cover
Contact Name
Defia Riski Anggarini, S.E, M.Si
Contact Email
defiaranggarini@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
technobiz@teknokrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
TECHNOBIZ : International Journal of Business
ISSN : -     EISSN : 26553457     DOI : -
TECHNOBIZ : International Journal of Business merupakan jurnal yang memuat artikel dan kajian ilmiah dalam bidang ekonomi dan bisnis secara umum seperti ekonomi publik dan moneter, ekonomi keuangan daerah, ekonomi lingkungan, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen bisnis, manajemen sumber daya manusia, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, akuntansi perilaku, auditing, akuntansi syariah, akuntansi pendidikan, sistem informasi akuntansi, akuntansi lingkungan, corporate social responsibility, akuntansi perbankan, pasar modal dan good corporate governance.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "VOL 6, NO 2 (2023) : OKTOBER" : 10 Documents clear
PENGARUH STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH, SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG PROVINSI LAMPUNG Amelia Anwar; Septi Juryani
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 6, NO 2 (2023) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v6i2.3191

Abstract

The purpose of this study is to determine how much influence government accounting standards, accounting information systems, and the quality of financial statements have on performance accountability at the Public Works and Spatial Planning Office of Lampung Province. In this study using a quantitative descriptive approach where the data processing is carried out statistically. The number of samples taken was 44 respondents using the Non probability sampling method. The source of data in this study is primary data obtained using questionnaires which are then processed with multiple linear analysis tests using SPSS version 21. The results of this study show that Government Accounting Standards, Accounting Information Systems and Financial Statement Quality have a positive and significant effect simultaneously on the Performance Accountability of the Public Works and Spatial Planning Office of Lampung Province. Keywords: government accounting standards, accounting information systems, quality of financial statements, performance accountability
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ALFAMART BANDAR LAMPUNG Putri Mastura; Ni Putu Widhia Rahayu
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 6, NO 2 (2023) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v6i2.2898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Alfamart Bandar Lampung. Populasi penelitian ini terdiri dari pelanggan Alfamart di Bandar Lampung. Sampel penelitian diambil menggunakan metode probability sampling dengan menerapkan rumus Slovin, yang menghasilkan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online. Analisis regresi berganda dan korelasi dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut uji t, baik harga maupun kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Alfamart Bandar Lampung. Temuan serupa juga terlihat dalam uji F, yang menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Alfamart Bandar Lampung.
ANALISIS PERAN AUDIT INTERNAL TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PENERIMAAN KAS ( STUDI KASUS PADA PT HARAPAN PANCA SUKMA ) Eka Travilta Oktaria; Dwi Astuti; Pipit Novila Sari
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 6, NO 2 (2023) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v6i2.3347

Abstract

This study aims to determine the role of internal audit on internal control of cash receipts at PT Harapan Pamca Sukma whether it is running well. The type of research method used is descriptive qualitative research method. Cash is the most liquid current asset and cash plays an important role in influencing the smooth operation of the company. Efforts to improve cash control in the company are through the implementation of internal audits of cash, which will support the effectiveness of internal cash control. Based on the research results obtained from PT Harapan Panca Sukma, it can be seen that the role of internal audit on internal control of cash receipts at PT Harapan Panca Sukma has been carried out in accordance with the COSO method procedure, where all existing components have been implemented properly and adequately. So far, the auditors at PT Harapan Panca Sukma have carried out their duties and responsibilities properly in accordance with the policies that have been determined.
Financial Service Company Fair Valuation by Using the Excess Return Model, Case Study of PT. BPR Fajar Warapastika M. Dye Ralang Nugok; Subiakto Soekarno
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 6, NO 2 (2023) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v6i2.3195

