cover
Contact Name
deni Triyanto
Contact Email
dtriyanto992@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
an@unihaz.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
MIMBAR : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik
ISSN : 22525270     EISSN : 26206056     DOI : -
Core Subject : Social,
MIMBAR : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik is scientific journal dedicated to development of Social Sciences the article is based on the field research finding and published in each six months regularly by the management of Social and political Faculty, the university of Prof. Dr. Hazairin, SH.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2020): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni)" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DESA Bambang Sutikno; Marjoyo Marjoyo; Desita Rahayu
Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik Vol 9 No 1 (2020): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof Dr Hazairin, SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32663/jpsp.v9i2.1238

Abstract

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 merupakan salah satu landasan pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes diharapkan dapat berperan meningkatkan perekonomian dan meningkatkan daya saing desa, inilah yang merupakan fokus penelitian di desa Taba Jambu, Kecamatan Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan terkait optimalisasi peran kelembagaan BUMDes dalam mendorong perekonomian sehingga meningkatkan daya saing desa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, serta dianalisis dengan metode interaktif dimana data direduksi, disajikan, dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BUMDes Taba Jambu Jaya mampu berperan meningkatkan daya saing desa melalui peningkatan kemampuan masyarakat dalam hal mengembangkan usaha yang dimilikinya. Beberapa unit usaha yang telah didirikan mampu membantu masyarakat memobilisasi potensi yang dimilikinya. Pengelolaannya mulai dari dana yang terkumpul masuk ke dalam kas desa, dana tersebut dialokasikan kembali untuk kebutuhan masyarakat secara fisik maupun non fisik mampu mendorong partisipasi aktif masyarakat.
ANTUSIASME WARGA KELURAHAN NGAGEL REJO SURABAYA JELANG PILWALI 2020 Maulana Firdaus Ferdiansyah; Liesmay Dwi Kurniawati; Ridho Akbar Prakoso; Adinda Ajeng Apriliana; Ike Dewi Purwanty; Agus Machfud Fauzi
Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik Vol 9 No 1 (2020): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof Dr Hazairin, SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32663/jpsp.v9i1.1174

Abstract

Direct election 2020 in Surabaya are threatened with a decline in a politican participation. This condition is getting worse and has the potential to become a problem in the election of the mayor of Surabaya due to the expiration of two periods of Tri Rismaharini as the mayor of Surabaya. Placing the people of Surabaya in a difficult position to elect a new leader of Surabaya. Allegedly the departure of Tri Rismaharini will exacerbate the low enthusiasm of the community in the mayor election in 2020. The purpose of this study is to find out how the enthusiasm of the residents of the Ngagel Rejo urban village of Surabaya ahead of the 2020 pilwali. Using descriptive qualitative methods will thoroughly describe community enthusiasm. With Max Weber's theory of social action approaches and Fukuyama's concept of public trust. The results showed that the enthusiasm of the community was still very low, it was shown from the low curiosity, lack of knowledge about the figure of the candidate for mayor, pessimism, loss of trust in the government and politicians to the general election which he considered a regular 5 year routine and better used for work .
ANALISIS PEMETAAN COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KOTA BENGKULU Harmiati Harmiati; Alexsander Alexsander; Deni Triyanto; Margaret Maya; Frensi Riastuti
Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik Vol 9 No 1 (2020): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof Dr Hazairin, SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32663/jpsp.v9i1.1278

Abstract

The purpose of this research is to collaborate research conducted by. The Office of Women's Empowerment, Child Protection Control of Population and Family Planning (DP3AP2KB Bengkulu City in an effort to improve the Family Planning (KB) program in Bengkulu City. In this study using collaborative governance theory according to Ansell and Gash (2007: 544), namely institutional design, Leadership, facilitative, and collaborative processes. Qualitative methods is aplied to analyze the primary and secondary data. The research finds that the collaborative governance in efforts to improve, the Family Planning Program in the City of Bengkulu can be denied as achieved, Implementation of collaborative governance according to Ansell and Gash (2007: 544), namely: Initial conditions, Institutional design, Leadership, facilitative, and collaborative processes, however, there is still some discussion regarding facilitative leadership indicators, on supervision, while for initial conditions indicators there is still an imbalance between human resources at TLB level. Besides, The quarduphle helix model is formulated to articulate the urgen elemens of society, professional front-line, interest group, and government in maintaining deliberative family planning policy. The research contributes to establish the prelieminary mapping of collaborative governance in practical policy in decentralized municipal
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBINAAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN (ANDIKPAS) DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) Syafira Salsabillah Inas Maisun
Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik Vol 9 No 1 (2020): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof Dr Hazairin, SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32663/jpsp.v9i1.1149

