cover
Contact Name
Lufthia Sevriana
Contact Email
lufthia.sevriana@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lufthia.sevriana@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
ISSN : 18298680     EISSN : 25990039     DOI : -
Performa Journal publishes articles and brief communication with management theme (marketing, human resources, financial, operations, startegy), Islamic ecomy general economy, islamic and general approches development study, business in islamic and general basis.
Arjuna Subject : -
Articles 178 Documents
Employee Engagement: A Literature Review Ririn Yuzarni
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3033

Abstract

 ABSTRACT Employee engagement always an interesting issue anywhere around the globe, not only in entrepreneurship world, but also in everyday people. Along with these issues, the specific definition of “employee engagement” has always regenerated as well over time. Basically, the point of this literature research is to analyze the concept (definition) of employee engagement chronologically from numbers of journal and books related to usage of literature observation method. While the originality contribution of this research is about development of employee engagement’s definition chronologically. Certainly, this writing creates an originality contribution to development of employee engagement’s definition itself. The last point of this research is in form of conclusion, where employee engagement defined as cognitive state of employee which is really involved emotionally with showing positive behavior, such as enthusiasm, and concerned deeply to reach the organization or company’s goal.ABSTRAK  Keterlibatan karyawan selalu menjadi masalah menarik di mana saja di seluruh dunia, tidak hanya di dunia wirausaha, tetapi juga pada orang biasa. Seiring dengan masalah-masalah ini, definisi spesifik "keterlibatan karyawan" selalu diperbarui juga seiring waktu. Pada dasarnya, tujuan dari penelitian literatur ini adalah untuk menganalisis konsep (definisi) keterlibatan karyawan secara kronologis dari jumlah jurnal dan buku yang terkait dengan penggunaan metode observasi literatur. Sedangkan kontribusi orisinalitas dari penelitian ini adalah tentang pengembangan definisi keterlibatan karyawan secara kronologis. Tentu saja, tulisan ini menciptakan kontribusi orisinalitas untuk pengembangan definisi keterlibatan karyawan itu sendiri. Poin terakhir dari penelitian ini adalah dalam bentuk kesimpulan, di mana keterlibatan karyawan didefinisikan sebagai keadaan kognitif karyawan yang benar-benar terlibat secara emosional dengan menunjukkan perilaku positif, seperti antusiasme, dan sangat peduli untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
PENGARUH CAMEL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA SEKTOR PERBANKAN INDONESIA PERIODE 2009-2013 Budhi Pamungkas Gautama; Gina Sofiasani
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 12, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3049

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenaikan kemungkinan bank mengalami financial distress yang terjadi pada Sektor Perbankan Indonesia periode 2009-2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran CAMEL yang terdiri dari unsur capital, management efficiency, earning dan liquidity, 2) gambaran financial distress, 3) Pengaruh capital, management efficiency, earning dan liquidity terhadap Financial Distress. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi multipel. Populasi dalam penelitian ini adalah Sektor Perbankan Indonesia yang berjumlah 120 bank. Sampel yang digunakan sebanyak sembilan bank pada Sektor Perbankan Indonesia periode 2009- 2013 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini, variabel capital yang diukur Capital Adequacy Ratio (CAR) dan liquidity yang diukur Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh terhadap Financial Distress sedangkan management efficiency yang diukur Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan earning yang diukur Return On Assets (ROA) berpengaruh terhadap financial distress.
SEKTOR PARIWISATA DAN INDUSTRI YANG RELEVAN SERTA JASA PENDUKUNGNYA (Studi Pemetaan di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur) Muhardi Muhardi
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 12, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3050

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memetakan sektor pariwisata di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur, dan mengetahui berbagai industri yang relevan atau terkait serta jasa-jasa pendukung sektor pariwisata. Berdasarkan pemetaan yang dilakukan, diketahui potensi pariwisata di daerah ini tidak hanya berupa wisata pantai, tetapi juga terdapat wisata hutan lindung pantai, wisata hutan raya, wisata agro, wisata sejarah, wisata bahari, wisata sastra, dan wisata buatan. Sebagai salah satu sektor unggulan daerah, sektor pariwisata di Kecamatan Gantung tidak terlepas dari adanya industri-industri terkait, dan ketersediaan jasa atau layanan pendukung pengembangan sektor pariwisata. Berbagai aspek lainnya yang juga menentukan keberhasilan sektor pariwisata diantaranya adalah ketersediaan infrastruktur baik fisik maupun non fisik, kesiapan sumber daya manusianya, serta ketersediaan teknologi informasi dan besarnya potensi sumber daya pariwisata guna mewujudkan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan perekonomian daerah.
REAKSI SIGNAL RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO SOLVABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA UNTUK PERIODE 2012-2014 Rabiatul Adwiyah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 12, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3051

