cover
Contact Name
IDEL WALDELMI
Contact Email
idelwaldelmi@unilak.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
idelwaldelmi@unilak.ac.id
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan
ISSN : 25986449     EISSN : 25804111     DOI : -
Jurnal Diklat Review (Online ISSN: 2598-6449| Print ISSN : 2580-4111) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in April, Agustus dan December. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications and reviews of management issues. The publication of this journal aims to increase the quantity and quality as well as its spread with the science of communication among the intellectuals, practitioners, students and observers of HR management problems.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2018)" : 10 Documents clear
Pengaruh Pengetahuan Paragraf Terhadap Keterampilan Menulis Deskriptif Siswa Kelas X SMK Keuangan Pekanbaru Riau Liga Febrina
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 2 No 3 (2018)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.995 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v2i3.292

Abstract

Bahasa tertulis adalah sarana yang efektif untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama manusia. Kemampuan seseorang dalam menulis membutuhkan waktu dan pikiran, kemudian menuangkan pemikiran ke dalam tulisan dengan menciptakan kerangka kerja menulis, mengembangkan kerangka kerja penulisan, menggunakan diksi yang benar (pilihan kata), dan membaca ulang yang tertulis dan memperbaikinya jika tulisan belum dianggap sempurna. Sebelum menguasai keterampilan menulis, siswa biasanya memahami dan menguasai keterampilan membaca. Kegiatan membaca tidak diposisikan sebagai keharusan, apalagi menjadikan membaca sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Membaca menempati aktivitas sampingan dan menjadi aktivitas mewah di kalangan siswa. Ini diperkirakan karena perkembangan teknologi yang cepat seperti internet dan telepon seluler. Berdasarkan pengamatan awal dan wawancara informal dengan salah satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X dari SMK Finance Riau pada 25 Februari 2018, peneliti memperoleh informasi tentang beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan menulis siswa. (1) siswa lebih suka berkumpul dengan teman-teman mereka daripada menulis sehingga keterampilan menulis berkurang, (2) fasilitas terbatas, seperti kurangnya ketersediaan buku dan majalah, (3) kurangnya pengetahuan siswa dalam penguasaan paragraf, sedangkan pengetahuan paragraf merupakan aspek yang harus dimiliki siswa agar terampil dalam menulis, (4) Dalam keterampilan menulis, siswa masih mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan gagasan dan gagasan dalam menulis dan (5) Materi pembelajaran dalam bentuk penulisan deskriptif harus dilatih ulang. kepada siswa sehingga mereka lebih memahami keterampilan menulis deskriptif. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis di bawah Kriteria Kelengkapan Minimum (KKM) yaitu 75. Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pengetahuan paragraf, semakin tinggi keterampilan menulis deskriptif. Sebaliknya, semakin rendah pengetahuan paragraf, semakin rendah keterampilan menulis deskriptif. Jadi, jelas bahwa ada hubungan positif antara pengetahuan paragraf dan keterampilan menulis deskriptif. Kenyataan di lapangan juga menunjukkan bahwa siswa memiliki waktu khusus untuk membaca dan tempat yang strategis yang jauh dari keramaian meskipun buku-buku yang tersedia di perpustakaan tidak lengkap. Namun, tidak semua siswa yang dapat menggunakan waktu luang ini untuk membaca, ada juga yang melakukan kegiatan lain. Semua itu dapat dilihat dari hasil penghitungan tingkat pemahaman responden terhadap variabel pengetahuan paragraf dengan kategori lebih dari cukup (70%).
Pelatihan Financial Report Perusahaan Dagang Menggunakan Software MYOB Accounting pada SMK Hang Nadim Batam Argo Putra Prima; Rio Rahmat Yusran
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 2 No 3 (2018)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.245 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v2i3.293

