cover
Contact Name
Delima Sitanggang
Contact Email
djoshlimasitanggang@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jusikom@unprimdn.ac.id
Editorial Address
Gedung Universitas Prima Indonesia, Medan Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi Jl. Sekip Simpang Sikambing
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jusikom: Jurnal Sistem Informasi Ilmu Komputer
ISSN : -     EISSN : 25802879     DOI : 10.34012
Core Subject : Science,
This journal is about information systems and computer science.
Arjuna Subject : -
Articles 169 Documents
RANCANG BANGUN WEBSITE DESA KRESEK-MADIUN UNTUK MEDIA INFORMASI POTENSI WISATA ALAM DAN KULINIER Slamet Riyanto; Inung Diah Kurniawati
Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.515 KB)

Abstract

Pengembangan desa yang berada di wilayah terpencil dan memiliki potensi wisata alam dan kuliner dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui aplikasi website desa secara online. Penerapan aplikasi website desa ini diharapkan mampu menjadi alat promosi wisata alam dan kuliner yang dimiliki desa tersebut. Desa Kresek memiliki potensi wisata alam dan wisata kuliner yang potensial untuk dikembangkan dan dipublikasi secara luas. Mengingat bahwa, Desa Kresek memiliki nilai sejarah yang tidak akan dilupakan banyak orang. Hal ini disebabkan bahwa desa Kresek memiliki monumen yang mengkisahkan kekejaman PKI. Selain itu, desa Kresek juga memiliki tempat wisata-wisata alam yang sangat menarik untuk hiburan keluarga. Adanya potensi wisata tersebut, maka perlu dilakukan publikasi melalui website desa. Keberadaan website desa diharapkan mampu memberikan informasi bagi masyarakat luas, sehingga banyak pengunjung yang datang dan memberikan kontribusi bagi peningkatan ekonomi masyarakat di desa Kresek Madiun
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGANGKATAN INSTRUKTUR TETAP PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN KARYA PRIMA DENGAN METODE PROFILE MATCHING Delima Sitanggang
Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (880.995 KB)

Abstract

Saat ini sudah ada 75 instruktur di Lembaga Kursus dan Pelatihan Karya Prima.Mengingat banyaknya siswa saat ini maka lembaga kursus karya prima perlu menambah instruktur kursus baru.Saat ini lembaga kursus karya prima untuk menentukan instrukur kursus masih secara manual sehingga dengan beberapa kriteria yang di tentukan dalam melakukan perhitungan mengalami kesulitan.Oleh karena perlu menerapkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk menentukan pengangkatan instruktur tetap. Ada beberapa metode yang digunakan dalam membatu mengambil keputusan dalam menyeleksi instruktur tetap salah satunya adalah Profile Matching (PM). Hasil dari peneleitian ini dapat digunakan untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan instruktur tetap.
Aplikasi Penentuan Karyawan Terbaik dengan Metode AHP dan Metode Promethee Marlince Nababan
Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.059 KB)

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan di defenisikan sebuah sistem yang mampu menghasilkan pemecahan masalah maupun penanganan masalah, salah satu dari pendukung keputusan yaitu metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Promethee. Proses penilaian penerimaan karyawan menghabiskan banyak waktu dan penilaian dilakukan masih secara subjektif. Dengan penerapan metode AHP dan Promethee dalam hal pengangkatan karyawan tetap dan yang layak, ada beberapa variabel atau kriteria penetapan pengangkatan karyawan tetap yaitu umur, pendidikan, kehadiran, pengalaman kerja dan loyalitas sebagai tolak ukur pengangkatan karywan teta dengan nilai maksimum 0.411 dan nilai minimum -0.341 sehingga metode AHP dan Promethee dapat membantu pengambilan keputusan.
Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan dengan Menggunakan Metode Weighted Product Mardi Turnip
Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.166 KB)

