cover
Contact Name
Yurnalis
Contact Email
yurnalis@umsb.ac.id
Phone
+6281374631214
Journal Mail Official
yurnalis@umsb.ac.id
Editorial Address
Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
ISSN : 19796307     EISSN : 26558475     DOI : https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3272
Core Subject : Education,
Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, pendidikan/sosial dan agama islam untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud. Syarat-syarat dan cara penulisan tulisan dapat dilihat pada halaman pedoman bagi penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2020): Vol 7, No 2 (2020), November 2020" : 15 Documents clear
PENINGKATAN AKTIVITAS BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS XI IPS 3 SMAN 1 SITIUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Hilda Hilda
Inovasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2020): Vol 7, No 2 (2020), November 2020
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.997 KB) | DOI: 10.31869/ip.v7i2.2301

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berbicara siswa dapat ditingkatkan melalui media audio visual. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri I Sitiung semester I Tahun Ajaran 2016/2017 dan seorang guru Bahasa Indonesia sebagai pengamat. Peneliti melakukan observasi awal dengan mewawancarai beberapa siswa dan mengamati kondisi sebelum melakukan penelitian. Penelitian ini merupakan kelanjutan dari peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan berbagai model. Dari hasil obeservasi awal diketahui bahwa kemampuan berbicara siswa kurang baik, sehingga perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I, peneliti menemukan hasil obeservasi yang kurang baik dan proses pembelajaran yang kurang efektif. Peneliti melanjutkan kegiatan penelitian pada siklus kedua. Dari pengamatan selama siklus II, terlihat bahwa kemampuan berbicara siswa meningkat lebih baik dari siklus I.
PENGGUNAAN MODEL GUIDE DISCOVERY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENGARUHNYA TERHADAP MAHARAH AL-KALAM Neneng Gusnidar
Inovasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2020): Vol 7, No 2 (2020), November 2020
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.48 KB) | DOI: 10.31869/ip.v7i2.2306

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab sampai saat ini dihadapkan terhadap berbagai problematika, untuk itu dibutuhkan sebuah inovasi dari guru seperti penggunaan modal terbaru, bahkan tidak salah guru melakukan uji coba terhadap sebuah model pembelajaran dalam rangka mendapatkan model yang sesuai.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guide Discovery terhadap maharah al-kalam kelas X MAN 4 Pasaman Barat. Metode yang dipakai dalam riset ini ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen semu. Populasi penelitian 125 orang, dari populasi tersebut dijadikan sampel sebanyak 71 yang terdiri dari 35 kelas eksperimen dan 36 kelas kontrol, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis ialah suatu cara yang dipakai untuk menganalisis. Hasil riset yang ditemukan adalah dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 75,68 sedangkan kelas konrol dengan rata-rata 64,08 Pengujian normalitas kelas eksprimen Lhitung-0,5276< Ltabel0,1478 dan kelas kontrol Lhitung0,1473< Ltabel0,1478untukα0,5, maka data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data dari dua kelompok diperoleh Fhitung1,88014. Maka diperoleh kesimpulan H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran guide discovery learning memberikan dampak terhadap hasil belajar bahasa Arab dalam aspek maharah al-kalam.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP DI MASA PANDEMIC COVID-19 Wati Susanti
Inovasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2020): Vol 7, No 2 (2020), November 2020
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.573 KB) | DOI: 10.31869/ip.v7i2.2311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan serta kendala-kendala yang dihadapi oleh sekolah yang dalam hal ini adalah tenaga pendidik termasuk orang tua dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran PAI di masa covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, analisis data dilakukan dengan cara menyusun data, mengorganisasikkan data, menjabarkannya ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, dan membuat kesimpulan. Sesuai dengan hasil penelitian diketahui bahwa guru dalam merencanakan pembelajaran daring dihadapkan pada homogenitas peserta didik baik dari level ekonomis, inteligensi bahkan tempat tinggal, sehingga apa yang teah direncanakan tidak terlaksana secara maksimal, sementara pelaksanaan pembelajaran daring lebih didominasi pada pemanfaatan media WhatsApp group, kendala yang dihadapi guru terkait dengan pembelajaran PAI yang bersifat praktik sulit untuk dipahami peserta didik, begitu juga dengan materi akhlak yang tidak dapat diajarkan melalui keteladanan karena hanya menggunakan media online. Adapun kendala yang dialami oleh orang tua didominasi masalah ekonomis yang menuntut pengeluaran untuk paket data, selain itu di antaraorang tua banyak yang tidak mampu untuk menjelaskan secara langsung materi PAI kepada anak.
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 1 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN AJARAN 2015/2016 Kaharudin Kaharudin
Inovasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2020): Vol 7, No 2 (2020), November 2020
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.946 KB) | DOI: 10.31869/ip.v7i2.2302