Abstract

In the process of child growth and development we often encounter the existence of deviant behavior patterns that are applied by children. Such deviant behavior can lead children to crime. As more criminal cases occur in children, the role of treatment is increasingly important. Children who have received a court decision are placed in the Juvenile School (LPKA). LPKA is a place to carry out treatment. This research uses the theory of effectiveness from Mahmudi. The purpose of treatment is to make juvenile acceptable to the community and not to repeat criminal acts/recidivists. The purpose of this study is to determine the effectiveness of correctional counseling in LPKA Jakarta and what factors influence the effectiveness of treatment. This study uses a qualitative descriptive approach with data collection methods through interviews and observations. Based on the conclusions of this study, the implementation of treatment in LPKA Jakarta has been going well but is still not effective because of several influencing factors that are not in accordance with the implementation of treatment that should be given to juvenile and there are still juvenile who are recidivists. There are several suggestions of researchers in this study, namely the government needs to pay special attention to LPKA Jakarta, LPKA Jakarta must collaborate with outsidsers and must increase treatment efforts to improve discipline and psychological discipline of juvenile, the need for counseling and socialization to the community, the role of officers must be more active in the implementation of treatment and provide juvenile with knowledge about the goals and benefits of treatment.
PARTISIPASI MASYARAKAT DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI DESA PADANG MANIS KECAMATAN KAUR UTARA KABUPATEN KAUR Revlen Herryanto; Henny Aprianty; Harmiati Harmiati
Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik Vol 9 No 1 (2020): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof Dr Hazairin, SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32663/jpsp.v9i1.1212

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui parisipasi masyarakat desa dalam pelaksanaan pembanguanan serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi di Desa padang manis Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian partisipasi masyarakat dalam musyawarah pengambilan keputusan pembangunan desa sudah terlaksana dengan baik dan meningkat dimana dalam pengambilan keputusan ini bahwa sebagian besar masyarakat ikut menyumbangkan gagasan. Dan juga tanggapan dari masyarakat terhadap program yang ditawarkan sudah cukup baik dalam musyawarah pengambilan keputusan pembangunan desa, di Desa Padang Manis Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur. Partisipasi masyarakat desa dalam pelaksanaan pembangunan desa juga sudah terlaksana dengan baik dan meningkat dimana setiap pelaksanaan pembangunan masyarakat selalu ikut berpartisipasi sesuai dengan yang diputuskan dalam musyawarah pengambilan keputusan pembangunan dan di dalam pelaksanaan masyarakat masih bersifat gotong-royong dengan demikian partisipasi dalam pelaksanaan pembangunan berjalan dengan baik. Dan partisipasi artisipasi masyarakat dalam pengambilan manfaat pembangunan desa sudah berjalan dengan baik. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu perlu meningkatkan pemahaman dan motivasi masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarkat dalam pembangunan desa.
PENERAPAN BIMBINGAN SOSIAL PADA ANAK PELAKU PIDANA NARKOTIKA DI LPKA TANGERANG Taqy Fauzan Giyandri
Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik Vol 9 No 1 (2020): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof Dr Hazairin, SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32663/jpsp.v9i1.1150

Abstract

Anak pelaku tindak pidana narkotika tidak bisa disamakan dengan tindak pidana lain karena mereka terkena penyakit yang akan lama disembuhkan dan efeknya menjadi ketagihan untuk berkepanjangan oleh karena itu diperlukannya solusi terbaik. Bimbingan sosial merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membina anak pelaku pidana narkotika, dengan cara ini akan memberikan pola bimbingan yang dapat dirasakan oleh anak karena anak yang terkena narkotika harus mendapatkan bimbingan dimental dan medis, agar hasilnya sempurna anak harus.mengikuti bimbingan ini di setiap indikatornya sehingga anak akan merasakan dampak positif yang hadir didirinya.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DANA DESA DI DESA MAKARTITAMA DAN DI DESA ULAK MAS KECAMATAN LAHAT KABUPATEN LAHAT Heru Purnawan
Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik Vol 9 No 1 (2020): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof Dr Hazairin, SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32663/jpsp.v9i1.1235

