , sedangkan untuk pengolahan databasenya menggunakan MySql. Kata Kunci : Aplikasi, Kepegawaian, Mysql, PHP, Web
PERANCANGAN APLIKASI KEPEGAWAIAN MENGGUNAKAN PROGRAM VISUAL STUDIO Budi Ramadhani
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 8, No 4 (2017): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.046 KB) | DOI: 10.31602/tji.v8i4.1120

Abstract

Peneletian ini merancang suatu Aplikasi penunjang keputusan yang menerapkan untuk membantu memberikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan pemeliharaan data yang dihasilkan oleh Program VISUAL STUDIO 2010. Program khusus menangani tentang data-data karyawan. Yang dapat memudahkan dalam Sistem Informasi yang sesuai dengan kebutuhan untuk memudahkan pengguna mendapatkan Informasi data karyawan, riwayat jabatan, pangkat , dan penghasilan. Dengan adanya program ini diharapkan akan bisa di jadikan acuan untuk menemukan pemecahan terhadap masalah dalam data kepegawaian dan agar sistem informasi karyawan menggunakan program visual studio 2010 dapat diketahui oleh masyarakat. Kata Kunci : Aplikasi, Visual Studio 2010, Kepegawaian.
PREDIKSI KEMACETAN ANGSURAN LEASING MOTOR MENGGUNAKAN ALGORITMA BACKPRPAGATION NEURAL NETWORK BERBASIS PARTICLE SWARM OPTOM Aulia Rizky Muhammad Hendrik Noor Asegaff
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 8, No 4 (2017): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.939 KB) | DOI: 10.31602/tji.v8i4.1124

Abstract

Sekarang ini permintaan akan kendaraan bermotor sangat banyak ditambah lagi dengan kemudahan pada proses jual-belinya, sehingga mendorong pertumbuhan perusahaan leasing. Perusahaan leasing memberikan kemudahan kepada masyarakat agar dengan mudah mendapatkan kendaraan bermotor seperti dengan uang muka yang ringan, angsuran yang rendah dan tenor yang panjang. Namun, hal itu dapat menimbulkan resiko angsuran macet yang mengkhawatirkan bagi perusahaan itu sendiri. Penanggulangan dan pembatasan angsuran macet belum menemukan cara yang paling sesuai karena selama ini analisa pengajuan kredit dilakukan hanya pendekatan personal dengan mengisi Form Data Konsumen dan survey lapangan.Algoritma klasifikasi data mining dengan model algoritma Backpropagation Neural Network menunjukan bahwa model ini mempunyai tingkat akurasi yang baik serta dapat dioptimasi Particle Swarm Optimization (PSO) dengan melakukan pengujian secara terukur melalui parameter training cycle, learning rate dan momentum, sehingga mendapatkan hasil accuracy, precision, recall dan AUC dengan bantuan Rapi Miner. Hasilnya setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan data konsumen dan data rekap pembayaran (collection), pada BPNN mendapatkan parameter terbaik pada nilai 200 untuk training cycle, 0.1 pada learning rate dan 0.1 pada momentum menghasilkan accuracy 75.11%, precision 77.55%, recall 84.89% dan AUC 0.772. Sedangkan pada BPNN-PSO menghasilkan accuracy 76.98%, precision 77.96, recall 87.88% dan AUC 0.814. Kata kunci : angsuran, leasing, BPNN-PSO
DETEKSI PLAGIARISME TINGKAT KEMIRIPAN JUDUL SKRIPSI DENGAN ALGORITMA WINNOWING Nur Alamsyah
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 8, No 4 (2017): TECHNOLOGIA
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.849 KB) | DOI: 10.31602/tji.v8i4.1119

Abstract

Untuk menentukan kemiripan teks judul skripsi yang di ajukan dengan judul-judul skripsi yang telah ada sebelumnya maka diperlukan penerapan suatu algoritma untuk menentukan kemiripan teks, salah satunya algoritma untuk menentukan kemiripan teks ialah algoritma Winnowing. Algoritma   Winnowing   adalah   sebuah   cara   yang   digunakan   untuk   mendeteksi   kesamaan kata/kalimat  (common  subsequence)  dalam  dua  atau  lebih  teks  yang  dibandingkan.  Dua  teks diketahui memiliki kesamaan kata/kalimat apabila di dalam dokumen tersebut dijumpai fingerprint, fingerprint inilah yang akan dijadikan dasar pembanding antara teks, algoritma ini akan mencari fingerprint (kesamaan di dalam dua teks) dengan cara mengubah n-gram dari sebuah teks ke dalam bentuk nilai angka yang disebut dengan nilai  hash, teknik untuk mencari nilai tersebut adalah Hashing.Dengan sistem ini, Ketua   Program     Studi atau   Koordinator   Tugas   Akhir nantinya hanya memasukkan  judul  yang  akan  diajukan  mahasiswa,  kemudian  sistem  akan  mengecek  secara otomatis dan menampilkan hasilnya. Hasil tersebut bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan dapa menentukan apakah diterima atau ditolak judul skripsi tersebut. Kata Kunci : Algoritma Winnowing, fingerprint, n-gram, Hashing

Page 1 of 2 | Total Record : 11