cover
Contact Name
Isnanita Noviya Andriyani
Contact Email
isnanita.87@gmail.com
Phone
+628562906161
Journal Mail Official
almanar@journal.staimsyk.ac.id
Editorial Address
Jl. Pringgokusuman No.12 Gedongtengen
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam
ISSN : 22527265     EISSN : 26158779     DOI : -
Jurnal AL Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam ini harus meliput tentang pendidikan Islam baik sebagai bentuk dakwah dengan integritas pendidikan sebagai realitas sosial yang dinamis dan terus berubah. Jurnal ini juga bertujuan menjembatani kesenjangan antara pendidikan Islam dan dakwah baik secara tekstual maupun kontekstual untuk Studi Islam; dan menyelesaikan dikotomi dalam pendidikan dan dakwah Islam. Maka, jurnal ini mengundang titik temu beberapa disiplin ilmu dan cendekiawan. Dengan kata lain, kontributornya meminjam dari berbagai disiplin ilmu, termasuk humaniora dan ilmu sosial yang memuat kajian studi ilmiah tentang hasil-hasil penelitian, pengembangan dan kajian ke-Islaman dalam bentuk hasil penelitian, gagasan konseptual, tinjauan literatur, dan pengalaman praktis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2022): Juni" : 8 Documents clear
Pendidikan Politik Pada Pondok Pesantren Abu Manshur Kabupaten Cirebon Nurul Azizatul Isnaini; Rasmuin Rasmuin
Jurnal Al-Manar Vol 11, No 1 (2022): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v11i1.271

Abstract

Islamic boarding schools are the oldest Islamic educational institutions in Indonesia that have contributed greatly to the development of social and political religions. Pesantren is a replica of life that combines various life skills, including political skills. This research was conducted using qualitative methods. Data obtained through observation, interviews and documentation. The results showed that in imparting political education to its students, the Abu Manshur Islamic Boarding School did so in two ways, namely theoretically and practically. Theoretically, this is done by incorporating political education into various routine activities of Islamic boarding schools. Meanwhile, practically, political education for santri is carried out through intensive leadership training and through field practice activities to other institutions.
DEPARTEMEN AGAMA DAN KEBIJAKANNYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA rifaatul mahmudah
Jurnal Al-Manar Vol 11, No 1 (2022): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v11i1.281

Abstract

Munculnya departemen Agama adalah sebuah wadah untuk menampung kepentingan dan keinginan bagi masyarakat Islam, mengingat pendidikan di Indonesia telah mengalami banyak perubahan bahkan hingga memasuki masa kemerdekaan pendidikan Islam masih terus bergelut dan berkembang dengan sistem pendidikan Barat (peninggalan Belanda). Seiring perkembangan zaman berhasil menanamkan pendidikan Barat dan telah mengeser kedudukan pendidikan Islam di hati masyarakat. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan departemen agama dalam pendidikan Islam di Indonesia, agar masyarakat Islam tetap dalam fitrahnya yaitu Islam. Untuk meningkatkan hasil penelitian penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori yang relevan yang diambil dari beberapa sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa munculnya departemen Agama sebagai departemen yang menjadi jembatan bagi pendidikan umat Islam. Apalagi melihat pendidikan nasional Indonesia berkiblat pada sistem pendidikan Barat. Sistem pendidikan yang berkiblat pada pendidikan Barat secara praktis dan teoritis berbeda dengan sistem pendidikan Islam. Namun dengan kebijakan yang diberikan departemen Agama, pendidikan Islam bertahan dari gelombang perkembangan pendidikan di negara kita ini. Kebijakan Departemen Agama ternyata memberikan perubahan terhadap pendidikan Islam khususnya. Dengan berdirinya departemen Agama, pengertian pengurusan seperti saat melakukan perubahan dari mengamati dan mengawasi membina, membantu dan memajukan kehidupan beragama di negara Indonesia tercinta. Kata kunci : Departemen Agama, Kebijakan, Pendidikan, Islam.
Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung dalam Film Animasi Nussa aan Rara Terhadap Mahasiswa PAI Universitas Ahmad Dahlan Pada Era Pandemi Covid 19 Herina Octaviany Saputri; Sutarman Sutarman
Jurnal Al-Manar Vol 11, No 1 (2022): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v11i1.377

