cover
Contact Name
Lufthia Sevriana
Contact Email
lufthia.sevriana@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lufthia.sevriana@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
ISSN : 18298680     EISSN : 25990039     DOI : -
Performa Journal publishes articles and brief communication with management theme (marketing, human resources, financial, operations, startegy), Islamic ecomy general economy, islamic and general approches development study, business in islamic and general basis.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2016)" : 7 Documents clear
PENGELOMPOKKAN KULTUR BUDAYA FAKULTAS MENGGUNAKAN METODE ORGANIZATIONAL CULTURE ASSESSMENT INSTRUMENT (OCAI) Ni Putu Nurwita Pratami Wijaya
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3516

Abstract

Budaya organisasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kebiasaan dan perilaku orang-orang dalam organisasi. Sangat penting kaitannya suatu organisasi perlu mengetahui dan memahami budaya organisasi yang dianut dalam organisasinya. Hal ini berkaitan dengan perilaku masing-masing individu dalam organisasi tersebut. Termasuk dalam lingkungan akademis yang terdiri dari dosen, pegawai, dan mahasiswa. Setiap perguruan tinggi perlu untuk mengetahui budaya organisasi apa yang digunakan dalam organisasinya. Menurut Cameroon dan Quinn (2011) ada empat macam budaya dalam organisasi yaitu: budaya clan, adhocracy, hierarchy, dan market. Masing-masing kebudayaan memiliki karakteristik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi yang ada pada perguruan tinggi X. Batasan penelitian ini adalah pada tiga fakultas berbeda, dikarekan tiga fakultas tersebut yang memiliki program S1 dan S2. Responden penelitian ini berjumlah 60, dengan masing-masing fakultas terdiri dari 10 responden S1 dan 10 responden S2. Penelitian ini menggunakan instrument OCAI (Organization Culture Assesment Instrument), dimana kuesioner yang dibagikan ke responden mengacu pada indikator OCAI. Pengolahan hasil kuesioner menunjukkan bahwa budaya dominan pada perguruan tinggi tersebut adalah clan dan budaya yang diharapkan juga clan.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KENABIAN DAN SPIRITUALITAS DI TEMPAT KERJA TERHADAP PERILAKU EKSTRA PERAN (ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR) DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi pada Sinergi Foundation) Allya Roosallyn Assyofa
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3499

Abstract

The purpose of this study is to investigate phenomenon about organizational citizenship behavior from Islamic perspective. This study is important because of the fact that research about prophetic leadership, workplace spirituality and organizational citizenship behavior emanating from the Western value system and gives insufficient consideration to the Islamic perspective. This study analyses the direct effect from prophetic leadership to OCB, the direct effect from workplace spirituality to OCB and both effect simustaneosly in the context of Zakah Institution (LAZ) with research subject are Sinergi Foundation employees. This study uses descriptive analysis with verificative method to experiment the influence between variables. Observation, interview and questionaire was used to collects data. Using path analysis this research results is there are positive influence from prophetic leadership and workplace spirituality to OCB both partially and simultaneously.
EKSPLORASI SIKAP KONSUMEN TERHADAP KOSMETIK HALAL (STUDI KASUS:WARDAH) Deru Indika; Safia Lainufar
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3517

Abstract

Potensi pasar kosmetik Indonesia cukup besar dimana penduduk perempuan di Indonesia yang mencapai 118 juta orang adalah potensi pasar yang tak bisa diabaikan. Sebagai negara yang mayoritas muslim, kualitas dan bahan yang digunakan dari kosmetik tersebut, diantaranya unsur kehalalan produk menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk. Wardah merupakan salah satu pelopor dari produk kosmetik yang memiliki sertifikasi halal di Indonesia menjadi sebuah jaminan produk bagi konsumen dan nilai tambah dari produk Wardah terutama bagi segmen perempuan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi sikap konsumen yang terdiri dari dimensi kognitif, afektif dan konatif terhadap produk Wardah. Metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini  karena dapat mendeskripsikan dan menginterpretasikan kondisi yang terjadi, sehingga memungkinkan upaya dalam memahami sikap konsumen Hasil penelitian dan pembahasan yang  diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 105 responden sebagai sumber data utama dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk produk kosmetik dimana Wardah sebagai kosmetik halal, dimensi kognitif menjadi dimensi utama pembentuk sikap konsumen dalam memilih produk. Secara keseluruhan, label halal menjadi sub dimensi yang mempengaruhi sikap konsumen dalam memutuskan pembelian produk kosmetik halal.
EFFECTIVE MARKETING COMMUNICATON : WORD OF MOUTH Mochamad Malik Akbar Rohandi
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3502

