cover
Contact Name
Lufthia Sevriana
Contact Email
lufthia.sevriana@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lufthia.sevriana@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
ISSN : 18298680     EISSN : 25990039     DOI : -
Performa Journal publishes articles and brief communication with management theme (marketing, human resources, financial, operations, startegy), Islamic ecomy general economy, islamic and general approches development study, business in islamic and general basis.
Arjuna Subject : -
Articles 188 Documents
TINJAUAN MODEL INKUBATOR BISNIS RINTISAN ( BISNIS START UP ) DI INDONESIA Septiana Ayu Estri Mahani
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3044

Abstract

Inkubasi Bisnis merupakan tuntutan dari the new economy global, yang terjadi karena adanya perubahan yang cepat dan signifikan di bidang teknologi, telekomunikasi, dan digitalisasi; adanya deregulasi dan globalisasi. Setiap Inkubator Bisnis harus memiliki kemampuan dalam perencanaan strategis bagi perusahaan pemula dan memiliki koneksi dengan sumber daya ekonomi dan komunitas bisnis yang berhubungan dengan informasi dan konsultasi bisnis. Peran Inkubator Bisnis sangat strategis dalam menumbuh kembangkan UKM Inovatif, karena melalui Inkubator calon-calon wirausaha baru berbasis IPTEK dapat ditingkatkan kapasitas dan kinerja usahanya.
Analisis Karakteristik Strategi Konten E-commerce Indonesia menggunakan Pendekatan Social Network Analysis untuk Market Intelligence Affrilia Utami; Andry Alamsyah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3473

Abstract

ABSTRACT The increasing penetration of internet users in Indonesia has transformed the market into a digital economy that has an impact on the high competitiveness of e-commerce. The availability of online data can provide a strategy for businesses to find new ways to understand market behavior. We analyze the characteristics of e-commerce content. This study measures and compares the analytical nature of social networks and the types of content between two e-commerce Bukalapak and Lazada on the Facebook page. This research can provide insight into what is important in understanding the market by identifying the types of content characteristics between e-commerce in social media marketing campaigns and market size indicated by the value of their content involvement and community conversations of each social network in e-commerce. ABSTRAK  Peningkatan penetrasi pengguna internet di Indonesia telah mentransformasikan pasar ke dalam ekonomi digital yang berdampak pada tingginya daya kompetisi antara e-commerce. Ketersediaan online data dapat memberikan strategi bagi bisnis untuk menemukan cara baru dalam memahami perilaku pasar. Kami menganalisa karakteristik konten e-commerce. Penelitian ini mengukur dan membandingkan sifat analisis jaringan sosial dan jenis konten di antara dua e-commerce Bukalapak dan Lazada di halaman Facebook. Penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang apa yang penting dalam memahami pasar dengan mengidentifikasi jenis karakteristik konten di antara e-commerce dalam kampanye pemasaran media sosial dan ukuran pasar yang ditunjukkan oleh nilai keterlibatan konten mereka dan percakapan komunitas masing-masing jaringan sosial dalam e-commerce.
PERSEPSI KONSUMEN ATAS RISIKO SAYURAN ORGANIK SERTA DAMPAKNYA PADA PERILAKU PEMBELIAN Doni Purnama Alamsyah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 11, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i2.3028

Abstract

Sayuran organik memiliki karakter sebagai sayuran yang mahal dan keputusan pembelian konsumen masih terbatas. Sehingga kajian terkait persepsi risiko dan keputusan pembelian menjadi tujuan dalam penelitian ini. Metode penelitian digunakan deskriptif dan verifikatif, serta melalui pendekatan Regesi Linier Sederhana pada unit observasi 200 konsumen ritel swalyan di Kota Bandung. Hasil penelitian ditemukan bahwa persepsi risiko konsumen atas sayuran organik cukup tinggi dinilai dari financial risk dan functional risk. Serta pada keputusan pembelian konsumen ditemukan tidak tinggi. Hasil lain ditemukan adanya hubungan yang negatif antara persepsi risiko dan keputusan pembelian serta memiliki pengaruh sebesar 6%. Penelitian terkait risiko sayuran organik menyempurnakan penelitian sebelumnya pada bidang non food.
Hedging Performance of Indonesia Exchange Rate Eneng Nur Hasanah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 15, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3609

