cover
Contact Name
Mawan Akhir Riwanto
Contact Email
jikunugha@gmail.com
Phone
+6281335081500
Journal Mail Official
jikunugha@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap Jl. Kemerdekaan Barat No.17, Gligir, Kesugihan Kidul, Kec. Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53274
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
ISSN : 27216748     EISSN : 25500619     DOI : https://doi.org/10.52802/pancar.v5i2
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to university level.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)" : 6 Documents clear
Pengembangan Media Flipbook Interaktif Pada Pembelajaran Keterampilan Menyimak Materi Sekapati Kelas IV Sekolah Dasar Nuf Anggraeni
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/pancar.v6i1.121

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran Flipbook interaktif pada materi sekapati untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar; 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Flipbook interaktif pada materi sekapati untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar; 3)Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Flipbook interaktif pada materi sekapati untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/RnD) menggunakan model ADDIE. Model ini merupakan akronim dari langkah-langkah pengembangan yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Pembatasan dilakukan dengan alasan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti, yaitu mengembangkan media dan menguji kelayakan, serta menguji keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan (1) media Flipbook interaktif memperoleh penilaian dari ahli materi sebesar 83,3% dengan kriteria sangat layak, ahli media sebesar 91,2% dengan kriteria sangat layak dan ahli bahasa sebesar 81,8% dengan kriteria sangat layak. Tahap implementasi pada uji satu-satu memperoleh nilai sebesar 87,5% dengan kriteria sangat layak, uji kelompok kecil sebesar 90,9% dengan kriteria sangat layak dan uji lapangan sebesar 92,2% dengan kriteria sangat layak. (2) media Flipbook interaktif digunakan dalam meningkatkan kemampuan keterampilan menyimak dengan hasil perhitungan melalui uji t nilai signifikan 2 tailed < 0,05 (0,001<0,05).
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif Dewi Rahmawati
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/pancar.v6i1.287

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development/ RnD) yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint untuk keterampilan membaca intensif yang layak dan efektif digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran pada kelas 5 SD tema 1 muatan pelajaran Bahasa Indonesia tentang ide pokok bacaan. Hasil penilaian media yang diperoleh dari para ahli telah dicocokkan dengan kriteria kelayakan Riduwan, hasil ahli bahasa 77,1% (layak), ahli media 91,7% (sangat layak), ahli materi 95% (sangat layak). Sedangkan nilai yang diperoleh pada saat tahap implementasi adalah sebagai berikut : (1) tahap uji satu-satu penilaian guru mencapai 92,5% (sangat baik), penilaian siswa 89,4% (sangat baik), (2) tahap uji coba kelompok kecil penilaian guru mencapai 100% (sangat baik), penilaian siswa 96,8% (sangat baik), (3) tahap uji lapangan di kelas eksperimen penilaian guru mencapai 92,5% (sangat baik), dan penilaian siswa mencapai 97,2% (sangat baik), (4) tahap uji lapangan di kelas kontrol penilaian guru mencapai 92,5% (sangat baik), dan penilaian siswa mencapai 85,6% (sangat baik). Media interaktif berbasis PowerPoint terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan hasil perhitungan uji T yang menunjukkan nilai signifikan 2 tailed < 0,05 (0,000<0,05).
Pembelajaran Daring Kolaboratif Melalui Flipped Classroom Berbasis Catur Wahyu Ambarwati
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/pancar.v6i1.320