Abstract

Salah satu penggunaan teknologi di bidang pendidikan adalah penggunaan perangkat lunak pembelajaran. Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2010 membutuhkan program keuangan dengan menggunakan perangkat lunak pikiran bisnis Anda sendiri di sekolah khusus untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan dalam dunia pendidikan adalah MYOB Accounting. Menanggapi hal ini, banyak yang memasukkan perangkat lunak MYOB ke dalam kurikulum pembelajaran mereka. Layanan ini dilakukan di SMK Hang Nadim Batam pada siswa dengan kesalahan akuntansi. Metode yang digunakan dalam layanan ini adalah metode ceramah, metode praktik, memberikan pelatihan dalam bentuk contoh atau pertanyaan, menunda tanggung jawab. Siswa diharuskan untuk menggunakan MYOB Accounting dalam menyajikan laporan keuangan perusahaan. Pelatihan ini menghasilkan siswa yang dapat membuat laporan keuangan mulai dari input untuk membuat laporan keuangan. Perusahaan yang dibahas adalah perusahaan dagang. sehingga siswa dapat melakukan transaksi penjualan, pembelian, inventaris dan pengeluaran.
Sosialisasi Etika Bermedia Sosial Untuk Menyikapi Berita Hoax Di SMA Muhamadiyah 4 Purbalingga Retno Waluyo
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 2 No 3 (2018)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.292 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v2i3.295

Abstract

Teknologi digital menghadirkan ruang komunikasi dan media informasi yang tidak lagi terbatas oleh waktu dan jarak. Media sosial yang memungkinkan siapa saja untuk berpendapat. Hoax menjadi perbincangan hangat di media massa maupun media sosial belakangan ini karena dianggap meresahkan publik. Penggunaan smartphone dikalangan pelajar SMA/SMK sudah tidak dapat terhindarkan lagi dan terus meningkat, setiap waktu dapat menggunakan smartphone untuk membuka media sosial sehingga mendapatkan informasi dengan mudah. Pengetahuan siswa maupun Guru di SMA Muhamadiyah 4 Purbalingga terkait etika bermedia sosial internet masih terbatas sehingga tidak memberikan pengetahuan mengenai etika bermedia sosial. Upaya untuk mensosialisasikan etika bermedia sosial agar bisa membentengi Siswa-siswi SMA Muhamadiyah 4 Purbalingga dari berita Hoak yang beredar di internet/media sosial dan diharapkan dapat memutus berita hoax tersebar dan juga memberikan pemahaman agar para siswa tidak mudah percaya dengan berita yang ada di media sosial. Setelah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Etika Bermedia Sosial Untuk Menyikapi Berita Hoax Siswa mengetahui etika menggunakan media sosial untuk menyikapi berita Hoax.
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Komputer Akuntansi Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Siswa SMK N 1 Tapung Inova Fitri Siregar
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 2 No 3 (2018)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.955 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v2i3.311

