cover
Contact Name
Rendy Rinaldy Saputra
Contact Email
-
Phone
+6282282977324
Journal Mail Official
jpgmistitalmultazam@gmail.com
Editorial Address
Jendral Sudirman Kota Baru Wates Kec. Balik Bukit
Location
Kab. lampung barat,
Lampung
INDONESIA
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Published by STIT AL MULTAZAM
ISSN : 24771848     EISSN : 25801759     DOI : -
Core Subject : Education,
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) eISSN 2580-1759; pISSN2477-1848 Journal is published by Research and Community Service Institution STIT Al Multazam. JPGMI aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2018): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)" : 5 Documents clear
PENERAPAN METODE KARYAWISATA PADA MATA PELAJARAN AGAMA DALAM MEMBENTUK KEBERAGAMAAN SISWA KELAS 1 MI NAHJATUL FALAH BULUMANIS KIDUL MARGOYOSO PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Pujianto, Pujianto; Fikri, Achmad Ali
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) Vol 4, No 2 (2018): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Publisher : STIT AL MULTAZAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan metode dalam suatu pembelajaran merupakan hal terpenting untuk kelancaran proses pembelajaran. Dengan metode yang tepat akan menjadikan pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa akan memperoleh hasil yang lebih baik daripada sebelum menggunakan metode yang sesuai, dalam hal ini metode yang dipakai yaitu metode karya wisata. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui ketepatan penggunaaan metode karya wisata pada mata pelajaran agama pada jenjang pendidikan MI dan bisa berkontribusi besar pada dunia pendidikan, khususnya pada MI Nahjatul Falah Bulumanis Kidul Margoyoso Pati sehingga pembelajaran akan lebih berwarna dan tidak akan menjadi jenuh karena kegiatan yang dilakukan yaitu tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan peneliti terjun langsung ke lapangan untuk menggali informasi secara mendalam. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode karyawisata dalam materi agama merupakan langkah yang paling tepat, karena dengan karyawisata siswa dapat diperkenalkan secara langsung adanya benda-benda ciptaan Allah, benda-benda buatan manusia beserta fungsinya, anak juga tahu adanya wali-wali Allah, serta tahu bahwa sebagai makhluk Allah sudah seharusnya mempunyai sikap mencintai lingkungannya dan bisa memanfaatkannya secara maksimal. 
IMPLEMENTASI APLIKASI PUZZLE MENINGKATKAN MINAT SISWA SEKOLAH DASAR DALAM BAHASA INGGRIS Iman, Finda Destiani; Trisnawati, Trisnawati; Usmanto, Budi
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) Vol 4, No 2 (2018): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Publisher : STIT AL MULTAZAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Technological developments Puzzle games are used in this modern era. It is good if the children's learning media is changed with learning that uses the game especially computer devices for education that can advance the mindset to be more advanced and competitive useful in the world of education more effectively and make someone more positive thinking in everyday life. The purpose of this research to produce game-based learning applications to develop software-based media learning to make it easier in thinking. This learning media is very well used for elementary school students to help children more widely developed. The stone tool used with Swish maxe4 application of this puzzle game is expected to solve the problem. So when children play this game indirectly to learn, with the hope of the spirit of children to learn will be more encouraged and improve the quality of learning children.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH Kencana Dewi, Sri Enggar; Effendi, Effendi
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) Vol 4, No 2 (2018): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Publisher : STIT AL MULTAZAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya guru yang kurang mengetahui penyusunan dan pengembangan rancangan kegiatan pembelajaran, adapun sebagian guru menganggap rancangan kegiatan pembelajaran hanya sebagai bagian administrasi, lemahnya pelaksanaan proses pembelajaran, serta proses penilaian pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep. Hal itu termasuk dalam manajemen pembelajaran, yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Maka untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu menggunakan analisis model siklus interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, manajemen pembelajaran IPA di MIN Tempel Sleman meliputi perencanaan pembelajaran IPA dengan menyiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran yang meliputi menyiapkan prota, promes, silabus, dan RPP. Guru menyiapkan perangkat pembelajaran tersebut sebelum pembelajaran di madrasah aktif, sehingga pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana yang diinginkan. Pelaksanaan pembelajaran IPA terdiri dari memulai pembelajaran yang berkaitan tentang materi IPA, kemudian penyampaian materi IPA dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran serta menggunakan model pembelajaran yang membuat siswa aktif serta dapat menumbuhkan sikap-sikap yang ada dalam pembelajaran IPA. Dan tahap terakhir yaitu penilaian pembelajaran IPA yang diterapkan dengan baik. Dalam pembelajaran IPA, penilaian yang digunakan guru yaitu dengan tugas, ulangan harian, ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI NEGERI 2 LAMPUNG BARAT Shodiq, Jafar; Maretia, Rani; Yulia, Liyan Desi
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) Vol 4, No 2 (2018): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Publisher : STIT AL MULTAZAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi teori belajar konstruktivisme dengan menggunakan  model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Negeri 2 Lampung Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data  diperoleh dengan menggunakan: 1) Observasi, untuk mengetahui proses pembelajaran IPS di MI Negeri 2 Lampung Barat; 2) Wawancara, untuk mengetahui tentang berbagai informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan proses pembelajaran; 3) Dokumentasi, untuk memperoleh data yang berhubungan dengan kondisi pelaksanaan pembelajaran IPS dan dokumen lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam proses pembelajaran terdiri dari 3 kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada saat proses pembelajaran guru telah melaksanakan keseluruh langkah-langkah model inquiry terbimbing yang meliputi: menyajikan pertanyaan, membuat hipotesis, mengumpulkan data dan menganalisis data, membuat kesimpulan. Faktor pendukung implementasi model pembelajaran berbasis inquiry di MI Negeri 2 Lampung Barat meliputi adalah sumber daya manusia yaitu guru yang profesional dan sarana prasarana di sekolah cukup memadai. Adapun faktor yang menghambat adalah kurangnya waktu pembelajaran dan perbedaan kemampuan setiap siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan implementasi teori belajar konstruktivisme dengan menggunakan  model pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPS yang dilaksanakan di MI Negeri 2 Lampung Barat sudah berjalan dengan baik.Kata Kunci: Implementasi, Inquiry
PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS Hendayani, Santi
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) Vol 4, No 2 (2018): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Publisher : STIT AL MULTAZAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study is aimed to find out the difference of concept comprehension between students who learn by using reciprocal teaching strategy and those  who study by using lecturing method during social studies learning at 5th grade of SDN Sariwangi in 1st semester of the academic year of 2016/2017. The type of this study is a quasi-experiment with the study design of quasi control group pretest-posttest design. The data of this study is collected through an instrument called a concept comprehension test. This shows that the concept comprehension of social studies of students who learn using reciprocal teaching strategy is better than that of the students who study by using lecturing method. Therefore it  proves that reciprocal teaching strategy gives a significant influence on social studies concept comprehension at elementary school. Furthermore the response of the students to ward the implementation of reciprocal teaching strategy is positive. The students feel to have more involvement in the learning process and this method does not make them bored easily. The reciprocal teaching strategy can be a reference of an innovative, creative and effective learning strategy whith is suitable with the students.

Page 1 of 1 | Total Record : 5