cover
Contact Name
Aris Setia Noor, SE.,M.Si
Contact Email
arissetianoor@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arissetianoor@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen
ISSN : 23553197     EISSN : 23553804     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Al Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen menerbitkan naskah hasil penelitian yang relevan dengan bidang ilmu komunikasi, bisnis dan manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2023): JANUARI : AL KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN" : 11 Documents clear
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DILLA JAIDI TERHADAP CITRA MEREK PRODUK SOMETHINC (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019) Yesi Andriani; Vera Wijayanti Sutjipto; Nada Arina Romli
Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2023): JANUARI : AL KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-kalam.v10i1.9349

Abstract

Celebrity endorser menjadi salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan cara menggunakan tokoh terkenal sebagai tokoh pendukung maupun penunjang dalam rangka menarik perhatian audiens. selain itu, celebrity endorser digunakan untuk membentuk citra merek suatu produk.Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh celebrity endorser Dilla Jaidi terhadap citra merek produk Somethinc pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019.Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kauntitatif dengan populasi yang digunakan adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus Slovin, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 67 mahasiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara celebrity endorser Dilla Jaidi terhadap citra merek produk Somethinc. Celebrity endorser yang menarik dan memiliki keunikan dipercaya dapat meningkatkan citra merek pada brand itu sendiri. Maka dalam penelitian ini celebrity endorser Dilla Jaidi dapat meningkatkan citra merek produk Somethinc.
ANALISIS PENERAPAN PERENCANAAN PAJAK (TAX PLANNING) UNTUK MEMINIMALKAN BEBAN PAJAK PENGHASILAN BADAN PADA CV. XXXL Akhmad Samhudi; Siti Raesa Rizki Pardani
Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2023): JANUARI : AL KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-kalam.v10i1.10033

Abstract

ABSTRACTThis study aims to: (1) analze the application of tax planning in minimizing the burden of corporate income tax on CV. Bina Mandiri Banua, (2) ind out and analyze whether tax planning (tax planning) that is carried out can minimize corporate income tax compared to before CV. Bina Mandiri Banua’s tax planning.          The design of this research is a qualitative research with descriptive method. Data collection was done by interview, observation, and documentation. The result of the study indicate that tax planning carried out by bookkeeping methods, fiscal corrections, gross up methods for PPh 21 and the provision of allowances for food/drink and transportation of employees has a major influence on the magnitude of the corporate income tax burden.          The result of the analysis show that tax planning can minimize the corporate income tax burden borne by the company, in 2019 before tax planning Rp. 4.648.909,- after tax planning becomes Rp. 3.224.192,- In 2020, before tax planning, Rp. 20.571.594,- after tax planning becomes Rp. 5.989.722,- In 2021, before tax planning Rp. 10.831.213,- after tax planning to Rp. 2.671.219,-. This shows that the corporate income tax burden has been minimized, seen from the total efficiency of tax savings of Rp. 24,166,582 in the 2019-2021 period.                               
Penerapan Technology Acceptance Model Terhadap Perilaku Pengguna Uang Elektronik Muthia Harnida; Siti - Mardah
Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2023): JANUARI : AL KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-kalam.v10i1.9019

Abstract

The acceptance of new technology generally uses Technology Acceptance Model as an approach model to explain how the users accept new technology. The constructs of the technology acceptance model are perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward using, and actual usage. This research aims to examine whether perceived ease of use and perceived usefulness affect attitude toward using and actual usage of the use of electronic money to obtain empirical evidence on how public acceptance of the use of electronic money, especially among users at private colleges and universities in Banjarmasin. 150 participants participated through questionnaires that were delivered by Google Form. Partial Least Square (PLS) with Smart PLS 3.0 is the tool for analyzing data. The results show that perceived ease of use and perceived usefulness affect attitude toward using and actual usage, and attitude toward using also affects actual usage of the use of electronic money.
EFEKTIVITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN Yauma Fasha; Anthonius J Karsudjono; Sery Fitr
Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2023): JANUARI : AL KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-kalam.v10i1.8637