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam terkait nila-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film animasi Nussa dan Rara dan relevansinya era pandemi covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam film animasi Nussa dan Rara mengandung banyak nilai-nilai Pendidikan Islam, yaitu: (1) nilai akidah; (2) nilai akhlak; dan (3) nilai ibadah. Semua nilai-nilai pendidikan Islam tersebut dapat dijadikan motivasi dalam beribadah dan dalam menjalani kehidupan sehari-hari oleh para mahasiswa PAI Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, yaitu meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai pendidikan Islam, dan memotivasi untuk melakukan perubahan tingkahlaku yang berkaitan dengan akidah, dan akhlak. Nilai-nilai Pendidikan Islam trsebut Relevansinya terhadap era pandemi saat ini adalah megajarkan kita untuk menjaga kebersihan diri, serta menjaga kesehatan tubuh.
Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Dalam Moderasi Beragama di Kauman Tahun 1912-1923 M Baharuddin Rohim
Jurnal Al-Manar Vol 11, No 1 (2022): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v11i1.375

Abstract

Abstrak: Sejarah merupakan peristiwa masa lampau yang terjadi di dalam kehidupan umat manusia. Sejarah sebagai salah satu bagian terpenting karena didalamnya memuat fakta dari proses yang dialami manusia. Secara teoritis, studi tentang peran dan kiprah K.H. Ahmad Dahlan dalam moderasi beragama di Kauman menggunakan teori sosiologi. Salah satu gerakan Islam yang terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah melalui pendirinya telah banyak memberikan konsepsi secara tekstual bagaimana beragama yang sesungguhnya sehingga moderasi beragama dalam kacamata K.H. Ahmad Dahlan seperti halnya bagaimana paham beragama yang sesuai dengan ajaran Islam. K.H. Ahmad Dahlan memandang penting persoalan umat manusia harus dan wajib bisa diselesaikan dengan ajaran-ajaran Islam hal ini beliau pahami karena memandang Islam adalah agama Rahmatan Lil Alamin, yang berarti Islam adalah agama yang diterima semua golongan sekalipun terjadi perbedaan perbedaan di dalamnya. Dalam penelitian ini menunjukkan corak pemikiran dan kiprah K.H. Ahmad Dahlan dalam moderasi beragama di Kauman tahun 1912-1923. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran moderasi beragama K.H. Ahmad Dahlan terbagi pada tiga hal pengertian moderasi beragama, konsep moderasi beragama, fungsi moderasi beragama. Sedangkan kiprah K.H. Ahmad Dahlan dalam moderasi beragama terdapat pada tiga bidang, diantaranya: bidang keagamaan, bidang sosial. Melihat hasil temuan maka terdapat dua alasan mendasar K.H. Ahmad Dahlan mengembangkan moderasi beragama, diantaranya: Pertama, Purifikasi paham beragama, yang semula sinkretis-tradisional menuju reformis (pembaharuan) Islam, Kedua. Dinamisasi paham beragama yang semula tertutup pintu ijtihad (pembaharuan) menuju terbukanya pintu ijtihad.
PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL MUSYRIF TAHFIDZ ALQURAN TERHADAP HASIL HAFALAN MAHASISWA STAI AS-SUNNAH TANJUNG MORAWA Jihan Afri Batubara
Jurnal Al-Manar Vol 11, No 1 (2022): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v11i1.334

Abstract

TERDAPAT PENGARUH DARI KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HAFALAN MAHASISWA. NAMUN DIBUTUHKAN KOMUNIKASI YANG BERKESINAMBUNGAN. BAIKNYA HAFALAN DIPENGARUHI OELH BANYAK FAKTOR.
Penggunaan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Kesesuaiannya dengan Faktor-Faktor Pendidikan di SMA Negeri 1 Ujanmas Reno Anugerah Pratama
Jurnal Al-Manar Vol 11, No 1 (2022): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v11i1.376

