cover
Contact Name
CANDRA ROMANDA
Contact Email
romanda1976@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
romanda1976@gmail.com
Editorial Address
Jl. Merdeka No. 531 Kel. Balai Agung Kec. Sekayu Kab. Muba Sumsel
Location
Kab. banyuasin,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah
Published by STIE Rahmaniyah Sekayu
ISSN : -     EISSN : 26206110     DOI : https://doi.org/10.51877/JIAR
Core Subject : Economy,
JURNAL ILMIAH AKUNTANSI RAHMANIYAH (JIAR) diterbitkan oleh STIE Rahmaniyah Sekayu. Tujuan penerbitan adalah untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada para mahasiswa, akademisi dan praktisi yang tertarik pada bidang akuntansi.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)" : 6 Documents clear
PENERAPAN PERATURAN PERPAJAKAN NOMOR 46 TAHUN 2013 DALAM PENENTUAN EFEKTIVITAS, KONTRIBUSI, LAJU PERTUMBUHAN PENERIMAAN PAJAK UMKM TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PPh PASAL 4 AYAT 2 PADA KPP PRATAMA SEKAYU Hj. Endang
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.435 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v1i2.34

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan PP Nomor 46 tahun 2013 dalam penentuan efektivitas, Kontribusi, laju pertumbuhan penerimaan pajak UMKM terhadap Penerimaan Pajak PPh Pasal 4 Ayat 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan menggunakan data primer dan sekunder berupa data penerimaan pajak UMKM dengan cara dokumentasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa efektivitas penerimaan pajak UMKM berdasarkan PP No. 46 tahun 2013 dan kontribusi terhadap PPh pasal 4 ayat 2 pada KPP Pratama Sekayu masih cenderung kurang efektif dan kurang berkontribusi, namun laju pertumbuhan penerimaan yang tidak sebanding dengan jumlah wajib pajak yang membayar pajak yang masih sedikit. Secara garis besar permasalahannya dipengaruhi oleh tingkat kepatuhan dan atau persepsi wajib pajak yang masih rendah, kurang maskimalnya pelayanan yang diberikan serta kurangnya kuantitas pegawai KPP Pratama Sekayu. Upaya-upaya yang harus dilakukan oleh pihak KPP Pratama Sekayu dalam mengoptimalkan penerimaan pajak UMKM adalah dengan mengadakan sosialisasi, promosi, rnendatangi wajib pajak secara langsung, menumbuhkan kesadaran wajib pajak untuk datang ke KPP Pratarna Sekayu dan mengadakan kegiatan ekstern yang dapat mengajak dan menjaring wajib pajak baru.
EFEKTIVITAS PENAGIHAN TUNGGAKAN PAJAK PENGHASILAN DENGAN SURAT PAKSA SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK PADA KPP PRATAMA SEKAYU Farida Aryani
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.58 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v1i2.35

Abstract

A claim of tax arrears with compelling notice is a claim conducted by a state tax bailiff. This research has the purpose to know the effectiveness of tax arrears claim with compelling notice and the contribution of tax arrears claim with the compelling notice to the income tax acceptance of KPP Pratama Sekayu. This is a quantitative descriptive using effectiveness ratio calculating and contribution. This research uses secondary data in the form of the reports of tax arrears claim, income tax acceptance and the amount of tax payer from 2013 to 2017. The result of this research shows that tax arrears claim with compelling notice from 2013 to 2017 is not effective due to the fact that the ratio is less than 80%. That is only around 62,37% to 79,59%. Hence forth the contribution of tax arrears claim with compelling notice to the realization of tax acceptance at KPP Pratama Sekayu is considered very low due the fact that it’s contribution is less than 105, it is only around 0,38% - ).89%. The low contribution shows that the target of tax arrears with compelling notice is very low.
ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA OVERHEAD PABRIK PADA MEUBEL SUWITO Deswati Supra; Amilah Rustiana
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.706 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v1i2.36

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan biaya overhead pabrik pada Meubel Suwito Sekayu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh perhitungan menurut Meubel Suwito biaya overhead pabrik untuk lemari pakaian 2 pintu yaitu sebesar Rp. 85.450.042, untuk lemari pakaian 3 pintu sebesar Rp. 88.177.171, untuk lemari pakaian 4 pintu sebesar Rp. 94.540.472, untuk Tempat tidur kelas 1 sebesar Rp. 35.452.677, dan untuk Tempat tidur kelas 1 sebesar Rp. 35.452.677. Biaya overhead pabrik tahun 2017 menggunakan Activity-Based Costing System untuk lemari pakaian 2 pintu yaitu sebesar Rp. 78.534.098, untuk lemari pakaian 3 pintu sebesar Rp. 81.731.483, untuk lemari pakaian 4 pintu sebesar Rp. 88.211.190, untuk Tempat tidur kelas 1 sebesar Rp. 45.298.039, dan untuk Tempat tidur kelas 1 sebesar Rp. 45.298.039.Biaya overhead pabrik berdasarkan metode activity-based costing system memberikan hasil yang lebih kecil untuk produk lemari pakaian, sedangkan produk tempat tidur memberikan hasil yang lebih besar.
AUDIT PIUTANG PELANGGAN LISTRIK YANG DIKELOLA BUMD KABUPATEN MUSI BANYUASIN Irsan Irsan
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (905.596 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v1i2.31