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh faktor fundamental (EPS, NPM, ROA, ROE dan DER) terhadap return saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2012-2014. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria (1) terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014, (2) selalu tampak laporan keuangan tahunan selama periode 2012-2014, (3) selalu memiliki keuntungan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diambil dari Direktori Pasar Modal Indonesia (ICMD) 2012-2014, diakuisisi 149 perusahaan sampel. Analisis data regresi berganda dengan dengan metode Ordinary Least Square (OLS). Hipotesis uji yang digunakan t-statistik dan f-statistik pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap return saham dan Earning per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kinerja fundamental utang terhadap ekuitas (DER) yang digunakan oleh investor untuk memprediksi return saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2014.
RANCANGAN KEMASAN PRODUK OLEH-OLEH BANDUNG (STUDI KASUS PADA SUNDARIFOOD) Okky Rizkia Yustian
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 12, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3052

Abstract

Kota Bandung dikenal sebagai kota wisata kuliner. Salah satu wisata kuliner yang terkenal di Bandung adalah makanan yang bercita rasa pedas. SUNDARIFOOD adalah salah satu perusahaan produksi makanan pedas berskala rumah tangga. SUNDARIFOOD masih menggunakan kemasan produk yang sangat sederhana untuk produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan kreatif kemasan produk SUNDARIFOOD di BANDUNG. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian SUNDARIFOOD memiliki tingkatan kemasan pada produknya yaitu primary package, secondary package dan shipping package. Perancangan kemasan untuk primary package menghasilkan rancangan kemasan yang lebih modern dan detail elemen-elemen pada kemasan memberikan informasi produk yang lebih lengkap dibandingkan rancangan kemasan awal.
PERKEMBANGAN GADAI EMAS SYARIAH DI PEGADAIAN SYARIAH Ratih Tresnati; Nugroho Hardiyanto; Lufthia Sevriana
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 12, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3054

Abstract

Perkembangan Industri gadai emas syariah sempat mengalami perkembangan yang pesat antara tahun 2010 ke tahun 2011 namun setelah tahun 2012 perkembangan itu menjadi menurun setelah turunya peraturan Gadai Bank Indonesia No. 14/7/DpBs tertanggal 29 Februari 2012 yang membatasi pembiayan gadai sebesar Rp. 250 Juta. Pertumbuhan konsumen gadai emas juga mengalami penurunan sebesar 60%. Faktor utama penyebab penurunan tersebut adalah karena adanya peraturan Bank Indonesia tentang pembatasan maksimal nilai rahn, harga emas yang tidak stabil, dan Persaingan yang ketat antara sesama industri gadai syariah. Strategi marketing mix terbukti dapat meningkatkan omset usaha pegadaian syariah. Implementasi Strategi Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi ternyata mampu mempengaruhi perkembangan jumlah nasabah.
PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN CITRA UNIVERSITAS TERBUKA TERHADAP WORD OF MOUTH MAHASISWA Angga Sucitra Hendrayana; Imas Maesaroh; Deden Taryana
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 12, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3272

Abstract

Keunggulan sistem pendidikan jarak jauh yang telah terbukti mampu menjangkau daerah yang luas dan massal menyebabkan biaya yang harus ditanggung mahasiswa juga menjadi lebih murah. Namun, bukan hanya luas jangkauan sistem dan besarnya jumlah mahasiswa yang menjadi fokus penyelenggaraan UT, tetapi peningkatan kualitas layanan baik layanan akademik maupun administrasi akademik juga menjadi fokus utama. UT sebagai perguruan tinggi negeri terbuka dan jarak jauh satu–satunya di Indonesia yang menerapkan sistem belajar jarak jauh tentu saja terus selalu meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para mahasiswa dan stakeholder. Jasa pendidikan kepada mahasiswa merupakan serangkaian proses penilaian dengan membandingkan seberapa besar benefit yang diperoleh dari produk dan jasa dengan pengorbanan yang dikeluarkan untuk membeli produk dan memanfaatkan jasa tersebut. Pengalaman para user UT yang merasakan kepuasan atas kualitas pelayanan tentu saja akan meningkatkan citra positif UT di masyarakat. Dengan memperoleh kepuasan mereka melakukan word of mouth (WOM) yang positif di dalam membangun citra UT. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Survey Explanatory dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Analisis data yaitu analisis jalur dengan menggunakan software SPSS. Dari hasil penelitian didapat bahwa Experiential Marketing dan Citra Universitas Terbuka secara simultan berpengaruh signifikan terhadap WOM mahasiswa
THE IMPACT OF ENGLISH LANGUAGE PROFICIENCY ON THE RECRUITMENT AND SELECTION PROCESS: A STUDY FROM P.T. ENGLISH EFFICIENT SERVICES Zenyka Viedeyona Zebedeus; Ronny Buha Sihotang
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 12, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3273