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini dilakukan di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) N 1 Tapung. Para peserta terdiri dari para guru dan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dimana pihak sekolah belum memasukkan kurikulum Aplikasi Komputer Akuntansi sebagai mata pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa yang bersekolah di SMK Telkom. Dan Aplikasi Komputer Akuntansi sebagai salah satu alat untuk memudahkan penyajian laporan Keuangan. Pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dalam pencatatan, penyajian dan pelaporan laporan keuangan yang lebih cepat, tepat dan akurat, dan untuk memudahkan dalam memahami penyajian dalam pelaporan keuangan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) N 1 Tapung. Melalui peningkatan Kompetensi dan penggunaan software Aplikasi Komputer Akuntansi dalam meningkatkan kemampuan penyajian laporan keuangan, diharapkan guru dan siswa-siswa termotivasi untuk mempelajari dan memahami penggunaan software Aplikasi Komputer Akuntansi dalam menunjang kinerja siswa pada saat bekerja nantinya, kemudian tidak merasa kesulitan jika harus menggunakan software akuntansi apapun dalam kegiatan bisnisnya. Metode Pelaksanaan untuk kegiatan pengabdian ini adalah dengan melakukan sosialisasi, simulasi dan praktek bagaimana melakukan pencatatan setiap transaksi yang telah disediakan dan sesuai dengan standar yang berlaku umum dengan menggunakan software Aplikasi Komputer Akuntansi untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) N 1 Tapung yang akan diambil sebanyak lebih kurang 50 peserta yang terdiri dari guru dan siswa. Hasilnya adalah Pengetahuan dan pemahaman peserta terhadap software MYOB Accounting dievaluasi melalui jawaban post test yang meningkat signifikan dimana 80%-90% sudah mengetahui MYOB Accounting dan mengetahui manfaatnya, sebelumnya hanya 10% yang mengetahui MYOB Accounting dan 20% yang mengetahui manfaat MYOB Accounting Bahkan dengan sosialisasi yang dilakukan dengan cara simulasi satu kasus perusahaan maka terjadi optimisme peserta terhadap kemampuan menggunakan aplikasi software Myob Accounting dimana 80% menyatakan bisa menggunakan aplikasi software MYOB Accounting. Hal ini berbanding terbalik dengan jawaban peserta sebelum dilakukan sosialisasi dimana hanya 30% yang menyatakan bisa menggunakan aplikasi software MYOB Accounting
Peningkatan Keterampilan Penggunaan Aplikasi Zahir Accounting Bagi Guru Dan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yabri Terpadu Simpang Tiga Kota Pekanbaru Provinsi Riau Rina Yanti Rasyad
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 2 No 3 (2018)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.763 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v2i3.312

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini dilakukan di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yabri Terpadu kota Pekanbaru. Para peserta terdiri dari para guru dan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yabri Terpadu, dimana kurikulum aplikasi komputer akuntansi belum menetapkan Zahir Accounting sebagai mata pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa yang bersekolah di SMK Yabri Terpadu. Zahir Accounting sebagai salah satu alat untuk memudahkan penyajian laporan Keuangan. Pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dalam pencatatan, penyajian dan pelaporan laporan keuangan yang lebih cepat, tepat dan akurat, dan untuk memudahkan dalam memahami penyajian dalam pelaporan keuangan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yabri Terpadu kota Pekanbaru. Melalui peningkatan Keterampilan penggunaan software Zahir Accounting dalam meningkatkan kemampuan penyajian laporan keuangan, diharapkan guru dan siswa-siswa termotivasi untuk mempelajari dan memahami penggunaan software Zahir Accounting dalam menunjang kinerja siswa pada saat bekerja nantinya, kemudian tidak merasa kesulitan jika harus menggunakan software akuntansi apapun dalam kegiatan bisnisnya. Metode Pelaksanaan untuk kegiatan pengabdian ini adalah dengan melakukan sosialisasi, simulasi dan praktek bagaimana melakukan pencatatan setiap transaksi yang telah disediakan dan sesuai dengan standar yang berlaku umum dengan menggunakan software Zahir Accounting untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yabri Terpadu Kota Pekanbaru wilayah kecamatan Simpang Tiga Pekanbaru yang akan diambil sebanyak lebih kurang 30 guru dan siswa. Hasil Pada pelaksanaan sosialisasi, peserta diberikan kuesioner dalam bentuk pre dan post test, hasil dari pre dan post test tersebut menunjukkan perubahan yang sangat signifikan terhadap pengetahuan dan pemahaman peserta terhadap software Zahir Accounting
Peningkatan Keterampilan Penggunaan Aplikasi Myob Accounting Bagi Siswa SMK Yabri Simpang Tiga Kota Pekanbaru Provinsi Riau Indarti Indarti
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 2 No 3 (2018)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.433 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v2i3.319