Abstract

Sumber Daya Manusia adalah salah satu faktor terpenting dalam menentukan kemajuan suatu perusahaan. Sistem penerimaan karyawan di PT. Modern Plasindo Mutiara masih dilaksanakan secara konvensional, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menentukan karyawan yang diterima. Selain itu, hal tersebut juga memungkinkan terjadinya penilaian secara subjectif. Untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut, dapat digunakan sistem pendukung keputusan (Decision Support System). Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Weighted Product (WP). Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: pendidikan, pengalaman, keterampilan, wawancara, uji lapangan, IPK. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah dalam menentukan karyawan baru yang diterima.
PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN SISTEM BILANGAN PECAHAN DESIMAL DENGAN METODE NUMERIK Yanti rambe
Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (987.583 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan perangkat lunak yang dapat membantu siswa dalam memahami pembagian sistem bilangan pecahan desimal dengan tepat dan benar dengan pendekatan metode numerik, serta menampilkan hasil pembagiannya dengan benar. Perancangan perangkat lunak dibangun dengan Microsoft Visual Studio 2010 yang merupakan aplikasi pembelajaran yang mengajarkan penggunanya cara-cara menghitung pecahan desimal dengan konsep metode numerik. Metode perancangan pada perangkat lunak ini adalah dengan menggunakan metode Waterfall. Perangkat lunak yang dirancang dilengkapi kuis sehingga dapat menarik minat siswa untuk belajar, memberikan penjelasan yang mudah mengenai cara pembagian pecahan desimal secara bertahap. Perangkat yang dirancang dapat dijalankan pada komputer desktop sehingga tidak memerlukan internet untuk menjalankannya.
PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTIONS DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) Eko Subastian
Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.33 KB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Explicit Instruction dengan menggunakan multimedia interaktif terhadap hasil belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) pada Siswa SMK Negeri 9 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sempling. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas XI Pemasaran 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 siswa, kelas diajar dengan model Explicit Instruction dengan menggunakan multimedia interaktif dan kelas XI Pemasaran 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 siswa, kelas diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) dengan bentuk uraian. Perhitungan menggunakan bantuan program SPSS 21.00. Hasil uji Kolmogorov-Smirnova untuk melihat normalitas data pre-test dan post-test, kelas eksperimen diperoleh nilai Sig pre-test = 0,089 dan nilai Sig post-test = 0,073 dengan α = 0,05, karena nilai Sig pada pre-test dan post-test > α maka data hasil penelitian untuk kelas eksperimen berasal dari distribusi normal. Untuk kelas kontrol nilai Dmax pre-test = 0,169 dan Sig post-test = 0,200 dengan Dtabel = 0,242 dan α = 0,05, karena nilai Dmax pada pre-test < Dtabel dan post-test > α maka data hasil penelitian untuk kelas kontrol berasal dari distribusi normal. Hasil uji homogenitas yang digunakan untuk melihat tingkat kemampuan siswa, maka diperoleh data pre test untuk Fhit = 1,23 dan Ftabel = 1,85 dengan α = 0,05 maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok homogen dan untuk data post test diperoleh Fhit = 2,36 dan Ftabel = 1,85 dengan α = 0,05 maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok heterogen. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Explicit Instruction dengan menggunakan multimedia interaktif terhadap hasil belajar keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) pada Siswa SMK Negeri 9 Samarinda. Hasil pembelajaran KKPI menggunakan model Explicit Instruction dengan multimedia interaktif lebih baik dibandingkan dengan hasil pembelajaran KKPI menggunakan metode konvensional. Kata kunci : Multimedia Interaktif, Hasil Belajar
RANCANG BANGUN SHARING FILE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN MYSQL SERVER ariyanti Safitri
Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.317 KB)

