cover
Contact Name
Mohammad Syahidul Haq
Contact Email
mohammadhaq@unesa.ac.id
Phone
+6285649799995
Journal Mail Official
dinamikamp@unesa.ac.id
Editorial Address
Jl. Fip Unesa Lidah Wetan
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP)
ISSN : -     EISSN : 25407880     DOI : 10.2674/jdmp.v4n1.p1-10
Core Subject : Education,
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) publishes articles of theoretical or practical interest to those engaged in Educational Management and Educational Organization.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, September 2016" : 18 Documents clear
Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan Octavia, Lilis Suryani; Savira, Siti Ina
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, September 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v1n1.p7-14

Abstract

Kepemimpinan dalam pendidikan menjadi kunci dalam pelaksanaan pendidikan yang efektif. pemilihan gaya kepemimpinan yang tepat oleh kepala sekolah akan mampu membawa sekolah kearah peningkatan kualitas dan pelayanan. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan Di SD Negeri Babatan I/456 Surabaya dan menelusuri tentang faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Babatan I/456 Surabaya. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terbuka nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. teknik dalam keabsahan data menggunakan kredibiltas, transferbilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah disimpulkan dari delapan aspek yang telah ditentukan oleh peneliti yaitu: (a) perilaku keseharian kepala sekolah menunjukkan sikap perhatian, terbuka, periang, tegas, bijaksana, disiplin dan komitmen serta memiliki emosi yang stabil; (b) pendelegasian tugas dilakukan dengan adil dan pemberian pengarahan; (c) pengambilan keputusan dilakukan dengan bersama/mufakat; (d) pengawasan yang dilakukan dengan memantau progress secara langsung; (e) pengembangan sekolah meliputi pengembangan sarana dan prasarana sekolah, ekstrakurikuler, pembelajaran dan guru dan tenaga kependidikan; (f) komunikasi yang terbuka dan dua arah dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami; (g) motivasi dengan pemberian dorongan/semangat dan memenuhi kebutuhan seluruh personil sekolah dan (h) penghargaan berupa pujian dan ucapan terimakasih. Dalam memimpin kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinan kelompok. Sehingga dapat dipahami dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan kepala sekolah melakukan pemberdayaan guru dan tenaga kependidikan, pengembangan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, pemberian motivasi dan pemberian penghargaan; (2) faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan kelompok adalah: (a) diri pemimpin memiliki kepribadian, pengalaman masa lalu, serta harapan yang tinggi kepada seluruh personil sekolah untuk mengembangkan sekolah; (b) ciri atasan yang mengedepankan proses pelaksanaan tugas; (c) ciri bawahan yang menunjukkan semangat dan kemauan untuk berubah; (d) persyaratan tugas dengan memberi pengarahan mengenai kejelasan tugas; (e) iklim organisasi dan kebijakan mampu membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan sekolah.
Manajemen Kurikulum Berbasis Entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya Subiantoro, Muhammad Dandi; ., Karwanto
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, September 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v1n1.p55-67

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  dan  menganalisis:  (1)  Perencanaan  kurikulum  berbasis entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, dan (3) Evaluasi kurikulum berbasis entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif  dengan  metode  studi  kasus.  Teknik  pengumpulan data  dilakukan  dengan  cara  observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan memberikan pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif mulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penegasan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan member check. Hasil penelitian dilapangan dapat dijelaskan sebagai berikut. (1) Perencanaan  kurikulum berbasis entrepreneurship dimulai dengan menentukan struktur kurikulum yang akan menjadi dasarnya, setelah terbentuk struktur mulai dipikirkan konsep struktur tersebut yang terdiri dari latar belakang, tujuan, ruang lingkup, standar kompetensi, dan kompetensi dasar yang nantinya akan mengatur proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis entrepreneurship mempunyai pengaturan yang berjenjang pada setiap tingkatan kelas peserta didik sesuai dokumen kurikulum yang telah disusun, setiap proses pembelajarannya selalu diintegrasikan dengan aspek entrepreneurship dan beberapa ada yang menghasilkan produk sebagai capaian hasil belajar. (3) Evaluasi dilakukan dengan berpedoman pada sasaran mutu sekolah dan memperhatikan dimensi program dan pelaksanaan.
Corporate Vocational School: Strategi Antisipatif Menghadapi Pengangguran Lulusan SMK dalam Perspektif Bonus Demografi ., Tarma
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, September 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v1n1.p1-6

