cover
Contact Name
I Gede Astawan
Contact Email
astawan@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpmiundiksha@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia
ISSN : 26157322     EISSN : 26157675     DOI : -
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia is a peer-reviewed open-access journal for scholars, practitioners, and students of multicultural education. Committed to promoting educational equity for diverse students, cross-cultural understanding, and global justice for marginalized people in all levels of education, including leadership and policies, IJME publishes three types of articles: (1) empirical research reports that explicitly address multicultural educational issues and typically engages qualitative research methods in robust manners (if specified in the call for submissions, some special issues may accept quantitative studies); (2) conceptual and theoretical articles, typically grounded on in-depth literature review, which advance theories and scholarship of multicultural education; and (3) praxis articles that discuss successful multicultural education practices grounded on sound theories and literature.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2020): April" : 5 Documents clear
Tri Hita Karana Dalam Team Games Tournament Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dewa Ayu Kade Arisanti; I Wayan Widiana; Alexander Hamonangan Simamora
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpmu.v3i1.25176

Abstract

Siswa cenderung tidak aktif dalam pembelajaran dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja sehingga pembelajaran terkesan pada teacher center sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament berbasis Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian berjumlah 173 orang. Teknik random sampling digunakan untuk mengambil sampel berjumlah 54 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu tes. Instrument yang digunakan adalah instrument tes objektif. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung= 6,2439, sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament berbasis Tri Hita Karana dan kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Team Games Tournament berbasis Tri Hita Karana berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Sehingga model pembelajaran Team Games Tournament berbasis Tri Hita Karana layak diterapkan untuk mengatasi hasil belajar IPA yang rendah.
Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Anak Agung Sylvia Fitriana Dewi; I Ketut Ardana
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpmu.v3i1.26437

Abstract

Penguasaan kompetensi IPA masih kurang optimal karena masih dianggap sulit untuk dipahami bagi peserta didik. Proses pembelajaran yang masih dominan berfokus kepada guru sehingga menyebabkan kurangnya keikutsertaan peserta didik yang berpengaruh pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kuantitatif memakai rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 516 siswa. Teknik random sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian. Sampel yang diperoleh sebanyak 73 siswa. Dalam mengumpulkan data kompetensi pengetahuan IPA menggunakan tes pilihan ganda biasa, yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varians. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,730 > ttabel 2,000 pada taraf signikansi 5% dengan dk = 71, sehingga Ho ditolak. Jadi berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V. Model pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V.
Model Pembelajaran Savi Berbasis Tri Kaya Parisudha Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Gede Tunas Sukadana; Ni Wayan Suniasih
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpmu.v3i1.27242

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA pada siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran inovatif yang dapat menarik siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan Intac Group Comparison. Jumlah populasi sebanyak 124 siswa kelas IV. Sampel yang digunakan adalah 62 siswa yang diperoleh berdasarkan teknik random sampling. Dalam Penelitian ini data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda, dan dianalisis dengan uji-t polled varians. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan rumus Fisher. Hasil analisis thitung = 2,210 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 60 diperoleh ttabel = 2,000, karena harga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan H0 diolak dan Ha diterima. Dengan nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Kaya Parisudha 79,467, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional 76,188. Sehingga berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV.
Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS I Gede Wana Tapa; I Wayan Sujana
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpmu.v3i1.27246

Abstract

Banyak siswa yang tidak mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru dan cenderung lebih fokus bermain dengan temannya sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model discovery learning berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain non-equivalent pre-test post-test control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 siswa sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes pilihan ganda. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain score kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 6,546 > ttabel = 1,993 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan dk = (43 + 33 – 2) = 74 maka terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS siswa yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning berbasis Tri Kaya Parisudha dan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS.
Model Pembelajaran Creative Problem Solving Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Diean Kusuma Dewi; made putra; DB Kt Ngr Semara Putra
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia Vol. 3 No. 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpmu.v3i1.27253

Abstract

Kurangnya antusias siswa dalam menerima pembelajaran di kelas yang disebabkan karena kurangnya inovasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga berpengaruh pada hasil belajar PPKn siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran creative problem solving bermuatan tri hita karana   terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 300 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok sampel dipilih melalui teknik Cluster random sampling dan telah melewati uji kesetaraan terlebih dahulu, kelompok eksperimen yang berjumlah 32 siswa. Sedangkan kelompok kontrol jumlah 34 siswa. Dalam proses pengumpulan data, metode tes dipilih sebagai instrumen dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa. Data post-test yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varian. Rata-rata nilai post-test kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen yaitu 82,44 dan kelompok kontrol yaitu 71,73. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 4,041 > ttabel = 2.000 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 64 sehingga H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran creative problem solving bermuatan tri hita karana memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD Gugus II Kuta Utara.

Page 1 of 1 | Total Record : 5