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian yang mengkaji tentang metode pembelajaran yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam, serta mengidentifikasi kesesuaiannya dengan faktor pendidikan (peserta didik, sarana prasarana dan materi pembelajaran). Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang bervariatif oleh guru, serta melihat kesesuaian metode pembelajaran yang bervariatif tersebut dengan faktor pendidikan khususnya di SMA Negeri 1 Ujanmas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan merujuk pada penelitian kualitatif yaitu mereduksi data, menampilkan dan memverifikasi serta menyimpulkan. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah bahwa 1) metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Ujanmas telah dilakukan secara beragam atau bervariatif (ceramah, diskusi dan tanya jawab) sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan tetap memperhatikan karakteristik peserta didik; 2) metode pembelajaran yang diterapkan dalam Pendidikan Agama Islam telah berkesesuaian dengan faktor pendidikan (peserta didik, sarana prasarana dan materi pembelajaran) melalui identifikasi dari observasi dan penegasan melalui wawancara pada tiap pihak yang relevan
Pengaruh Kepercayaan Diri dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas V B SD N Lempuyangwangi Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022 Dwi Budiningsih
Jurnal Al-Manar Vol 11, No 1 (2022): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v11i1.378

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui kepercayaan diri siswa Kelas IV B SD N Lempuyangwangi Yogyakarta Semester II Tahun pelajaran 2021/2022; (2) Mengetahui pemanfaatan fasilitas belajar bagi siswa Kelas VB SD N Lempuyangwangi Yogyakarta Semester II Tahun pelajaran 2021/2022; dan (3) Mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa Kelas VB SD N Lempuyangwangi Yogyakarta Semester II Tahun pelajaran 2021/2022. Variabel dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri, pemanfaatan fasilitas belajar dan prestasi belajar pada mata pelajaran akhlak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VB SD N Lempuyangwangi Yogyakarta Semester II Tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur kepercayaan diri dan fasilitas belajar dan dokumentasi nilai akhir semester siswa pada mata pelajaran akhlak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Adanya pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI; (2) korelasi pengaruh pemanfaatan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI; dan (3) Terdapat pengaruh kepercayaan diri dan pemanfaatan pemanfaatan fasilitas terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI
Madrasah dan Komitmen Keagamaan Masyarakat Kartoharjo, Ngawi, Jawa Timur Asnan Purba; Moh. Toriqul Chaer; Fitriah M. Suud; Misno Misno
Jurnal Al-Manar Vol 11, No 1 (2022): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v11i1.331

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menghadirkan kajian madrasah sebagai lembaga pendidikan dan agen perubahan masyarakat. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dengan ilmu umum. Madrasah merupakan sinergi sistem pembelajaran pondok pesantren yang dipadukan dengan sistem pembelajaran klasikal ala Barat. Keberadaan madrasah memiliki arti penting pemberdayaan masyarakat dan perubahan sosial pada masyarakat. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berdasar hasil penelitian didapati bahwa komitmen keagamaan masyarakat Kartoharjo, Ngawi mengalami perubahan yang signifikan, walaupun secara keseluruhan belum optimal, khususnya pada masyarakat Kartoharjo bagian Tengah dan Barat. Perubahan budaya masyarakat yang terjadi tidak bisa dilepaskan dari adanya peran madrasah dalam mendampingi masyarakat terkait pelaksanaan ibadah dan pemahaman keagamaan. Berdasar fenomena dilapangan, dapat disimpulkan bahwa keberadaan madrasah, dan siswa merupakan faktor utama penggerak perubahan di Kartoharjo, Ngawi. Seiring dengan prestasi MIM Kartoharjo, Ngawi, Jawa Timur juga mengalami peningkatan animo masyarakat.Abstract: This study presents madrasas as educational institutions and agents of community change. Madrasas as Islamic educational institutions integrate religious sciences with general science. Madrasas are a synergy of Islamic boarding school learning systems combined with Western-style classical learning systems. The existence of Madrasas has an important meaning for community empowerment and social change (progress) in Indonesian society—data collection techniques using interviews, observation, questionnaires and documentation. Based on the study results, it was found that the "religious commitment" of the people of Kartoharjo Village, Ngawi experienced significant changes. However, overall it was not optimal, especially in the Central and West Kartoharjo communities. The changes in a community culture that occur cannot be separated from the role of madrasas in assisting the community regarding the implementation of worship and religious understanding. This phenomenon shows that the presence of students and the achievements of Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kartoharjo, Ngawi, East Java has increased significantly.

Page 1 of 1 | Total Record : 8