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja ASN pada BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan, mengetahui faktor pendukung dan penghambat, serta memberikan solusi dalam upaya mencapai efektivitas pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja ASN.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah memakai pendekatan kualitatif dengan analisis data menggunakan metode deskriptif analitik. Penelitian dilakukan dengan wawancara terhadap 10 informan kunci, dilakukan selama rentang waktu 2 (dua) bulan dari tanggal 01 Juni s.d 30 Juli 2022, ditambah data dari hasil observasi, dokumentasi dan studi pustaka.Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja ASN sudah efektif, dengan faktor pendukung berupa fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, fasilitator dan widyaiswara yang kompeten, serta ISO certificate 9001 : 2008 yang merupakan jaminan mutu. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah alokasi anggaran yang kurang serta pandemi Covid-19. Adapun upaya dalam rangka meningkatkan efektivitas pendidikan dan pelatihan adalah dengan lebih mengintensifkan serta menambah kuantitas pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan.
E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMIK COVID 19 DI KALIMANTAN SELATAN Lisa Rahayu; Isra Ul Huda
Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2023): JANUARI : AL KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-kalam.v10i1.10034

Abstract

Abstrak :Dalam situasi pandemi ini, menurut Kemenkop UMKM ada sekitar 37.000 UMKM yang memberikan laporan bahwa mereka terdampak sangat serius dengan adanya pandemi ini ditandai dengan sekitar 56 persen melaporkan terjadi penurunan penjualan, 22 persen melaporkan permasalahan pada aspek pembiayaan, 15 persen melaporkan pada masalah distribusi barang, dan 4 persen melaporkan kesulitan mendapatkan bahan baku mentah.   Metode yang dogunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pendapatan pemilik usaha sebelum menggunakan e-commerce dengan pendapatan pemilik usaha setelah menggunakan e-commerce. Bagi pelaku usaha, penggunaan electronic commerce memberikan tawaran kemudahan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dunia digital saat ini memberikan kemudahan dalam hal pemasaran bagi pelaku usaha atau pelaku UMKM sehingga mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan penjualan. Dalam hasil pe4nelitian ini juga dapat membuktikan bahwa secara parsial electronic commerce memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan pelaku UMKM. Alasan utama para pelaku UMKM untuk memanfaatkan layanan e-commerce adalah untuk menjangkau pasar yang lebih luas, dan demi menekan biaya operasional usaha mereka. Hambatan utama yang dihadapi oleh para pelaku UMKM dalam rangka optimalisasi manfaat e-commerce adalah pemahaman yang kurang terkait E-Commerce dan Keterbatasan jaringan internet.   
PERANAN MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PADA SDN SUNGAI PARING 2 MARTAPURA Hasbi Kamarullah; Anthonius J. Karsudjono
Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2023): JANUARI : AL KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-kalam.v10i1.8042

Abstract

Fenomena-fenomena masalah yang berpengaruh dalam kinerja, yaitu kemampuan dalam berinovasi, kemampuan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, kemampuan dalam melakukan inisiatif, dan kemampuan dalam memimpin. Pada SDN Sungai Paring 2 di temukan dari observasi pendahuluan melalui PKG (Penilaian Kinerja Guru) dan Raport Mutu Pendidikan Tahun 2021, masih terdapat Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang minimnya kemampuan-kemampuan menjalankan tugas dan fungsinya berdasarkan hasil evaluasi Kepala Sekolah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat, dan mengetahui upaya yang dilakukan di tinjau dari segi motivasi untuk meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan pada SDN Sungai Paring 2 Martapura.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang akan dilakukan secara langsung di lapangan dengan melalui observasi dan data primer serta data sekunder. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara langsung terhadap 12 orang responden. Kemudian dikelompokkan kategori dan  indikator-indikator keterkaitan bagaimana peran motivasi, faktor yang mendukung dan menghambat, dan bagaimana upayanya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan motivasi dalam meningkatkan kinerja, dan mengetahui faktor mendukung dan menghambat motivasi kinerja. Dapat diketahui upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan pada SDN Sungai Paring 2 Martapura.
PENGEMBANGAN KARIR INDIVIDU DALAM KEWIRAUSAHAAN Rahmi Widyanti; Basuki Basuki; Deli Anhar
Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2023): JANUARI : AL KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-kalam.v10i1.9985