Abstract

In the evolving financial landscape of Indonesia, the consolidation of rural banks has been identified as a potentially significant trend. Given the escalating consolidation trend among rural banks in Indonesia, accurate company valuation has become crucial in enabling strategic decision-making, particularly in potential shareholder exit activities or divestment. The objective is to assess the fair valuation of PT. BPR Fajar Warapastika, a rural bank located in Lampung, by using an Excess Return Model. The Excess Return Model, chosen for its robust evaluation of intrinsic company value, takes into account the cost of equity, expected return on equity, and book value of equity. This comprehensive analysis is augmented by an assessment of significant financial ratios, including Capital Adequacy Ratio, Non-Performing Loan, Return on Asset, Operating Expense to Operating Revenue, Loan to Deposit Ratio, and Cash Ratio. This approach offers a holistic insight into the company's financial health and performance.
PENGARUH BOARD DIVERSITY TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON: STUDI PADA PERUSAHAAN PERHOTELAN DI INDONESIA Edy Firza; Kurnia Widya Oktarini; Devi Febrianti
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 6, NO 2 (2023) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v6i2.3418

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh board diversity terhadap pengungkapan emisi karbon. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh board diversity (yang diproyeksikan dengan gender, usia, kebangsaan, pendidikan dan masa kerja) terhadap pengungkapan emisi karbon. Total sampel penelitian ini adalah 25 perusahaan sub-sektor perhotelan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2020- 2022. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunakan koefisien determinasi (R2) uji statistik F dan uji statistik t. Hasil pengujian menunjukkan nilai R2 sebesar 10 % . Hasil Uji F menyatakan bahwa diversitas dewan direksi tidak bepengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon. Hasil uji t menunjukkan bahwa jenis kelamin dan latar belakang pendidikan direksi berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon, sedangkan usia anggota direksi, kebangsaan serta masa kerja dewan direksi tidak berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon. Kata kunci: Diversitas dewan direksi, pengungkapan emisi karbon
Strategi Keuangan, Ketahanan Keuangan dan Inovasi Model Bisnis UMKM Keberlanjutan Vivi Usmayanti; Yosi Fahdillah; Febby Nanda Utami
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 6, NO 2 (2023) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v6i2.3349

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi dampak COVID-19 pada keberlanjutan bisnis UMKM, dengan mengukur strategi keuangan dan ketahanan keuangan yang dimiliki oleh UMKM. Survei dilaksanakan dengan metode online melalui pengisian google form, dan terdapat 148 responden untuk diuji dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi keuangan berpengaruh positif terhadap ketahanan keuangan, dan lebih lanjut, ketahanan keuangan pada inovasi bisnis. Disisi lain, strategi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap inovasi bisnis. Implikasi dari penelitian ini adalah dibutuhkan ketahanan keuangan pada UMKM, untuk terus meningkatkan inovasi bisnis keberlanjutan.Kata kunci: Strategi Keuangan, Ketahanan Keuangan, Inovasi Bisnis, UMKM. 
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KOMUNIKASI PADA KINERJA KARYAWAN CV. BANYU SPA I Wayan Aditya Tariana; I Made Ngurah Erlang Loka Natha; I Made Chandra Mandira; Kadek Linda Kusnita; Ayu Indira Dewiningrat
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 6, NO 2 (2023) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v6i2.3513

Abstract

Cv. Banyu Spa is currently in a state of leadership regeneration. There are differences in leadership styles from new leaders and a generational gap between leaders and employees, it is not uncommon for misunderstandings to occur. This study is intended to investigate the role of leadership style, emotional intelligence, and organizational communication on employee performance through mixed methods approach. The population consists of 32 people using a saturated sample. The research informants were selected using a purposive sampling technique with a total of 5 informants. The research findings have succeeded in proving that a democratic leadership style can improve employee performance. Emotional intelligence through controlling emotions and being sensitive to other feelings is found to be able to motivate employees and produce optimal performance. Organizational communication that runs effectively was found to be able to improve employee performance, but upward communication was identified as not being implemented properly due to gaps in positions that caused employees to be reluctant to communicate directly with leaders. Current study able contribute positively to the human resources literature and practically to Cv. Banyu Spa Bali to improve their emotional intelligence, get closer to employees and adapt their leadership style to the existing circumstances.
PROSES ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PRODUK UMKM STUDI DESKRIPTIF PADA UMKM ZARA PUDDING Yosi Fahdillah; Vivi Usmayanti; Rara Novrianti
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 6, NO 2 (2023) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v6i2.2750