Abstract

Abstrak—Dengan adanya hubungan komunikasi lintas jaringan pada internet, setiap komputer yang terdapat di dunia dapat terhubung satu dengan yang lain. Hal inilah yang menyebabkan komunikasi di internet sangat bagus, karena penggunaan internet tidak mengenal batas negara, status ekonomi, idiologi, dan faktor-faktor lain yangbiasanya dapat menghambat komunikasi dan pertukaran informasi di dunia nyata. Pembuatan aplikasi file sharing yang peneliti buat ini terdiri dari pemrograman adobe deremweaver cs3 dengan sistem database yang digunakan adalah xampp versi 1.8, sistem aplikasi ini ditujukan bagi perusahaan atau istansi yang inin mengirim suatu data yang rahasia dengan kata kunci menggunakan sistem keamanan password yang diberikan pada file yang akan dikirim tersebut, peneliti membangun sistem ini ditujukan dengan mempermudah para pengguna dalam mengirim file atau data yang aman secara online.
APLIKASI PENDATAAN LOKASI BENGKEL RESMI SEPEDA MOTOR DI KOTA MEDAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA FLOYD WARSHALL Evta Indra
Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.875 KB)

Abstract

indonesia merupakan negara ke 3 dengan populasi sepeda motor terbanyak di Asia Perkembangan pengguna sepeda motor khususnya di kota Medan semakin meningkat. Dengan adan ya pengguna sepeda motor membuat semakin banyak bengkel di kota Medan . aplikasi pendataan lokasi bengkel resmi sepeda motor di kota Medan yang berbasis android menggunakan algoritma floyd warshall ini dibuat untuk memberikan informasi mengenai keberadaan bengkel yang ada di kota Medan yang dapat diakses smartphone dengan platform android . Sistem dapat diakses menggunakan smartphone dengan platform android yang dipadukan dengan Google Maps APInyang dapat membantu konsumen untuk mendapatkan informasi yang leng kap tentang bengkel dan juga dapat menemukan jarak paling pendek/terdekat dengan metode algoritma floyd warshall . Konsumen juga dapat melakukan pemesanan service kepada pemilik bengkel.
PERANCANGAN APLIKASI PANDUAN SENI BELA DIRI KARATE PADA WANITA BERBASIS MOBILE ANDROID Fahruz i Sirait
Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.259 KB)

Abstract

Abstrak— Seni beladiri karate merupakan cara untuk mempertahankan beladiri dengan tangan kosong yang berfungsi untuk mengatasi dari tindakan kejahatan yang merugikan, baik pertahanan, tangkisan, pukulan, tendangan dan sikap dalam tindakan belaan diri. Aplikasi Panduan seni beladiri karate ini merupakan aplikasi yang digunakan seseorang untuk mempelajari bagaimana cara menguasai teknik-teknik beladiri sehingga mampu memperthankan diri dari serangan-serangan kejahatan yang merugikan, Aplikasi ini dilengkapi cara atau teknik-teknik melakukan belaan diri yang digunakan pada perangkat mobile menggunakan sistem operasi android di smart phone. Aplikasi ini di buat menggunakan bahasa pemograman Java Android. Android merupakan salah satu sistem operasi terbaru pada perangkat mobile yang bersifat open source, sehingga user tidak perlu membayar lisensi untuk menggunakannya maupun mengembangkannya dan akan terbebas dari penggunaan software secara illegal.
APLIKASI PENATAAN LETAK BARANG DI IMAM MARKET DENGAN METODE APRIORI Muhammad Nanda
Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.294 KB)

Abstract

Abstrak—Penjualan imam market kisaran setiap bulannya mengalami peningkatan, barang yang dijual sangat banyak dan berbagai jenis barang ada disini. Pemilik Imam Market mengalami kesulitan untuk tata letak barang yang sering dibeli oleh konsumen secara bersamaan.Pada data mining, algoritma apriori merupakan salah satu solusi pemecahan masalah yaitu mengetahui barang yang dibeli secara bersamaan oleh konsumen. Dalam algoritma apriori penentuan nilai support sangat menentukan barang yang sering dibeli bersamaan. Penulis harus menetapkan terlebih dahulu nilai support minimal yang dijadikan acuan.

Page 1 of 17 | Total Record : 169