cover
Contact Name
Rizki Yusliana Bakti
Contact Email
rizkiyusliana@unismuh.ac.id
Phone
+6285396530032
Journal Mail Official
ainet@unismuh.ac.id
Editorial Address
3th Floor of Menara Iqra, Universitas Muhammadiyah Makassar. Jalan Sultan Alauddin No.259 Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Ainet : Jurnal Informatika
ISSN : 26861917     EISSN : 26570653     DOI : -
Ainet : Jurnal Informatika is a scientific journal in the field of Informatics which contains scientific articles on various pure and applied research as well as general reviews on the development of theories, methods and related applied sciences. Ainet is published by Department of Informatics, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Makassar. Published 2 times a year in March and September.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2019): September (2019)" : 5 Documents clear
(DESAIN WEB DAN DATABASE) EXPERT SYSTEM VIRTUAL HOSPITAL DALAM DIAGNOSA AWAL PENYAKIT Titin Wahyuni
Ainet : Jurnal Informatika Vol 1, No 2 (2019): September (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.73 KB) | DOI: 10.26618/ainet.v1i2.2255

Abstract

Penelitian Expert System Virtual Hospital bertujuan dalam Diagnosa Awal Penyakit seseorang melakukan diagnosa awal penyakit melalui layanan web dengan melakukan registrasi/pendaftaran terlebih dahulu, selanjutnya setelah login dapat dipilih gejala yang diderita maka akan dimunculkan pertanyaan – pertanyaan yang harus dijawab yang pada akhirnya akan diberikan kesimpulan terhadap penyakit yang diderita.
Metode Pinhole Model untuk Menentukan Jarak Perpindahan Kendaraan dalam Video Rizki Yusliana Bakti
Ainet : Jurnal Informatika Vol 1, No 2 (2019): September (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.384 KB) | DOI: 10.26618/ainet.v1i2.2378

Abstract

Intelligent Transportation System is a solution to overcome the problem of transportation. The purpose of this study was to design a system to calculate the distance of vehicle movement in the video. One example of application of intelligent transport system is to calculate the speed of a vehicle that can be used in traffic engineering. Parameters used to obtain the speed of the vehicle is the distance parameter. The distance of vehicle movement in the video can be obtained by using a pinhole camera calibration model. An appropriate calibration of camera can provide the intended parameter. There are several stages to perform calculation of the distance of object movement. The first stage was a detection of vehicle within the frame. The detection was required to obtain the center point of  vehicle object. The next stage was to detect an object within the frame. This was performed to understand the movement of object from one frame to another frame. The data used for the study were video data with mov format. The result of research showed that the method of pinhole model was applicable to calculate the distance of object movement in video. The application of this method can help in calculating the object distance without manual calculation.
PENGUJIAN APLIKASI SIMULATOR AIR TANAH PERMUKAAN DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI KINECT DAN MAKET Fachrim Irhamnah Rachman; Titin Wahyuni
Ainet : Jurnal Informatika Vol 1, No 2 (2019): September (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.44 KB) | DOI: 10.26618/ainet.v1i2.2260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji aplikasi simulator air tanah permukaan dengan menggunakan DEM (Digital Elevation Model) dari maket yang dibuat dengan memanfaatkan sensor IR Depth kamera kinect. Penelitian ini merupakan perancangan sistem dalam bentuk pemodelan yang diawali dengan perumusan masalah, studi kepustakaan dan penelitian ekperimental dengan mengembangkan dengan mengembangkan penggunaan sensor IR depth kamera kinect dalam mengukur ketinggian pixel-pixel gambar dengan menghitung selisih kedalaman pixel dan dasar maket untuk kemudian maket tersebut disimulasikan secara nyata dan dibandingkan dengan pengujian DEM maket yang dilakukan pada aplikasi simulator. Hasil penelitian ini menunjukkan sejauh mana perbandingan kinerja simulator dengan simulasi nyata dari  maket.
Penerapan Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking pada maket rumah virtual Asyraful Insan Asry
Ainet : Jurnal Informatika Vol 1, No 2 (2019): September (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.57 KB) | DOI: 10.26618/ainet.v1i2.2294

Abstract

Objek penelitian dilakukan pada model rumah sebagai maket virtual yang diterapkan pada brosur perumahan. Maket virtual dibuat dengan software library Artoolkit 2.7 untuk menghasilkan objek Augmented Reality dengan metode Marker Based Tracking. Pengujian dilakukan dengan membuat pola marker yang berbeda sebanyak 6 jenis dan diarahkan didepan kamera webcam. Hasil dari pengujian tersebut, model pola marker yang simetris dihasilkan objek sering berganti posisi dengan sendirinya, sedangkan model pola marker yang sejenis sering menampilkan objek tidak sesuai model rumah yang seharusnya. Dari seluruh jumlah pola marker yang diuji hanya 4 jenis pola marker dideteksi dengan baik.   
RANCANG BANGUN OTOMASI PENGUNCIAN PINTU RUMAH DAN SAKLAR LAMPU DENGAN ANDROID BERBASIS ARDUINO UNO Fadli Dana Septiawan; Endah Sudarmilah
Ainet : Jurnal Informatika Vol 1, No 2 (2019): September (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/ainet.v1i2.2660

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era sekarang membuat banyak orang menggunakannya untuk mempermudah pekerjaannya. Seiring berjalannya waktu, keamanan dan saklar lampu otomatis menjadi kebutuhan yang efisien untuk diterapkan pada era saat ini. Untuk keamanan itu sendiri dibutuhkan karena kejahatan atau kriminalitas sudah menjadi permasalahan sosial yang membuat semua warga menjadi resah, karena tingkat kriminalitas yang terus meningkat setiap tahunnya. Kejahatan yang banyak terjadi adalah kasus pencurian dirumah. Sedangkan untuk saklar lampu dibutuhkan  untuk mempermudah menyalakan lampu tanpa harus berinteraksi langsung dengan saklar. Sistem yang biasa digunakan untuk permasalahan tersebut masih menggunakan manual. Penilitian ini bertujuan untuk membuat sistem keamanan dan saklar lampu ini berbasis Arduino. Perancangan system keamanan dan saklar lampu otomatis ini menggunakan metode eksperimental yaitu penelitian yang pengumpulan datanya berdasarkan pencatatan lansung. Hasil yang didapat dari sistem ini adalah keamanan tambahan dan keefektifan penggunaan saklar lampu. Pengujian menggunakan  Arduino  sebagai pengendali jarak jauh dan diterima oleh Arduino  melalui Bluetooth HC-05. Sistem keamanan dan saklar lampu otomatis ini berintegrasi antara Smartphone dengan Arduino.

Page 1 of 1 | Total Record : 5