Abstract

Kesejahteraan masyarakat merupakan hal paling dasar dalam menciptakan kehidupan madani suatu Negara, khususnya pada otonomi terkecil yaitu desa di Negara Indonesia. Namun, pada upaya mensukseskan hal tersebut bukan menjadi perkara mudah bagi Negara Indonesia yang memiliki keragaman budaya di lingkungan masyarakatnya. Oleh sebab itu, pemerintah daerah khususnya wilayah otonomi desa diharapkan menjadi solusi dalam melaksanakan kebijakan, menjalankan penyelenggaraan pemerintahan desa, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerahnya. Salah satu kebijakan pemerintah yang memberikan dampak langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat desa adalah Kebijakan Dana Desa sebagai kebijakan yang menjadi solusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Sebagaimana dalam amanat Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diharapkan desa dapat memenuhi tujuan dari kebijakan dana desa, yakni: (1). Pembangunan, dan (2). Pemberdayaan Masyarakat Desa. Tujuan tersebut untuk memenuhi asas pemerataan kehidupan masayarakat desa khususnya desa terluar dan desa tertinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Kebijakan Dana Desa di Desa Makartitama dan di Desa Ulak Mas Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat. Unit analisis dalam penelitian ini adalah desa Makartitama dan desa Ulak Mas. Dengan menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif ada beberapa temuan penting dalam penelitian ini yaitu minimnya kompetensi pemerintah desa selaku pelaksana dalam merumuskan program pembangunan dan pemberdayaan, penentuan tim pelaksana lapangan berdasarkan faktor kedekatan pribadi, keterlambatan penyaluran yang menghambat pelaksanaan pembangunan, keterlambatan pelaporan, serta adanya beberapa program pembangunan yang kurang tepat sasaran. Adapun beberapa faktor yang berpengaruh dan harus dibenahi sebagai saran pada implementasi Kebijakan Dana Desa di Desa Makartitama dan di Desa Ulak Mas Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat adalah tranparansi dan profesionalitas para pelaksana kebijakan serta organisasi eksternal berkepentingan pada proses pelaksanaan kebijakan dana desa.
IMPLEMENTATION OF POVERTY ALLEVIATION PROGRAMS IN BATAM CITY Bobby Mandala Putra
Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik Vol 9 No 1 (2020): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof Dr Hazairin, SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32663/jpsp.v9i1.1160

Abstract

Poverty is still one of the public problems which are a serious concern of the Indonesian government. In March 2017 it was learned that the number of poor families in Indonesia decreased by 1.19 million. Nevertheless, the number of poor people in Indonesia is still more than the population of Australia. As of the end of 2017, the number of poor people in Indonesia was 26.58 million or 10.12 percent of the national population. In contrast with the number of poor people nationwide that has decreased, in Batam City, the number of poor people has increased. Based on the Integrated Database in 2017 the number of poor people in Batam City was 28,674 households. Although there is a high level of interest in the issue of poverty, unfortunately, the number of studies related to poverty issues is still limited, especially research on poverty alleviation in Batam from a public policy perspective. This study aims to describe and analyze the implementation of poverty alleviation programs in Batam in 2015-2018. This research was conducted using a qualitative descriptive research design. The implementation of poverty alleviation programs in this study was assessed using the George C. Edward III implementation model. The results showed that poverty alleviation programs in Batam City had been implemented quite well. Based on the communication indicators, it is known that the poverty alleviation program implementor has known and understood what the goals and targets of the program are; based on resource indicators it is known that the poverty alleviation program implementor still lacks both human and financial resources; based on indicators of disposition it is known that the poverty alleviation program implementor in general already has a commitment, honesty, and democratic attitude; based on bureaucratic structure indicators it is known that the poverty alleviation program already has standard operating procedures and is quite well implemented and the bureaucratic structure is quite liquid and there have not been any obstacles to coordination and diffusion of accountability among organizational units. The results of this study are expected to be input for the Central Government and Regional Governments in evaluating the implementation of poverty alleviation programs and can be used as material for consideration for stakeholders in formulating poverty alleviation programs

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2023): Mimbar Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni) Vol 11 No 2 (2022): Mimbar Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Desember) Vol 11 No 1 (2022): Mimbar Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni) Vol 10 No 2 (2021): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Desember) Vol 10 No 1 (2021): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni) Vol 9 No 2 (2020): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Desember) Vol 9 No 1 (2020): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni) Vol 8 No 2 (2019): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Desember) Vol 8 No 1 (2019): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni) Vol 7 No 2 (2018): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Desember) Vol 7 No 1 (2018): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni) Vol 6 No 4 (2017): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Desember) Vol 6 No 3 (2017): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni) Vol 5 No 4 (2016): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Desember) Vol 5 No 2 (2016): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni) Vol 4 No 4 (2015): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Desember) Vol 4 No 2 (2015): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni) Vol 4 No 2 (2015): MIMBAR : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni) Vol 3 No 4 (2014): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Desember) Vol 3 No 2 (2014): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (Juni) Vol 2 No 3 (2013): Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial dan Politik (September) More Issue