Abstract

Piutang usaha yang dapat dirubah bentuknya menjadi dana segar (fresh money) akan memberikan kontribusi yang besar terhadap performa kas sehingga operasional perusahaan dapat berjalan lancar. Di saat adanya ketimpangan dan ketidakwajaran maka diperlukan audit/pemeriksaan oleh pihak yang berkompeten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah struktur pengendalian piutang pelanggan di PT. Muba Electric Power sudah berjalan dengan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BUMD bidang ketenagalistrikan yang dikelola oleh PT. Muba Electric Power tersebut belum melakukan pengendalian piutang pelanggan dengan baik dimana perusahaan tidak melaksanakan pengawasan terhadap aktivitas staf bagian Administrasi Pelanggan atas pemasangan sambungan baru dan tambah daya. Perusahaan tidak nencatat jurnal pengakuan piutang denda keterlambatan, serta tidak memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) Piutang Pelanggan. Dari segi mitra kerja, pencatat meter (cater) selain menyerahkan rekap hasil pencatatan meter tidak melaporkan secara tertulis kejadian-kejadian di lapangan seperti adanya KWH meter yang sudah dicabut atau ada pelanggan yang minta KWH meternya dicabut karena tidak mau bayar. Penagih Rekening tidak membuat perincian tertulis jumlah uang yang disetor ke rekening bank PT. MEP berapa jumlah tagihan yang diterima dan terdiri tagihan dari bulan berjalan atau tunggakan bulan sebelumnya, serta berapa jumlah denda yang diterima. Sehingga adanya perbedaan data laporan piutang pelanggan per 31 Desember 2015 antara bagian akuntansi dengan bagian niaga tanpa bisa dijelaskan. Akumulasi piutang pelanggan tahun 2011 sampai dengan 2015 pun tersisa masih sangat tinggi yaitu sebesar 15,97 milyar rupiah.
PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP RENTABILITAS PADA PT. ARWANA CITRAMULIA(TBK) Candra Romanda
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (893.857 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v1i2.32

Abstract

Perputaran piutang sebagai salah satu aktiva lancar mempunyai peran yang sangat penting dalam mendorong operasional perusahaan. Dengan adanya tingkat perputaran piutang yang kurang lancar, mengakibatkan tingkat rentabilitas perusahaan menurun, sehingga perusahaan tidak bisa segera memberikan piutang baru kepada pelanggan yang tentunya dapat berpengaruh pada pendapatan, begitu juga dengan perusahaan PT. Arwana citramulia yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi ubin keramik Tingkat perputaran piutang pada PT. Arwana Citramulia Tbk, secara keseluruhan dari Tahun 2012 sampai dengan 2016 tidak sampai pada kriteria baik, yang berarti bahwa tingkat perputaran piutang lebih kecil dari standar yaitu < 6 yang dinyatakan tidak baik. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dalam pengelolaan perputaran piutang PT. Arwana Citramulia Tbk masih terdapat kelemahan dan harus dapat mengatur tingkat perputaran piutang sehingga dapat meningkatkan perolehan laba perusahaan serta dapat meningkat kinerja keuangan perusahaan, sehingga rasio rentabiltas perusahaan akan dalam keadaan baik.
IMPLEMENTASI PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN KOPERASI DISESUAIKAN DENGAN PERATURAN MENTERI KOPERASI DAN UKM NOMOR 12/Per/M.KUKM/IX/2015 (STUDI KASUS KOPERASI DI KABUPATEN MUSI BANYUASIN) Masri Ermawijaya
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (809.449 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v1i2.33

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyajian laporan keuangan koperasi di Kabupaten Musi Banyuasin disesuaikan dengan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor:12/Per/M.KUKM/IX/2015. Metode penelitian dengan menggunakan metode kualitatif yaitu membandingkan format laporan keuangan koperasi dengan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor:12/Per/M.KUKM/IX/2015. Jenis data yang digunakan yaitu primer dan sekunder berupa data laporan Neraca dan Perhitungan Hasil Usaha. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa laporan Neraca dan PHU pada KPN CYTO RSUD Sekayu dan KUD Tani Maju Desa Dawas Keluang dari tahun 2015-2017 telah memenuhi standar laporan keuangan yaitu dalam laporan neraca telah memuat Aset, Kewajiban dan Ekuitas dan Laporan Perhitungan Hasil Usaha telah memuat Pendapatan, Beban dan Sisa Hasil Usaha. Namun implementasinya masih terdapat penamaan akun yang berbeda dan adanya kesalahan penempatan akun dalam penyusunan laporan keuangan, penyebabnya adalah kurangnya pemahaman pengawas dan pengurus koperasi dalam memahami isi pedoman dalam Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor:12/Per/M.KUKM/IX/2015. Perlunya Bimbingan Teknis bagi pengawas dan pengurus koperasi dalam penyusunan Laporan Keuangan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM, sehingga adanya kesamaan dalam penyajian laporan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Page 1 of 1 | Total Record : 6