Abstract

Berkembangnya media pemasaran melalui peran informasi dan teknologi informasi baik tradisional maupun internet menjadikan wom marketing sangat penting dalam aktifitas komunikasi pemasaran saat ini. Hal tersebut menjadikan wom menjadi suatu hal yang sangat efektif dalam kegiatan promosi sehingga perlu dilakukannya cara pengemasan khusus untuk aktivitas tersebut. Penulis mengemukakan efektifitas dari pemasaran Word of Mouth (marketing) baik itu dilakukan melalui media tradisional maupun media internet karena aktifitas wom banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan suatu hal yang vital tapi sangat sukar untuk dimengerti dalam suatu bauran pemasaran. Artikel ini akan mengeksplorasi mengenai beberapa penelitian wom sebagai aktivitas pemasaran efektif saat ini yang dibagi dalam empat bagian. Pertama membahas mengenai relevansi akan pentingnya wom, kedua hubungan wom dengan komunikasi pemasaran, ketiga penelitian tentang wom terakhir adalah kesimpulan.
THE IMPLEMENTATION OF MARKETING MIX : A CASE STUDY OF UD SIGRAPRO JAKARTA Rora Puspita
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3519

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada UD Sigrapro, sebuah perusahaan yang menyediakan jasa penyewaan peralatan entertainment. Tujuan dari dilaksanakannya studi ini adalah untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi UD Sigrapro dilihat dari aspek bauran pemasaran perusahaan. Studi ini menggunakan metode studi deskriptif. Dimana terdapat tiga permasalahan utama yang harus dijawab dalam penelitian ini. Studi ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari wawancara dengan pemilik perusahaan, serta dari observasi lapangan. Sedangkan data sekunder didapatkan dari buku teks dan jurnal akademik. Permasalahan yang diangkat dalam studi ini adalah : (1) Bagaimana keadaan bisnis UD Sigrapro dilihat dari aspek bauran pemasaran, (2) Apakah permasalahan yang sedang terjadi pada UD Sigrapro, serta (3) Solusi apa yang dapat diberikan untuk mengatasi permasalahan pada UD Sigrapro. Permasalahan yang ditemukan dalam studi ini adalah pada faktor penetapan harga, lokasi perusahaan, serta promosi yang digunakan perusahaan. Solusi yang diberikan adalah : (1) Membuat sistem penetapan harga dengan parameter terkait, (2) Memasang plang nama perusahaan serta memasang lokasi pada google maps, serta (3) menambah metode promosi yang digunakan perusahaan.
HOW CAN THE INDONESIAN TELECOMMUNICATION GIANT PERSIST AMID THE COMPETITION? A CASE OF TELKOMSEL INC. Egi Arvian Firmansyah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3505

Abstract

Salah satu ciri dunia bisnis (business world) di era ini adalah persaingan. Dibandingkan dekade-dekade sebelumnya, kini perusahaan menghadapi persaingan yang jauh lebih ketat (hyper competition). Hal ini seiring pula dengan semakin terintegrasinya ekonomi dunia (integrated economies) sehingga persaingan tidak lagi berasal dari dalam negeri, melainkan juga dari luar negeri. Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan perusahaan telekomunikasi paling Indonesia, Telkomsel kini menghadapi persaingan yang semakin ketat dari beberapa perusahaan lain. Beberapa perusahaan pesaing tersebut mayoritas sahamnya dimiliki oleh asing. Layanan dari provider pesaing menawarkan servis yang serupa namun dengan biaya yang lebih terjangkau bagi semua kalangan. Dengan demikian, posisi Telkomsel sebagai market leader semakin terancam dan profit perusahaan dikhawatirkan cenderung menurun di kemudian hari. Tulisan ini membahas mengenai isu-isu yang dihadapi Telkomsel (pada tahun 2014) dan menstimulus pengambil keputusan untuk mengambil keputusan strategis. Formulasi keputusan strategis dalam perusahan dilakukan secara terstruktur. Terlebih dahulu, manajer perusahaan di tingkat top management melakukan analisis posisi perusahaan di dalam persaingan. Tulisan ini menyajikan beberapa tools yang dapat digunakan untuk menganalisis posisi perusahaan dan posisi pesaing.
PENGARUH NILAI PERUSAHAAN YANG DIUKUR DENGAN MARKET TO BOOK RATIO TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN (Suatu Pengujian Market Timing Theory dalam Kebijakan Struktur Modal Perusahaan) Tia Yuliawati
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3511

Abstract

The purpose of this study was to test the Market Timing Theory in the company's capital structure policy. This research was carried out in an Indonesian company in the category 50 Biggest Market Capitalization for the period 2010-2013. The method used in this research is descriptive and verification methods. The statistical method used is the method of Generalized Least Squares (GLS) with a random effect approach. The results showed that the Market Timing Theory can not explain the company's capital structure policy in Indonesia. It can be seen from the test results that prove the hypothesis that the market to book ratio has no significant effect on the capital structure.

Page 1 of 1 | Total Record : 7