Abstract

The fluctuation of exchange rate very given the impact to the situation of Indonesia economic, it will give impact to the economics of Indonesia, with the case, this paper examines the hedging ratio performance by using The Constant Conditional Correlation (CCC) of Bivariate Generalized Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (BGARCH). The result of hedging ratio performance of Indonesia exchange rate is very low, it means that Indonesia almost never mitigate Rupiah (IDR).
Perceived E-Service Quality dan Brand Equity Produk Tcash Putra Akbar Pangestu; Indira Rachmawati
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 16, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v16i2.3634

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak dari variabel Perceived E-Service Quality, Satisfaction, Trust, Terhadap Loyalty dan Brand Equity. Objek pada penelitian ini ditujukan kepada pengguna aktif Tcash di Kota Bandung. Sebanyak 400 responden sudah didapatkan melalui penyebaran kuesioner yang terdiri dari 35 butir pernyataan di Kota Bandung dengan mengunakan metode non probability sampling. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel Delivery Quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Trust, variabel Outcome Quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Satisfaction, Trust dan Satisfaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalty, Loyalty  memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Equty,Trust dan Satisfaction. Kata kunci: Brand Equity, Loyalty, Perceived E-Service Quality, Satisfaction, Trust ABSTRACT This study aims to examine the impact of Perceived E-Service Quality, Satisfaction, Trust, Loyalty and Brand Equity variables. Objects in this study addressed to active users Tcash in Bandung. A total of 400 respondents have been obtained through the distribution of questionnaires consisting of 35 points statement in the city of Bandung by using the method of non-probability sampling. Data processing in this research is done by using SmartPLS 3.0. The result of this research stated that Delivery Quality variable has positive and significant influence to Trust, Outcome Quality variable has positive and significant influence to Satisfaction, Trust and Satisfaction has positive and significant influence to Loyalty, Loyalty has positive and significant influence to Brand Equty, Trust and Satisfaction. Keywords: Brand Equity, Loyalty, Perceived E-Service Quality, Satisfaction, Trust
KAJIAN TENTANG PELANGGAN PENGGANGGU (JAY CUSTOMER) DALAM PERSPEKTIF ISLAM STUDI KASUS PELANGGAN DISTRIBUTOR TEXTIL TOKO SANDANG SELENDANG FAJAR DI CIAWI TASIKMALAYA Ratih Tresnati; Neneng Nurhasanah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 14, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.2443

Abstract

There are various characters of customers. There are customers with annoying character and also arrogant, that condition happens in Selendang Fajar Ciawi Tasikmalaya Store, a textile product distributor in Ciawi Tasikmalaya. Method that being used in this article is pra survey supported by in depth literature review. On Business world, producers/distributors can not avoid the existence of Jay Customer, such as: customers who stealing/shoplifting, breaking rules; expressing anger, emotional, threatening or demeaning; arguing with employee of the store; ruining facilities and infrastructure; refusing to pay products/services that they bought. Jay Customer can be “Profitable Customer” if employee can handle their behavior, where those abilities can be given by the company to its employee within: give briefing or training of how to behave to customers of company. Textile distributor, Selendang Fajar Store in Ciawi Tasikmalaya has been able to handle its Jay Customer to become profitable customer to its company. On islamic perception, behavior of Jay Customer in Textile distributor, Selendang Fajar Store in Ciawi Tasikmalaya is not in accordance with islamic values. While their effort on facing Jay Customer is suitable with adabiyah islamic value.
PENGELOMPOKKAN KULTUR BUDAYA FAKULTAS MENGGUNAKAN METODE ORGANIZATIONAL CULTURE ASSESSMENT INSTRUMENT (OCAI) Ni Putu Nurwita Pratami Wijaya
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3516

Abstract

Budaya organisasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kebiasaan dan perilaku orang-orang dalam organisasi. Sangat penting kaitannya suatu organisasi perlu mengetahui dan memahami budaya organisasi yang dianut dalam organisasinya. Hal ini berkaitan dengan perilaku masing-masing individu dalam organisasi tersebut. Termasuk dalam lingkungan akademis yang terdiri dari dosen, pegawai, dan mahasiswa. Setiap perguruan tinggi perlu untuk mengetahui budaya organisasi apa yang digunakan dalam organisasinya. Menurut Cameroon dan Quinn (2011) ada empat macam budaya dalam organisasi yaitu: budaya clan, adhocracy, hierarchy, dan market. Masing-masing kebudayaan memiliki karakteristik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi yang ada pada perguruan tinggi X. Batasan penelitian ini adalah pada tiga fakultas berbeda, dikarekan tiga fakultas tersebut yang memiliki program S1 dan S2. Responden penelitian ini berjumlah 60, dengan masing-masing fakultas terdiri dari 10 responden S1 dan 10 responden S2. Penelitian ini menggunakan instrument OCAI (Organization Culture Assesment Instrument), dimana kuesioner yang dibagikan ke responden mengacu pada indikator OCAI. Pengolahan hasil kuesioner menunjukkan bahwa budaya dominan pada perguruan tinggi tersebut adalah clan dan budaya yang diharapkan juga clan.
MEKANISME KEBIJAKAN DEVIDEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Desmiza Desmiza
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 11, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.4715