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X IIS 2 SMAN 1 Sitiung tahun ajaran 2015/2016 dan seorang guru pengamat. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Hasil pada siklus I belum menunjukkan aktivitas yang berarti, sehingga dilanjutkan siklus II. Pada siklus II terdapat 85% siswa yang sudah mampu memenuhi indikator ukuran penilaian. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru Ekonomi lainnya untuk menggunakan metode Jigsaw ini, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memperoleh hasil yang memuas.
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DISERTAI TEKA-TEKI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP Nia Rusni Yurnalis Yurnalis
Inovasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2020): Vol 7, No 2 (2020), November 2020
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.071 KB) | DOI: 10.31869/ip.v7i2.2307

Abstract

Hasil belajar merupakan pencapaian kompetensi yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Hasil belajar yang baik menunjukkan bahwa pembelajaran telah berjalan dengan baik. Namun, berdasarkan wawancara yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 4 Padangpanjang menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang diperoleh siswa masih jauh dari memuaskan. Hal ini terjadi karena pembelajaran belum mampu membuat siswa tertarik untuk belajar. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan model Quantum Teaching disertai teka-teki matematika. Sehingga diadakan penelitian dengan menerapkan model Quantum Teachingdisertai teka-teki matematika pada pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 4 Padangpanjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada ranah kognitif dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Padangpanjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswanya 32 orang dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswanya 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir. Teknik analisis data dalam skripsi ini adalah hasil belajar pada ranah kognitif matematika siswa. Analisis data tes dilakukan dengan menggunakan uji- t. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf kepercayaan 95% (????=0,05) dan derajat kebebasan 70 diperoleh harga ????ℎ???????????????????? =2,1917 dan ????(0,95;62) =1,6698 . Karena nilai ????ℎ???????????????????? >????(0,95;62) berarti ????0 ditolak dan ????1 diterima dengan demikian hasil belajar pada ranah kognitif matematika siswa yang mengikuti penerapan model Quantum Teaching disertai teka-teki matematika lebih baik daripada siswa yang mengikuti tanpa penerapan model Quantum Teaching disertai teka-teki matematika pada kelas VII SMP N 4 Padangpanjang tahun pelajaran 2019/2020.
PERKEMBANGAN KOGNITIF, BAHASA, PERKEMBANGAN SOSIO-EMOSIONAL, DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN Aniswita Neviyarni
Inovasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2020): Vol 7, No 2 (2020), November 2020
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.915 KB) | DOI: 10.31869/ip.v7i2.2380

Abstract

Setiap individu pasti mengalami perkembangan, walaupun perkembangan itu bersifat relative. Perkembangan tergantung pada individu masing-masing. Perkembangan tersebut mencakup aspek fisik dan aspek psikologis. Perkembangan biologis menyangkut perubahan pada fisik seperti tinggi badan, berat badan, warna kulit dan lainnya. Sementara perkembangan psikologis mencakup perkembangan pada aspek kognitif, aspek bahasa dan sosio-emosional. Perkembangan kognitif adalah perubahan yang terjadi dalam hal pemikiran, kecerdasan anak termasuk dalam aspek bahasa, seperti kemampuan dalam memecahkan masalah matematika, kemampuan menguasai beberapa bahasa, dan lainnya. Perkembangan sosio-emosional adalah perubahan yang terjadi dalam hal interaksi atau hubungan dengan orang lain, seperti perubahan pada emosi. Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan ini, diantaranya adalah faktor genetik atau faktor hereditas dan faktor lingkungan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Perkembangan ini tentu berimplikasi pada proses pembelajaran. Seorang pendidik atau guru yang professional dan bertanggung jawab tentu harus memperhatikan perkembangan peserta didiknya. Baik perkembangan fisik, perkembangan kognitif, bahasa maupun perkembangan sosio-emosionalnya. Sehingga dalam pembelajaran guru mampu memperlakukan peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangnya. Guru seyogyanya mampu menggunakan berbagai pendekatan dan media yang tepat demi terciptanya pembelajaran yang kondusif untuk perkembangan peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Berdasarkan paparan tersebut penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut tentang perkembangan kognitif, bahasa dan sosio-emosional peserta didik serta implikasinya dalam pembelajaran.
MOTIVASI DAN PERHATIAN SISWA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Yeddawati Ahmad Lahmi Syaflin Halim
Inovasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2020): Vol 7, No 2 (2020), November 2020
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.003 KB) | DOI: 10.31869/ip.v7i2.2312