Abstract

Kegiatan layanan dilakukan di sekitar sekolah kejuruan kota yabri (SMK) di Pekanbaru. Peserta terdiri dari siswa sekolah menengah kejuruan yabri (SMK) yang masih belum mengerti cara menggunakan perangkat lunak akuntansi untuk akuntansi atau akuntansi keuangan. Akuntansi Myob adalah salah satu cara untuk memudahkan penyajian laporan keuangan. Pengabdian diharapkan dapat meningkatkan penyajian laporan keuangan yang lebih cepat, tepat dan akurat, dan untuk memudahkan penyajian keuangan sesuai dengan waktu dan ketentuan yang diperkenalkan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Yabri Pekanbaru. Melalui peningkatan penggunaan perangkat lunak akuntansi Myob dalam meningkatkan kapasitas penyajian laporan keuangan, diharapkan siswa termotivasi untuk belajar dan memahami penggunaan perangkat akuntansi Myob untuk mendukung siswa saat bekerja nanti, tidak mulai mencari bantuan, dapat membuat perangkat lunak akuntansi dalam bisnis mereka. Salah satu metode penerapan layanan ini adalah melalui sosialisasi cara menyediakan sesuai dengan standar akuntansi sesuai dengan standar yang berlaku dengan menggunakan akuntansi softwae myob untuk siswa sekolah menengah kejuruan. Hasil dari layanan ini adalah pengetahuan dan pemahaman peserta tentang perangkat lunak akuntansi myob tentang evaluasi melalui tes jawaban yang naik secara signifikan di mana 90% sudah tahu akuntansi myob dan dia tahu manfaatnya, sebelumnya hanya 30% tahu akuntansi myob dan 40% mencari manfaat dari myob akuntansi. Bagaimana dengan sosialisasi melalui simulasi adalah salah satu contoh optimisme peserta perusahaan. Kami datang untuk membantu menggunakan perangkat lunak aplikasi akuntansi myob di mana 90% mengatakan bahwa mereka dapat menggunakan perangkat lunak aplikasi akuntansi myob.
Analisis Peran CV. Graha Pratama Fish dalam Mengembangkan Inovasi dan Kreativitas Penduduk Lokal Mengelola Produk Olahan Ikan Patin di Kampung Patin Kartika Sari Lubis
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 2 No 3 (2018)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.737 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v2i3.322

Abstract

Dengan semakin meningkatnya kreativitas sumber daya manusia (SDM), tentunya akan menjadi kekuatan baru dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Seperti halnya di Desa Koto Masjid atau yang lebih dikenal dengan Kampung Patin ini, dengan kreativitasnya penduduk lokal berhasil mensejahterakan kehidupan ekonomi mereka melalui ide dan stock of knowledge yang mereka dapatkan dari CV. Graha Pratama Fish. Pemerintah setempat juga telah membuktikan keberhasilan kreativitas mereka dalam berinovasi. Di samping telah mempunyai sentra pakan ikan sendiri, kini penduduk local telah mampu menciptakan produk kreatif yang bisa dijadikan penghasilan tambahan lainnya dengan berbagai aneka ragam olahan dari ikan patin (yang menjadi sumber daya alamnya). Hasil olahan ikan patin ini berupa makanan ringan atau jajanan sehat yang bernilai gizi tinggi seperti salai ikan patin, nugget ikan patin, bakso ikan patin, abon ikan patin dan kerupuk kulit ikan patin. Tentunya hal ini merupakan prestasi luar biasa, yang mereka dapatkan melalui pelatihan-pelatihan serta motivasi dari CV. Graha Pratama Fish.
Evaluasi Pelaksanaan Pasca Diklat Pemantapan Pengurus Koperasi di Propinsi Riau Ahmad Fauzi
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 2 No 3 (2018)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.957 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v2i3.323