Abstract

Dividend policy concerns to the company's act to share profits or to hold it as retained earnings. Dividend distribution to the shareholders depends on the policy of each company, so it requires serious concideration by the management. The greater the dividend distributed to shareholders, the less retained earnings. Furthermore, it will reduce the total internal funding sources which aim to reduce the ability of the company to invest and it will lower the growth rate of the company. And all of things above will lead to decreasing of company 's shares’ value. Therefore, management is required to be able to determine the optimal dividend policy which create a balance between current dividends and the growth expectations in the future. The company needs to concider various influential factors in order to maximize the value of the company
Kajian Kualitas Layanan Rumah Sakit terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Keluarga Miskin (Gakin) dan Keluarga tidak Miskin (Non Gakin) di Sulawesi Tengah Syamsudin Syamsudin; Azib Asro'i
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 5, No 1 (2008)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i1.2380

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabek kualitas layanan yaitu reability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible terhadap kepuasan pengguna jasa keluarga miskin (Gakin) dan Non Keluarga Miskin (Gakin) pada rumah sakit di Sulawesi tengah, untuk mengetahui dan menganalisis variabel kualitas layanan yang paling berpengaruh dominan terhadap kepuasan pengguna jasa keluarga miskin (Gakin) dan Non Gakin, mengetahui dan menganalisis perbedaan kualitas pelayanan rumah sakit pada keluarga miskin (Gakin) dan Non Gakin, serta untuk mengetahui dan menganalisis tingkat pelayanan rumah sakit berdasarkan Index Kepuasan Masyarakat. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis uji beda, analisis jalur (Path Analisys) dengan software AMOS 4, dan analisis IKM dengan menggunakan Kepmenpan N0.24 tahun 2004. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh dimensi kulitas layanan rumah sakit yaitu reliability (x1), Responsiceness (X2), assurance (x3), emphaty (X4), tangible (X5) berpengaruh secara serempak terhadap kepuasan pengguna jasa (baik) pelayanan rumah sakit sampel di Sulawesi Tengah. Koofisien determinasi total yang megnggambarkan besarnya pengruh total dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna jasa layanan rumah sakit adalah 51% sednagkan 49% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dianalisa dalam model ini. Dimensi responsiveness memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan pengguna jasa layanan rumah sakit yaitu emphaty (X4), tangible (X5) menunjukkan perbedaan kualitas layanan antara responden Gakin dan Non Gakin, sedangkan untuk dimensi reliability (x1), Responsiceness (X2), assurance (x3), tidak menunjukkan adanya perbedaan kualitas layanan antara responden Gakin dan Non Gakin.            Berdasarkan unsur-unsur kualitas layanan Indeks Kepuasan Masayarakat (IKM) umumnya kualitas layanan jasa rumah sakit menunjukkan nila rata-rata yang tergolong sedang.Kata Kunci : Kualitas Layanan 
REAKSI SIGNAL RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO SOLVABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA UNTUK PERIODE 2012-2014 Rabiatul Adwiyah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 12, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3051

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh faktor fundamental (EPS, NPM, ROA, ROE dan DER) terhadap return saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2012-2014. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria (1) terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014, (2) selalu tampak laporan keuangan tahunan selama periode 2012-2014, (3) selalu memiliki keuntungan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diambil dari Direktori Pasar Modal Indonesia (ICMD) 2012-2014, diakuisisi 149 perusahaan sampel. Analisis data regresi berganda dengan dengan metode Ordinary Least Square (OLS). Hipotesis uji yang digunakan t-statistik dan f-statistik pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap return saham dan Earning per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kinerja fundamental utang terhadap ekuitas (DER) yang digunakan oleh investor untuk memprediksi return saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2014.

Page 1 of 19 | Total Record : 188