cover
Contact Name
I Gede Astawan
Contact Email
astawan@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpmiundiksha@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia
ISSN : 26157322     EISSN : 26157675     DOI : -
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia is a peer-reviewed open-access journal for scholars, practitioners, and students of multicultural education. Committed to promoting educational equity for diverse students, cross-cultural understanding, and global justice for marginalized people in all levels of education, including leadership and policies, IJME publishes three types of articles: (1) empirical research reports that explicitly address multicultural educational issues and typically engages qualitative research methods in robust manners (if specified in the call for submissions, some special issues may accept quantitative studies); (2) conceptual and theoretical articles, typically grounded on in-depth literature review, which advance theories and scholarship of multicultural education; and (3) praxis articles that discuss successful multicultural education practices grounded on sound theories and literature.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): September" : 5 Documents clear
Media Fun Thinkers Dengan Latar Gambar Nuansa Budaya Bali Kelas 3 Sekolah Dasar Tema 7 Perkembangan Teknologi Crisiana, Ni Komang Winda; Agustiana, I Gusti Ayu Tri; Parmiti, Desak Putu
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia Vol 4, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpmu.v4i2.39389

Abstract

Penggunaan media pembelajaran belum berjalan dengan baik. Penggunaan media yang sering digunakan di sekolah dasar saat ini masih cukup monoton menyebabkan siswa tidak dapat berinteraksi dan tidak aktif dalam belajar sehingga pembelajaran tematik yang seharusnya memberikan kesan nyata bagi siswa tidak dapat berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media fun thinkers dengan latar gambar nuansa budaya Bali untuk siswa kelas III SD pada Tema 7 Perkembangan Teknologi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE Subjek penelitian ini adalah 2 ahli/ pakar, 2 guru, dan 6 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner dengan menggunakan metode kuesioner dengan penyebaran instrumen rating scale. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu data kualitaif dan data kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor validitas dan reliabilitas, nilai rata-rata validitas materi soal yang diperoleh adalah 4,7 dengan kualifikasi sangat baik, nilai rata-rata validitas media yang diperoleh adalah 4,68 dengan kualifikasi sangat baik, perolehan skor respon praktisi adalah 94,5% dengan kualifikasi sangat baik, perolehan skor respon siswa adalah 93,6% dengan kualifikasi sangat baik. Maka dapat dikatakan bahwa media fun thinkers yang dikembangkan dengan latar gambar nuansa budaya Bali dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas III sekolah dasar. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu dan memfasilitasi belajar siswa secara mandiri, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Respon Anak dalam Pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam Kudus Persada, Awan Yudha; Fajrie, Nur; Ismaya, Erik Aditia
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia Vol 4, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpmu.v4i2.38441

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana respon anak dalam Pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam ditinjau dari aspek kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis naratif dimana penelitian ini menganalisis respon anak dalam pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam. Subjek penelitian ini adalah 5 anak sekolah dasar dan petugas situs patiayam yang dilaksanakan di Desa Terban, Jekulo, Kudus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif pendekatan kualitatif yang mengacu pada konsep Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya respon anak yang antusias dan senang secara aktif, sehingga anak memahami cara pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam.  
Pemanfaatan Wisata Api Abadi Mrapen sebagai Edukasi Wisata Bersejarah Bagi Siswa Sekolah Dasar Dewi, Candra Kusuma; Ismaya, E. Aditia; Purbasari, I.
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia Vol 4, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpmu.v4i2.38341

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pemanfaatan wisata Api Abadi Mrapen sebagai wisata edukasi di Kabupaten Grobogan. Wisata Api Abadi Mrapen merupakan kawasan cagar budaya yang terdapat tiga peninggalan sejarah dalam satu tempat. Wisata ini dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan merupakan aktivitas berupa tindakan menerima atau memakai hal-hal yang berguna untuk proses sumber belajar. Pemanfaatan wisata edukasi yaitu suatu program wisata dimana wisatawan berkunjung disuatu objek dengan tujuan utama untuk memperoleh pengalaman pembelajaran secara langsung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Sumber data primer pada penelitian ini adalah tokoh masyarakat, Dinas Pariwisata Kabupaten Grobogan, arsip daerah, masyarakat sekitar, dan siswa Sekolah Dasar, sedangkan sumber data sekunder didapatkan melalui dokumentasi, artefak, serta data pendukung lainnya. Teknik dan instrument pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman.
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Model Picture and Picture Berbasis Tri Hita Karana Wirabhakti, Lalu Wahyudi
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia Vol 4, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpmu.v4i2.45445

Abstract

Siswa sering mengalami kesulitan dalam memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, dan menerangkan sesuatu yang akan dituangkan dalam tulisan teks eksposisi. Hal tersebut membuat siswa cenderung pasif dan merasa bosan dengan proses pembelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis teks  eksposisi pada peserta didik.  Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 37 orang dengan rincian 22 orang putra dan 15 orang putri. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Dalam mengumpulkan data-data tersebut, peneliti menggunakan empat metode, yaitu metode observasi, metode tes, dan metode angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data rata-rata nilai keterampilan menulis teks eksposisi siklus I yaitu masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah rata-rata (belum berhasil) Pada Siklus II dengan pembelajaran menulis teks eksposisi menunjukan banyak siswa yang mendapatkan nilai diatas rata-rata (tuntas). Disimpulkan bahwa hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi meningkat melalui penerapan model picture and picture pada peserta didik.  Disarankan kepada guru bahasa Indonesia untuk mengaplikasikan model picture and picture berbasis Tri Hita Karana dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis.
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli Siswa Melalui Kooperatif tipe STAD Berbasis Tri Kaya Parisudha Arianto, I Made Sudana
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia Vol 4, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpmu.v4i2.45447

Abstract

Masih banyak siswa yang tidak mencermati penjelasan guru dalam mendemonstrasikan teknik dasar passing bawah dan passing atas bola voli. Hal ini mengakibatkan siswa kurang percaya diri untuk mencoba melakukan suatu gerakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing (passing bawah dan passing atas) bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis Tri Kaya Parisudha. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 34 orang, 19 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Metode yang digunakan untuj pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan tes. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data aktivitas belajar secara klasikal pada observasi awal ada cukup aktif, meningkat pada siklus I menjadi aktif, dan meningkat menjadi aktif pada siklus II. Persentase hasil belajar secara klasikal pada observasi awal sangat kurang, meningkat pada siklus I menjadi cukup, dan meningkat menjadi sangat baik pada siklus II. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik passing (passing bawah dan passing atas) bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Tri Kaya Parisudha. Disarankan kepada guru Penjasorkes agar mengimplementasikan model pembelajaran ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing bola voli.

Page 1 of 1 | Total Record : 5