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dapat mendeskripsikan proses bauran pemasaran dan inovasi produk untuk meningkatkan kinerja pemasaran produk UMKM Studi deskriptif pada UMKM Zara Pudding,Penelitian dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi yang bertujuan untuk memaparkan suatu fenomena yang unik dari UMKMK Zara Pudding. Subjek penelitian yaitu UMKM Zara Pudding dan pemilik UMKM Zara Pudding. Seluruh proses kegiatan kegiatan usaha sebagai objek penelitian ini. Penelitian dilakukan secara aktual dan virtual di mana penulis fokus mengamati Proses Bauran Pemasaran Dan Inovasi Produk Sebagai Strategi Penjualan Produk Umkm Studi Deskriptif Pada Umkm Zara Pudding.Penulis menggunakan triangulasi data, yaitu triangulasi sumber menguji keabsahan data yang didapat mmelalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan sumber yang valid.Hasil Penelitian setelah zara pudding melakukan orientasi kewirausahaan dan bauran pemasaran maka Kinerja pemasaran yang baik dinyatakan dalam tiga besaran utama yaitu, Nilai penjualan : Di saat zara pudding telah melakukan orientasi kewirausahaan dan bauran pemasaran ada nilai keuntungan uang atau unit produk yang terjual secara baik, Pertumbuhan penjualan :Dan telah terjadi juga ada pertumbuhan penjualan yang ditunjukan dengan kenaikan penjualan produk yang sama dibandingkan dengan penjualan yang bulan – bulan lalu., Porsi pasar :Zara Puding juga dapat berkontribusi produknya dalam menguasai pasar produk dibanding dengan kompetitor
DETERMINAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Kasus Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Unit Satuan Kerja di Provinsi Lampung) Reva Meiliana; Dian Mustika; Rizki Saputra
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 6, NO 2 (2023) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v6i2.3369

Abstract

This study aims to empirically prove about the effect of regulatory compliance, budget goals clarity, and accounting control system on the performance accountability of government agencies. The sample in this study are functional officials involved in managing the accountability of government performance agencies in the Administrative Section of the Ministry of Industry of the Republic of Indonesia Work Unit in Lampung Province. The sampling technique in this study was purposive sampling. The analytical method used in this study is multiple linear regression using the SPSS Version 25 analysis tool. The results of this study indicate that regulatory compliance, budget goals clarity, and accounting control system had an effect on performance accountability of government agencies in the Ministry of Industry Republic of Indonesia Work Unit in Lampung Province.
PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TIKTOK SHOP PADA MASYARAKAT KOTA BANDAR LAMPUNG Windi Anggraini; Berlintina Permatasari; Almira Devita Putri
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 6, NO 2 (2023) : OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v6i2.2830

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh online customer review, online customer rating, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian di TikTok Shop pada masyarakat Kota Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna TikTok Shop di Kota Bandar Lampung, dan sampel mengambil keseluruhan dari populasi dengan menggunakan metode pengambilan sampel nonprobability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Kepercayaan Konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di TikTok Shop pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Kepercayaan Konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di TikTok Shop pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. Sedangkan berdasarkan pada koefisen determinasi (R2) sebesar 0,346 atau 34,6 %. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 34,6% variabel keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh Online Customer Review (X1), Online Customer Rating (X2), dan Kepercayaan Konsumen (X3). Sedangkan sisanya 65,4% terdapat pada variabel lain yang tidak berada atau tidak diteliti pada penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 10