cover
Contact Name
Rahmat Hidayat
Contact Email
arjuna1214@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
civitas@stimsukmamedan.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen
ISSN : -     EISSN : 2685631X     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen adalah jurnal yang memuat hasil penelitian mahasiswa dan dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma di bidang Manajemen SDM dan Organisasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan topik-topik ilmu manajemen lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2020): September 2020" : 12 Documents clear
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan Wiwin Safitri Nasution; Riandani Rezki Prana
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 3 (2020): September 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perilaku konsumen terhadap keputusan pembeliana. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tahun ajaran 2015/2017. Pengambilan sampel mengunakan teknik Random Sampling dimana teknik ini Random Sampling mengunakan pengambilan sampel yang memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anggota yang ada dalam satu populasi di jadikan sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana, pengujian hipotesis menggunakan proses uji koefisien determinasi (R2),uji parsial untuk mengelolah data menggunakan proses SPSS. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku konsumen dan keputusan pembelian mempunyai pengaruh yang bersignifikan dan mempunyai pengaruh positif terhadap variable dependen yaitu keputusan pembelian pada STIM Sukma Medan, ada pun faktor yang mempengaruhi antara lain faktor eksternal dimana adanya faktor kebudayan, sosaial, ekonomi dan keluarga, dan sedangakn faktor internal dimana adanya faktor motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayan dan kepribadian.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Marketing Mix Terhadap kepuasan konsumen di Irian Supermarket dan Departement Store Cabang Bahagia Medan Ernawati Simbolon; Dewi Shinta Wulandari Lubis
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 3 (2020): September 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan marketing mix terhadap kepuasan konsumen di Irian Supermarket dan Departemen Store cabang bahagia Medan. Jumlah sampel penelitian ini adalah 203 konsumen, pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau tersedia di suatu tempat sesuai dengan konteks penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Regresi Berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F), sedangkan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan marketingmix mampu menjelaskan keberadaannya terhadap variabel kepuasan konsumen, selain itu secara parsial dan simultan kualitas pelayanan dan marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
INTENSI MAHASISWA STIM SUKMA BERBISNIS ONLINE SEJAK PANDEMI COVID 19 Kartika Sari Lubis
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 3 (2020): September 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagian mahasiswa pasti ada yang memikirkan bagaimana caranya mereka berbisnis sambil tetap kuliah dan dapat dilakukan di mana saja dan tidak terikat waktu. Berbekal kreativitas, mereka menjadi jeli melihat peluang, dan berani mengambil risiko. Dan sebenarnya banyak peluang bisnis yang tepat untuk mahasiswa dengan modal yang kecil. Tak ada salahnya masa-masa berkuliah adalah menjadi moment yang tepat bagi mahasiswa untuk memulai bisnis. Sebab mahasiswa suatu saat akan menghadapi tantangan dunia kerja sehingga akan lebih baik mempersiapkan diri sejak awal. Bisnis bagi mahasiswa tidak saja dapat menambah uang saku, tetapi juga sebagai modal dan pengalaman yang dapat dijadikan pilihan setelah lulus kuliah. Dengan berbisnis, mahasiswa tidak lagi dipusingkan dengan urusan keuangan sebelum lulus dan tidak akan pusing mencari-cari pekerjaan setelah lulus. Mereka termotivasi untuk berbisnis agar mendapatkan pengahasilan dan banyak belajar dari kesuksesan pebisnis lain di bidang online.
Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Kinerja Perusahaan pada BPJS Ketenagakerjaan Desi Syahrani; Husni Mubarak
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 3 (2020): September 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap kinerja perusahaan pada BPJS Ketenagakerjaan. Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahun laporan keuangan yaitu dari tahun 2015 – 2018 dan dibuat dalam periode bulanan. Analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (Uji t), dan uji simultan (Uji F).Sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan likuiditas mampu menjelaskan keberadaannya terhadap variabel kinerja perusahaan,selain itu secara simultaan profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan secara parsial profitabilitas dan likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan.
Pengaruh EPS dan ROA terhadap Harga Saham yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Perusahaan Asuransi Irna Rosmamainur Saragih; Vidya Fathimah
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 3 (2020): September 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruhEarning Per Share (EPS)dan Return On Asset (ROA)terhadap Harga Saham di PT. Asuransi Ramayana, Tbk dari tahun 2013 hingga 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data sekunder, pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi (R2) yang diuji, Uji Simultan (F) dan uji parsial (t) dengan menghitung menggunakan program SPSS 20. Hasil uji parsial Earning Per Share (EPS) berpengaruh dan signifikan sedangkan Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap harga saham di PT. Asuransi Ramayana, Tbk. Hasiluji simultanEarning Per Share (EPS) dan Return On Asset (ROA) berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham di PT. Asuransi Ramayana, Tbk.