Abstract

Koperasi menjadi soko guru perekonomian bangsa, hal ini menjadikan perhatian pemerintah terhadap usaha menumbuhkembangkan koperasi sangat besar. Perkembangan koperasi tidak terlepas dari peran serta pengurus, yang mana kepengurusan koperasi menjadi bagian yang penting. Melalui diklat pemantapan pengurus koperasi dalam mengelola koperasi yang dilaksanakan oleh Badan pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Rau diharapkan dapat mencapai usaha pengembangan koperasi masa depan. Melalui jenis penelitian kualitatif dengan narasumber pengurus koperasi yang mendapatkan pelatihan dan juga anggota koperasi di Propinsi Riau dan data diambil dengan menggunakan wawancara serta dianalisis secara kualitatif, maka diperoleh hasil penelitian bahwa setelah dilakukannya pendidikan dan pelatihan pemantapan pengurus koperasi yakni dalam masa satu tahun berjalan belum optimal perubahan yang diharapkan terhadap kepengurusan koperasi itu sendiri. Hal ini disebabkan antara lain: faktor kesungguhan peserta pelatihan dalam mengikuti pelatihan, juga faktor narasumber yang kurang berpengalaman dalam mengusur koperasi dan juga faktor pengurus koperasi yang ikut pelatihan bukan pengambil kebijakan. Perlu upaya evaluasi pasca pelatihan yang diberikan kepada peserta pelatihan sehingga hasil pelatihan dapat dijamin keberhasilannya di masa depan
Pelatihan Pembuatan PKM ke Kemenristekdikti Hardi Hardi; Nurhayani Lubis; Gusmarila Eka Putri
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 2 No 3 (2018)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.217 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v2i3.325

Abstract

Permasalahan utama tidak berjalannya kegiatan Program Kreatifits Mahasiswa di Kehadiran Akademi Kesenian Melayu Riau (AKMR) adalah ketidak tahuan dan motivasi mahasiswa dari kelompok pengabdian dan belum maksimalnya informasi berkaitan dalam penulisan proposal untuk dikiirm ke kemenristekdikti. Prospek mahasiwa akamdemi keseina melayu riau melalui peltihan penemuan ide dan gagasan untuk membuat proposal Program Kreatifitas Mahasiwa sagat baik. Setelah mendapat arahan dan materi yang disampaikan oleh motivator dan tim pengabdian terlihat pemahaman dan motivasi dalam pembuatan proposal kewirausahaan para mahasiswa meningkat. Bisa terlihat setelah adanya tanya jawab bahwa mahasiswa sudah memahami dan termotivasi dalam membuat Proposal PKM-K yang akan diajukan ke kemenristekdi dan juga sebagai referensi untuk membuka usaha setealh tamat dari bangku kuliah. Dapat dilihat dari hasil kuesioner setelah diberinya materi dan penjelasan terkait pembuatan Proposal PKM-K, semua pernyataan 100% dijawab benar oleh mahasiswa.
Pelatihan Internet Marketing (Facebook ADS) Wirausaha Muda Di Rumbai Aznuriyandi Aznuriyandi
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 2 No 3 (2018)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.843 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v2i3.330

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam mengembangkan hardskill nya agar mereka memiliki kemampuan dalam menggunakan internet marketing (facebook ads) serta mampu menumbuhkan jiwa wirausaha dan untuk mengetahui tanggapan wirausahaan muda terhadap pelatihan internet marketing (facebook ads) wirausaha muda sekaligus menumbuhkan jiwa wirausaha. Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ceramah, demontrasi langsung dipraktekkan oleh peserta, serta tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan pengetahuan secara umum tentang internet marketing (facebook ads). Demonstrasi digunakan untuk memberikan keterampilan langsung mengenai proses membikin iklan yang baik dan menentukan target pasar yang di inginkan, peralatan yang diperlukan serta bahan digunakan dalam Pelatihan Internet marketing ini, Komputer atau Handphone dan internet. Tanya jawab digunakan untuk melengkapi hal-hal yang belum terakomodasi oleh metode di atas. Pelatihan ini melibatkan dosen Jurusan Akuntansi dan Manajemen yang bekerja sama dengan wirausaha muda di Rumbai Pekanbaru Riau sebagai subyek sasaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 10