Abstract

The purpose of this research is to know the impact of English Language Proficiency (ELP) on the recruitment process and selection process. This research was conducted using the descriptive method, in which data was obtained by collecting and then analyzing to present a description about the research object. The collected data was analyzed using a linear regression analysis, Pearson Product Moment correlation coefficient analysis, significance test, and coefficient of determination analysis in order to obtain a conclusion. Data collection techniques include sending out validated questionnaires and interviewing the human resources manager of the company. Based on the linear regression and Pearson Product Moment statistical analysis, it was found that English Language Proficiency has a positive impact on both recruitment and selection. Based on the significance test, it was found that for recruitment, tcount = 1.013 <  ttable = 1.960, which means that ELP does not have a significant impact on the recruitment process. For selection, however, the tcount = 3.162 > ttable value of 1.960, which means that ELP does have a significant impact on the selection process. Based on the coefficient of determination analysis, ELP affects the recruitment process as much as 3%. ELP affects the selection process as much as 23%.
Analisis Karakteristik Strategi Konten E-commerce Indonesia menggunakan Pendekatan Social Network Analysis untuk Market Intelligence Affrilia Utami; Andry Alamsyah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3473

Abstract

ABSTRACT The increasing penetration of internet users in Indonesia has transformed the market into a digital economy that has an impact on the high competitiveness of e-commerce. The availability of online data can provide a strategy for businesses to find new ways to understand market behavior. We analyze the characteristics of e-commerce content. This study measures and compares the analytical nature of social networks and the types of content between two e-commerce Bukalapak and Lazada on the Facebook page. This research can provide insight into what is important in understanding the market by identifying the types of content characteristics between e-commerce in social media marketing campaigns and market size indicated by the value of their content involvement and community conversations of each social network in e-commerce. ABSTRAK  Peningkatan penetrasi pengguna internet di Indonesia telah mentransformasikan pasar ke dalam ekonomi digital yang berdampak pada tingginya daya kompetisi antara e-commerce. Ketersediaan online data dapat memberikan strategi bagi bisnis untuk menemukan cara baru dalam memahami perilaku pasar. Kami menganalisa karakteristik konten e-commerce. Penelitian ini mengukur dan membandingkan sifat analisis jaringan sosial dan jenis konten di antara dua e-commerce Bukalapak dan Lazada di halaman Facebook. Penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang apa yang penting dalam memahami pasar dengan mengidentifikasi jenis karakteristik konten di antara e-commerce dalam kampanye pemasaran media sosial dan ukuran pasar yang ditunjukkan oleh nilai keterlibatan konten mereka dan percakapan komunitas masing-masing jaringan sosial dalam e-commerce.
Factors Influencing to Customer Loyalty Towards Mobile Service Provider Febriana Valentiony Alamsyah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3595

Abstract

ABSTRACT The use of cellphones as life support has made the telecommunications industry grow bigger. The features offered by smartphones vary, ranging from regular call services to several applications that can help people do things easily. This new phenomenon has made competition between mobile service providers increasingly stringent. They compete to get as many customers as possible and they also want to retain their current loyal customers. This study aims to determine the factors that influence customer loyalty. This study examines the effect of the quality of mobile services on customer satisfaction through customer trust and customer intimacy towards customer loyalty. As many as 400 people in Indonesia obtained from the Slovin’s formula have been examined to determine the factors that influence customer loyalty. All submitted variables are all positively accepted and customer satisfaction greatly influences customer trust. ABSTRAK  Penggunaan ponsel sebagai pendukung kehidupan telah membuat industri telekomunikasi tumbuh semakin besar. Fitur yang ditawarkan oleh smartphone beragam, mulai dari layanan panggilan reguler hingga beberapa aplikasi yang bisa membantu orang melakukan hal dengan mudah. Fenomena baru ini telah membuat persaingan antar penyedia layanan mobile semakin ketat. Mereka bersaing untuk mendapatkan sebanyak mungkin pelanggan dan mereka juga ingin mempertahankan pelanggan setia mereka saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Penelitian ini meneliti pengaruh kualitas layanan mobile terhadap kepuasan pelanggan melalui kepercayaan pelanggan dan keintiman pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Sebanyak 400 orang di Indonesia yang didapat dari rumus slovin telah diperiksa untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Semua variabel yang diajukan semuanya diterima secara positif dan kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan.

Page 1 of 18 | Total Record : 178