Abstract

Pengangguran merupakan salah satu ancaman menjelang fenomena bonus demografi. Institusi pendidikan vokasi bertanggung jawab mengantisipasi hal tersebut. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diharapkan menjadi solusi, justru menempatkan lulusanya menjadi kontributor terbesar pengangguran sebesar 11,19% (data BPS tahun 2013). Pengangguran lulusan SMK disebabkan oleh kesenjangan antara tenaga kerja dengan kebutuhan penyedia lapangan pekerjaan. Untuk itu diperlukan "corporate vocational school", yaitu konsep sekolah kejuruan yang dimiliki perusahaan serta terintegrasi dan in line dengan manpower planning yang ada di perusahaan tersebut. Konsep "corporate vocational school" merupakan down grade dari konsep "corporate university" yang sudah lebih dulu eksis. Dalam corporate vocational school, bidang keahlian yang dipelajari sesuai dengan core business perusahaan. Kultur akademik terintegrasi dengan kultur kerja perusahaan. Model pembelajaran dirancang dengan work real life based. Standar lulusan sesuai dengan kriteria minimal atau job requirement dari posisi pekerjaan yang telah diproyeksikan sebelumnya. Sehingga lulusan dari sekolah ini langsung dapat diserap serta langsung tune in dengan pekerjaan.
Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Siswa dalam Memilih Madrasah Aliyah Negeri Tuban ., Supriyani; Susilo, Heryanto
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, September 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v1n1.p68-78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi, dan bukti fisik secara parsial terhadap keputusan siswa dalam memilih MAN Tuban, serta mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi, dan buti fisik secara bersama-sama terhadap keputusan siswa memilih MAN Tuban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis linear berganda, dengan menggunakan uji simultan dan uji parsial. Sampel yang diambil sebanyak 81 siswa kelas X MAN Tuban dengan menggunakan teknik simple random sampling.Hasil penelitian menunjukan bahwa produk, harga, lokasi, dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan siswa memilih MAN Tuban sebesar 48,6%. Hasil uji secara parsial diperoleh bahwa produk dan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan siswa memilih MAN Tuban, sedangkan lokasi memiliki nilai signifikan 0,001 <  0,05 dan nilai t hitung sebesar 3.463 yang > 1,99. Selain itu variabel bukti fisik memberikan pengaruh dengan nilai signifikan 0,009 < 0,05 dan nilai t hitung 2.690 > 1,99. Hal ini menunjukan bahwa diantara produk, harga, lokasi, dan bukti fisik hanya variabel lokasi dan bukti fisik yang mempengaruhi keputusan siswa memilih MAN Tuban.
Implementasi Tipe Student Teams–Achievement Divisions (STAD) sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Manajemen PAUD Trihantoyo, Syunu
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, September 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v1n1.p15-23

Abstract

Pada hakikatnya kegiatan belajar mengajar adalah proses komunikasi dan kerjasama. Dalam proses pembelajaran Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Prodi Manajemen Pendidikan diketemukan permasalahan berupa mahasiswa yang sulit memahami konsep Manajemen PAUD. Fokus penelitian ini adalah implementasi tipe STAD sebagai model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan pemahaman konsep Manajemen PAUD di Prodi Manajemen Pendidikan FIP Unesa. Subjek penelitian yaitu seluruh mahasiswa yang menempuh mata kuliah Manajemen PAUD Kelas A tahun ajaran 2014/2015. Rancangan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran Manajemen PAUD dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep Manajemen PAUD yang dilakukan dengan tahapan: (1) presentasi kelas; (2) belajar kelompok; (3) kuis; dan (4) penghargaaan kelompok. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya persentase rata-rata pemahaman konsep Manajemen PAUD dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 62,5% pada siklus I, dan 87,5% pada siklus II.
Back Matter (Biography, Author Guidelines) Hariyati, Nunuk
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, September 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v1n1.p%p

Abstract

Studi Komparasi Kompetensi Profesional antara Guru Tersertifikasi Melalui Portofolio dan PLPG Purwaningrum, Dinar
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, September 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v1n1.p24-33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kompetensi profesional antara guru tersertifikasi melalui portofolio dan PLPG di SMP Negeri se-kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 90 guru dari 116 guru tersertifikasi melalui portofolio, dan 166 guru dari 283 guru tersertifikasi melalui PLPG. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket yang analisis datanya menggunakan uji-t sampel independen pada program SPSS 21.0 for windows dengan taraf signifikansi 5% untuk mencari perbedaan antar kelompok. Dari hasil analisis data diperoleh hasil nilai signifikan kompetensi profesional guru sebesar 0.00 < 0.05, maka h0 ditolak, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kompetensi profesional yang dipersepsi guru tersertifikasi melalui portofolio dan PLPG, dimana guru tersertifikasi melalui portofolio memperoleh skor lebih tinggi.
Front Matter (Cover, Editorial Board, Foreword, Table of Content) Hariyati, Nunuk
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, September 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v1n1.p%p

Abstract

Pengembanagan Aplikasi Presensi Pegawai Berbasis Fingerprint Haq, Mohammad Syahidul
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, September 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v1n1.p34-40

Abstract

Tujuan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan desain sistem aplikasi presensi pegawai berbasis fingerprint di sekolah, memberikan kemudahan dalam pelakukan presensi pegawai di sekolah agar terekam dengan baik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan penelitian pengembangan model prosedural. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah aplikasi presensi pegawai berbasis fingerprint. Dalam penelitian ini dimaksudkan mengembangkan produk presensi pegawai yang sebelumnya menggunakan model manual dikembangkan berbasis fingerprint selanjutanya dilakukan validasi oleh ahli dalam rangka memperoleh kelayakan toori, kelayakan praktis, dan kelayakan produk.
Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sholeh, Muhamad
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, September 2016
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v1n1.p41-54

Abstract

Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi sekolah sangat penting karena peran strategis kepala sekolah ikut mempengaruhi kinerja guru dalam pelaksanaan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM). Sebagai pemimpinan pendidikan, kepala sekolah memiliki tugas dan tanggungjawab yang cukup berat. Keefektifan kepala sekolah dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen adalah ketepatan penerapan kemampuan kepala sekolah dalam melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian serta pendayagunaan seluruh sumber-sumber pendidikan baik ketenagaan, dana, sarana dan prasarana termasuk informasi secara optimal, yaitu menunjukkan sejauh mana kepala sekolah melaksanakan tugas pokoknya secara baik dan benar untuk mencapai tujuan. Kinerja guru sangat terkait dengan efektifitas guru dalam melaksanakan fungsinya. Keefektifan guru dalam melaksanakan fungsinya, adalah guru yang efektif; 1) memiliki pribadi kooperatif, daya tarik penampilan, minat besar, pertimbangan dan kepemimpinan, 2) menguasai metode mengajar yang baik, 3) memiliki tingkah laku yang baik saat mengajar, 4) menguasai berbagai kompetensi dalam mengajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 18