Abstract

Pembelajaran daring merupakan konsep Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diterapkan selama masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan TIK sebagai sarana pembelajarannya. Mengubah konsep pembelajaran on site menjadi online menimbulkan beragam permasalahan. Guru sebagai pemeran utama dalam proses pembelajaran harus mampu berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif walaupun tanpa tatap muka. Kejenuhan siswa dan guru serta orang tua harus segera diatasi. Atas dasar itulah peneliti tergerak untuk melakukan inovasi pembelajaran melalui penerapan Flipped Classroom berbasis Catur sebagai solusi dalam pembelajaran daring. Flipped Classroom adalah kegiatan membalik pembelajaran yang biasanya di kelas, sekarang dilakukan di rumah, sedangkan Catur adalah kependekan dari catatan tutor, di mana catatan tutor berperan penting dalam pembelajaran dari rumah yang dilaksanakan siswa. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah menjelaskan tentang langkah pembelajaran dan mendeskripsikan hasil dari implementasi pembelajaran daring kolaboratif melalui Flipped Classroom berbasis Catur di kelas IV SD Negeri 1 Samudra. Artikel ini merupakan hasil dari Best Practice yang telah dilaksanakan peneliti. Sedangkan metode yang digunakan dalam observasi ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik non probapility sampling. Berdasarkan hasil observasi peneliti, terjadi perbedaan yang signifikan dari aspek antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran dan hasil pembelajaran. 76% (16 dari 21 siswa) mulai aktif dalam kegiatan diskusi di dalam WAG, dan lebih percaya diri dalam mengerjakan soal.
Pengaruh Pendekatan RME Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Rika Fathul Barkah; Nabila Framesti Anita Yulianingsih; Widia Ananda; Andes Safarandes Asmara
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/pancar.v6i1.331

Abstract

Realistic Mathematics Education (RME) merupakan suatu model pembelajaran dengan menghubungkan pada sesuatu yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME berbantuan media konkret terhadap hasil belajar matematika pada materi aproksimasi siswa kelas IV SDN Karangtanjung II. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jumlah sampel 5 orang siswa. Data yang diperoleh melalui pretest dan posttest. Dari analisis data diketahui bahwa terdapat hasil yang signifikan dari hasil belajar matematika siswa pada materi aproksimasi di kelas IV SDN Karangtanjung II. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis Wilcoxon menggunakan aplikasi SPSS Statistics 26 didapatkan hasil asympt sig (2-tailed) sebesar 0.043 < 0,05, sehingga Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika pada materi aproksimasi.
Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Di Sekolah Dasar Widia Ananda; Nabila Framesti Anita Yulianingsih; Yulistina Nur DS
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/pancar.v6i1.332

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah adalah upaya seluruh warga sekolah untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit, serta meningkatkan kesehatan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa kelas IV SDN Belendung III di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa rata-rata perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa kelas IV mencapai 77 % sehingga dapat dikatakan baik. Angka yang di dapat tersebut juga tidak lepas dari peran guru dalam membimbing siswanya selama ini dan masih perlu lebih ditingkatkan lagi.
Analisis Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar Maharani Widiawati; Rika Fathul Barkah; Yulistina Nur DS
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/pancar.v6i1.333

Abstract

Pendidikan Lingkungan Hidup adalah suatu program pendidikan untuk membina anak atau peserta didik agar memiliki pengertian, kesadaran, sikap, dan perilaku yang rasional serta bertanggung jawab tentang pengaruh timbal balik antara penduduk dengan lingkungan hidup dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Pendidikan lingkungan hidup diperlukan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Dengan penerapan lingkungan hidup diharapkan dapat mewujudkan kesadaran lingkungan dengan menerapkan lingkungan belajar yang nyaman dan ideal agar proses pembelajaran berjalan sebagaimana mestinya. Seiring dengan berkembangnya zaman, lingkungan alam saat ini semakin berubah menjadi lebih buruk. Banyak terjadi bencana alam yang diakibatkan oleh manusia. Untuk mengatasi kerusakan lingkungan tersebut, maka perlu adanya pendidikan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar pada kelas I SDN Kiara III. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup di SDN Kiara III yaitu tidak ada mata pelajaran khusus Pendidikan Lingkungan Hidup, tetapi diintegrasikan ke dalam tematik. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru memperkenalkan dan menjelaskan kepada siswa lingkungan yang bersih, lalu dipraktekkan dalam kehidupan sehari–hari, seperti melaksanakan piket kelas, jumsih (jum’at bersih) dan menanam pohon di taman sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6