Abstract

          Individual career development can be predicted by observing individual entrepreneurial behavior and characteristics. This article aims to present the problem of self-management in the context of developing entrepreneurial characteristics and behavior. In the theory section, the author briefly discusses the nature and concept of entrepreneurship. Then, describe an enterprising individual with a primary focus on his characteristics and behavior. The practical part of this article presents concrete examples, showing how environmental factors, under what circumstances and how, they can influence the development of entrepreneurial attitudes. The author shows examples of how entrepreneurial personality starts at various stages of development, until it develops, starting from childhood, school, to higher education.
PENGARUH EARNING PERSHARE, HARGA BATU BARA ACUAN DAN NILAI TUKAR TERHADAP HARGA SAHAM Indra Saputra; Rakhmi Ridhawati
Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2023): JANUARI : AL KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-kalam.v10i1.9026

Abstract

ABSTRACTThis research aims to determine and analyze the Earning Pershare (EPS), Reference Coal Prices, and Exchange Rates of Stock Price in coal mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2017-2020. The research method used is quantitative. The research population is 100 coal mining companies. Sampling in this research using purposive sampling method total to 40 coal mining companies. The results showed that Earning Pershare (EPS), had an effect on stock prices, but the Reference Coal Price and Exchange Rate had no effect on the Stock Price partially, while simultaneously Earning Pershare (EPS), Reference Coal Prices, and Exchange Rates had an effect on prices in coal mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2017-2020Keywords:  Earning Pershare (EPS), Reference Coal Prices, Exchange Rates and Stock Price in ABSTRAK            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Earning Pershare (EPS), Harga Batubara Acuan, dan Nilai Tukar berpengaruh terhadap Harga pada perusahaan pertambangan sektor batubara yang terdaftar di BEI Tahun 2017-2020. Metode Penelitian yang digunakan kuantitatif. Populasi Penelitian berjumlah 100 perusahaan pertambangan sektor batu bara. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling berjumlah 40 Perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Earning Pershare (EPS),  berpengaruh terhadap harga saham, namun Harga Batubara Acuan dan Nilai Tukar tidak berpengaruh terhadap Harga Saham secara parsial, sedangka secara simultan Earning Pershare (EPS), Harga Batubara Acuan, dan Nilai Tukar berpengaruh terhadap Harga pada perusahaan pertambangan sektor batubara yang terdaftar di BEI Tahun 2017-2020.Kata Kunci: Earning Pershare (EPS), Harga Batubara Acuan, Nilai Tukar,  dan Harga Saham
PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP KONDISI FINANCIAL DISTRESS (STUDI PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA) Dandi Dandi; Achmad Suhaili
Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2023): JANUARI : AL KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-kalam.v10i1.8331

Abstract

Financial distress merupakan penurunan kondisi suatu perusahaan sebelum terjadi kebangkrutan dan likuidasi. Sehingga informasi yang menyatakan perusahaan mengalami financial distress sangatlah berguna karena dapat mempercepat tindakan manajemen untuk mencegah masalah sebelum terjadinya kebangkrutan. Penelitian ini dilakukan untuk  menguji dan menganalisis pengaruh return on asset (ROA); current ratio (CR);  sales growth (SG); debt to equity ratio (DER);  total asset turn over (TATO) terhadap financial distress.Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang berusaha mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel lain. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, diperoleh sampel 12 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Data diolah dan diuji dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  return on asset (ROA); Sales growth (SG); Total asset turn over (TATO) berpengaruh terhadap financial distress, sedangkan  Debt to equity ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap financial distress.
Pengaruh Marketplace dan Pembayaran Digital Terhadap Tingkat Penjualan UMKM Di Kota Banjarmasin Nida Putri Rahmayanti
Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2023): JANUARI : AL KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-kalam.v10i1.9095

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh marketplace dan pembayaran digital terhadap tingkat penjualan UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan cara penyebaran kuesioner. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini 180 orang. Hasil penelitian adalah marketplace berpengaruh secara parsial terhadap tingkat penjualan UMKM di Kota Banjarmasin, Pembayaran Digital berpengaruh secara parsial terhadap tingkat penjualan UMKM di Kota Banjarmasin, serta Marketplace dan Pembayaran Digital berpengaruh secara simultan terhadap tingkat penjualan UMKM di Kota Banjarmasin.

Page 1 of 2 | Total Record : 11