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui deskripsi perhatian dan motivasi siswa serta pengaruhnya terhadap hasil pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sungai Beremes, Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif dan kuantitatif melalui penarikan sampel berdasarkan analisis statistik. Data pada penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa kelas 8 dengan jumlah sampel sebanyak 56. Penelitian ini menyatakan bahwa : 1). Hasil belajar pendidikan agama Islam berada pada kategori tinggi dengan nilai rerata sebesar 80.72 yang diikiti dengan motivasi yang tinggi (120.09%) dan perhatian yang juga tinggi (86.53%), 2). Adanya pengaruh siginifkan dan positif pada motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI yaitu sebesar 0.3 % dengan 99.7 % nya dipengaruhi oleh variabel lain. 3). Adanya pengaruh signifikan dan positif terhadap peserta didik PAI iaitu sebesar 0.2% dengan 99.8% nya disebabkan factor lain, dan 4). Adanya pengaruh signifikan dan positif antara motivasi belajar serta perhatian peserta didik yang secara bersamaan terhadap hasil belajar PAI dengan hasil hasil Fhitung< Ftabel (0,136 > 3,16)maka persentase pengaruhnya 0,005% dan 0,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE Maryono Maryono
Inovasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2020): Vol 7, No 2 (2020), November 2020
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.632 KB) | DOI: 10.31869/ip.v7i2.2303

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini meneliti bagaimana meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan siswa dalam penguasaan konsep substansi genetika dan pembelahan sel melalui penerapan model pembelajaran Example non example dalam mencapai kompetensi belajar biologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA-3 SMA Negeri 1 Sitiung. Adapun metode yang digunakan PTK dan diolah secara deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan lembar observasi sebagai alat pengumpul data yang diisi oleh observer selama pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Example non example dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah biologi khususnya materi substansi genetika dan pembelahan sel. Pada . Pada siklus I ketuntasan klasikal pertemuan I = 16 % dan pertemuan II = 45%, sedangkan pada siklus II meningkat pada pertemuan I = 77 % dan pertemuan II meningkat menjadi 97 %.
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENULIS HAND OUT MELALUI IN HOUSE TRAINING DI MASA PANDEMI Osnely Jasmi
Inovasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2020): Vol 7, No 2 (2020), November 2020
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.76 KB) | DOI: 10.31869/ip.v7i2.2308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan guru SMP Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota dalam menulis bahan ajar berbentuk hand out melalui kegiatan IHT (in house training). Subjek pada penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian pada siklus ke 1 rata-rata porsentase 54% dan pada siklus ke 2 rata-rata porsentase 88% sehingga dapat disimpulkan terjadi kenaikan sebesar 34%. Dari hasil penelitian siklus satu dan siklus dua dapat disimpulkan bahwa IHT dapat meningkatkan kemampuan guru SMP Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban dalam menulis hand out.
PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE PERMAINAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Desi Rahmi
Inovasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2020): Vol 7, No 2 (2020), November 2020
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.918 KB) | DOI: 10.31869/ip.v7i2.2299

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning metode permainan. Setelah ditetapkannya tujuan penelitian, maka Classroom Action Research ini dilaksanakan di kelas XI IIS 4 SMANegeri 1 Sitiung yang terletak di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, mengikuti langkah-langkah: Perencanan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus satu menggambarkan bahwa peserta didik yang mencapai nilai tuntas meningkat menjadi 61,13% yang semula hanya 38,7% pada pra siklus. Kenaikan pesentase peserta didik yang tuntas di siklus dua meningkat menjadi 77,42%.

Page 1 of 2 | Total Record : 15