cover
Contact Name
Tryantini Sundi Putri
Contact Email
tryantinisputri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tryantinisputri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23380241     EISSN : 26572273     DOI : -
Core Subject : Engineering,
STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian keairan, kajian lingkungan, kajian kelautan dan kajian manajemen proyek dan konstruksi).
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil" : 3 Documents clear
MODIFIKASI PERENCANAAN STRUKTUR DENGAN BALOK PRATEKAN PADA GEDUNG HOTEL DAN MALL DI RUAS JALAN MT. HARYONO KENDARI Talanipa, Romy; Mursidi, Baso
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractHouse Hotel and Mall Road MT.Haryono Kendari is a building consisting of six floors and was planned with reinforced concrete structures. In terms of functionality and usefulness, this building does not yet have adequate meeting space so as to enhance the functionality and usefulness of the need for meeting space, which requires a vast place and freely without any hindrance. For the majority of the fields must be eliminated and will cause some long -span beams have.??????????????? With the ability to carry the load on long -span and behavior that combines high strength concrete with high strength steels are active , it can minimize the use of prestressed concrete structures as well as provide an alternative dimension of proper planning and efficient.Structural design modifications only in terms of technical structure, without considering the economic and aesthetic terms. Modifications made on the 5th floor and 6th floor. Analysis refers to the structure of the building regulations in Indonesia and other supporting regulations. The structure of the planned building structures meet safety requirements, based on the strength and deformation arising from the load acting on the structure with ductility level 2.Especially for prestressed beams, the planning is based on the method of implementation in the field by considering the strength and behavior of structural components at a critical stage since bias given moment. Modified the calculation Prestressed force : 2500 kN , the cable layout : E field = 250 mm , E = 100 mm pedestal , Loss of presstress : 17.9 , soft reinforcement installation staging area : 4D - 25 and field areas : 2D - 25.?Keywords: Modified, Prestressed Beams
PENGARUH PENAMBAHAN SERAT SABUT KELAPA TERHADAP KUAT TEKAN BETON PADA BETON NORMAL Zulkifly, Zulkifly; Aswad, Nini Hasriyani; Talanipa, Romy
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakBeton merupakan bahan bangunan yang sudah lama dikenal dan sangat banyak di gunakan.Beton terdiri dari bahan campuran semen, kerikil, pasir , air dan bahan tambah. Penggunaan bahan tambah berupa serat alam yakni serat sabut kelapa diharapkan dapat memperbaiki sifat mekanik beton terkhususnya beton normal.Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui komposisi penambahan serat sabut kelapa yang meningkatkan nilai kuat tekan Beton. Pembuatan campuran beton mengacu SK SNI T-15-1990-003 tentang ?Tata Cara? Pembuatan Rencana Campuran Beton Normal?. Benda uji untuk pengujian kuat tekan beton adalah silinder ukuran 10 x 20. Variasi konsentrasi penambahan serat sebesar 0%; 0,3%; 0,6%; 0,9%; dan 1,2% terhadap berat total beton.Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan penambahan serat serabut kelapa terjadi peningkatan nilai? kuat tekan pada beton. Proporsi serat 0,3% menghasilkan nilai kuat tekan tertinggi yakni sebesar 20,43 MPa. Sedangkan beton? tanpa serat ( Beton Normal ) sebesar? 19,91 Mpa. Dengan adanya serat hasil pengujian kuat tekan beton? meningkat sebesar? 2,11%.? Dengan adanya penambahan serat nilai kuat tekan meningkat tetapi tidak Signifikan.?Kata kunci: Beton, Serat serabut kelapa, Kuat Tekan
KAJIAN TRAFFIC PERFORMANCE PADA SIMPANG TAK BERSINYAL (Studi Kasus Simpang Jl. Made Sabara – Jl. Saranani) Kurdin, Muh. Akbar; Hasmiati, Hasmiati
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.064 KB)

Abstract

AbstractHighway intersection design is crucial to anticipate the delays surrounding the intersection, an intersection performance is influenced by the volume of traffic, side friction and the geometric shape of the intersection. Therefore the purpose of this study is to investigate the performance of the existing intersection on road Made Sabara ? Saranani, to determine the volume of the vehicle, the degree of saturation capacity and delays that exist.By considering the wide scope of the problem and the factors that influence in this study, the limit is taken, namely: analysis performed at peak hours during the day and evening, according to the analysis MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997).From the analysis in the know that the degree of saturation that occurs at the intersection Made Sabara - Saranani road is 0.33 with the number of vehicles in 1330 veh/h (970 pcu/h) with the opportunity to queue 5-15%, this indicates that the performance of road intersections is still considered good because the DS value <0.75.Key Words: Intersections, Degree of Saturation, Opportunity to Queue?AbstrakDesain simpang jalan raya sangatlah penting untuk mengatisipasi terjadinya tundaan disekitar simpang, kinerja suatu persimpangan sangat di pengaruhi oleh volume lalu lintas, hambatan samping dan kondisi geometrik simpang tersebut. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja simpang yang ada pada ruas jalan Made Sabara ? jalan Saranani dengan mengetahui volume kendaraan, kapasitas derajat kejenuhan dan tundaan yang ada.Dengan mempertimbangkan luasnya cakupan masalah dan faktor yang berpengaruh dalam penelitian ini, maka batasan yang diambil yaitu : analisis dilakukan pada jam puncak siang hari dan sore hari, untuk analisis menurut MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997).Dari hasil analisis di ketahui bahwa derajat kejenuhan yang terjadi pada simpang jalan Made Sabara ? jalan Saranani adalah 0,33 dengan jumlah kendaraan 1330 kend/jam (970 smp/jam) dengan peluang antrian 5 ? 15%, ini menunjukkan bahwa kinerja simpang pada ruas jalan tersebut dinilai masih baik sebab nilai DS<0,75.?Kata Kunci: Persimpangan, Derajat Kejenuhan, Peluang Antrian

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 11, No 1 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 1 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 3 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 2 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 3 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 3 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil More Issue