Analisis Kinerja Keuangan Bank Syari’ah Mandiri Dengan Metode CAMEL Vidya Fathimah
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 3 (2020): September 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kesehatan suatu bank merupakan hal yang sangat penting bagi bank karena jika kinerja bank dikatakan sehat maka masyarakat akan percaya pada bank tersebut dan kemudian masyarakat mau untuk menyimpan uang di bank tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kinerja keuangan pada Bank Syariah Mandiri yang dilihat dari rasio CAMEL selama tiga tahun pertriwulan menggunakan rasio CAR, KAP, NPM, ROA, BOPO, FDR. Jenis data yang penulis gunakan adalah data sekunder, sumber data internal dan eksternal, metode pengumpulan data secara dokumentasi dan kepustakaan serta analisis data kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini untuk menganalisis kinerja pada Bank Syariah Mandiri periode 2015-2018 pertriwulan dengan menggunakan metode CAMEL yang meliputi faktor permodalan (capital), kualitas aktiva (asset quality), manjemen (managemen), rentabilitas (earning), dan likuiditas (liquidity). Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat dari masing-masing laporan triwulannya periode 2015-2018 menunjukkan bahwa nilai CAMEL pada Bank Syariah Mandiri sangat baik, sesuai dengan matriks kriteria peringkat komponen yang dikeluarkan oleh SE BI No.9/24DPbs.
Pengaruh Return On Asset dan Return On Equity Terhadap Harga Saham Pada PT. Smartfren Telecom Tbk. Ariska Ariska; Nurlinda Nurlinda
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 3 (2020): September 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Return On Asset dan Return On Equity terhadap harga saham pada PT. Smartfren Telecom Tbk secara simultan dan parsial. Objek penelitian ini adalah PT. Smartfren Telecom Tbk periode 2011-2018 yang data laporan keuangan dan harga sahamnya terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis data menggunakan uji Regresi Linier Berganda, Pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji t) dengan pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel bebas yaitu Return On Asset dan Return On Equity tidak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu harga saham. Secara parsial variabel Return On Asset menunjukkan tidak berpengaruh terhadap harga saham dan variabel Return On Equity menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh dan tidak signifikan terhadap harga saham pada PT. Smartfren Telecom Tbk
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada LP3I College Langsa Intan Wulandari; Riandani Rezki Prana
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 3 (2020): September 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan pada LP3I College Langsa. Sampel penelitian ini sebanyak 94 orang yang terdiri dari peserta didik TA. 2018-2019. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada LP3I College Langsa. Secara simultan pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 39,8% atau sisanya 60,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Kualitas pelayanan dengan indikator keandalan, ketanggapan dan jaminan (kepastian) rata-rata 18% sampai 26% menjawab setuju dan sangat setuju sedangkan untuk indikator empati dan wujud (bentuk fisik) rata-rata 43% dan 45%. Biaya pendidikan yang ditawarkan LP3I masih belum terjangkau dan fasilitas yang diberikan juga belum sesuai dengan biaya pendidikan dan harapan peserta didik.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan t erhadap Loyaliatas Pelangan pada PT. Adi Sarana Armada, Tbk Cabang Medan Zuliansyah Putra; Edi Winata
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 3 (2020): September 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan PT. Assa Rent Tbk cabang Medan. Sampel penelitian ini adalah 85 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan random sampling yaitu penentuan sampel yang memberikan kesempatan yang sama pada setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel. Analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F), sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada loyalitas pelanggan pada PT. Adi Sarana Armada, Tbk sebesar 22,6%, selain itu secara simultan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sementara kepuasan pelanggan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Analisis Penilaian Tingkat Kesehatan Bank dengan Metode CAMEL pada PT Bank Artos Indonesia, Tbk Iga Faradila; Wardayani Wardayani
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 3 (2020): September 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan PT. Bank Artos Indonesia menggunakan metode CAMEL periode 2014-2018 dengan variabel CAR (Capital Adequancy Ratio), KAP (Kualitas Aktiva Produktif) , NPM (Net Profit Margin), ROA (Return On Asset), BOPO (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional) dan LDR (Loan to Deposit Ratio). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data yang digunakan yaitu metode analisis rasio CAR, KAP, NPM, ROA, BOPO dan LDR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rasio CAR memperoleh predikat sangat sehat sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, KAP memperoleh predikat cukup sehat, NPM, ROA dan BOPO memperoleh peringkat tidak sehat, sementara nilai rasio LDR berada pada kondisi sehat kecuali di tahun 2014 berada pada kondisi kurang sehat.

Page 1 of 2 | Total Record : 12